cover
Contact Name
Eko Supraptono
Contact Email
eko@i-rpp.com
Phone
-
Journal Mail Official
eko@i-rpp.com
Editorial Address
Jalan Sampangan Baru IV B / 9 A Semarang
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
ISSN : 24772240     EISSN : 24773921     DOI : -
Core Subject : Education,
The journal is a scientific publication of research articles from the educational sphere, where every issue has a theme as the focus of the publication.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 3 (2016): Edisi Juli 2016" : 12 Documents clear
MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI TUMBUHAN HIJAU -, Etmini
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 1, No 3 (2016): Edisi Juli 2016
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar IPA materi    Tumbuhan Hijau kelas V SD Negeri Delegtukang melalui model pembelajaran kooperatif STAD. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan subyek penelitian  berjumlah  24 siswa. Hasil Penelitian menunjukkan peningkatan  dari kondisi awal hanya  ada 7 siswa (29,16%) mengalami tuntas belajar dan yang belum tuntas 17 ( 70,84%) dengan rata-rata 62,83. Hasil siklus I  ada 17 siswa tuntas belajar dan 7 siswa belum tuntas dengan nilai rata-rata  70. Pada siklus II hasil belajar ada kenaikan yamg signifikan yaitu  22 (91,66%) siswa tuntas belajar dan 2 ( 8,34 %) belum tuntas dengan rata-rata nilai mencapai 78,29. Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi tumbuhan hijau. Kata Kunci: Aktivitas Belajar Siswa; Hasil Belajar; Model STAD; Tumbuhan Hijau
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI BELAJAR SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN Sofiani, Nanik
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 1, No 3 (2016): Edisi Juli 2016
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah implementasi pembelajaran kooperatif model make a match dapat meningkatkan kompetensi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terselesaikan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Penelitian dilakukan di SD Negeri 02 Kebonrowopucang, Kecamatan Karangdadap, Kabupaten Pekalongan pada semester II Tahun Pelajaran 2015/2016. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dalam bentuk prosentase. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan kemampuan belajar siswa pada materi operasi hitung bilangan. melalui pendekatan kontesktual. Kesimpulan pada penelitian ini bahwa make a match yang memiliki pendekatan kegiatan permainan sebagai salah satu bentuk metode pembelajaran kooperatif telah mampu mengaktifkan dan membangkitkan minat belajar anaka pada pelajaran Matematika yang dianggap sukar dan menakutkan. Anak-anak merasa senang dengan permainan ini. Ketrampilan bertanya jawabpun membaik seiring kompetensi yang terkandung dalam permainan itu. Kata Kunci: Kompetensi Belajar; Kooperatif; Make A Match
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS MELALUI METODE DEMONSTRASI Yanti, Sri
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 1, No 3 (2016): Edisi Juli 2016
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia pada materi menulis dengan metode demonstrasi. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau (Classroom Action Research). Subyek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas I SD Negeri Kalijurang 03 Kecamatan Tonjong ajaran 2014/2015 yang sejumlah 20 siswa yaitu terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan.. Alat pengumpulan data pada penelitian yang digunakan ada enam yakni: catatan personal siswa, daftar nilai kondisi awal/prasiklus, lembar observasi siklus I, butir soal siklus I, lembar observasi siklus II, butir soal siklus II. Teknik analisa data yang peneliti gunakan adalah menggunakan deskriptif komparatif yang dilanjutkan dengan refleksi yaitu dengan cara membandingkan hasil tes pada saat kondisi awal (pra siklus), nilai tes setelah siklus I dan nilai tes setelah siklus II kemudian dilanjutkan dengan menarik kesimpulan (refleksi). Penelitian dikatakan berhasil apabila hasil belajar siswa dapat mencapai indikator KKM 75. Kata Kunci: Bahasa Indonesia; Menulis; Metode Demonstrasi
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD PADA MATERI PERBANDINGAN DAN SKALA -, Agusnoto
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 1, No 3 (2016): Edisi Juli 2016
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi Perbandingan dan Skala Melalui Model Pembelajaran STAD. Subyek  penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Ketitangkidul semester II tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 14 putra dan 16 putri. Penelitian ini dilakukan  dalam 2 (dua) siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dan terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Cara pengambilan data dalam penelitian ini adalah dengan mengumpulkan nilai soal kuis dan tes, penilaian kinerja kelompok dan hasil observasi. Indikator keberhasilannya adalah minimal 75% dari 30 siswa telah memperoleh nilai ? 68  dan aktivitas keaktifan mencapai minimal 75%. Hasil penelitian aktivitas siswa siklus I sebesar 64%, pada siklus II meningkat menjadi 78%. Hasil belajar siswa siklus I nilai rata-rata  65, yang memperoleh nilai ? 68 sebanyak 17 siswa dengan prosentase ketuntasan belajar 57%.  Pada siklus II nilai rata-rata kelas 79, yang memperoleh nilai ? 68 sebanyak 27 siswa dengan prosentase ketuntasan  belajar 90%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran STAD mengalami peningkatan 14%,  dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan 33%. Kata Kunci: Aktivitas; Hasil Belajar; STAD
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHITUNG PERPANGKATAN DENGAN PEMBELAJARAN EVERYONE IS TEACHER HERE -, Sunarti
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 1, No 3 (2016): Edisi Juli 2016
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah ada peningkatan  kemampuan menghitung perpangkatan pada siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terselesaikan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Metode pengambilan data menggunakan metode tes dan non tes. Metode non tes yang digunakan yaitu observasi, dan dokumentasi. Alat pengambilan data yang digunakan berupa soal-soal tes dan lembar observasi. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif, kuantitatif dalam bentuk prosentase. Penelitian dilakukan di SD Negeri Pagumenganmas, Kecamatan Karangdadap, Kabupaten Pekalongan pada semester I Tahun Pelajaran 2015/2016. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan kemampuan menghitung perpangkatan. Kesimpulan pada penelitian ini bahwa penggunaan pembelajaran Everyone Is Teacher Here cukup efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran menghitung perpangkatan. Kata Kunci: Kemampuan Menghitung; Pembelajaran Everyone Is Teacher Here; Perpangkatan.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI KONSEP WARNA MELALUI METODE PROYEK Cahyaningsih, Sri Endah
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 1, No 3 (2016): Edisi Juli 2016
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode proyek dapat meningkatkan kemampuan anak dalam memahami konsep warna. Subyek penelitian ini yaitu anak kelompok B TK Pertiwi Wonosari Kecamatan Siwalan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terselesaikan dalam dua siklus dimana masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Sedangkan instrumen penelitian menggunakan lembar penelitian anak, lembar kinerja guru, lembar observasi. Analisis yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dalam bentuk prosentase. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan kemampuan. Simpulan pada penelitian ini bahwa penggunaan pembelajaran dengan metode proyek cukup efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran konsep warna. Kata Kunci: Memahami; Konsep Warna; Metode Proyek
PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MELIPAT KERTAS DENGAN METODE PEMBERIAN TUGAS -, Warjiatun
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 1, No 3 (2016): Edisi Juli 2016
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kegiatan melipat kertas dengan metode pemberian tugas dapat meningkatkan motorik halus anak. Subyek penelitian ini yaitu anak kelompok B TK Cempaka Mejasem Kecamatan Siwalan yang jumlahnya 25 (dua puluh lima) anak.Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan dokumentasi. Sedangkan instrumen penelitian menggunakan lembar penelitian anak, lembar kinerja guru, lembar observasi. Analisis data yang digunakan secara diskriptif, kuantitatif dan kualitatif.hasil penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan kemampuan motorik halus melalui kegiatan melipat kertas dari tindakan pra siklus sebesar 28 %, siklus I 56 % sehingga ada peningkatan sebesar 28 % dari pra siklus ke siklus I. Sedangkan peningkatan sebesar 32 % terjadi pada siklus I yang 56 % menjadi 88 % pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa melalui kegiatan melipat kertas dengan metode pemberian tugas dapat meningkatkan motorik halus anak. Disarankan kepada guru untuk dapat memberikan kesempatan untuk berkreasi, tentunya dengan dukungan dari Kepala Sekolah, Lembaga dan wali murid. Kata Kunci: Motorik Halus; Metode Tugas; Melipat Kertas.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENJASKES MATERI SERVIS PADA PERMAINAN BULUTANGKIS MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN DRILL DAN BERMAIN -, Suyatno
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 1, No 3 (2016): Edisi Juli 2016
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran drill dan bermain pada mata pelajaran penjaskes materi servis permainan bulu tangkis. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas V Di SDN Linggapura 04, Brebes Tahun ajaran 2013/2014. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus para siklus sampai siklus II yaitu, siklus para siklus (53%), siklus II (60%), siklus III (100 %). Kesimpulan dari penelitian ini adalah Metode Drill dan Bermain dapat berpengaruh positif terhadap kemampuan Siswa Kelas V SDN Linggapura 04, Brebes, Tahun ajaran 2013/2014,  metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran Olahraga. Kata Kunci: Hasil belajar; Pendekatan; Servis Permainan Bulutangkis
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA GAMBAR DAN KARTU KATA -, Cikurniati
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 1, No 3 (2016): Edisi Juli 2016
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan sosial membaca permulaan melalui media gambar dan kartu kata pada anak. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terselesaikan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu diskriptif kualitatif dalam bentuk prosentase. Penelitian dilakukan di TK Kuncup Mekar Desa Sawangan Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan pada semester I Tahun Pelajaran 2015/2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media gambar dan kartu kata dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak.   Kata Kunci: Membaca Permulaan; Gambar; Kartu Kata
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN OPERASI HITUNG KPK DAN FPB MELALUI MODEL KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTUAN MEDIA DEKAK Purwanti, Rachmah
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 1, No 3 (2016): Edisi Juli 2016
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan aktifitas belajar Matematika  pada Kompetensi Dasar menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung KPK dan FPB semester I Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terselesaikan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Metode pengambilan data menggunakan metode tes dan non tes. Metode non tes yang digunakan yaitu observasi, dan dokumentasi. Alat pengambilan data yang digunakan berupa soal-soal tes dan lembar observasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif komparatif. Penelitian dilakukan di SD Negeri 01 Kebonsari, Kecamatan Karangdadap, Kabupaten Pekalongan pada semester I Tahun Pelajaran 2015/2016. Hasil penelitian menunjukkan aktifitas siswa baik individu maupun kelompok mengalami peningkatan.setiap siklusnya. Kesimpulan penelitian ini bahwa model kooperatif NHT berbantuan media dekak dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar  operasi hitung KPK dan FPB siswa kelas V SDN 01 Kebonsari.   Kata Kunci: KPK dan FPB; NHT; Media Dekak

Page 1 of 2 | Total Record : 12