cover
Contact Name
Abdul Karim
Contact Email
karimaldanief@gmail.com
Phone
+6285258113657
Journal Mail Official
karimaldanief@gmail.com
Editorial Address
Ruang Jurnal Gedung Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Lantai 6Institut Agama Islam Negeri Jember Jl. Mataram No. 1, Mangli, Kaliwates, Krajan, Mangli, Kec. Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68131
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
EDUCARE: Journal of Primary Education
ISSN : 27161021     EISSN : 27161013     DOI : https://doi.org/10.35719/jpe.v1i2.9
Core Subject : Education,
EDUCARE: Journal of Primary Education ini fokus untuk melakukan kajian mendalam pada kajian dan pemikiran pendidikan dasar PGMI dan PGSD. Jurnal ini mempublikasikan kajinan pendidikan secara teori dan praktis, laporan hasil penelitian tentang pendidikan dasar, publikasi artikel ilmiah, dan review buku yang berkaitan dengan kajian pendidikan MI dan SD.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2020): EDUCARE: Journal of Primary Education" : 7 Documents clear
INTERNALISASI NILAI-NILAI NASIONALISME DALAM PEMBELAJARAN PPKN DI MADRASAH IBTIDAIYAH MAARIF CONDRO JEMBER Riska, Dwi Fitria
EDUCARE: Journal of Primary Education Vol 1 No 2 (2020): EDUCARE: Journal of Primary Education
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (904.882 KB) | DOI: 10.35719/jpe.v1i2.17

Abstract

Nilai-nilai Nasionalisme yang diterapkan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Maarif Condro Jember seringkali terkesan dikesampingkan. Hal ini dilihat dari kurangnya kesadaran peserta didik terhadap nilai moral dan Nasionalisme, seperti tidak mentaati peraturan sekolah, tidak menghargai teman, membolos, tidak mampu menghafal sila pancasila serta lagu Indonesia raya. Masih dijumpai peserta didik berperilaku dan bersikap belum baik atau masih rendah terhadap nilai-nilai nasionalisme. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Strategi internalisasi nilai nasionalisme pada pembelajaran PPKN di Madrasah Ibtidaiyah Maarif Condro Jember. 2) Penerapan nilai karakter nasionalisme yang dilakukan pada pembelajaran PPKN di Madrasah Ibtidaiyah Maarif Condro Jember. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi internalisasi nilai-nilai nasionalisme dalam pembelajaran PPKN ini adalah mamasukkan nilai-nilai nasionalisme dalam pembelajaran PPKN melalui pendekatan-pendekatan yang mampu diterima oleh peserta didik agar peserta didik bisa menjadi warga negara yang baik dan bisa memberikan kontribusi dalam memajukan bangsanya dimasa depan. 2) Penerapan nilai karakter nasionalisme dalam pembelajaran PPKN melalui mediator keteladanan guru dan kegiatan praktik langsung melalui pengalaman belajar seperti model pembelajaran, metode pembelajaran, bahan ajar, dan evaluasi pembelajaran. Perilaku berkarakter nasionalis yang diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah oleh siswa yaitu disiplin, cinta tanah air, semangat kebangsaan, cinta damai, peduli lingkungan, menghargai prestasi, dan toleransi.
RE-INFORCEMENT PEMBELAJARAN PAI DALAM PEMBINAAN KESEHATAN MENTAL SISWA DI SD NEGERI SEKARPUTIH 1 TEGALAMPEL BONDOWOSO Jayadi
EDUCARE: Journal of Primary Education Vol 1 No 2 (2020): EDUCARE: Journal of Primary Education
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (735.404 KB) | DOI: 10.35719/jpe.v1i2.16

Abstract

Pendidikan agama Islam sebagai upaya mengembangkan, mendorong serta membimbing peserta didik hidup lebih dinamis dengan berdasarkan nilai-nilai agama islam dan terbentuk pribadi peserta didik insane kamil. Rumusan dalam dalam peneltian ini: 1) Bagaimana peran PAI dalam pembinaan kesehatan mental siswa di SDN Sekarputih 1 Tegalampel Bondowoso? 2) Bagaimana peran PAI dalam pembinaan kesehatan pikiran/intelektual siswa di SDN Sekarputih 1 Tegalampel Bondowoso? Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data dengan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan model analisis interaktif Milles, Huberman dan Saldana dengan tiga Langkah dalam proses analisis data yaitu: kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk memeriksa keabsahan data ini, menggunakan tehnik triangulasi yaitu triangulasi tehnik, triangulasi metode dan triangulasi data. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan: (1) Peran PAI dalam pembinaan kesehatan mental siswa di SDN Sekarputih 1 Tegalampel Bondowoso yaitu: (a) Agama sebagai pembimbing dalam kehidupan peserta didik. (b) Agama sebagai penolong dalam menghadapi kesulitan untuk memecahakan masalah yang di alami siswa. (c) Agama sebagai penentram bathin. (2) Peran PAI dalam pembinaan kesehatan intelektual/kesehatan pikiran di SDN Sekarputih 1 Tegalampel Bondowoso yaitu: (a) Guru membimbing peserta didik secara akademis di dalam sekolah maupun di luar sekolah. (b) Kajian-kajian keagamaan oleh guru PAI sebelum atau sesudah mata pelajaran dimulai. (c) Membudayakan siswa untuh silaturrahim kerumah guru. (d) Bimbingan secara intelektual kepada dengan teori-teori keagamaan yang memadai, agar siswa tidak sekuler dalam berperilaku sehari-hari.
KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN PERSUASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DENGAN MEDIA POSTER Octavia, Wilda Ayu Hajar; Satrijono, Hari; Hutama, Fajar Surya; Haidar, Dimas Abdi; Rukmana, Linda Purnamasari
EDUCARE: Journal of Primary Education Vol 1 No 2 (2020): EDUCARE: Journal of Primary Education
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (650.254 KB) | DOI: 10.35719/jpe.v1i2.15

Abstract

Writing is a complex skill and is difficult for students to master well. This study aims to determine the effect of the application of Think Talk Write learning models with poster media on the writing skills of persuasion essay from fifth grade elementary school students. This type of research is a quasi-experimental design with a pre-test post-test control group. The sample in this study was VA and V class students of SDN Rambigundam 01 Jember. Collecting data in this study using interviews, tests, and documentation. The data analysis technique of student learning outcomes uses t-test. Based on the results of the t-test on the learning outcomes of students' persuasive essay writing skills, it is known that the value of tcount> ttable, (2.208> 2.0180), so it can be concluded that the hypothesis is accepted that the Think Talk Write learning model through poster media influences the writing skills of persuasion writing in the fifth grade students of SDN Rambigundam Jember 1. The results of the pretest and posttest activities also showed that the increase in the value of writing skills written by students in the experimental class was higher than the increase experienced by the control class. Difference in the increase in the average value experienced by the experimental class and control class by 3,7.   Menulis merupakan salah satu keterampilan yang kompleks dan sulit dikuasai siswa dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Think Talk Writedengan media poster terhadap keterampilan menulis karangan persuasi siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desainpre-test post-test control group. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA dan V B SDN Rambigundam 01 Jember. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisisdata hasil belajar siswa menggunakan uji t-test. Berdasarkan hasil uji-t terhadap hasil belajar keterampilan menulis karangan persuasif siswa, diketahui bahwa nilai thitung>ttabel, (2,208>2,0180), sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima yaitu model pembelajaran Think Talk Write melalui media poster berpengaruh terhadap keterampilan menulis karangan persuasi pada siswa kelas V SDN Rambigundam 01 Jember. Hasil kegiatan pretest dan posttest juga menunjukan bahwa peningkatan nilai keterampilan menulis karangan siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dari pada peningkatan yang dialami kelas kontrol. Selisih peningkatan rata-rata nilai yang dialami kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 3,7.  
FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH DA’WATUL FALAH KECAMATAN TEGALDLIMO KABUPATEN BANYUWANGI Kholil, Mohammad; Zulfiani, Silvi
EDUCARE: Journal of Primary Education Vol 1 No 2 (2020): EDUCARE: Journal of Primary Education
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (949.28 KB) | DOI: 10.35719/jpe.v1i2.14

Abstract

Salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa adalah matematika. Sehingga pelajaran ini kurang diminati siswa. Permasalahan inilah yang menyebabkan banyak siswa mengalami kesulitan belajar matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Kesulitan Belajar Matematika Siswa MI Da?watul Falah Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2018/2019? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesulitan belajar matematika siswa MI Da?watul Falah Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Subjek penelitian dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan model analisis Miles, Huberman dan Saldana yaitu data Condensation, data Display, serta Conclusion drawing/verivication. Adapun pengecekan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesulitan belajar matematika siswa disebabkan salahnya mindset yang dibangun dari awal oleh siswa, sehingga mereka kesulitan dalam memahami materi yang diajarkan di kelas. Adapun faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal.
PENILAIAN AUTENTIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUSSALAM 01 BAGON PUGER JEMBER Isnaini, Dwi; Usriyah, Lailatul
EDUCARE: Journal of Primary Education Vol 1 No 2 (2020): EDUCARE: Journal of Primary Education
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (696.271 KB) | DOI: 10.35719/jpe.v1i2.12

Abstract

Penilaian autentik ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengetahuan guru serta menggambarkantugas-tugas riil bagi siswa untuk menghasilkan pengetahuan, sikap dan keterampilan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Focus penelitian ini (1) bagaimana penilaian kompetensi sikap pada pembelajaran tematik di MI Darussalam 01 Bagon Puger Jember? (2) bagaimana penilaian kompetensi pengetahuan pada pembelajaran tematik di MI Darussalam 01Bagon Puger Jember?, (3) bagaimana penilaian kompetensi keterampilan pada pembelajaran tematik di MI Darussalam 01 Bagon Puger Jember? Hasil dari penelitian ini menunjukkan: (a) penilaian kompetensi sikap meliputi sikap jujur dan disiplin, dimana mudah didalam teori, namun sulit untuk menerapkannya. Tergantung dari guru favorit masing-masing, proses pembelajaran tergantung pada materi pelajarannya, dan juga berkaitan dengan nilai atau norma. (b) Penilaian kompetensi pengetahuan, meliputi: tes tulis, tes lisan, dan penugasan, baik penugasan terstruktur dan tidak terstruktur. (c) Penilaian kompetensi keterampilan meliputi: penilaian kinerja, penilaian proyek, dan penilaian portofolio.
PENGEMBANGAN KARAKTER MANDIRI MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK PADA KELAS III DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 5 JEMBER Indrianto, Nino; Sya?diyah, Halimatus
EDUCARE: Journal of Primary Education Vol 1 No 2 (2020): EDUCARE: Journal of Primary Education
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (605.231 KB) | DOI: 10.35719/jpe.v1i2.13

Abstract

Fungsi pendidikan adalah untuk mengembangkan karakter peserta didik. Oleh karenanya, guru dituntut agar dapat mengembangkan karakter melalui proses pembelajaran diantaranya melalui pembelajaran tematik. Salah satu sikap yang dapat dikembangkan melalui pembelajaran tematik adalah karakter mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan serta faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan karakter mandiri melalui pembelajaran tematik pada kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologis. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah: 1) perencanaan pembelajaran tematik dalam pengembangan karakter mandiri di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Jember diwujudkan dalam RPP yang disusun secara sitematis dan berbasis karakter dengan memasukkan karakter mandiri pada komponen kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, kegiatan pembelajaran, dan penilaian; 2) pelaksanaan pengembangan karakter mandiri pada pembelajaran tematik dilakukan melalui kegiatan pembelajaran mulai dari kegiatan pendahuluan, inti dan penutup. Namun kegiatan inti lebih dimaksimalkan dengan menggunakan model learning by doing dengan melakukan lima aktivitas belajar yaitu menanya, mengamati, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan; dan 3) faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan karakter mandiri yaitu lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN MELALUI MODEL WORD SQUARE KELAS 3 MIS NU 2 PONTIANAK Fathurrosi; Rohmah, Nikmatur
EDUCARE: Journal of Primary Education Vol 1 No 2 (2020): EDUCARE: Journal of Primary Education
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (525.329 KB) | DOI: 10.35719/jpe.v1i2.9

Abstract

PKN Subject is on one of lesson implemented on SD, SMP and SMA to apply student characters and to form the student to understand and love home land also understand global life. The research background of the low student achievement on study still using lecture method, giving assignments, answer and guestion on PKN subject. The purposes of this research: 1.how student achievement on PKN subject before using word sguare model. 2. How student achievement on PKN subject after using calassroom action rescarch with quantitative approach. The sample is the students of class III MIS NU 2 Pontianak.in order to get the data, researcher using observation shett, measurement technique and documentation study.The result concluded: 1.the student achievement before using word square model the average is 53 ( good category ) with KKM > 70 as 5 or 25% and students with KKM < 70 as 15 students or 75%. 2. The student achievement after using word square on cycle 1 is 68,5 ( Better category) with KKM 55%. On the other hands, cycle 11 is 82,5 (Great category ) with KKM 90%.   Mata pelajaran PKn salah satu pelajaran yang diterapkan mulai dari SD, SMP dan SMA dengan membekali karakter dan membentuk peserta didik cinta tanah air dan paham dalam kehidupan yang serba global. Rumusan penelitian ini; 1) Bagaimanan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan sebelum menggunakan model pembelajaran word square kelas 3 MIS NU 2 Pontianak. 2) Bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan setelah menggunakan model pembelajaran word square kelas 3 MIS NU 2 Pontianak. Metode dan jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kuantitatif.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III MIS NU 2 Pontianak. Untuk mendapatkan data peneliti menggunakan lembar observasi, teknik pengukuran dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran PKn sebelum menggunakan model pembelajaran Word Square diperoleh nilai rata-rata sebesar 53 (kategori cukup) dengan siswa yang tuntas mencapai nilai KKM ? 70 sebanyak 5 atau 25% dan siswa yang tidak tuntas dengan nilai KKM ? 70 sebanyak 15 siswa atau 75%. 2) Hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran PKn setelah menggunakan model pembelajaran Word Square pada siklus I sebesar 68,5 (kategori baik) dan siswa yang mencapai KKM sebesar 55%. Sedangkan pada siklus II sebesar 82,5 (kategori sangat baik) dan siswa yang mencapai KKM sebesar 90.  

Page 1 of 1 | Total Record : 7