cover
Contact Name
Eko Supraptono
Contact Email
eko@i-rpp.com
Phone
-
Journal Mail Official
eko@i-rpp.com
Editorial Address
Jalan Sampangan Baru IV B / 9 A Semarang
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan
ISSN : 23551410     EISSN : 23559683     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal ini menerima artikel berkualitas yang mengkaji tentang penelitian tindakan kelas dan kepengawasan sekolah
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2014): Edisi Khusus" : 10 Documents clear
PEMBINAAN BERKELANJUTAN DALAM PENINGKATAN KETRAMPILAN GURU MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN -, Daryono
Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan Vol 1, No 1 (2014): Edisi Khusus
Publisher : Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah yang bertujuan untuk mendiskripsikan pembinaan berkelanjutan untuk dapat meningkatkan aktivitasserta kemampuan guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di SD Negeri Dumeling 02.Rumusan masalah yang tersusun dalam penelitian ini adalah apakah melalui pembinaan berkenjutan dapat meningkatkan aktivitas kemampuan guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di SD Negeri Dumeling 02 Kecamatan Wanasari.Penelitian tindakan sekolah ini dilaksanakan selama 4 bulan, yaitu dimulai bulan September sampai bulan Desember 2013. Subyek dari penelitian ini adalah guru-guru SD Negeri Dumeling 02 yang berjumlah 10 orang. Penelitian ini dirancang dengan 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tugas tertulis dan lembar observasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menyusun RPP dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini ditunjukkan dari data yang diperoleh selama melaksanakan siklus I dan siklus II. Dimana hasil akhir yang diperoleh dari penelitian ini adalah 85 % atau sangat baik.
TEKNIK SUPERVISI EDUKATIF KOLABORATIF BERKELANJUTAN DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU Muntoso, Edi
Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan Vol 1, No 1 (2014): Edisi Khusus
Publisher : Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan langkah-langkah supervisi edukatif kolaboratif secara berkelanjutan dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran melalui prestasi belajar, melaksanakan tindak lanjut penilaian prestasi belajar siswa yang dapat meningkatkan kinerja guru. Peningkatan kinerja ini melalui supervisi edukatif kolaboratif secara periodik. Penelitian tindakan ini dilakukan terhadap guru SD Negeri Keboledan 03 Kecamatan Wanasari Brebes yang berjumlah 10 orang. Pene;itian dilaksanakan mulai bulan September sampai Desember 2013. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian yang alurnya membuat rencana tindakan, melaksanakan tindakan, dan reflleksi pelaksanaan tindakan. Hasil refleksi tersebut digunakan sebagai pedoman untuk pengambilan keputusan melanjutkan atau menghentikan penelitian. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Data penelitian berupa catatan hasil pengamatan dilapangan, dokumentasi dan hasil penelitian. Instrumen pengumpulan data utama adalah peneliti, sedangkan instrumen penunjang adalah pedoman observasi, dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru meningkat secara signifikan setellah dilakukan supervisi yang berupa supervisi edukatif kolaboratif secara berkelanjutan dari siklus I ke siklus II. Peningkatan tersebut dari siklus I mencapai 66% dan siklus II mencapai 85% atau sangat baik.
PEMBINAAN BERKELANJUTAN DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN -, Mahyarudin
Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan Vol 1, No 1 (2014): Edisi Khusus
Publisher : Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah yang bertujuan untuk mendiskripsikan pembinaan berkelanjutan untuk dapat meningkatkan aktivitas serta kemampuan guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di SD Negeri Glonggong 02.Penelitian tindakan sekolah ini dilaksanakan selama 4 bulan, yaitu dimulai bulan September 2013 sampai bulan Desember 2013. Subyek dari penelitian ini adalah guru-guru SD Negeri Glonggong 02 yang berjumlah 8 orang. Penelitian ini dirancang dengan 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tugas tertulis dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menyusun RPP dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini ditunjukkan dari data yang diperoleh selama melaksanakan siklus I dan siklus II. Dimana hasil akhiir yang diperoleh dari penelitian ini adalah 87 % atau sangat baik.
STRATEGI SUPERVISI EDUKATIF DALAM KAITANNYA DENGAN PENINGKATAN KOMPETENSI GURU -, Mashudi
Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan Vol 1, No 1 (2014): Edisi Khusus
Publisher : Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian tindakan sekolah bertujuan untuk mengukur seberapa besar keefektifan supervisi edukatif terhadap peningkatan kompetensi guru matematika dalam menyusun rencana pembelajaran yang sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.bagi guru di wilayah binaan SMP negeri dan swasta Kecamatan Bulakamba. Berdasarkan hasil penilaian APKG (rentang nilai 1,00-5,00) yang diperoleh selama supervisi edukatif aktifitas guru mengalami peningkatan dari sebelumnya diberi perlakuan sampai dengan akhir tindakan pada siklus II.Dari hasil analisis menunjukkan bahwa hasil supervisi edukatif ada peningkatan, yaitu dari nilai siklus I rata-rata 3,86 meningkat pada siklus II menjadi rata-rata 4,72. Perubahan yang terjadi ada peningkatan sebesar 17,20 %. Kesimpulan bahwa penelitian ini mempunyai dampak yang positif, dengan semakin meningkatnya kemampuan pengawas dalam supervisi edukatif, semakin meningkat kemampuan guru dalam perencanaan Pembelajaran. Dengan demikian penelitian tindakan sekolah ini dapat dikatakan berhasil.
PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI LESSON STUDY -, Munasik
Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan Vol 1, No 1 (2014): Edisi Khusus
Publisher : Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah yang bertujuan untuk mendiskripsikan lesson study untuk dapat meningkatkan aktivitas serta kemampuan guru dalam Proses Pembelajaran Matematika di SD Negeri Jagalempeni 05. Rumusan masalah yang tersusun dalam penelitian ini adalah apakah melalui lesson study dapat meningkatkan aktivitas kemampuan guru dalam proses Pelaksanaan Pembelajaran Matematika di SD Negeri Jagalempeni 05 Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes. Penelitian tindakan sekolah ini dilaksanakan selama 4 bulan, yaitu dimulai bulan September 2013 sampai bulan Desember 2013. Subyek dari penelitian ini adalah guru-guru SD Negeri Jagalempeni 05 yang berjumlah 4 orang. Penelitian ini dirancang dengan 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tugas tertulis dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran tematik dari siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini ditunjukkan dari data yang diperoleh selama melaksanakan siklus I sampai siklus II. Dimana hasil akhiir yang diperoleh dari penelitian ini adalah sangat baik.
PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MELAKUKAN PENILAIAN PROSES PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK -, Sa`adah
Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan Vol 1, No 1 (2014): Edisi Khusus
Publisher : Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kompleknya masalah yang muncul berkaitan dengan Kinerja Guru melalui Supervisi Supervisi Akademik di SD Negeri Klampok 06 Kecamaan Wanasari, Kabupaten Brebes. Berdasarkan latar belakang masalah, maka dapat diasumsikan bahwa terdapat permasalahan yang perlu dikaji melalui penelitian, adapun permasalahan selengkapnya bagaimana pelaksanaan supervisi yang dapat meningkatkan kompetensi Guru SD Negeri Klampok 06 Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes dan apakah kompetensi guru dapat meningkat setelah diadakan supervisi akademik oleh Kepala Sekolah SD Negeri Klampok 06 Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes`serta berapa besar peningkatan kompetetensi guru melalui supervisi di SD Negeri Klampok 06, dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kompetensi guru dalam melaksanakan kegiatan KBM di depan kelas pada tahun 2013, dan manfaat penelitian ini memberi masukan kepada guru untuk meningkatkan kompetensinya sesuai dengan harapan peneliti, dan untuk membuktikan hipotesis tersebut diadakan suatu penelitian pada guru dengan sampel 7 guru untuk mengadakan pengisian angket yang diberikan pada guru dengan melalui 2 siklus. Adapun hasil isian angket memperoleh angka lebih dari 85% yang berkatagori baik sekali.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MELALUI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN -, Sumarni
Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan Vol 1, No 1 (2014): Edisi Khusus
Publisher : Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sebagian besar (80%) guru SD Negeri Tanjungsari 02 Kecamatan Wanasari Brebes selama bertahun-tahun tidak menggunakan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Untuk mengatasi masalah tersebut, kepala sekolah pembina sekolah menyelenggarakan IHT, latihan pembuatan media, dan mempraktikan penggunaan media yang mereka buat sendiri dalam proses belajar mengajar. Karya dan implementasi para guru dinilai seperti perlombaan mendesain dan mengaplikasikan media pembelajaran. Tindakan tersebut didasarkan atas kajian bahwa IHT merupakan salah satu bentuk kekepala sekolahan.Masalah yang hendak diteliti adalah (1) Apakah In House Trainning (ITH), Latihan, dan system lomba dapat meningkatkan profesionalitas guru membuat media pembelajaran pada guru SD Negeri Tanjungsari 02 Kecamatan Wanasari Kab.Brebes? (2) Apakah In House Trainning (ITH), Penelitian merupakan penelitian tindakan adalah para guru dalam SD Negeri Tanjungsari 02 Kecamatan Wanasari Kab.Brebes yang berjumlah 8 orang .Dari seluruh tindakan dapat diketahui bahwa (1) IHT, Latihan, dan Sistem Lomba mampu meningkatkan profesionalitas guru sebesar 0.90 atau 30.77% dalam pembuatan media pembelajaran pada guru diSD Negeri Tanjungsari 02 Kecamatan Wanasari Kab.Brebes. (2) IHT, Latihan, dan Sistem Lomba mampu meningkatkan profesionalitas guru sebesar 0.41 atau 14.35% dalam penggunaan media pembelajaran pada guru di SD Negeri Tanjungsari 02 Kecamatan Wanasari.
FUNGSI PEMBINAAN TERPROGRAM DALAM PENINGKATAN KETRAMPILAN GURU MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN -, Supadmi
Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan Vol 1, No 1 (2014): Edisi Khusus
Publisher : Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah yang bertujuan untuk mendiskripsikan Fungsi Pembinaan Terprogram dalam meningkatkan aktivitas serta ketrampilan guru menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran .Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui Pembinaan Terprogram dapat meningkatkan aktivitas ketrampilan guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Dilaksanakan selama 4 bulan, yaitu dimulai bulan September 2013 sampai bulan Desember 2013 dengan Subyek penelitian guru-guru SD Negeri Glonggong 01 yang berjumlah 8 orang. Penelitian ini dirancang dengan 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tugas tertulis dan lembar observasi. Dengan indikator keberhasilan ada peningkatan >50% dari 100% peserta dengan hasil Baik (rentang nilai 71 ? 85), hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan. Hal ini ditunjukkan dari data yang diperoleh selama melaksanakan siklus I dan siklus II. Dimana hasil akhir yang diperoleh dari penelitian ini 81,9 % dari jumlah guru ada peningkatan , terdiri dari 1 guru = nilai Cukup, 5 guru = Baik dan 2 guru = Baik Sekali.
SUMBANGAN SUPERVISI BERBASIS WORK SHOP DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU -, Suratin
Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan Vol 1, No 1 (2014): Edisi Khusus
Publisher : Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan yang akan dicapai secara umum dalam penelitian tindakan sekolah ini adalah untuk mengetahui efektifias tindakan yaitu meningkatkan kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran setelah diadakan supervisi berbasis work shop oleh kepala sekolah di SD Negeri Kupu 02 Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes. Prosedur penelitian tindakan sekolah ini dilaksanakan melalui proses pengkajian berdaur yang terdiri dari 4 tahap, yaitu merencanakan (planning), melakukan tindakan (acting), mengamati (observasing) , dan refleksi (reflecting).Manfaat penelitian ini memberi masukan kepada guru untuk meningkatkan kinerjanya sesuai dengan harapan peneliti, dan untuk membuktikan hipotesis tersebut diadakan suatu penelitian pada guru dengan sampel 8 guru untuk mengadakan pengisian angket yang diberikan pada guru dengan melalui 2 siklus. Adapun hasil isian angket memperoleh angka lebih dari 85% yang berkatagori baik sekali. Kinerja guru dalam kegiatan belajar mengajar dapat meningkat dengan memperhatikan langkah-langkah pembelajaran serta memilih metode pembelajaran yang tepat sehingga suasana proses pembelajaran menjadi lebih
PEMBINAAN PROFESIONAL GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Susilo, Warmin
Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan Vol 1, No 1 (2014): Edisi Khusus
Publisher : Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan Penelitian Tindakan Sekolah ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di SD Negeri Kupu 01 Kec. Wanasari Kab. Brebes melalui pembinaan profesional, subyek penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Kupu 01 Kec. Wanasari Kab. Brebes Semester 1 Tahun 2013/20014 dengan jumlah guru 12 orang yang terdiri dari 5 orang Pria dan 7 orang Wanita dengan metode kualitatif, dilaksanakan 2 siklus, siklus 1 dan 2. Setiap Siklus terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan pembinaan profesional dapat meningkatkan kemampuan guru dalam mengembangkan RPP berdasarkan standar proses dengan nilai rata-rata naik 5 poin atau 7,35% dari keadaan awal 63 menjadi 68 pada siklus I, nilai tertinggi naik 4 poin atau 4% dari kondisi awal 45 menjadi 62 rentang nilai turun 13 poin atau 19% sedangkan siklus 2 nilai rata-rata naik 8 poin atau 11,76% dan siklus I sebesar 68 menjadi 76 nilai tertinggi naik 3 poin atau 4% dari kondisi awal 45 menjadi 62 rentang nilai turun 13 poin atau 19%. Sedangkan siklus 2 nilai rata-rata naik 8 poin atau 11,76% dari siklus I sebesar 68 menjadi 76 .nilai tertinggi naik 3 poinatau 4,41% dari 79 menjadi 82 nilai terendah naik 3 poin atau 4,41% dari 62 menjadi 65 pada siklus 2 rentang nilai tetap 17 poin. Kesimpulannya bahwa kegiatan pembinaan profesional dapat meningkatkan kemampuan guru dalam mengembangkan RPP.

Page 1 of 1 | Total Record : 10