cover
Contact Name
Eko Supraptono
Contact Email
eko@i-rpp.com
Phone
-
Journal Mail Official
eko@i-rpp.com
Editorial Address
Jalan Sampangan Baru IV B / 9 A Semarang
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
ISSN : 24772240     EISSN : 24773921     DOI : -
Core Subject : Education,
The journal is a scientific publication of research articles from the educational sphere, where every issue has a theme as the focus of the publication.
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2017): Edisi April 2017" : 14 Documents clear
KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KLASIKAL BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM UPAYA MENCEGAH TERJADINYA PERNIKAHAN USIA DINI Budiman S, Muhammad Arif
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 2, No 2 (2017): Edisi April 2017
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Di Indonesia, terutama di daerah-daerah pedesaan, masih terdapat banyak pernikahan di bawah usia. Kebiasaan ini berasal dari adat yang berlaku sejak dahulu yang masih terbawa sampai sekarang. Ukuran perkawinan di masyarakat seperti itu adalah kematangan fisik belaka (haid, bentuk tubuh yang sudah menunjukkan tanda-tanda seksual sekunder), atau bahkan hal-hal yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan calon pengantin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya efektivitas bimbingan klasikal dengan bantuan media audio visual terhadap pernikahan usia dini pada peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu proporsional random sampling. Dari populasi diambil 40 peserta didik sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket, wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini menggunakan Deskriptif persentase Uji T-Test. Hasil Bimbingan klasikal dengan media audio visual efektif dapat meningkatkan pemahaman pernikahan usia dini peserta didik.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA MATERI POKOK NAMA-NAMA KITAB ALLAH SWT -, Chalimah
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 2, No 2 (2017): Edisi April 2017
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas  V SD Negeri Pesarean 01 pada pembelajaran PAI materi pokok nama-nama kitab Allah SWT. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok nama-nama kitab Allah SWT dengan model pembelajaran make a match. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus dilaksanakan sesuai dengan perubahan yang ingin dicapai. Pada siklus pertama hasil yang dicapai rata-rata nilai mencapai nilai 70 ke atas atau sebanyak 44%. Sedangkan pada siklus kedua hasil analisis nilai rata-rata dari  27 siswa yang mencapai nilai di atas 70 pada siklus I baru mencapai 44% naik menjadi 100%   pada akhir siklus II.  Hal ini mengalami peningkatan mencapai 50%. Hasil observasi tentang aktivitas perbaikan pembelajaran dikategorikan baik, dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Dengan menerapkan model pembelajaran make a match maka hasil pembelajaran PAI materi pokok nama-nama kitab Allah SWT dapat mencapai hasil yang maksimal, juga dapat meningkatkan minat belajar siswa.
PENDEKATAN KOLABORATIF SEPERVISI INDIVIDUAL DALAM MENYUSUN PENILAIAN AKHIR SEMESTER -, Suhardianingsih
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 2, No 2 (2017): Edisi April 2017
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Guru merupakan faktor dominan dalam proses belajar mengajar, oleh karena itu meningkatkan kemampuan guru mutlak dilakukan agar terjadi peningkatan kemampuan di dalam mengelola proses pembelajaran. Salah satu indikator yang menunjukkan bahwa seorang guru tersebut mampu menyusun tes telah banyak dilakukan seperti mengikuti penataran, dan pelatihan lainnya. Dari hasil evaluasi terhadap kedua bentuk upaya tersebut, ditemukan belum banyak memberikan sumbangan terhadap profesional guru. Berdasarkan pemikiran tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk menjawab bagaimana upaya meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun Penilaian akhir semester melalui Supervisi Individual dengan Pendekatan Kolaboratif. Penelitian ini dilaksanakan melalui Supervisi Individual dengan Pendekatan Kolaboratif menyusun tes. Penelitian ini melakukan penilaian 3 kali siklus. Dari hasil penelitian yang dilaksanakan melalui Supervisi Individual dengan Pendekatan Kolaboratif maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa kemampuan guru dalam menyusun Penilaian akhir semester ganjil meningkat.
PENDEKATAN PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA MATERI POKOK ASMAUL HUSNA -, Sujariyah
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 2, No 2 (2017): Edisi April 2017
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Selama ini pembelajaran Pendidikan Agama Islam  di SDN Pagedangan 01 dilaksanakan dengan  metode lama  yaitu mencatat, diterangkan dan diberi tugas. Hal ini disebabkan karena kurang optimalnya proses belajar dan mengajar yang dilaksanakan guru dan kurang efektifnya pembelajaran yang telah dilaksanakan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa tentang Asmaul Husna. Metode penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus masing-masing siklus kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Metode yang digunakan observasi tes perbuatan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan prestasi belajar siswa tentang Asmaul Husna, terbukti bahwa  prestasi belajar siswa mengalami kenaikan dari pra siklus dengan rata rata kelas hanya 64 dengan ketuntasan belajar 49%. Pada siklus I rata-rata mencapai 77,5 dengan ketuntasan 63%, pada siklus II rata-rata kelas mencapai 85 dengan ketuntasan mencapai 96%. Model pembelajaran Make a Match sangat menyenangkan siswa dalam kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas siswa tentang kompetensi dasar Asmaul Husna.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING DALAM MATERI AJAR ORGANISASI DI LINGKUNGAN MASYARAKAT Sumaryati, Eni
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 2, No 2 (2017): Edisi April 2017
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Model pembelajaran yang digunakan oleh guru cenderung monoton dan didominasi oleh guru, sehingga menyebabkan minat belajar siswa rendah dan aktivitas dalam proses pembelajaran kurang berjalan secara efektif. Persentase ketercapaian yang diperoleh siswa menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dapat dinyatakan belum tuntas. Ketidaktuntasan tersebut terlihat dari bukti persentase kelulusan seluruh siswa hanya mencapai 39%. Tujuan kegiatan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan Metode Tanya Jawab dengan variasi media pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 siklus. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa selama berlangsung PTK, upaya penerapan metode Tanya Jawab dengan model pembelajaran cooperative learning telah dikelola dengan baik dan ternyata cukup efektif terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya nilai rata-rata dan persentase ketuntasan siswa yaitu pada pra siklus dengan nilai rata-rata hanya 59 dan persentase ketuntasan 39%, kemudian naik pada siklus I nilai rata-rata menjadi 75 dengan persentase ketuntasan 71%, dan pada siklus II meningkat menjadi 77 dengan persentase 96%.
PENERAPAN MEDIA KARTU KATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGARTIKAN SIFAT JAIZ ALLAH Aeni, Nur
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 2, No 2 (2017): Edisi April 2017
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Rendahnya nilai siswa pada pelajaran Pendidikan Agama Islam dikarenakan siswa kurang antusias terhadap pelajaran atau cara guru mengajarkannya dan juga faktor sarana penunjang lainnya tidak digunakan dalam pembelajaran dan cara guru menyampaikan materinya kurang menarik sehingga siswa merasa jenuh. Hal ini dibuktikan rata-rata kelas hanya 57 dengan ketuntasan hanya 33,33%. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa melalui media kartu kata. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian dapat disimpulkan aktivitas siswa pada siklus I masih belum berhasil atau baik karena secara umum dalam kategori cukup dan perlu perbaikan pada  siklus II. Sedangkan Hasil belajar mengalami peningkatan, terbukti dari nilai rata-rata pada pra siklus 57 meningkat menjadi 78 siklus I kemudian menjadi 86,67 pada siklus II. Ketuntasan saat siklus I sebesar 73,33% meningkat menjadi 100% pada siklus II. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada siklus II sudah maksimal maka perbaikan siklus II berhasil.
PENERAPAN METODE MATERNAL REFLEKTIF PADA MATERI AJAR KONSEP PEMELIHARAAN HEWAN Kuwati, Sri
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 2, No 2 (2017): Edisi April 2017
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia sub tema pemeliharaan hewan bagi anak tunarungu kelas V SLB Negeri Wiradesa Pekalongan dengan metode maternal reflektif. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis data deskriptif komparatif yaitu membandingkan hasil tes kondisi awal nilai tes siklus I dan nilai tes setelah siklus II. Data kualitatif menggunakan analisis kritis dengan penilaian baik, cukup, dan kurang. Hasil penelitian menunjukkan  dari data siklus I rata-rata dengan tes percakapan nilai cukup. Dari data hasil tindakan nilai rata-rata siklus II dengan metode maternal reflektif diperoleh baik sehingga dapat disimpulkan dengan metode maternal reflektif terbukti dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia sub tema pemeliharaan hewan bagi siswa tunarungu.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGURANGAN BERSUSUN MELALUI MEDIA GELAS BILANGAN PADA SISWA TUNAGRAHITA -, Sufiana
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 2, No 2 (2017): Edisi April 2017
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi siswa dan hasil belajar siswa tentang pengurangan bersusun dengan teknik satu kali meminjam pada siswa tunagrahita ringan kelas IV semester 1 SLB Negeri Wiradesa kabupaten Pekalongan tahun pelajaran 2015 / 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan  Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari  dua siklus. Prosedur penelitian terdiri dari empat tahap, yaitu: tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain, tes formatif (ulangan harian), observasi dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian menunjukkan, pada Siklus I tuntas belajar 16,67 % rata-rata 48,33. Sedang pada Siklus II ketuntasan belajar klasikal mencapai 100 % dengan rata-rata 66,67.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHITUNG PECAHAN SEDERHANA MELALUI MEDIA FILM PADA SISWA TUNARUNGU WICARA -, Suyanto
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 2, No 2 (2017): Edisi April 2017
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini meningkatkan hasil belajar matematika pada materi bilangan pecahan sederhana melalui media film animasi  pada siswa kelas III Tunarungu wicara SLB Negeri wiradesa Kabupaten Pekalongan tahun 2015/2016. Metode yang digunakan dalam penelitian  ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Subyek penelitian berjumlah 7 siswa dengan metode pengumpulan data menggunakan tes formatif (ulangan harian),  observasi dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian menunjukkan, pada Siklus I tuntas belajar 57,14 % dengan rata-rata 68,5. Pada siklus II ketuntasan belajar klasikal 100 %, dengan rata-rata  91,4.
PENERAPAN METODE MARKET PLACE ACTIVITY (MPA) PADA KOMPETENSI KETENTUAN SHOLAT -, Fatmawati
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 2, No 2 (2017): Edisi April 2017
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Metode pembelajaran konvensional dengan dominasi metode ceramah yang digunakan oleh guru tidak bisa mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran, sehingga hasil belajar siswa masih tidak memenuhi KKM yang ditentukan. Guru perlu memperbaiki kualitas pembelajaran melalui penerapan metode Market Place Activity (MPA) dalam pembelajaran di kelas. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar melalui penerapan metode MPA materi pokok ketentuan sholat pada siswa kelas IV SD N Jembayat 01. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama 2 siklus. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa perbaikan pembelajaran melalui penerapan metode MPA dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran  siswa pada pra siklus memperoleh nilai rata-rata 58 dengan persentase 26%, pada siklus I  naik 39 % dengan  rata-rata kelas menjadi 71, dan pada akhir siklus II rata-rata kelas mencapai 78 dengan ketuntasan 82%, sehingga dikatakan tuntas klasikal. Aktivitas perbaikan pembelajaran dikategorikan  baik, dengan rata-rata nilai pada siklus I sebesar 63,8 dan pada siklus II  mengalami peningkatan mencapai  nilai rata-rata 75,3 berarti meningkat menjadi baik dengan menggunakan metode MPA.

Page 1 of 2 | Total Record : 14