cover
Contact Name
Eko Supraptono
Contact Email
eko@i-rpp.com
Phone
-
Journal Mail Official
eko@i-rpp.com
Editorial Address
Jalan Sampangan Baru IV B / 9 A Semarang
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
ISSN : 24772240     EISSN : 24773921     DOI : -
Core Subject : Education,
The journal is a scientific publication of research articles from the educational sphere, where every issue has a theme as the focus of the publication.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 3 (2018): Edisi Juli 2018" : 12 Documents clear
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT PERJANJIAN JUAL BELI DENGAN MODEL KOOPERATIF -, Inawati
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 3, No 3 (2018): Edisi Juli 2018
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keterampilan menulis surat perjanjian jual beli peserta didik masih rendah. Hal ini disebabkan peserta didik masih mengalami kesulitan dalam penggunaan diksi, struktur, dan bahasa baku. Di sisi lain, guru pun tidak tepat dalam pemilihan pendekatan, model, dan media yang tidak tepat untuk pembelajaran menulis surat perjanjian jual beli. Agar Keterampilan Menulis Surat Perjanjian Jual Beli meningkat, pembelajarannya dilakukan dengan model kooperatif. Penelitian ini menggunakan desain penelitian lesson study yang dilakukan dalam dua tahap, yaitu siklus I dan siklus II dengan subjek penelitian keterampilan menulis surat perjanjian jual beli peserta didik kelas XI-IPA3 SMA Negeri 15 Semarang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes dan nontes. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada proses pembelajaran dari siklus I ke siklus II. Peningkatan juga terjadi pada hasil tes keterampilan menulis surat perjanjian jual beli peserta didik. Peserta didik yang sebelumnya kurang antusias dengan pembelajaran menjadi lebih antusias mengikuti pembelajaran ini pada siklus II. Hasil ini berarti bahwa pembelajaran menulis surat perjanjian jual beli dengan model kooperatif pada pembelajaran menulis surat perjanjian jual beli  dapat dikatakan berhasil.
PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MAPEL PENJASORKES MATERI SENAM LANTAI MERODA MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI -, Sadoyo
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 3, No 3 (2018): Edisi Juli 2018
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Senam lantai merupakan salah satu materi dalam pelajaran Penjasorkes yang kurang diminati siswa. Hal ini terlihat saat proses pembelajaran sebagian siswa merasa takut untuk melakukan senam lantai meroda, sehingga hasil pembelajaran senam lantai meroda masih rendah dari persentase ketercapaian sesuai KKM juga rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui seberapa besar peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dengan diterapkannya metode pembelajaran demonstrasi pada mata pelajaran Penjasorkes materi senam lantai meroda pada siswa kelas VIII. Penelitian ini menerapkan metode pembelajaran demonstrasi yang dilakukan dalam dua siklus. Pengisian angket pre test pada siklus 1 sebanyak 14% siswa sangat kurang termotivasi, 76% siswa kurang termotivasi, 5% siswa cukup termotivasi, 2% termotivasi dan 0% sangat termotivasi. Pada siklus 2 sebanyak 8% siswa cukup termotivasi, 53% siswa termotivasi dan33 % siswa sangat termotivasi. Hasil penelitian ini membuktikan ada peningkatan motivasi pada siklus 2 sebesar 86%. Hasil belajar siswa juga menunjukkan peningkatan sebesar 11,76%. Berdasarkan hasil belajar pada siklus 1 rata ? rata siswa adalah 73,71 atau 64,71% meningkat menjadi 78,17 atau 76,47%, dan telah mencapai KKM 77. Sedangkan jumlah siswa yang tuntas saat siklus 1 sebanyak 22 orang (62%) ke siklus 2 menjadi 26 orang (79%). Dengan hasil di atas, maka agar proses pembelajaran dapat berjalan efektif dan efisien, peneliti mengharapkan kepada guru Penjasorkes dapat mencoba metode demonstrasi untuk meningkatkan proses belajar senam lantai meroda, sehingga siswa merasa senang dan tujuan pembelajaran cepat tercapai dengan baik.
MENINGKATAN KEMAMPUAN BERSOSIALISASI MELALUI OLAHRAGA PERMAINAN BAGI ANAK TUNAGRAHITA Kuwati, Sri
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 3, No 3 (2018): Edisi Juli 2018
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan bersosialisasi pada anak tunagrahita kelas V/C SLB Negeri Wiradesa Tahun Pelajaran 2017/ 2018 melalui olahraga permainan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif  dan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data ini dengan menggunakan tes yang berguna untuk mengetahui sejauh mana peningkatan kemampuan bersosialisasi pada anak tunagrahita, observasi merupakan kegiatan pemusatan perhatian terhadap anak tunagrahita dengan menggunakan media olahraga permainan. Teknik analisa data dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif kualitatif. PTK ini berlangsung dua siklus dengan empat kali pertemuan. Dengan hasil belajar siswa nilai rata-rata pra tindakan 69, nilai rata-rata pada siklus I 74 terjadi peningkatan 5. Pada siklus II nilai rata-rata 79, jadi ada peningkatan 5. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa olahraga permainan dapat meningkatkan kemampuan bersosialisasi bagi siswa tunagrahita dengan teman maupun dengan lingkungan sekolah.
PENERAPAN MODEL PICTURE TO PICTURE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DALAM MENGKRONOLOGIKAN PERISTIWA SEJARAH Sulanjani, Nunik Tri
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 3, No 3 (2018): Edisi Juli 2018
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang dilaksanakan masih menggunakan metode pembelajaran konvensional sehingga mengakibatkan rendahnya minat belajar siswa terhadap mata pelajaran sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam mengkronologikan peristiwa sejarah menggunakan model pembelajaran picture to picture. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, direncanakan dalam dua siklus, tahapan dalam siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penerapan model pembelajaran picture to picture dapat meningkatkan pemahaman siswa yang ditandai dengan peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa yaitu, pada siklus I, presentase aktivitas belajar klasikal siswa sejumlah 50,5% dengan kategori rendah dan pada siklus II presentase mengalami peningkatan mencapai 76,6% dengan kategori tinggi. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 67,4 dengan presentase ketuntasan 36%, adapun pada siklus II meningkat menjadi 79,3 dengan presentase ketuntasan klasikal 78%.
PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE RESITASI MATERI KUBUS DAN BALOK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA Khaer, Abu
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 3, No 3 (2018): Edisi Juli 2018
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa selama pembelajaran matematika pada materi pokok bangun ruang sisi datar melalui implementasi model pembelajaran kooperatif dengan metode resitasi. Data yang diambil berupa hasil tes akhir siklus, hasil angket refleksi siswa, dan hasil observasi dengan indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila dalam kelas 65% atau lebih kelompok memperoleh kriteria sangat aktif dan siswa yang memperoleh nilai 71 atau lebih sebanyak 85% atau lebih. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh aktivitas siswa siklus I pertemuan ke 1 dan ke 2 memperoleh kriteria aktif dan pada siklus II pertemuan ke 1 memperoleh kriteria aktif dan pertemuan ke 2 diperoleh kriteria sangat aktif. Hasil yang diperoleh pada siklus I adalah 83,8% siswa memperoleh nilai 71 atau lebih dan pada siklus II 87,1% siswa memperoleh nilai 71 atau lebih. Dengan demikian diperoleh simpulan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif dengan metode resitasi dapat digunakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIIIC SMP Negeri 1 Kedungbanteng dalam pembelajaran matematika materi pokok bangun ruang sisi datar.
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATERI KERTAS KERJA (WORKSHEET) DENGAN METODE JIGSAW Marduraras, In
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 3, No 3 (2018): Edisi Juli 2018
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Guru yang berkualitas dalam proses pendidikan sangat diperlukan, di samping kualitas siswa serta metode mengajar yang sesuai dengan tuntutan kurikulum. Saat ini proses belajar-mengajar di kelas guru masih sering menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, sehingga keaktifan siswa cenderung pasif, terlebih untuk pelajaran yang dianggap sulit seperti pelajaran akuntansi. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan metode pembelajaran Jigsaw dalam mata pelajaran akuntansi kelas XII IPS Sdi SMA N 15 Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode Jigsaw terhadap peningkatan prestasi belajar dan minat siswa dalam materi Kertas Kerja (Worksheet). Penelitian ini dimulai dari pra-siklus, kemudian siklus 1 dan siklus 2. Setiap siklus dilakukan tiga kali pertemuan. Kegiatan pra-siklus menghasilkan nilai belajar siswa yang tuntas mencapai 58.33% atau 21 siswa dari 36 siswa. Sedangkan pada siklus 2, kentuntasan belajar siswa mencapai 80.8% dan naik pada siklus 2 menjadi 91.67%. Siklus 1 menghasilkan tingkat motivasi belajar siswa sebesar 79.3% dan minat siswa sebesar 80%. Sedangkan, pada siklus 2, motivasi mendapat nilai 81,3% dan minat siswa sebesar 80%.
IMPLEMENTASI METODE TEKA TEKI SILANG PADA MATERI AJAR BUDAYA POLITIK Hastuti, Sri
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 3, No 3 (2018): Edisi Juli 2018
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam pelajaran pendidikan kewarganegaraan, dengan materi pelajaran yang cukup padat dan sering berganti materi karena mengikuti perkembangan pemerintahan, juga menjadi beban yang cukup berat bagi siswa untuk dapat berprestasi secara maksimal. Siswa kurang berminat dalam mengikuti pelajaran pendidikan kewarganegaraan. Hasil yang diperoleh selalu kurang sesuai dengan yang diharapkan. Berdasarkan pengalaman peneliti mengadakan tes PKn dan diperoleh nilai rata-rata siswa sangat memprihatinkan. Dari jumlah siswa 35 orang mencapai rata-rata hanya 36,77 pada ulangan pertama  dengan ketuntasan 0%. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi budaya politik melalui implementasi metode teka teki silang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan 2 siklus, dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi teka teki silang sangat memuaskan. Dibuktikan dengan nilai rata-rata kelas mencapai 87,5 dengan perolehan presentase 100% diatas nilai KKM. Motivasi belajar siswa setelah menggunakan strategi teka teki silang meningkat, aktivitas siswa bergairah, rasa percaya diri dan kreativitas siswa meningkat tajam sehingga KKM tercapai.
MENINGKATKAN MINAT DAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI PENDEKATAN PRAGMANTIK Wijayanti, M. Weni
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 3, No 3 (2018): Edisi Juli 2018
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui seberapa besar peningkatan minat dan kemampuan membaca setelah digunakannya pendekatan pragmatik. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta analisis dan refleksi. Subjek penelitian ini berjumlah 34 siswa terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat minat membaca siswa pada siklus 1 sebesar 69 %  dengan kategori cukup aktif meningkat menjadi 73 % dengan kategori aktif  pada siklus II. Kemampuan membaca yang diperoleh  siswa meningkat dengan rata-rata nilai pada siklus I sebesar 75 %  menjadi 86 %  pada siklus II.
MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL GROUP INVESTIGATION BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN ALAT PERAGA MISTAR DAWAI -, Zuliyati
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 3, No 3 (2018): Edisi Juli 2018
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Latar belakang motivasi dan hasil belajar Kompetensi Dasar 1.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung, FPB, dan KPK rendah. Hasil tes formatif dengan metode konvensional nilai rata-ratanya belum mencapai KKM. Rendahnya motivasi belajar dengan indikasi kurang perhatian, malas mengikuti pembelajaran dan hasil belajar rendah. Rendahnya karakter dengan indikasi rendahnya: disiplin, kerja keras, sikap demokratis, komunikasi, kreatif, rasa ingin tahu, mandiri, dan tanggung jawab.. Berdasarkan hasil refleksi siklus I. Mengurangi dominasi diskusi pada satu peserta didik. Mengefektifkan pembagian tugas kelompok. Memberikan kesempatan peserta didik yang kurang aktif.  Peningkatan hasil belajar siklus I dari kondisi awal 57,25 menjadi 77,25. Persentase ketuntasan siklus I 77,5%. Dominasi peserta didik pandai tinggi. Kreativitas dan aktivitas masih kurang. Siklus II rata-rata 80,5. Persentase ketuntasan 77,5%.
PENERAPAN APLIKASI ANDROID BERBASIS API GESTURE DALAM PEMBELAJARAN PEPAK BAHASA JAWA Nuryati, Novi
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 3, No 3 (2018): Edisi Juli 2018
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sumber belajar yang terbatas menyebabkan minimnya pengetahuan siswa akan materi bahasa Jawa. Perkembangan smartphone dapat digunakan dalam dunia pendidikan sebagai media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar dan minat siswa terhadap media pembelajaran Pepak Bahasa Jawa Android mengggunakan API Gesture. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen One Group Pre-test Post-test pada 34 siswa SMP. Dalam proses penelitian diawali dengan melakukan pengambilan nilai sebelum treatment (pretest), kemudian sampel diberikan treatment, selanjutnya diambil nilai setelah treatment (posttest). Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pretest sebesar 50, dan rata-rata nilai posttest sebesar 76,5. Kemudian dilakukan uji ain, mendapat nilai gain sebesar 0,5889 yang berada dalam rentang 0,3 ? g ? 0,7 yang dikategorikan sedang, sehingga dapat dikatakan adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan. Hasil angket respon siswa menunjukkan rata-rata indikator minat siswa sebesar 83% yang menunjukkan respon positif, maka dapat disimpulkan bahwa minat siswa dalam menggunakan aplikasi Pepak Bahasa Jawa tinggi.

Page 1 of 2 | Total Record : 12