cover
Contact Name
Eko Supraptono
Contact Email
eko@i-rpp.com
Phone
-
Journal Mail Official
eko@i-rpp.com
Editorial Address
Jalan Sampangan Baru IV B / 9 A Semarang
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
ISSN : 24772240     EISSN : 24773921     DOI : -
Core Subject : Education,
The journal is a scientific publication of research articles from the educational sphere, where every issue has a theme as the focus of the publication.
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2016)" : 14 Documents clear
PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU MENYUSUSN RPP MELALUI PENDAMPINGAN BERKELANJUTAN -, Alfiah
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mengetahui peningkatan kemampuan guru dalam menyusun RPP melalui pendampingan berkelanjutan dari Kepala Sekolah. Subjek penelitian adalah Bapak/Ibu guru SD Negeri 04 Sukorejo tahun pelajaran 2015/2016 berjumlah 6 orang. Penelitian dilaksanakan dalam beberapa siklus, yaitu pra siklus, siklus 1,dan siklus 2. Pada kegiatan pra siklus difokuskan untuk mengetahui seberapa banyak guru yang telah menyusun RPP pada awal tahun pelajaran dan kendala-kendala yang dialami guru dalam menyusun RPP. Pada siklus 1 difokuskan pada kegiatan pendampingan yang dilakukan Kepala Sekolah, dan pada siklus 2 difokuskan pada upaya perbaikan pada hal-hal yang dirasa masih kurang dan ditemukan pada siklus 1. Hasil penelitian menunjukkan melalui kegiatan pendampingan berkelanjutan dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun RPP dan melaksanakan pembelajaran.Kata Kunci: Pedampingan Berkelanjutan, Menyusun RPP, Melaksanakan Pembelajaran
PENERAPAN MODEL CTL BERBANTUAN MEDIA VISUAL NOVEL DALAM MENGIDENTIFIKASI KEGUNAAN PROGRAM APLIKASI Insani, Hikmatyar; Supraptono, Eko; Hakim, Luqmanul
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam mengidentifikasi kegunaan program aplikasi dengan menerapkan model pembelajaran CTL berbantuan media Visual Novel. Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek siswa kelas VII A yang berjumlah 25 orang. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan data kuantitatif untuk menghitung kompetensi siswa dan data kualitatif untuk menghitung aktivitas siswa. Hasil penelitian diperoleh hasil bahwa model pembelajaran CTL berbantuan media Visual Novel dapat meningkatkan kompetensi siswa dalam mengidentifikasi kegunaan program aplikasi dan aktivitas siswa dalam pembelajaran. Kata Kunci: CTL, Visual Novel, Kompetensi Siswa, Aktivitas Siswa
KEMAMPUAN MEMBANDINGKAN SIFAT FISIKA DAN KIMIA ZAT MELALUI MODEL GROUP INVESTIGATION Utamimah, Maftukhatul
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Target sasaran dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui peningkatan kemampuan peserta didik dalam  membandingkan sifat  fisika dan kimia dengan model  group investigation pada mata pelajaran IPA. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, yaitu pra siklus, siklus 1, dan siklus 2. Data penelitian diambil dengan teknik tes (tes unjuk kerja dan tes tertulis) dan pengamatan. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII E dengan jumlah 36 peserta didik terdiri dari 20 putra dan 16 putri. Penelitian dikatakan berhasil apabila dalam pembelajaran IPA materi perubahan fisika dan kimia melalui model pembelajaran group investigation menunjukkan mnmal 77 % peserta didik mencapa KKM.Kata Kunci: Sifat Fisik; Sifat Kimia; Group Investigation
KEMAMPUAN MENGANALISIS NOVEL MELALUI METODE STAD -, Miati
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menganalisis unsur intrinsik novel remaja melaui pembelajaran kooperatif tipe STAD. Subjek penelitian adalah 36 peserta didik kelas VIII H terdiri dari 14 putra dan 22 putri. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus, yaitu pra siklus, siklus 1, dan siklus 2. Metode pengambilan data melalui tes formatif, kuis, dan pengamatan. Penelitian dikatakan berhasil apabila dalam pembelajaran bahasa Indonesia materi menganalisis unsur intrinsik novel melalui model cooperative learning tipe STAD apabila peserta didik yang memperoleh nilai KKM = 75 atau lebih sudah menunjukkan 75%. Kata Kunci: Analisis; Unsur Instrinsik; Novel; STAD
PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM PENYUSUNAN RPP MELALUI SUPERVISI KLINIS BAGI GURU SLB DI KABUPATEN PEMALANG -, Mutholib
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui langkah-langkah pelaksanaan supervisi klinis dalam penyusunan RPP untuk meningkatkan kompetensi profesional guru bagi guru SLB di Kabupaten Pemalang dalam melaksanakan pembelajaran. 2) Untuk mengetahui peningkatan kompetensi guru SLB di Kabupaten Pemalang dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran melalui kegiatan supervisi klinis. Subjek penelitian adalah guru SMPLB SLB Negeri di Kabupaten Pemalang yang terdiri dari 39 guru. Metodologi penelitian menggunakan penelitian tindakan dengan prosedur  perencanaan, melakukan tindakan, observasi, refleksi. Hasil analisis menyimpulkan bahwa: 1) Langkah-langkah pelaksanaan supervisi klinis guna meningkatkan kompetensi profesional guru dalam penyusunan RPP di SMPLB SLB Negeri Kabupaten Pemalang adalah sebagai berikut: (a) Menyampaikan pengumuman kepada guru tentang akan dilaksanakannya kegiatan supervisi klinis mengenai penyusunan RPP; (b) Mempersiapkan materi bimbingan berupa pelaksanaan pembelajaran disertai simulasinya; (c) Mempersiapkan instrumen supervisi; (d) Melaksanakan kegiatan supervisi kelompok dalam bentuk office conference dengan tidak mengganggu kegiatan pembelajaran; dan e) Melaksanakan pengamatan di kelas saat dilaksanakan kegiatan pembelajaran oleh guru; dan 2)  Supervisi klinis dapat meningkatkan kompetensi profesional guru dalam penyusunan RPP pada guru SMPLB SLB Negeri Kabupaten Pemalang. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya kompetensi profesional guru baik dalam tahap persiapan maupun pelaksanaan. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya ketercapaian kompetensi dari sebesar 69,58 pada kondisi awal, menjadi sebesar 72,81 pada akhir tindakan Siklus 1, dan meningkat menjadi 83,13 pada tindakan Siklus II. Kata Kunci: Kompetensi Guru; Penyusunan RPP; Supervisi Klinis
HUBUNGAN HARGA DIRI DAN KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DENGAN KENAKALAN REMAJA Hidayati, Novi Wahyu
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya korelasi antara harga diri, konformitas teman sebaya dengan kenakalan remaja. Metode penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah remaja siswa Sekolah Menengah Atas sejumlah 159 orang. Instrument pengumpulan data menggunakan skala harga diri, skala konformitas teman sebaya dan skala kenakalan remaja. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi antara harga diri, konformitas teman sebaya dengan kenakalan remaja. Kata Kunci: Harga Diri; Kenakalan Remaja; Konformitas Teman Sebaya
MENINGKATKAN KETRAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PERMAINAN -, Qomari
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi pada siswa melalui bimbingan kelompok teknik permainan komunikasi. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan (actionresearch). Subyek pada penelitian ini adalah 15 siswa kelas VIII. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, masing-masing siklus berisi 2 tindakan dengan menggunakan permainan yang selalu  berbeda  untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam meningkatkan keterampilan komunikasi siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan skala keterampilan komunikasi, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  penerapan  teknik  permainan komunikasi dapat meningkatkan keterampilan komunikasi siswa. Hal ini dapat diketahui dengan dilaksanakannya 2 siklus, dengan 2 tindakan dimasing-masing siklus. Peningkatan ini juga didukung oleh kenaikan skor rata-rata keterampilan komunikasi pada siswa. Dari uji pretest diketahui bahwa sebelum tindakan skor siswa berada pada kategori sedang. Setelah dilakukan tindakan dan dilakukan posttest skor siswa berada pada kategori tinggi. Dari hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan antara sebelum dan setelah tindakan.  Dengan demikian dapat  disimpulkan  bahwa  penerapan permainan komunikasi dapat meningkatkan keterampilan komunikasi pada siswa. Kata Kunci: Keterampilan Komunikasi; Layanan Bimbingan Kelompok; Permainan
PENGEMBANGAN MODEL SUPERVISI MANAJERIAL BERBASIS EVALUASI DIRI SEKOLAH Raharjo, Toto
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kepala sekolah sebagai komponen utama dalam pengelolaan dan administarasi sekolah dituntut memiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam pengelolaan dan adminstrasi sekolah secara professional.  Supervisi manajerial merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pengawas sekolah terhadap kepala sekolah dan staf dengan cara memberikan bantuan atau layanan professional agar lebih kompeten dalam melaksanakan tugas-tugasnya.  Tujuan penelitian dan pengembangan model supervisi manajerial berbasis evaluasi diri sekolah adalah mengembangkan desain model supervisi manajerial yang dilaksanakan melalui: (1) tahap studi pendahuluan, (2) tahap pengembangan, (3) tahap evaluasi.  Penelitian dilaksanakan pada SMA di Kabupaten Lombok Timur, dengan responden 49 Kepala Sekolah dan 20 Pengawas Sekolah..  Metode penelitian dengan menggunakan wawancara, angket/kuesioner, dan studi dokumen.  Data penelitian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian dan pengembangan dapat disimpulkan bahwa model supervisi manajerial berbasis evaluasi diri sekolah dapat dimaknai bahwa model supervisi manajerial berbasis evaluasi diri sekolah dan instrumen model, praktis dan dapat digunakan dalam pelaksanaan supervisi manajerial. Kata Kunci: Supervisi Manajerial, Evaluasi Diri; Kepala Sekolah
PERAN GURU TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI TERHADAP KOLEGA SEJAWAT DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR Wulandari, Karina Amalia; Hudallah, Noor; Rosyidi, Imron
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hasil keterlaksanaan layanan bimbingan terhadap guru dalam proses belajar mengajar di SMP Negeri 2 Kendal. Metode pengumpulan data adalah observasi dan angket. Sample dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran yang diujikan dalam Ujian Nasional, yaitu guru Matematika 5 orang, guru Bahasa Indonesia 5 orang, guru Bahasa Inggris 4 orang dan guru IPA Terpadu 4 orang, jumlah seluruhnya 18 orang. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif persentase dan validasi ahli. Hasil keterlaksanaan layanan bimbingan terhadap guru secara keseluruhan dikatakan sangat tinggi. Terbukti dari skala sangat tinggi pada pengembangan sumber belajar, pengembangan media belajar, proses pembelajaran, dan pelaporan hasil belajar. Sedangkan pada persiapan pembelajaran dan penilaian pembelajaran memperoleh hasil tinggi. Fasilitasi oleh guru TIK terhadap guru dalam proses belajar mengajar sebaiknya dilaksanakan dengan baik agar penggunaan alat bantu teknologi komputer dapat secara maksimal. Kata Kunci: Peran Guru TIK, Proses PBM, Kolega Sejawat
PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA MENULIS TEKS BERITA MELALUI STRATEGI “TTW” DENGAN MEDIA FOTO JURNALISTIK -, Cakiban
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis teks berita melalui strategi TTW (Think, Talk, Write) dengan menggunakan media foto jurnalistik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Subjek penelitian siswa kelas VIIIG SMP Negeri 2 Ulujami  Kabupaten  Pemalang terdiri dari 36 siswa (19 laki-laki dan 17 perempuan).. Sumber data diambil dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa tes unjuk kerja menulis teks berita dan teknik nontes berupa observasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan analisis deskripsi komparatif dimaksudkan untuk membandingkan antara nilai awal dan hasil yang dicapai dengan target. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks berita mengalami peningkatan. Siswa yang mendapat nilai sama atau lebih tinggi dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) = 75 ke atas pada kondisi awal 61,11%, setelah pelaksanaan tindakan siklus I menjadi 72,22%, dan pada pelaksanaan tindakan siklus II menjadi 88,89%. Kata Kunci: Menulis Teks Berita; Strategi TTW

Page 1 of 2 | Total Record : 14