cover
Contact Name
Eko Supraptono
Contact Email
eko@i-rpp.com
Phone
-
Journal Mail Official
eko@i-rpp.com
Editorial Address
Jalan Sampangan Baru IV B / 9 A Semarang
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
ISSN : 24772240     EISSN : 24773921     DOI : -
Core Subject : Education,
The journal is a scientific publication of research articles from the educational sphere, where every issue has a theme as the focus of the publication.
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 4 (2016): Edisi Khusus Juli 2016" : 13 Documents clear
PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PROBLEM BASED LEARNING Ardyati, Dyah Pramesthi Isyana
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 1, No 4 (2016): Edisi Khusus Juli 2016
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peningkatan keterampilan berpikir kritis mahasiswa melalui penerapan model problem based learning. Problem based learning merupakan model pembelajaran yang berorientasi pada pemecahan masalah sehingga dapat meningkatkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember-Juli 2016 dan menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Data dikumpulkan melalui panduan catatan lapangan, panduan observasi pembelajaran,dan rubrik pemecahan masalah jawaban diskusi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis mahasiswa meningkat setelah diberikan pembelajaran menggunakan model problem based learning. Pada akhir penelitian dapat terlihat bahwa mahasiswa telah mencapai tahap evaluasi yang merupakan tahap akhir dari keterampilan berpikir kritis. This research is aims to explain the improvements of students critical thinking skill through problem based learning (PBL) model. Problem based learning are the learning model which oriented to the problem solving that potentially improve the student?s critical thinking skill. This rearch was conducted in December-July 2016 and use a classroom action rearch method. The data was gained through field note pilot, learning observation pilot, and the rubric of solving problem discussion answers. The result of this recearch was analyzed by descriptive qualitative. The result of this research showed that student?s critical thinking skill was increased after given learning by using problem based learning model. In the end of the research, it could be seen that students had achieved the evaluation phase as the final phase of critical thinking skill. 
PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TENTANG MAKHLUK HIDUP DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING -, Rochimah
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 1, No 4 (2016): Edisi Khusus Juli 2016
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran cooperative learning dapat meningkatkan motivasi belajar siswa tentang makhluk hidup. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terselesaikan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Metode pengambilan data menggunakan metode tes dan non tes. Metode non tes yang digunakan yaitu observasi, dan dokumentasi. Alat pengambilan data yang digunakan berupa soal-soal tes dan lembar observasi. Penelitian dilakukan di SD Negeri Karangdadap, Kabupaten Pekalongan pada semester I Tahun Pelajaran 2015/2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan cooperative learning dapat meningkatkan motivasi belajar siswa tentang makhluk hidup
ANALISIS PERANAN AJARAN PREMA DAN AHIMSA DENGAN TINGKAT KEHARMONISAN KOMUNITAS BALI DI BUTON T, ROSMAWATI
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 1, No 4 (2016): Edisi Khusus Juli 2016
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana peran ajaran Prema dan Ahimsa dalam meningkatkan keharmonisan komunitas Bali di Buton, dan untuk mengetahui bagaimana komunitas Bali menerapkan ajaran Prema dan Ahimsa melalui bentuk-bentuk interaksi sosial. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kehadiran komunitas Bali yang hidup dan menetap di tengah?tengah  masyarakat Buton dan mampu membangun komunitas adat istiadat Bali tanpa membuat masyarakat Buton terganggu atau terusik merupakan suatu kehidupan yang tercipta dengan baik dan harmonis. Konteks ajaran Prema dan Ahimsa terwujud dalam perbutan atau aktivitas komunitas Bali yang sangat mengutamakan cinta kasih, baik sesama manusia, tumbuhan maupun hewan. Dalam hal ini, wujud dari ajaran Prema dan Ahimsa dapat dilihat ketika berinteraksi dan memasarkan dagangan yang  dijual oleh komunitas Bali kepada masyarakat Buton dalam kondisi yang baik (tidak menipu dan tidak membohongi). Bentuk aktivitas ini disenangi oleh masyarakat Buton sehingga memudahkan mereka untuk saling bekerjasama dan saling mempercayai
ANALISIS DOMINANSI KOMUNITAS TEGAKAN DI HUTAN SEKITAR KAWASAN WISATA AIR TERJUN TIRTA RIMBA MORAMO Slamet, Agus
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 1, No 4 (2016): Edisi Khusus Juli 2016
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui dominansi jenis tumbuhan yang menyusun komunitas tegakan di hutan sekitar kawasan wisata air terjun Tirta Rimba Moramo. Sampel dalam penelitian ini adalah tegakan yang ditemukan dalam plot pengamatan dengan luas areal pengambilan sampel 1,6 hektar dari luas wilayah + 40 hektar. Metode yang digunakan adalah metode survey dengan teknik pengumpulan data menggunakan garis transekberplot. Teknik analisis data secara deskriptif dengan mendeskripsikan parameter vegetasi. Hasil penelitian ini adalah (1) komunitas tegakan di hutan sekitar kawasan wisata air terjunTirta Rimba Moramo terdiri atas 59 jenis yang tergolongdalam 27 suku dengan jenis yang memiliki individu terbanyak di dominasi oleh AntidesmatetrandumBl. (24 individu), sedangkan jenis yang mendominasi luas bidang dasar (LBD) adalah DiospyrospilosantheraBl. (5, 89 m2). (2) Berdasarkan jumlah individu dan LBD DiospyrospilosantheraBl. dan Antidesmatetrandum Bl. mempunyai nilai Indeks Dominansi tertinggi (0,007) sehingga secara keseluruhan mendominasi komunitas tegakan di hutan sekitar kawasan wisata air terjunTirta Rimba Moramo.
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI TEKNIK “P-6” DENGAN PENDEKATAN SALINGTEMAS Rahayu, Surti
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 1, No 4 (2016): Edisi Khusus Juli 2016
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui bagaimana penerapan teknik pembelajaran ?P-6? dengan pendekatan SaLingTeMas melalui media pembuatan briket bioarang sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terselesaikan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Metode pengambilan data menggunakan metode tes dan non tes. Metode non tes yang digunakan yaitu observasi, dan dokumentasi. Alat pengambilan data yang digunakan berupa soal-soal tes dan lembar observasi. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Batang pada semester I Tahun Pelajaran 2015/2016. Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas XI.D SMA Negeri 1 Batang semester ganjil  tahun pelajaran 2015 / 2016. Terjadi peningkatan nilai dari 80,07 pada siklus I menjadi 86,50 pada siklus II diiringi perubahan meningkatnya kemampuan berpikir kritis dan kreatif.
BIOAKUMULASI MERKURI PADA HEPAR TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS L.) DENGAN PERLAKUAN KERANG DARAH (ANADARA GRANOSA L.) TERCEMAR MERKURI Aba, La
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 1, No 4 (2016): Edisi Khusus Juli 2016
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Merkuri merupakan salah satu logam berat yang banyak ditemukan di perairan sebagai limbah akibat kegiatan industri dan pertambangan.Merkuri memiliki toksisitas dan potensi bioakumulasi yang tinggi dalam organ tubuh khususnya organ target, sehingga sangat berbahaya bagi kesehatan manusia. Berdasarkan hal tersebut, maka dilakukan penelitian ini untuk analisis bioakumulasi merkuri pada hepar, uji SGPT dan SGOT serta pengamatan hepatosit. Dalam penelitian ini digunakan tikus putih (Rattus norvegicus L.) jantan umur 2 bulan dengan  berat rata-rata 200 gr. Hewan uji dibagi menjadi 4 kelompok dengan 3 ulangan. Satu kelompok kontrol dan 3 kelompok perlakuan dengan variasi interval pemberian. Kelompok kontrol (K) adalah kelompok hewan yang diberi pakan pellet, sedangkan kelompok perlakuan diberi pakan pellet dengan campuran kerang darah tercemar merkuri dengan perbandingan 3 : 1. Variasi pemberian tersebut adalah setiap hari, dua hari sekali dan tiga hari sekali selama 1 bulan. Paramater pengamatan meliputi kadar merkuri hepar, kadar SGPT dan SGOT, serta hepatosit tikus putih. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa kadar merkuri hepar, kadar SGPT dan SGOT dianalisis secara statistika dengan uji one way ANOVA (? = 0,05). Untuk mengetahui adanya perbedaan antara kelompok satu dengan kelompok yang lain dilakukan uji Jarak Berganda Duncan (Duncan?s Multiple Range Test = DMRT) menggunakan Program SPSS-15. Data kualitatif berupa kondisi hepatosit tikus putih dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pakan dengan campuran kerang darah tercemar merkuri dapat mengakibatkan bioakumulasi merkuri pada hepar dengan kadar berurutan sebagai berikut PI, setiap hari yaitu 21,37 ppb, disusul P II, setiap dua hari yaitu 17,05 ppb dan P III, setiap tiga hari yaitu 8,25 ppb. Kandungan merkuri pada kelompok kontrol (K), yang hanya diberi pakan pellet tidak terdeteksi pada batas deteksi 0,62 ppb. Kadar SGPT, berturut-turut PI yaitu 59,30 UI/L, disusul P II yaitu 43, 60 UI/L dan P III yaitu 41,30 UI/L. Pada hepatosit perlakuan menyebabkan terjadinya kerusakan.
INTEGRASI GALERI BELAJAR DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA -, Kusrini
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 1, No 4 (2016): Edisi Khusus Juli 2016
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII2 MTS N 2 Kendari pada materi struktur tumbuhan melalui model pembelajaran kooperatif STAD terintegrasi galeri belajar. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap Tahun Ajaran 2013/2014 di MTS N 2 Kendari. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII2 MTs N 2 Kendari yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2013/2014 berjumlah 37 siswa, terdiri atas 19 orang perempuan dan 18 orang laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, meliputi: perencanaan, perlaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif, dimaksudkan untuk memberikan gambaran distribusi hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD terintegrasi galeri belajar. Hasil akhir penelitian diperoleh: 1) Rata-rata aktivitas siswa pada siklus I adalah 3,64 dengan persentase 91,6%, meningkat pada siklus II menjadi 3,86 dengan persentase 96,5%; 2) Rata-rata aktivitas guru pada siklus I adalah 3,63 dengan persentase 90,83% dan meningkat pada siklus II menjadi 3,81 dengan persentase 95,33%; 3) Hasil belajar siswa pada siklus I adalah 51,62 dengan persentase 13,51% dan meningkat pada siklus II menjadi 71,08 dengan persentase 72,97%. Penerapan model pembelajaran kooperatif STAD terintegrasi galeri belajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII2 MTs N 2 Kendari pada materi Struktur Tumbuhan
KEMAMPUAN MENGGUNAKAN IDIOMATIKAL DALAM KALIMAT -, Suryanti
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 1, No 4 (2016): Edisi Khusus Juli 2016
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menggunakan idiom dalam kalimat siswa kelas X SMA Negeri 3 Baubau. Manfaat dalam penelitian ini adalah salah satunya bagi siswa dapat mengetahui sejauh mana kemampuan dalam menggunakan idiom dalam kalimat.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Dimaksudkan agar peneliti berusaha menyajikan kenyataan seperti apa adanya, mengenai kemampuan menggunakan idiom dalam kalimat siswa kelas X SMA Negeri 3 Baubau, yang selanjutnya diolah berdasarkan prinsip-prinsip statistik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes tertulis kemampuan  siswa dalam menggunakan idiom dalam kalimat. Keseluruhan data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif, statistik yang dimaksud adalah berupa persentase untuk mengetahui  persentase kemampuan siswa dalam kemapuan menggunakan idiom dalam kalimat.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara umum kemampuan siswa kelas X SMA Negeri 3 Baubau dalam menggunakan idiom dalam kalimat, adalah berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata 78,73 % berada pada rentang nilai 70 - 84 %. Aspek  penilaian yang  memperoleh   persentase   ketuntasan  di  atas  85 %  yaitu sebanyak 19 orang responden atau 90 % dan 2 orang responden yang tidak mencapai ketuntasan secara klasikal atau 9 % dibawah dari 85 % dari 21 jumlah keseluruhan responden
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI PENERAPAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING (CIRC -, Sutirto
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 1, No 4 (2016): Edisi Khusus Juli 2016
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui mengetahui apakah penggunaan metode CIRC dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terselesaikan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Metode pengambilan data menggunakan metode tes dan non tes. Metode non tes yang digunakan yaitu observasi, dan dokumentasi. Alat pengambilan data yang digunakan berupa soal-soal tes dan lembar observasi. Penelitian dilakukan di SD Negeri Kedunguter 01 Brebes, Kabupaten Brebes pada semester I Tahun Pelajaran 2015/2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran model CIRC dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa yang ditunjukkan dari hasil tes evaluasi pada siklus II. Penerapan pembelajaran CIRC dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada saat pembelajaran Bahasa Indonesia yang dilihat dari hasil observasi aktivitas siswa pada saat pembelajaran berlangsung
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL JIGSAW Aminah, Siti
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 1, No 4 (2016): Edisi Khusus Juli 2016
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah ada peningkatan kemampuan menyelesaikan masalah berkaitan dengan satuan panjang melalui model pembelajaran jigsaw pada siswa. Penelitian dilakukan di SD Negeri 01 Kebonwarupucang tahun pelajran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terselesaikan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Metode pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumantasi. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan panjang. Kesimpulan pada penelitian ini bahwa penggunaan pembelajaran model jigsaw cukup efektif untuk diterapkan dalam menyelesaikan berkaitan dengan satuan panjang.

Page 1 of 2 | Total Record : 13