cover
Contact Name
Rudi Setiawan
Contact Email
rudi@trilogi.ac.id
Phone
+628192454119
Journal Mail Official
rudi@trilogi.ac.id
Editorial Address
Program Studi Sistem Informasi Universitas Trilogi, Jl. TMP Kalibata No.1 Pancoran, Jakarta Selatan
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi
Published by Universitas Trilogi
ISSN : -     EISSN : 26848260     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi terbit 2 kali dalam setahun, bertujuan untuk menyebarluaskan hasil penelitian pada ranah topik sistem informasi, kompleksitas algoritma, implementasi algoritma, rekayasa perangkat lunak, sistem terdistribusi, bisnis dan manajemen, pengelolaan data dan informasi, sistem cerdas, data mining, sistem penunjang keputusan dan tanpa membatasi topik lain yang masih relevan.
Articles 19 Documents
RANCANG BANGUN APLIKASI ELEARNING Gusti Putri, Nurul Isha Aprilia; Setiawan, Rudi
Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi Vol 2, No 1 (2020): Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi
Publisher : Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (515.403 KB) | DOI: 10.31326/jurnal sistek.v2i1.672

Abstract

Pada saat ini media yang digunakan dalam proses belajar mengajar masih menggunakan buku. Media lain yang dapat digunakan dalam proses belajar mengajar adalah media internet. Internet saat ini menjadi suatu kebutuhan bagi semua orang. Tujuan penelitian ini adalah agar orang yang ingin belajar bahasa Jepang dapat belajar melalui web ini sebagai ganti dari buku pembelajaran bahasa Jepang. Web ini berisi materi tentang huruf hiragana, huruf katagana, partikel dan membuat kalimat. Web ini juga menyediakan kuis atau latihan soal yang dapat digunakan oleh pengguna. 
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENGAJUAN ANGGARAN DAN LAPORAN KEGIATAN BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS : UNIVERSITAS TRILOGI) Handayani, Nurul
Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi Vol 2, No 2 (2020): Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi
Publisher : Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1071.231 KB) | DOI: 10.31326/jurnal sistek.v2i2.667

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini penulis akan membahas rancang bangun Aplikasi Pengajuan Anggaran dan Laporan Kegiatan (SIMPAKAT) berbasis Android pada Universitas Trilogi. Pembuatan sistem ini dilakukan karena proses pengajuan anggaran kegiatan, Laporan kegiatan, dan pengelolaan data unit kerja, pada Universitas Trilogi belum dilakukan secara konvensional alat bukti anggaran saat ini unit kerja mengajukan dan proses Laporan Kegiatan masih berupa kertas dan nota pembayaran saja. Adapun tujuan dari penulisan ini adalah untuk menerapkan sistem Aplikasi Pengajuan Anggaran Kegiatan dan Laporan Kegiatan yang terdigitalisasi dengan baik. Sistem ini dibangun menggunakan metode waterfall, mysql, dan menggunakan metode perancangan sistem Entity Relationship Diagram (ERD) dan Data Flow Diagram (DFD). Aplikasi Pengajuan Anggaran dan Laporan Kegiatan berbasis Android ini di harapkan pengguna jadi lebih mudah dalam proses pengajuan anggaran dan laporan kegiatan. Aplikasi ini juga terdapat beberapa user level, yaitu Unit Kerja, Atasan Langsung (Dekan), Wakil Rektor 1 dan 2, Rektor dan Bagian Keuangan. Masing-masing aktor mempunyai hak akses yang berbeda dalam melakukan aktivitas di aplikasi tersebut.
RANCANG BANGUN APLIKASI PENYEWAAN LAPANGAN FUTSAL BERBASIS WEB Pratama, Raga Kurnia; Piliang, Faisal
Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi Vol 1, No 2 (2019): Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi
Publisher : Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1089.956 KB) | DOI: 10.31326/jurnal sistek.v1i2.676

Abstract

Sistem pemesanan lapangan pada AsboenFutsal masih bersifat manual. Memesan lapangan harus datang langsung ke AsboenFutsal. Selain itu bukti pembayaran masih menggunakan banyak kertas atau buku untuk membuat laporan pembayaran, sehingga jika ingin melakukan rekap data pengelola kesulitan karena ada banyak kertas yang akan dikumpulkan dan juga tidak terorganisir penyimpanan data pemesanan penggunaan lapangan Futsal dengan baik dan benar sehingga memungkinkan data-data tersebut akan hilang. Tujuan penelitian ini untuk membantu dalam meningkatkan keefektifitasan proses booking lapangan dan pengolahan data padaAsboenFutsal. Adapun metodologi pengembangan sistem yang digunakan adalah System Development Life Cycle (SDLC) model Waterfall yang meliputi tahapan perencanaan, analisis, perancangan dan implementasi sistem. Sistem dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan untuk database server-nya menggunakan MySQL. Hasil yang dicapai dari penelitian ini adalah sistem informasi simpan pinjam berbasis web. Dengan adanya sistem ini diharapkan menjawab kesulitan yang sering dihadapi oleh pengelola maupun pelanggan sehingga bisa lebih efisien dan efektif.
SISTEM INFORMASI KOPERASI TABURPUJA BERBASIS TANGGUNG RENTENG Setiawan, Rudi; Faruq, Umar Al
Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi Vol 1, No 1 (2019): Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi
Publisher : Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (598.803 KB) | DOI: 10.31326/jurnal sistek.v1i1.327

Abstract

Seiring dengan tumbuh dan berkembangnya koperasi di Indonesia hal ini masih menyisakan berbagai kendala yang dihadapi oleh koperasi seperti penggunaan teknologiuntuk mendukung kegiatan operasional sehari-hari, untuk menunjang produktifitas operasionalharian di koperasi maka peran teknologi menjadi suatu yang wajib implementasikan, untuk itu dalam penelitian ini dibangun sistem informasi koperasi taburpuja yang dapat membantu pengelola koperasi dalam menjalankan kegiatan operasional hariannya, hasil penelitian terhadap sistem informasi yang dibangun menunjukkan rata-rata nilai persen- tase interpretasi sebesar 84,4 % termasuk dalam kategori sangat layak untuk diimplementasikan.
RANCANG BANGUN APLIKASI SEMINAR DAN DISKUSI DI KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA DENGAN PLUGIN DISQUS DAN FRAMEWORK CODE IGNITER Rachman, Ilham Abdul
Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi Vol 2, No 1 (2020): Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi
Publisher : Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (791.762 KB) | DOI: 10.31326/jurnal sistek.v2i1.671

Abstract

 Seminar adalah rangkain acara yang di selenggrakan oleh Kementerian Kesehatan Replubik Indonesia sebuah bentuk acara rutin yang di lakukan Kementerian Kesehatan Dalam melakukan peningkatan kinerja dan pembentukan kerja sama oleh pihak pihak terkait. Proses seminar yang dilakukan Kementerian Kesehatan system disana  masih konvensional, ketika pembicara menyampaikan isi dari materi , user masih suka ingin membaca kembali dari hasil materi nya dan jika ingin bertanya kepada pemateri tersebut user belum terlaksana karena keterbatasan waktu. Setelah penulis melakukan analisa dalam proses magang bahwasanya prosedur Pelaksanaan seminar yang telah sesuai prosedur yang berlaku. Hal ini menyebabkan Peroses pelaksanaan seminar tidak efektif karena banyak dari user tidak puas dengan apa yang di sampaikan oleh pembicara.Maka penulis akan mencoba melengkapi kekurangan yang adadengan melakukan pengembangan perancangan sistem berbasis web yang terkomputerisasi dengan menggunakan bahasa PHP, My SQLdigunakan untuk membuat database, menggunakan metodologi SDLC(Sistem Development Life Cycle)model UML(Unified Modeling Language).
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI PENJUALAN PRODUK HYGIENE BERBASIS WEB PADA PT. INDOCARE PACIFIC Purbasari, Regita Christy
Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi Vol 2, No 2 (2020): Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi
Publisher : Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (252.376 KB) | DOI: 10.31326/jurnal sistek.v2i2.666

Abstract

PT. Indocare Pacificmerupakan perusahaan dibidang support services, tepatnya di bidang hygiene system. Dimana dalam proses penjualan dibutuhkan sistem administrasi penjualan yang  baik, sehingga dapat mendukung proses penjualan tersebut dengan baik. Sistem administrasi penjualan yang berjalan saat ini, dirasa kurang efektif dan efisien dikarenakan admin sales sebagai aktor utama dalam sistem administrasi ini, belum dapat melakukan penginputan, pengeditan, serta penyimpanan data secara langsung pada sistem. Customer juga belum mampu untuk dapat membeli produk yang dijual PT. Indocare Pacific secara otomatis atau terhubung langsung dengan sistem. Sistem yang sudah berjalan juga belum mampu untuk memberikan informasi laporan penjualan secara runtime baik untuk Head Office maupun pimpinan cabang. Kesibukan tinggi yang dimiliki pimpinan cabang, yang juga bertugas sebagai senior pimpinan area, membuat pimpinan cabang PT.Indocare Pacific Jakarta 2 membutuhkan sistem administrasi yang mampu memudahkan pimpinan cabang dalam melakukan monitoring, merevisi, dan memberikan persetujuan terhadap data yang selama sistem berjalan mengharuskan direview secara fisik. Maka penulis menyimpulkan, dibutuhkan suatu sistem administrasi yang mampu mengembangkan proses administrasi yang sudah berjalan, agar menjadi lebih efektif, efisien, dan informatif. Penulis juga menyimpulkan, dengan dikembangkannya sistem penjualan secara otomatis, tentunya akan mendukung administrasi juga berjalan secara otomatis atau terhubung dengan sistem.
PENGEMBANGAN APLIKASI KKN BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS UNIVERSITAS LAMPUNG) Setiawan, Muhammad Apriansyah; Muludi, Kurnia; Irawati, Anies Rose
Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi Vol 1, No 1 (2019): Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi
Publisher : Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (667.882 KB) | DOI: 10.31326/jurnal sistek.v1i1.326

Abstract

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Universitas Lampung (Unila) merupakan mata kuliah yang wajib diikutioleh seluruh mahasiswa Universitas Lampung (Unila) yang menempuh program sarjana/strata (S1). KKN adalahbentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktudan daerah tertentu. Kegiatan KKN biasanya berlangsung antara satu sampai dua bulan dan bertempat di daerahsetingkat desa yang telah ditentukan oleh pihak Unila. Bagi mahasiswa yang akan mengikuti kegiatan KKNdiwajibkan mendaftarkan diri dengan mengisi form yang telah disediakan oleh pihak BP-KKN yang terdapat diwebsite KKN. Semua info mengenai kegiatan KKN sudah tertera pada website KKN. Akan tetapi untukmemudahkan mahasiswa dalam mendapatkan informasi mengenai KKN dan melakukan pendaftaran, penilitianingin membangun sebuah aplikasi KKN yang diperuntukkan khusus bagi mahasiswa Universitas Lampung yangberbasis Android. Aplikasi ini dapat digunakan mahasiswa untuk mendapatkan informasi mengenai jadwal KKN,mendaftar sebagai peserta KKN, mendapatkan informasi mengenai lokasi penempatan dan peta lokasi desa,mendapatkan informasi mengenai Dosen Pembimbing Lapangan yang menjadi pembimbing di wilayah yangtelah ditentukan, informasi mengenai nilai yang di dapat setelah kegiatan KKN selesai dan dapat juga mengirimdan mengelola laporan kegiatan harian mahasiswa. Dengan ini mahasiswa dapat lebih mudah dalam mendapatkaninformasi mengenai KKN. Hasil dari penelitian ini adalah : (1) pengujian fungsional dengan menggunakanmetode Black Box Testing dan teknik Equivalence Partitioning (EP) memperoleh hasil sesuai dengan yangdiharapkan, (2) pengujian dan penilaian menggunakan kuisioner dengan perhitungan hasil kuisionermenggunakan metode Skala Likert yang memperoleh nilai rata-rata sebesar 87.12%, nilai ini termasuk dalamkategori ?Sangat Baik?. Dari hasil penilaian yang didapat maka aplikasi ini berjalan sangat baik dan dapatdigunakan oleh mahasiswa Universitas Lampung.
RANCANG BANGUN SISTEM PENGARSIPAN PENDUKUNG AKREDITASI E-BORANG STMIK SAMARINDA DENGAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK LARAVEL Asse, Ambo; Rahim, Abdul
Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi Vol 1, No 2 (2019): Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi
Publisher : Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (927.449 KB) | DOI: 10.31326/jurnal sistek.v1i2.675

Abstract

Kemajuan Teknologi dan informasi menjadikan perguruan tinggi saat ini dituntut untuk memiliki standar kurikulum atau akreditasi yang menjanjikan untuk mencetak generasi yang optimal. Generasi yang memiliki kualitas sumber daya manusia (SDM) yang mampu bersaing di dunia kerja moderen saat ini. Maka dalam rangka meningkatkan kualitas SDM tersebut dibutuhkan sebuah rancangan bangun sistem yang dapat memudahkan proses akreditasi terhadap suatu institusi atau perguruan tinggi sehingga daam proses pelayanannya kepada mahasiswa dan pihak-pihak yang terkait dapat  ter-penuhi secara optimal. Penelitian ini membahas mengenai cara pengisian instrumen atau persyaratan E-Borang dalam memenuhi standar akreditasi yang memuaskan dari segi kemahasiswaan dan mutu pelayanan tenaga didik perguruan tinggi.Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses pengumpulan instrument atau persyara-tan akreditasi sudah berjalan dengan baik, namun belum maksimal. Hal ini terlihat dari terhambatnya sarana informasi dan pelayanan menyangkut pengumpulan berkas yang masih tersedia dalam bentuk hardcopy, dan dihawatirkan adanya kerawanan pada penyimpanan berkas yang dapat hilang atau rusak karna masih berupa bentuk fisik hardcopy.
RANCANG BANGUN APLIKASI PENJUALAN BERBASIS WEBSITE (STUDI KASUS : TOKO WAROENG BOLA) Triyanto, Rohmat
Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi Vol 2, No 1 (2020): Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi
Publisher : Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (557.621 KB) | DOI: 10.31326/jurnal sistek.v2i1.670

Abstract

Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web pada Toko Waroeng Bola Jakarta Timur dapat memudahkan proses penjualan pada toko waroeng bola. Dengan adanya sistem informasi penjualan pada toko waroeng bola berbasis webdapat meningkatkan kualitas pelayanan dan pengelolaan data pada toko waroeng bola Jakarta Timur. Selain itu, pihak toko dapat mudah mengolah data penjualan, data barang, data pembelian dan data pengguna yang tersimpan dalam database. Dalam penelitian ini, penulis membahas tentang cara merancang dan membangun sebuah Sistem Informasi Penjualan pada Toko Waroeng Bola Jakarta Timur.Adapun metodologi pengembangan sistem yang digunakan yaitu, System Development Life Cycle (SDLC)model waterfall yang meliputi tahapan analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi sistem dan pengujian sistem. Sistem ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemprograman Hypertext Preprocessor(PHP), framework menggunakanCodeIgniter dan database server menggunakan MySQL. Adapun hasil yang ingin dicapai pada penelitian ini yaitu, Sistem Informasi Penjualan pada Toko Waroeng Bola Jakarta Timur. Dengan dibanggunya sistem ini diharapkan dapat membantu pihak toko dalam mengolah data penjualan, data barang, data pembelian dan data pengguna agar lebih efektif dan terstruktur.
RANCANG BANGUN APLIKASI PEMESANAN DESAIN JERSEY BERBASIS ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI FIREBASE (STUDI KASUS : KONFEKSI MINISTER) Setiaji, Ari
Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi Vol 2, No 2 (2020): Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi
Publisher : Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1077.133 KB) | DOI: 10.31326/jurnal sistek.v2i2.664

Abstract

Konfeksi Minister Productatau bisa disebut dengan Minister Appareladalah tempat produksi bahan-bahan mentah pakaian menjadi baju jersey. Jerseydikenal sebagai baju yang dikhususkan untuk pakaian olahraga, biasanya dipakai oleh olahragawan bola ataupun futsal. Konfeksi Minister Productadalah konfeksi yang khusus menjual pakaian olahraga yaitu bola dan futsal. Konfeksi Minister Productmasih menerapkan proses desain dan transaksi secara konvensional. Alat bukti yang menjadi tanda jadi diantara konfeksi Minister Productdengan pembeli adalah nota dan desain yang diberikan oleh pembeli kepada konfeksi Minister Productmasih berupa gambar sketsa. Adapun tujuan dari penulisan ini adalah untuk menerapkan sistem aplikasi pemesanan desain jerseyyang terdigitalisasi dari sektor desain ataupun transaksi. Aplikasi pemesanan desain berbasis androidini diharapkan membuat penambahan inovasi teknologi dibidang desain. Aplikasi ini juga menerapkan teknologi firebasesebagai pendukung dari fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi tersebut. Teknik pengembangan sistem dalam penulisan skripsi ini menggunakan metode model Prototyping.Aplikasi ini juga terbagi menjadi dua userlevelyaitu admin dan pembeli. Masing-masing aktor mempunyai hak akses yang berbeda dalam melakukan aktifitas didalam aplikasi tersebut. Aplikasi ini diharapkan membantu admin dan pembeli dalam melakukan aktivitas jual-beli digitalnya.

Page 1 of 2 | Total Record : 19