cover
Contact Name
Eko Supraptono
Contact Email
eko@i-rpp.com
Phone
-
Journal Mail Official
eko@i-rpp.com
Editorial Address
Jalan Sampangan Baru IV B / 9 A Semarang
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
ISSN : 24772240     EISSN : 24773921     DOI : -
Core Subject : Education,
The journal is a scientific publication of research articles from the educational sphere, where every issue has a theme as the focus of the publication.
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2017): Edisi Januari 2017" : 13 Documents clear
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHAFAL SURAT-SURAT PENDEK MELALUI PERMAINAN KARTU HURUF HIJAIYAH -, Atnah
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 2, No 1 (2017): Edisi Januari 2017
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan Hafalan Surat Al-Kafirun melalui permainan Kartu Huruf-huruf Hijaiyah bagi siswa kelas V sekolah dasar, dengan subjek penelitian berjumlah 20 siswa. Data yang digunakan adalah tentang kondisi awal siswa dengan mengambil nilai ulangan sebelum penelitian, hasil belajar siswa diperoleh dari pemberian evaluasi, penilaian afektif dan psikomotorik diperoleh dari pengamatan melalui lembar observasi, data analisis kuesioner diperoleh melalui lembar kuesioner. Dari hasil penelitian diperoleh data, siklus I rata-rata nilai adalah 64,50 dengan ketuntasan belajar klasikal 62,50%; siklus II nilai rata-rata 70,50 dengan ketuntasan belajar klasikal 87,50%. Hasil belajar afektif siswa pada siklus I secara klasikal mencapai ketuntasan 87,50%; pada siklus II seluruh siswa telah mencapai ketuntasan sebesar 100%. Hasil belajar psikomotorik pada siklus I secara klasikal mencapai ketuntasan 75,00%. Pada siklus II 87,50%. Hasil analisis kuesioner pada siklus I dan siklus II juga menunjukkan peningkatan dalam pembelajaran.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENENTUKAN SIFAT – SIFAT BANGUN RUANG MELALUI PENDEKATAN REALISTIK -, Umamah
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 2, No 1 (2017): Edisi Januari 2017
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah ada peningkatan kemampuan menentukan sifat-sifat bangun ruang balok dan kubus pada siswa. Metode pengumpulan data tes,observasi dan dokumentasi. Analisis data  yang digunakan adalah analisis deskriptif komparatif, yaitu dengan membandingkan nilai hasil per siklus. Dari analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dengan bantuan media bangun ruang balok dan kubus dapat membantu siswa dalam menentukan sifat ? sifat bangun ruang.
KEMAMPUAN PENYAJIAN DATA KEDALAM TABEL MELALUI PEMBELAJARAN BERBANTUAN MEDIA GAMBAR -, Sudarmo
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 2, No 1 (2017): Edisi Januari 2017
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran Matematika khususnya di sekolah dasar pada kelas VI sampai saat ini belum menampakkan suasana yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dalam menyajikan data-data dalam bentuk tabel/diagram. Subjek penelitian ini siswa Kelas VI berjumlah 24 yang terdiri dari 17 perempuan dan 7 laki-laki dengan menggunakan data tentang kondisi awal siswa yang diambil dari nilai ulangan sebelum dilakukan penelitian, hasil belajar siswa diperoleh dari pemberian evaluasi (tes tertulis) kepada siswa, penilaian afektif dan psikomotorik diperoleh dari pengamatan melalui lembar observasi. Data analisis kuesioner diperoleh melalui lembar kuesioner yang menghasilkan siklus I rata-rata nilai tes adalah 64,50 dengan ketuntasan belajar klasikal 62,50%; siklus II nilai rata-rata 70,50 dengan ketuntasan belajar klasikal 87,50%. Hasil belajar afektif siswa pada siklus I secara klasikal mencapai ketuntasan 87,50%; pada siklus II seluruh siswa telah mencapai ketuntasan sebesar 100%. Hasil belajar psikomotorik pada siklus I siswa secara klasikal mencapai ketuntasan 75,00%. Pada siklus II 87,50%.
PEMBELAJARAN MATERI AJAR PENJUMLAHAN BILANGAN PULUHAN DAN SATUAN MELALUI ALAT PERAGA MANIK-MANIK -, Ngatilah
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 2, No 1 (2017): Edisi Januari 2017
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran matematika sampai saat ini belum menampakkan suasana yang menyenangkan, keaktifan, motivasi, dan hasil belajar siswa masih rendah. Hal dapat diketahui setelah dilakukan pengamatan selama proses pembelajaran berlangsung. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa melalui alat peraga manik manik, dan yang menjadi subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas I SD yang berjumlah 15 siswa. Metode pengumpulan data adalah data tentang kondisi awal sebelum proses, hasil belajar diperoleh dari pemberian evaluasi, penilaian afektif dan psikomotorik diperoleh dari pengamatan melalui lembar observasi, data analisis kuesioner diperoleh melalui lembar kuesioner. Hasil penelitian siklus I rata-rata nilai mencapai 63, siklus II nilai rata-rata 67. Pada siklus I ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 46% dan pada siklus II sebesar 80%. Hasil belajar afektif siklus I secara klasikal yang tuntas ada 8 siswa (46%), siklus II tuntas 100%. Hasil belajar psikomotorik pada siklus I tuntas 65% ada 11 peserta didik (73%). Siklus II tuntas ada 12 peserta didik (80%). Hasil analisis kuesioner peserta didik, pada siklus I dan siklus II juga menunjukkan peningkatan.
MODEL PEMBELAJARAN LEARNING TOGETHER DALAM MENGENAL IBADAH DI BULAN RAMADAN -, Nurohmah
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 2, No 1 (2017): Edisi Januari 2017
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Yang diperkenalkan dalam metode pembelajaran cooperative learning bukan sekedar kerja kelompok, melainkan pada penstrukturannya. Jadi, sistem pengajaran cooperative learning bisa didefinisikan sebagai kerja/belajar kelompok yang terstruktur. Tujuan dari penelitian ini adalah : Ingin mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran kooperatif model learning together terhadap hasil belajar dan pemahaman PAI setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif model learning together. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas VI sekolah dasar. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (60,71%), siklus II (75,00%), siklus III (89,29%).
PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK TENTANG PENJUMLAHAN PECAHAN BIASA -, Taryati
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 2, No 1 (2017): Edisi Januari 2017
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu cara untuk dapat meningkatkan hasil belajar adalah penerapan teknik pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan materi yang disampaikan. Dengan merumuskan masalah dan menerapkan metode diskusi kelompok ini diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran Matematika. Tujuan diadakan tindakan kelas adalah : ingin mengetahui efektivitas penggunaan alat peraga, dan aktivitas siswa dalam belajar dan motivasi siswa terhadap pembelajaran melalui metode diskusi kelompok. Adapun dalam pelaksanaannya menggunakan prosedur pelaksanaan penelitian diawali dengan perencanaan ( Observasing ) , Pelaksanaan ( Action ) , pengamatan ( observation ) dan Refleksi ( Reflection ). Dalam penelitian tindakan kelas ini ada 2 ( dua ) Siklus, pada studi awal siswa yang tuntas sebanyak 12 anak dari jumlah 33. Pada siklus I siswa tuntas sebanyak 12 siswa. dari jumlah 33 anak belum dapat menunjukkan perbaikan yang berarti karena tingkatan penguasaan ( daya serap ) baru naik 27 % dan dilanjutkan siklus II yang tuntas dari 33 siswa dapat mencapai hasil yang memuaskan. Dengan mempertimbangkan pencapaian skor Peserta Didik yang sudah mencapai kriteria keberhasilan, maka kesimpulannya penerapan metode diskusi kelompok dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar Matematika.
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGAMBIL KEPUTUSAN BERSAMA MENJAGA KEUTUHAN NKRI MELALUI METODE BERMAIN PERAN -, Hadirizqon
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 2, No 1 (2017): Edisi Januari 2017
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian Ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan konsep hubungan pengambilan keputusan bersama dengan menggunakan alat peraga berupa gambar dan benda benda di sekitar dengan cara mencari informasi keaktifan siswa dalam pembelajaran PKn tentang Negara Kesatuan Republik Indonesia dan mendeskripsikan penerapan metode bermain peran untuk meningkatkan hasil belajar pengambilan keputusan bersama. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terselesaikan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Metode pengambilan data menggunakan metode tes dan non tes. Metode non tes yang digunakan yaitu observasi, dan dokumentasi. Alat pengambilan data yang digunakan berupa soal-soal tes dan lembar observasi. Penelitian dilakukan di SD Negeri Pajomblangan, Kabupaten Pekalongan pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2015/2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam mengambil keputusan bersama menjaga keutuhan NKRI dengan metode bermain peran, karena dengan metode tersebut siswa dapat meragakan langsung cara bermusyawarah untuk mencapai kemufakatan bersama.
MENINGKATKAN PEMAHAMAN NILAI-NILAI PERSATUAN MELALUI IMPLEMENTASI KOOPERATIF LEARNING -, Rumawi
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 2, No 1 (2017): Edisi Januari 2017
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan meningkatkan hasil belajar PKn siswa dengan menggunakan pembelajaran Kooperatif Learning dalam memahami nilai-nilai persatuan, dan dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Purwodadi 01 Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes dengan subjek pelaku tindakan 1 guru dan subjek penerima tindakan adalah 20 siswa, yang dilakukan sebanyak 2 siklus, setiap siklus menggunakan prosedur tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil evaluasi membuktikan, setelah dilakukan tindakan siklus pertama hasil belajar siswa baru mencapai 52%, sedangkan siklus yang kedua  mencapai 100 % sedangkan persentase keaktifan siswa pada siklus pertama 51,11% dan siklus kedua 88,44%. Secara statistik terdapat peningkatan hasil belajar PKn pada siklus pertama, dan kedua sejalan dengan peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan Kooperatif Learning dapat meningkatkan hasil belajar PKn.
PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM PERMAINAN LEMPAR TURBO MELALUI PENERAPAN METODE PRAKTEK TERBIMBING -, Sulama
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 2, No 1 (2017): Edisi Januari 2017
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berhasilnya tujuan pembelajaran ditentukan oleh banyak faktor di antaranya adalah faktor guru, karena guru secara langsung dapat mempengaruhi, membina dan meningkatkan kecerdasan serta keterampilan siswa. Untuk mengatasi permasalahan di atas peran guru sangat diharapkan untuk mampu dan memilih model pembelajaran yang tepat. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah : Apakah Penerapan Metode Praktek Terbimbing berpengaruh terhadap kemampuan siswa dan seberapa besar tingkat motivasi belajar penjaskes dengan diterapkannya Metode Praktek Terbimbing ? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah : Ingin mengetahui pengaruh Penerapan Metode Praktek Terbimbing dan seberapa jauh pemahaman dan motivasi siswa terhadap mata pelajaran Penjaskes. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan yaitu, siklus I (63.6 %), siklus II (81,8 %), siklus III (100 %).
CAMPUR KODE DALAM NOVEL NEGERI 5 MENARA KARYA AHMAD FUADI DAN IMPLIKASI PEMBELAJARAN DI SMA Anwar, Syamsul
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 2, No 1 (2017): Edisi Januari 2017
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan wujud dan jenis campur kode dalam novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi. (2) Mendeskripsikan implikasi pembelajaran campur kode dalam novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi dalam pembelajaran di SMA. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian yang digunakan adalah novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi. Wujud data pada penelitian ini adalah keseluruhan teks dalam novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi. Objek penelitian ini adalah wujud dan jenis campur kode dalam novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah simak, studi pustaka dan catat. Hasil penelitian ini ditemukan wujud campur kode dalam novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi sebanyak 115 data. Wujud campur kode antara bahasa Indonesia dan Daerah  yang ditemukan dalam novel Negeri 5 Menara berjumlah 35 data. Di mulai wujud campur kode berupa penyisipan kata sebanyak 20 data, wujud campur kode berupa frasa sebanyak 2 data, wujud campur kode berupa penyisipan klausa sebanyak 1 data, wujud campur kode berupa pengulangan kata sebanyak 10 data dan wujud campur kode berupa penyisipan baster sebanyak 2 data. Wujud campur kode antara bahasa Indonesia dan Asing berjumlah 74 data. Dengan wujud campur kode berupa penyisipan kata sebanyak 37 data, wujud campur kode berupa penyisipan frasa sebanyak 14 data, wujud campur kode berupa penyisipan klausa sebanyak 5 data, wujud campur kode berupa penyisipan baster sebanyak 15 data, dan wujud campur kode berupa penyisipan ungkapan atau idiom sebanyak 3 data. Dan Wujud campur kode antara Indonesia baku dan non baku berjumlah 6 data dengan bahasa Indonesia baku dan non baku berupa penyisipan kata sebanyak 4 data dan bahasa Indonesia baku dan non baku berupa pengulangan kata sebanyak 2 data. Dan untuk jenis campur kode dalam novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi terdapat dua jenis campur kode yakni campur kode ke dalam sebanyak 18 dan campur kode ke luar sebanyak 29 data. Saran penulis yaitu karya sastra khususnya novel dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran yang efektif bagi siswa di SMA.

Page 1 of 2 | Total Record : 13