cover
Contact Name
Dedih Wahyudin
Contact Email
dedih.wahyudin@uinsgd.ac.id
Phone
+6285272058791
Journal Mail Official
jta.pba@uinsgd.ac.id
Editorial Address
Lantai 3 Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kampus 2 Jalan Cimincrang (Soekarno-Hatta) Kel. Cimincrang Kec. Gedebage Kota Bandung
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Ta'lim al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban
ISSN : 2549208X     EISSN : 27215237     DOI : -
Core Subject : Education,
Ta’lim Al-Arabiyyah Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban is a peer-reviewed journal on Arabic education in the world. This journal is published by the Arabic Education Department, Faculty of Education and Teacher Training, Sunan Gunung Djati State Islamic University, Bandung, Indonesia, in partnership with IMLA (Association of Arabic Lecturers). Editors welcome scholars, researchers and practitioners of Arabic Education around the world to submit scholarly articles to be published through this journal. All articles will be reviewed by experts before accepted for publication. Each author is solely responsible for the content of published articles. This journal encompasses original research articles, review articles, and short communications, including: Teaching Arabic as a Foreign Language Model of Arabic Teaching Strategy of Arabic Teaching Methods of Arabic Teaching Technology of Arabic Teaching Media of Arabic Teaching Arabic Linguistic Arabic Literature Arabic History History of Arabic Education Arabic Islamic Culture Modern Standard Arabic Arabic Second Language Acquisition Institutions of Arabic Teaching
Articles 50 Documents
MAFHŪM AL-SAMĪ’ WA AL-BASHĪR FĪ AL-QURĀN AL-KARĪM Supardi, Adi
Ta'lim al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban Vol 4, No 1 (2020): Ta'lim al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (14.56 KB) | DOI: 10.15575/jpba.v4i1.8476

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui makna as-Samī’ dan al-Bashīr secara leksikal dan kontekstual dalam tinjauan pendidikan Islam. Metodologi penelitian yang digunakan yaitu studi analisis semantik. Setelah dilakukan analisis kata as-Samī’ dan al-Bashīr diperoleh hasil bahwa makna leksikal as-Samī’ yaitu pemahaman dan al-Bashîr yaitu pengetahuan. Sementara secara kontekstual, makna as-Samī’ yaitu Yang Maha Mengetahui dan Yang Maha Memahami dan makna al-Bashīr yaitu Yang Maha Mengetahui dan Pengetahuan yang mendalam. Secara kontekstual, penyandingan kata as-Samī’ dengan kata al-Bashīr dalam banyak ayat dalam Al Qur’an lebih mengarah kepada makna penguatan iman kepada Allah SWT, iman kepada Rassul, iman kepada Malaikat, iman kepada takdir Allah, pengaturan alam semesta dan penegakan hukum. Implikasi pendidikan pada penelitian ini secara umum meliputi moral pendidik, yaitu sikap pendidik yang bersedia mendengar percakapan peserta didik dan mengawasinya, lalu mengembangkan media pembelajaran bagi pendidik, lalu memberlakukan prinsip tahapan pemberian materi dengan mendahulukan kemampuan menyimak secara berulang-ulang kemudian diperkuat dengan memberikan media gambar sebagai visualisasi materi.
MAFHŪM AL UMMAH FĪ AL QURĀN AL KARĪM Ubaidillah, Ubaidillah
Ta'lim al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban Vol 3, No 2 (2019): Ta'lim Al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (660.515 KB) | DOI: 10.15575/jpba.v3i2.8177

Abstract

Al-Qur'an merupakan mukjizat dalam setiap kata dan gaya bahasa yang terdapat didalamnya. Salah satu mukjizat yang terkandung didalam Al-Qur’an adalah dari segi kebahasaan, yaitu bahasa Arab yang kaya akan kosa kata serta terdapat banyak kalimat-kalimat yang memiliki banyak makna atau biasa dikenal dengan musytarak. Dalam Al-Qur’an sendiri terdapat banyak lafadz musytarak diantaranya adalah lafadz Al-Ummah. Hasil penelitian tentang lafadz Al-Ummah didalam Al-Qur’an menunjukan beberapa hal, diantaranya : 1) Makna leksikal dari lafadz Al-Ummah adalah contoh dan panutan serta secara umum lafadz Al-Ummah bermakna kelompok  orang. 2) Makna kontekstual dari kata Al-Ummah adalah waktu, imam, ajaran dan pedoman hidup, makhluk secara umum, umat Islam, orang-orang kafir, dan sekelompok orang. 3) lafadz Al-Ummah memiliki nilai-nilai pendidikan di antaranya : Nilai-nilai keyakinan yang termanifestasikan dengan meyakini akan keesaan Allah SWT serta bertawakal kepada-Nya. Nilai-nilai moral yang termanifestasikan dengan pentingnya memanfaatkan dan menggunakan waktu serta adanya ketulusan hati. Nilai-nilai praktis seperti toleransi, keadilan, kejujuran, keberanian, kerja sama, altruisme, dan kekuasaan.
Evaluation Of Arabic Learning Using The Kahoot Application In The Pandemic Era Of Covid-19 Mira, Mira; Syihabudin, Syihabudin; Nurbayan, Yayan
Ta'lim al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban Vol 4, No 2 (2020): Ta'lim al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jpba.v4i2.8930

Abstract

This study aims to measure the extent of the benefits of technological development as a means of academic evaluation. On this occasion, the researcher chose the Kahoot program as a model, a game-based smartphone learning program used as a school and educational stream designed by two scientists from the University of Norway. Researchers use the program of using the Kahoot program in the implementation process for students participating in Arabic language training courses at the Language Center of the State Islamic University of Sunan Gunung Djati Bandung, the results of the study show that this program is of great use to teachers when they show tables that are more effective and efficient, because of the program. It is easy to use question setting by teachersand teachers. It is reliable and can predict the results of decisions after students have answered questions. Apart from that, this program also provides students with fun games such as game programs and can also be accessed easily via smartphones. Researchers hope that this study's results can provide additional information and input for teachers to increase the use of technology in the online teaching and learning process, especially during the Covid-19 epidemic, so that the teaching and learning process is more exciting effective.
الاستعارة في مولد البرزنجي Putra, Raden Anjasmara; Karim, Agus; Ramdhan, Dadan Fitria
Ta'lim al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban Vol 3, No 1 (2019): Ta'lim Al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (600.767 KB) | DOI: 10.15575/jpba.v3i1.7452

Abstract

Salah satu gaya bahasa indah yang terdapat dalam al-barzanji adalah adanya lafaz yang dikehendaki bukan pada makna aslinya yang dikenal dengan istiarah. Selain itu dalam al-barzanji pun terdapat banyak nilai pendidikan islam yang dapat bermanfaat bagi yang membaca dan meneliti kitab tersebut. Oleh karena itu penulis ingin menganalisis dari segi balaghah tentang istiaroh untuk mengupas sebagian keindahan yang ada dalam al-barzanji. Adapun metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah analisis kandungan, yakni dengan mengupas makna dan hakekat teks-teks dengan mengumpulkan ungkapan-ungkapan yang mengandung istiarah kemudian menjelakannya dari segi balaghah dan nilai pendidikan islam. Dan tekknik penelitiannya menggunakan kajian pustaka yakni dengan mengumpulkan beberapa data dan informasi dari hasil telaah sumber-sumber tertulis. Setelah diteliti dihasilkan bahwa terdapat 30 ungkapan dalam al-barzanji yang mengandung istiarah dengan istiarah yang bermacam-macam. Penulis juga menemukan banyak nilai pendidikan islam yang dikelompokkan dalam nilai pendidikan spiritual, sosial dan moral.Kata Kunci: Istiarah, Nilai-nilai Pendidikan Islam, maulid al-barzanji
IMPLEMENTASI COMMUNITY LANGUAGE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB Kosim, Nanang; Gusmiati, Ami
Ta'lim al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban Vol 2, No 2 (2018): Ta'lim al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jpba.v2i2.9560

Abstract

Penelitian  ini  bertolak  dari  penggunaan  metode  pengajaran  bahasa  Arab  yang  masih menggunakan  metode  klasik.  Hal  itu  nampak  dimana  metode  tersebut  digunakan  di berbagai   sekolah   dan   pesantren   dalam   pembelajaran   bahasa   Arab.   Metode   kaidah terjemah  dianggap  sebagai  metode  yang  terbaik  dalam  pengajaran  bahasa  Arab.Pada penelitian  ini  peneliti  akan  menyampaikan  metode  baru  dalam  pembelajaran  bahasa Arab yang lebih  didasarkan  pada  keaktifan siswa. Dengan kata lain  pembelajaran pada metode  ini  lebih  difokuskan  pada  kerjasama  antarsiswa  dalam  pembelajaran  bahasa Arab.Penelitian   ini   bertujuan   untuk   mengetahui   pendekatan,   metode,   dan   teknik pengajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode pembelajaran bahasa yang bersifat komunitas;Community  Language  Learning  (CLL).  Metode  yang  digunakan  dalam  penelitian ini  adalah  metode  analisis  teori.  Adapun  hasil  penelitiannya  bahwa  pendekatan  yang digunakan  pada   metode  ini  adalah  pendekatan  kolaboratif,  sedangkan  metode  dan teknik  pembelajarnnya  lebih  menekankan  pada  keaktifan  siswa  dan  guru  berperan sebagai pemberi solusi atas semua permasalahan siswa
PENGEMBANGAN BĪ’AH LUGHAWIYYAH OLEH HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB DI IAIN PEKALONGAN Rosyid, M Fairuz
Ta'lim al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban Vol 4, No 1 (2020): Ta'lim al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (401.349 KB) | DOI: 10.15575/jpba.v4i1.8185

Abstract

This article aims to develop the bī'ah lughawiyyah carried out by the Student Association of the Arabic Language Education Institute of the State Islamic Institute of Pekalongan. This research focuses on the bī'ah lughawiyyah model in terms of the purpose of the bī'ah lughawiyyah, the forms of activities, and the learning model in the bī'ah lughawiyyah. This research method is qualitative, using interviews, observation, and documentation techniques. Data were analyzed using Miles and Huberman analysis. The perspective in this study is the theory of language environment proposed by Stephen D. Krashen. The results of this study indicate that the development model of bī'ah lughawiyyah based on "the purpose of learning about language," "learning languages" and "curricular objectives." The form of activities is in the way of learning module, nahwu sharaf study, bī'ah lughawiyyah, ilqā' mufradāt, Muhādatsah, Insya' monthly, language mading, rihlah lughawiyah, art and competition (PARBARA). There are three learning models, namely, student learning models with lecturers, student learning models with tutors and student and student learning models.
Itqānu Al-Thulāb Li Tahlīl Al-Alfādz Nahwiyān Wa Sharfiyān Fī Darsi Al-Tarkīb Wa ‘Alāqatuhu Biqudratihim ‘Alā Qirāah Al-Nushūsh Al-‘Arabiyyah Kosim, Nanang; Fitriyyah, Zakiyyatul
Ta'lim al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban Vol 4, No 2 (2020): Ta'lim al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jpba.v4i2.8171

Abstract

Penelitian ini bertolak dari permasalahan pembelajaran bahasa Arab di Pesantren At Thohiriyyah – Cianjur dan Pesantren Sadang Lebak – Garut dimana kemampuan santri dalam menganalisis kaidah nahw sharf  masih lemah yang ditujukan dengan lemahnya kemampuan mereka dalam membaca dan menerjemahkan teks-teks Arab. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor. Pada tulisan ini penulis ingin mengetahui adakah hubungan antara kemampuan santri terhadap analisis kaidah nahw sharf dan kemampuan mereka dalam membaca dan menerjemahkan teks-teks Arab. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penguasaan santri terhadap analisis kaidah nahw sharf, kemampuan mereka dalam membaca teks, , kemampuan mereka dalam menterjemahkan teks dan mengetahui hubungan antara ketiganya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif.  Dan cara penelitian ini berupa observasi, wawancara, teks dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hubungan kemampuan santri terhadap analisis kaidah nahw sharf di pesantren-pesantren tradisional dengan kemampuan santri untuk membaca dan menerjemahkan teks-teks Arab, maka mendapatkan koefisien korelasi 0,51 dengan adanya hubungan, dan medapatkan hasil signifikansi dengan nilai t hitung 2,514 dan hasil dari t tabel 2,101 dengan tingkat signifikansi 5%. Jadi dapat disimpulkan Hipotesis nol (Ho) ditolak, dan keputusan ujian dapat diterima.
ISTIKHDĀM NAMŪDAJ AL HAROKIYYAH AL SYAM’IYYAH AL BASHORIYYAH AL ‘AQLIYYAH (SAVI) FĪ TA’LĪM AL MUFRADĀT AL ‘ARABIYYAH WA ATSARUHU FĪ QUDRAH AL TALĪMĪDZ ‘ALA FAHM AL MAQRŪ Turmudi, Imam; Rifai, Ilyas; Mudiyanto, Mudiyanto
Ta'lim al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban Vol 3, No 2 (2019): Ta'lim Al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (800.753 KB) | DOI: 10.15575/jpba.v3i2.7709

Abstract

Masalah yang terdapat di kelas X IIS 1 MA Ar-Rosyidiyah Cibiru Bandung adalah kesulitan siswa dalam belajar kosa kata Arab. Dalam hal ini, penulis ingin meneliti pembelajaran kosa kata bahasa Arab menggunakan Model Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memahami teks bahasa Arab. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam pembelajaran mufrodat bahasa Arab dengan menggunakan Model Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy sebelum dan sesdudahnya serta serta pengaruhnya terhadap Fahmul Maq'ru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan teknik pengumpulan data yaitu, observasi, wawancara, tes (free test dan post test) dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan Model Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam Fahmul Maq'ru, karena hasil perhitungan menunjukan bahwa τ hitung lebih besar dari pada τ tabel yaitu 176>  126.
مفهوم التلاوة والتزكية والتعليم في القرآن الكريم Ripal, Muhammad
Ta'lim al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban Vol 2, No 2 (2018): Ta'lim al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jpba.v2i2.9557

Abstract

Aspek bahasa merupakan salah satu lingkup kemukjizatan al-Qur’an. Kontruksi lahir dari kitab suci ini adalah berbahasa Arab, hal tersebut sangat relevan dengan beberapa firman Allah SWT. Setiap orang yang memusatkan perhatiannya terhadap al-Qur’an, maka dia akan menemukan berbagai aspek dari kemukjizatan al-Qur’an tersebut, diantaranya setiap kata yang berada dalam susunan suatu ayat merupakan mukjizat yang diperlukan oleh kata lainnya dalam ayat tersebut yang telah terkombinasi atau terangkai dengan sempurna. Hal demikian yang ditemukan oleh peneliti dalam al-Qur’an, adanya rangkaian kata Tilâwah, Tazkiyah dan Ta’lim dalam berbagai ayat berikut, yaitu surat al-Bâqarah, 2: 129, 151, âli-Imran, 3: 164, dan al-Jumu’ah, 62: 2.
دراسة تحليلة عن لفظ سورة العصر ومعناها من ناحية علم النحو والبلاغة Himayaturrahman, Muhammad Nurpahmi
Ta'lim al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban Vol 3, No 1 (2019): Ta'lim Al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (671.319 KB) | DOI: 10.15575/jpba.v3i1.7451

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pengetahuan kaum muslimin terhadap makna ayat surat Al-’Ashr, urgensi dan management waktu. Masalah penelitian adalah bagaimana pengaruh ilmu nahwu dan balāghah terhadap penafsiran lafaz dan makna surat Al-’Ashr. Tujuan penelitian adalah mengetahui kandungan tafsir ayat surat Al-‘Ashr yang berkaitan dengan urgensi dan manajemen waktu kehidupan manusia. Metode yang digunakan adalah metode analisis-deskriptif dan hermeunetik-interpretataif. Hasil penelitian ini adalah surat Al-‘Ashr terdiri dari wāwu qasam dan jawāb qasam pada ayat kedua dengan ‘āmil inna, lām ibtidā` dan mustatṡnā illā, fungsi dari wāwu qasam adalah untuk memperkuat kabar sehingga tidak diingkari, lafazالذين  mustatṡnā dari lafaz الإنسان  karena lafaz tersebut adalah isim jinis. Surat Al-‘Ashr juga terdiri dari ijāzul qaṣar, khabar, insyā` ghair at-thalaby, dzikrul khās ba'da al-'ām, ithnāb dan saja'.