cover
Contact Name
Eko Supraptono
Contact Email
eko@i-rpp.com
Phone
-
Journal Mail Official
eko@i-rpp.com
Editorial Address
Jalan Sampangan Baru IV B / 9 A Semarang
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan
ISSN : 23551410     EISSN : 23559683     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal ini menerima artikel berkualitas yang mengkaji tentang penelitian tindakan kelas dan kepengawasan sekolah
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2015): Juni 2015" : 9 Documents clear
MODEL SUPERVISI KLINIS BERBASIS “OJT” SEBAGAI LAYANAN PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MELAKSANAKAN EVALUASI PEMBELAJARAN PRAKTIK PRODUKTIF Riyanto, Agus; -, Samsudi; -, Fakhruddin
Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan Vol 2, No 1 (2015): Juni 2015
Publisher : Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pelaksanaan model supervisi klinis berbasis?OJT? terhadap peningkatan kemampuan penilaian praktik guru produktif.  Metode penelitianyang digunakan adalah metodeResearch and Development dengan analisis pendekatan kualitatifuntuk mendeskripsikan data yang diperoleh saat penelitian pendahuluan dan pelaksanaan desainmodel. Sedangkan pendekatan kuantitatif untuk menguji hubungan antar variabel setelah desaindiujicobakan. Ujicoba terbatas untuk mengukur keefektifan model supervisi pada peningkatankemampuan penilaian praktik guru produktif .  Hasil penelitian menunjukkan bahwa modelsupervisi klinis saat ini telah diterapkan oleh pengawas tetapi penerapan dan hasilnya belummaksimal karena beberapa kelemahan sehingga perlu dikembangkan supervisi klinis denganbeberapa perubahan agar dapat diterapkan dan memperoleh hasil yang lebih baik.
PENGEMBANGAN MODEL PELATIHAN “IVCT” UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL Astuti, Amin Nurita Fajar; -, Samsudi; -, Widiyanto
Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan Vol 2, No 1 (2015): Juni 2015
Publisher : Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui keefektifan modelIntegrated Vocational CompetencyTraining (IVCT). Metode penelitian ini menggunakan pendekatanResearch and Development (R &D) dengan teknik pengumpulan data secara  wawancara, angket, observasi,  dokumentasi, dan tes.Uji coba model pelatihan menggunakanPre-Experimental Design denganOne Group Pretest-PosttestDesign. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif dankuantitatif.  Teknik analisis kuantitatif dengan deskripsi kuantitatif untuk  mengetahui kualitaspelaksanaan pelatihan dan untuk mengetahui keefektifan model dengan analisis statistik nonparametrik yaitu uji t(Wilcoxon Signed Ranks Tes). Dari hasil analisis dengan uji t ini berartiterdapat perubahan atau peningkatan kemampuan peserta setelah diberikan pelatihan, sehinggadapat disimpulkan bahwa pelatihan dengan model IVCT efektif meningkatkan kompetensiprofesional Guru Program Keahlian.
PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU MEMBUAT DAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI METODE TUTOR SEBAYA Wicaksono, Guntur; Rachman, Maman; Yanto, Heri
Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan Vol 2, No 1 (2015): Juni 2015
Publisher : Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Guru Teknik Kendaran Ringan cenderung belum maksimal dalam menggunakan mediapembelajaran, terutama penggunaan media pembelajaran presentasi powerpoint, videopembelajaran dengan camtasia dan kelas virtual dengan edmodo. Penelitian ini bertujuan untukmeningkatkan kemampuan guru dalam membuat dan menggunakan media pembelajaran denganmetode tutor sebaya, serta untuk mengetahui efektifitas metode tutor sebaya dalam meningkatkankemampuan membuat dan menggunakan media pembelajaran. Penelitian ini dilakukan denganmetode penelitian tindakan menurut Kemmis dan McTaggart dan dilakukan dalam dua siklus.Teknik pengumpulan data melalui observasi, catatan lapangan dan wawancara. Hasil penelitianini telah menunjukkan peningkatan kemampuan guru dalam membuat dan menggunakan mediapembelajaran, dengan ditunjukkan 82% guru terampil membuat dan 82% guru mahirmenggunakan media pembelajaran sedangkan asumsi keberhasilannya adalah 75%.
MODEL SUPERVISI AKADEMIK TERPADU BERBASIS PEMBERDAYAAN MGMP UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MATEMATIKA -, Jurotun; -, Samsudi; Prihatin, Titi
Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan Vol 2, No 1 (2015): Juni 2015
Publisher : Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan  penelitian  adalah untuk mengetahui diskripsi dan analisis model supervisi akademikyang ada di Kabupaten Demak serta mengembangkan sebuah model supervisi akademik terpaduberbasis pemberdayaan MGMP yang efektif dapat meningkatkan kompetensi pedagogik gurumatematika. Digunakan pendekatanRiset and development, analisis data menggunakan metodecampuran yaitu kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari studi pendahuluan diperoleh bahwa Supervisiakademik yang dilaksanakan oleh pengawas sekolah dan kepala sekolah  kurang efektif. Hal inidapat dilihat dari frekuensi pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah dan kepala sekolahyang masih minim terhadap guru matematika, komposisi pengawas sekolah yang tidak ideal,supervisor (pengawas sekolah/kepala sekolah) tidak berasal dari guru mata pelajaran yang samadengan guru yang disupervisi, kurangnya pelatihan/pembimbingan terhadap guru sebagai bentuktindak lanjut dari supervisi akademik serta tidak dilibatkannya MGMP di dalam proses supervisiakademik. Dari hasil pengembangan model diperoleh bahwa model supervisi akademik terpaduvalid dan efektif untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru matematika.
PENGEMBANGAN MODEL PEMBIMBINGAN DALAM PERENCANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SMK -, Mujiono; Hardyanto, Wahyu; -, Fakhruddin
Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan Vol 2, No 1 (2015): Juni 2015
Publisher : Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perencanaan pembelajaran yang disusun oleh guru terkait implementasi kurikulum barudilakukan dengan menghubungkan dan merujuk pada materi-materi dari hasil pelatihan guru lainuntuk disesuaikan dengan mata pelajaran Bahasa Inggris, bukan pada landasan teori yang kuat.Alternatif pemecahan masalah tersebut melalui kegiatan pembimbingan sebagai bagian dari tugasPengawas Sekolah dalam melaksanakan supervisi akademik.  Desain penelitian adalahResearchand Development (R&D) yang mengembangkan model pembimbingan berbantuan Template. Produkyang dihasilkan  dalam penelitian ini yaitu Model Pembimbingan dan Media Pembimbinganberupatemplate. Hasil validasi ahli dan praktisi menunjukkan model dan media layak dan dapatdigunakan. Hasil ujicoba pada skala terbatas menunjukkan terjadi peningkatan kompetensi gurudalam merencanakan pembelajaran. Data ini diperoleh dengan membandingkan skor RPPsebelum dan setelah mendapatkan pembimbingan. Pembimbingan berbantuantemplatemerupakan alternatif yang direkomendasikan untuk dimanfaatkan oleh Pengawas Sekolahsebagai salah satu model pembimbingan dalam kegiatan supervisi akademik
PENINGKATAN KOMPETENSI GURU KELAS DALAM MENYUSUN BAHAN AJAR MELALUI PENDEKATAN KONTRUKTIVISME Hendarti, Tati
Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan Vol 2, No 1 (2015): Juni 2015
Publisher : Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini ingin mengetahui  peningkatkan kemampuan guru kelas dalam menyusunbahan ajar berbantuan komputer program power point melalui pelatihan dengan pendekatankontruktivisme.   Metode yang digunakan dalam penelitian ini, metode penelitian tindakansekolah dengan melalui tindakan sebanyak dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitumembuat perencanaan, melakukan tindakan, mengadakan pengamatan, dan melakukan refleksi.Analisis data yang digunanakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif komparatifyaitu dengan membandingkan nilai hasil penilaian tertulis, performance, dan  produk bahan ajar,dari kondisi awal, siklus pertama, dan siklus kedua. Hasil penelitian diperoleh bahwa melaluipelatihan  dengan pendekatan kontruktivisme  dapat meningkatkan kompetensi guru kelas dalammenyusun bahan ajar berbantuan komputer program power point.
PENGARUH VARIABEL DETERMINAN TERHADAP KOMPETENSI GURU SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN Abidin, Zainal; Prihatin, Titi; Yanto, Heri
Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan Vol 2, No 1 (2015): Juni 2015
Publisher : Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Faktor-faktor yang dapat meningkatkan kompetensi guru diantaranya adalah diklat, lingkungankerja dan motivasi kerja. Selain itu adanya keterlibatan pengawas yaitu kepala sekolah danpengawas sekolah. jenis penelitian yang dipilih adalah analisis jalur (path analysis) menggunakandata yang dikumpulkan dari sampel. Pengambilan sampel menggunakan rumus slovin yangmenghasilkan jumlah sampel 200 orang guru. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang sudahdivalidasi secara empirik terhadap 30 orang responden. Dengan teknik analisis jalur ditemukanhasil sebagai berikut. (1) diklat berpengaruh terhadap kompetensi guru secara langsung,berpengaruh terhadap kompetensi guru secara tidak langsung melalui supervisi kepala sekolah,melalui supervisi pengawas sekolah. (2) lingkungan kerja tidak mempengaruhi secara langsungterhadap kompetensi guru tetapi berpengaruh secara tidak langsung melalui supervisi kepalasekolah  dan melalui supervisi pengawas sekolah. (3) motivasi kerja berpengaruh terhadapkompetensi guru secara langsung, berpengaruh secara tidak langsung melalui supervisi kepalasekolah, melalui supervisi pengawas sekolah
PENINGKATKAN KOMPETENSI PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR MELALUI MODEL MANAJEMEN PELATIHAN T2AD Sulistiyono, Joko; Sumaryanto, Totok; -, Djuniadi
Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan Vol 2, No 1 (2015): Juni 2015
Publisher : Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model faktual pelatihan TIK,  merancang modelkonseptual manajemen pelatihan T2AD(Teacher Team Achievement Division) untuk meningkatkankompetensi, mengetahui keefektifan model final manajemen pelatihan. Metode penelitian inimenggunakan pendekatanResearch and Development (R&D) dengan teknik pengumpulan datasecara wawancara, angket, dokumentasi, dan tes. Uji coba model pelatihan menggunakanOneGroup Pretest-Posttest Design. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisiskualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis kuantitatif dengan deskripsi kuantitatif untuk mengetahui kualitas pelaksanaan pelatihan dan untuk mengetahui keefektifan model dengananalisis statistik kuantitatif. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa model pelatihan efektifmeningkatkan kompetensi
IMPLEMENTASI MODEL “ITBT” SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN KOMPETENSI PAEDAGOGIK GURU SMK Sujatmiko, Hardo; Sumaryanto, Totok; -, Kardoyo
Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan Vol 2, No 1 (2015): Juni 2015
Publisher : Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui keefektifan dan kevalidan model pelatihan Integrated Technology-Based Training (ITBT) . Metode penelitian ini menggunakan pendekatanResearch and Development . Uji coba model pelatihan menggunakanPre-Experimental Design denganOne Group Pretest-Posttest Design. Data dianalisis dengan menggunakan  statistik uji-t berpasangan (Paired Samples  t-test). Hasil uji diperoleh (1) keefektifan model yang ditinjau dari 5 aspekpelatihan yaitu aspek model pelatihan, aspek program pelatihan,  aspek bahan ajar pelatihan,aspek instruktur pelatihan dan aspek sarana prasarana pelatihan menunjuk pada kategori sangatbaik, (2) keefektifan model dengan membandingkan antara hasilpre-testdanpost-test padakompetensi membuat media pembelajaran berbasis Android.Validasi model  dilakukan oleh ahlidan praktisi. Disimpulkan bahwa model efektif dan valid dalam peningkatan kemampuan gurudalam membuat media pembelajaran berbasis Android

Page 1 of 1 | Total Record : 9