cover
Contact Name
Eko Supraptono
Contact Email
eko@i-rpp.com
Phone
-
Journal Mail Official
eko@i-rpp.com
Editorial Address
Jl. Sampangan Baru IV B / 9 A, SEMARANG, Jawa Tengah
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter
ISSN : 25410385     EISSN : 25410393     DOI : -
Core Subject : Education,
The journal acts as a medium of publication the result of research covering the learning innovation theme from the elementary to higher education level. The journal also acts as a medium of disseminating research thought conducted by teachers and lecturers. In substance, the articles published in the journal are projected to inspire circles of education in conducting innovation in the teaching and learning process.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2017): Edisi Juni 2017" : 12 Documents clear
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI JENIS-JENIS BATUAN DAN TANAH -, Nasori
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 2, No 2 (2017): Edisi Juni 2017
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA khususnya materi jenis-jenis batuan dan tanah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi tes, observasi, dan dokumentasi. Desain penelitian ini dilaksanakan melalui 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA kriterianya kurang aktif. Pada siklus I, aktivitas belajar siswa meningkat dengan perolehan skor 22 (63%) dengan kriteria cukup aktif. Pada siklus II, aktivitas belajar siswa meningkat lagi dengan perolehan skor 27,7 (79%) dengan kriteria aktif. Melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil siswa. Hasil belajar siswa melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing, pada kondisi awal, siswa yang tuntas belajarnya dari 35 siswa adalah sebanyak 13 siswa (37,1%), pada siklus I siswa yang tuntas belajarnya meningkat menjadi 23 siswa (65,7%), dan pada siklus II meningkat menjadi 32 siswa (91,4%).
PENDEKATAN METODE TAJADIS PADA KOMPETENSI DASAR MENJELASKAN PROSES PEMILU DAN PILKADA -, Sarip
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 2, No 2 (2017): Edisi Juni 2017
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hasil belajar siswa pada pelajaran PKn pada kompetensi dasar menjelaskan proses pemilu dan pilkada kurang maksimal. Terlihat dari hasil evaluasi pembelajaran PKn sebagian besar siswa masih belum mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui metode TAJADIS. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dan dirancang dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Melalui metode TAJADIS dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari perolehan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Pada kondisi awal, aktivitas siswa dalam pembelajaran berada pada kriteria kurang aktif, pada siklus I persentase aktivitas belajar siswa sebesar 62% (kriteria cukup aktif) dan pada siklus II persentase aktivitas siswa sebesar 87% (sangat aktif). Melalui metode TAJADIS dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat diketahui sebagaimana nilai tes yang telah diukur peneliti dengan indikator ketuntasan belajar klasikal pada kondisi awal hanya sebesar 35%, pada siklus I mencapai 40%, dan pada Siklus II meningkat menjadi 90%.
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT KUASA DENGAN MODEL KOOPERATIF -, Inawati
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 2, No 2 (2017): Edisi Juni 2017
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keterampilan menulis surat kuasa peserta didik pada umumnya masih rendah. Salah satu penyebabnya berasal dari pemilihan pendekatan, model, dan media pembelajaran yang digunakan guru tidak tepat. Karena itu, upaya meningkatkan keterampilan menulis surat kuasa peserta didik dilakukan dengan menggunakan model kooperatif yang dikemas dalam sistem lesson study. Hasil temuan penelitian ini dinyatakan bahwa ada peningkatan keterampilan menulis surat kuasa dengan model kooperatif. Peningkatan itu dilihat dari segi tes keterampilan menulis surat kuasa dari kategori kurang baik menjadi kategori baik. Dilihat dari segi perilaku, pembelajaran menulis surat kuasa dengan model kooperatif menjadikan peserta didik lebih antusias mengikuti pembelajaran. Jadi, pembelajaran menulis surat kuasa dengan model kooperatif pada peserta didik dapat dikatakan berhasil.
INOVASI PERMAINAN KOTAK MISTERI PADA PEMBELAJARAN PKN MATERI SISTEM PEMERINTAHAN -, Subiyanto
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 2, No 2 (2017): Edisi Juni 2017
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn materi sistem pemerintahan banyak yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Hal ini disebabkan karena aktivitas belajar siswa masih sangat kurang, sehingga hasil belajar yang dicapai rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui permainan kotak misteri. Penelitian ini dilaksanakan dalam beberapa siklus dengan setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, melalui permainan kotak misteri dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Besarnya peningkatan aktivitas belajar siswa melalui permainan kotak misteri pada siklus I memperoleh skor sebesar 14,5 (63%) kriteria cukup aktif, dan pada siklus II memperoleh skor 18,8 (82%) kriteria aktif. Permainan kotak misteri dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan besarnya peningkatan hasil belajar siswa yang dilihat dari ketuntasan belajar siswa pada kondisi awal terdapat 10 siswa yang tuntas atau sebesar 43,5%, pada siklus I ketuntasan belajar terdapat 16 siswa yang tuntas atau sebesar 69,6%, dan pada siklus II ketuntasan belajar terdapat 21 siswa yang tuntas atau sebesar 91,3%.
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION PADA MATERI GLOBALISASI -, Nadzofah
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 2, No 2 (2017): Edisi Juni 2017
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat belajar siswa terhadap pembelajaran PKn khususnya pada materi globalisasi, hal ini menjadi penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran student team achivement division. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Melalui model pembelajaran STAD dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran tiap siklusnya. Melalui model pembelajaran STAD juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn materi globalisasi. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar siswa tiap siklus, pada kondisi awal sebelum menerapkan model pembelajaran STAD siswa yang mencapai nilai KKM pada kondisi awal hanya terdapat 12 siswa (44%).
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA PADA MATERI MEMBACA -, Lestariningsih
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 2, No 2 (2017): Edisi Juni 2017
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas membaca dalam pembelajaran bahasa Indonesia melalui model pembelajaran Scramble berbantu media kartu kata. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas I SD Negeri Brekat 02. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Melalui model pembelajaran scramble berbantu media kartu kata dapat meningkatkan aktivitas membaca dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Hal ini dibuktikan dari peningkatan hasil observasi aktivitas belajar siswa yang pada siklus I memperoleh skor sebesar 16 (62%) kriteria cukup aktif meningkat pada siklus II dengan perolehan skor menjadi 21,7 (83%) kriteria aktif. Dan dengan menggunakan model pembelajaran scramble ini juga dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW PADA MATERI JURNAL UMUM Marduraras, In
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 2, No 2 (2017): Edisi Juni 2017
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh strategi belajar mengajar yang masih menggunakan metode lama sehingga berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa yang menyebabkan prestasi belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan prestasi belajar siswa pada materi jurnal umum. Metode penelitian yang digunakan adalah tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu, rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi dan refisi. Metode pembelajaran kooperatif jigsaw dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa, hal ini dibuktikan dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari pra siklus, siklus I sampai II yaitu pra siklus (37,94%), siklus I (64,86%), siklus II (81,08%)
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI SISTEM POLITIK INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW Kusnowati, Indah
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 2, No 2 (2017): Edisi Juni 2017
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada materi sistem politik Indonesia. Hanya 21 peserta didik atau 71,75% dari 36 peserta didik yang memperoleh nilai tuntas. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatkan hasil dan motivasi belajar peserta didik menggunakan metode pendekatan kontekstual melalui model pembelajaran jigsaw. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini didesain dalam dua siklus. Prosedur dalam setiap siklus mencakup tahap-tahap; perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pembelajaran dinyatakan jika prosentase ketuntasan belajar peserta didik satu kelas mencapai indikator kerja minimal 95% mencapai KKM. Penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus diperoleh hasil bahwa prosentase ketuntasan belajar peserta didik pada prasiklus sebesar 71,75%, pada siklus I meningkat menjadi 81,25%, dan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEBAK KATA PADA MATERI AJAR SISTEM PEMERINTAHAN DI INDONESIA -, Munawaroh
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 2, No 2 (2017): Edisi Juni 2017
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang kurang berminat terhadap pembelajaran PKn, karena dianggap sebagai mata pelajaran hafalan yang membosankan. Kurangnya minat belajar siswa terhadap pembelajaran PKn tersebut, diduga menjadi penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran tebak kata. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Metode analisis data yang digunakan meliputi data kuantitatif dan data kualitatif. Aktivitas belajar PKn materi sistem pemerintahan di Indonesia melalui model pembelajaran tebak kata pada siklus I memperoleh skor 12,5 (60%) kriteria cukup aktif, dan meningkat pada siklus II dengan skor 16,5 (79%) kriteria aktif. Melalui model pembelajaran tebak kata dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar PKn materi sistem pemerintahan di Indonesia melalui model pembelajaran tebak kata dilihat dari ketuntasan klasikalnya, pada kondisi awal hanya mencapai 33,3%, meningkat pada siklus I menjadi 71,4%, dan meningkat pada siklus II menjadi 90,5%.
PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA JENJANG PENDIDIKAN DASAR Syaifudin, Ahmad; Rokhman, Fathur; Zulaeha, Ida
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 2, No 2 (2017): Edisi Juni 2017
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pelaksanaan kurikulum 2013 menyebabkan semua mata pelajaran pada pendidikan sekolah dasar dilaksanakan dengan tematik integratif. Kurikulum seharusnya menjadi momentum untuk mencetak sumber daya manusia handal dan tanggul. Hingga pada gilirannya, potensi yang dimiliki daerah dapat dikelola dan dikembangkan untuk kesejahteraannya tanpa ada merusak/merugikan. Kegiatan ini dilaksanakan dengan menggunakan metode survei, pelatihan, pembimbingan, dan pendampingan dengan sasaran guru bahasa Indonesia pendidikan dasar. Pelatihan pengembangan strategi pembelajaran tematik integratif pada mata pelajaran bahasa Indonesia sebagai implementasi kurikulum 2013 bagi guru pendidikan dasar menggunakan pengembangan strategi pembelajaran secara mikro. Keseluruhan strategi pembelajaran secara mikro yang dikembangkan didasarkan pada kurikulum 2013. Meskipun demikian, strategi pembelajaran masih membutuhkan pendampingan, terutama pada penyusunan langkah pembelajaran dan instrumen penilaian.

Page 1 of 2 | Total Record : 12