cover
Contact Name
Dadang Syafarudin
Contact Email
lp2mstieya@gmail.com
Phone
+6281222890688
Journal Mail Official
lp2mstieya@gmail.com
Editorial Address
Kampus 1 Gedung A Lantai 1 - Jalan Oto Iskandardinata No. 278a Tarogong Kidul Kabupaten Garut, Jawa Barat Kode Pos 44151 - Telp 0262238048, 0262233549/E-Mail - lp2mstieya@gmail.com..
Location
Kab. garut,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Pengembangan Manajemen, Bisnis, Keuangan dan Perbankan
Manajemen Manajemen Pemasaran Manajemen Sumber Daya Manusia Manajemen Keuangan Manajemen Operasional Bisnis Keuangan Perbankan
Articles 37 Documents
Pengaruh Kualitas Jasa Dan Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan Syafarudin, Dadang; Ismayanti, Sriwendah
PRISMAKOM Vol 12 No 1 (2018): PRISMAKOM
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yasa Anggana Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (558.116 KB) | DOI: 10.2301600/prismakom.v12i1.29

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kepuasan pelanggan pada Hotel Tirtagangga Garut yang dirasa masih kurang optimal karena masih banyak faktor yang mempengaruhinya. Hal ini dilihat dari jumlah pemesanan kamar yang cenderung menurun serta kurangnya tamu kamar yang merekomendasikan Hotel Tirtagangga Garut sebagai hotel pilihan kepada rekan atau relasinya. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan metode penelitian deskriptif asosiatif kausal. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah tamu kamar Hotel Tirtagangga Garut pada tahun 2017, sedangkan sampel yang diambil sebanyak 68 orang responden dan penarikan sampel menggunakan Accidental sampling. Berdasarkan hasil pengolahan data yang diperoleh dengan menggunakan SPSS Versi 16, bahwa instrumen yang digunakan dalam penelitian ini dinyatakan valid dan reliabel karena memiliki nilai yang lebih besar dari r tabel sebesar 0,235. Dari hasil uji korelasi diperoleh keterangan bahwa kualitas jasa mempunyai pengaruh yang kuat terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai sebesar 0,607 Dan koefisien determinasi sebesar 37,8%. Selanjutnya relationship marketing memiliki pengaruh yang sedang terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai sebesar 0,462 dan koefisien determinasi sebesar 21,4%. Kemudian kualitas jasa dan relationship marketing secara bersama – sama mempunyai pengaruh yang kuat terhadap kepuasan pelanggan dengan sebesar 0,619 dan koefisien determinasi sebesar 38,3%.
Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Terhadap Disiplin Kerja Aparatur Negara Septiady, Adryan
PRISMAKOM Vol 12 No 1 (2018): PRISMAKOM
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yasa Anggana Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (313.198 KB) | DOI: 10.2301600/prismakom.v12i1.34

Abstract

Menurut Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2010 Tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil pasal 1 ayat 1 menyatakan bahwa Disiplin Pegawai Negeri Sipil adalah kesanggupan Pegawai Negeri Sipil untuk menaati kewajiban dan menghindari larangan yang ditentukan dalam peraturan perundang-undangan dan/atau peraturan kedinasan yang apabila tidak ditaati atau dilanggar dijatuhi hukuman disiplin. Tingkat disiplin kerja pegawai dalam bentuk kehadiran sangat rendah sebesar 17%, tidak sesuai standar minimal kehadiran yaitu 80% per bulannya di Dinas PUPR yang ada di Kabupaten Garut. Ketidakhadiran pegawai diketahui dikarenakan banyaknya ijin tanpa alasan. Menurut Susilo (2007:165) bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi disiplin kerja karyawan salah satunya kepemimpinan dan motivasi. Hasil uji statistik penelitian menunjukan kepemimpinan pejabat dan motivasi secara parsial berpengaruh terhadap terbentuknya disiplin kerja pegawai di Dinas PUPR UPTD Peralatan dan Perbengkelan Kabupaten Garut. Dan kepemimpinan pejabat dan motivasi secara simultan pun berpengaruh terhadap terbentuknya disiplin kerja pegawai di Dinas PUPR UPTD Peralatan dan Perbengkelan Kabupaten Garut. Sedangkan, berdasarkan hasil analisis menunjukan pengaruh langsung kepemimpinan terhadap disiplin kerja lebih besar dibandingkan melalui variabel motivasi.
Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan Santanu, Putri Indrawati
PRISMAKOM Vol 12 No 1 (2018): PRISMAKOM
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yasa Anggana Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (443.489 KB) | DOI: 10.2301600/prismakom.v12i1.35

Abstract

Shakti Hotel Bandung sebagai salah satu unit bisnis yang dimiliki oleh PT. MITRA INDAH NUSANTARA merupakan hotel bintang 4 (empat) bertaraf internasional pertama yang beroperasi di wilayah Bandung Timur Jawa Barat yang dikelola oleh Shakti Hotel Group dan mempunyai misi dan visi “Hotel BERIMAN, senantiasa melayani dan memenuhi kebutuhan konsumen dengan fasilitas serta pelayanan yang Bersih, Indah, Ramah, Akurat, Aman dan Nyaman”. Dengan misi dan visi tersebut Shakti Hotel Bandung dituntut untuk selalu meningkatkan kualitas pelayanannya guna memenuhi kebutuhan konsumen sesuai yang diharapkan manajemen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kompetensi memberikan pengaruh sangat kuat terhadap kualitas pelayanan, besarnya koefisien korelasi dari kompetensi terhadap kualitas pelayanan adalah sebesar 0.867, motivasi kerja memberikan pengaruh yang cukup kuat terhadap kualitas pelayanan, besarnya koefisien korelasi dari motivasi kerja terhadap kualitas pelayanan adalah sebesar 0.334, dan secara simultan kompetensi dan motivasi kerja memberikan pengaruh yang sangat kuat terhadap kualitas pelayanan, besarnya koefisien korelasi dari kompetensi dan motivasi kerja terhadap kualitas pelayanan adalah sebesar 0.765.
Penelitian Kuantitatif : Suatu Pengantar Sinambela, Lijan Poltak
PRISMAKOM Vol 17 No 1 (2020): PRISMAKOM
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yasa Anggana Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1492.484 KB) | DOI: 10.2301600/prismakom.v17i1.55

Abstract

Penelitian merupakan suatu penelitian ilmiah bila memenuhi syarat-syarat keilmiahan. Pertama, peneliti harus bersikap ilmiah, yakni skeptis, kritis, dan analitis. Skeptis, artinya mendasarkan pada sikap tidak percaya. Dalam hal ini peneliti harus menanyakan bukti atau fakta yang mendukung suatu pertanyaan. Bersikap kritis, artinya peneliti harus selalu mendasarkan pada logika dan bersikap objektif. Di samping itu seorang peniliti harus mempunyai daya analisis yang tajam, mampu membedakan mana yang relevan dan mana yang tidak, mana yang lebih didulukan dan mana yang kemudian (sikap analitis). Kedua, penelitian ilmiah harus dilakukan dan disajikan secara ilmiah. Dilakukan secara ilmiah atau terkontrol, artinya sesuai dengan urutan yang logis, runtut dan selalu mengarah pada usaha pemecahan masalah. Untuk meningkatkan efektifitas penelitian perlu direncanakan atau didisain dengan baik. Perencanaan dalam arti sempit cenderung pengumpulan dan analisis data saja, sedangkan dalam pemahaman yang lebih luas mencakup beberapa tahapan yakni: (1) Identifikasi dan pemilihan masalah penelitian; (2) Pemilihan kerangka konseptual untuk masalah penelitian serta hubungannya dengan penelitian sebelumnya; (3) Memformulasikan masalah penelitian termasuk membuat spesifikasi dari tujuan, luas jangkauan dan hipotesis yang akan diuji; (3) Membangun penyelidikan atau percobaan; (4) Memilih serta memberi definisi terhadap pengukuran variabel-variabel yang ditentukan; (5) Memilih prosedur dan teknik pengumpulan data yang akan dilakukan; (6) Menskoring, mengadakan pengeditan dan pemrosesan data; (7) Menganalisis data serta pemilihan teknis analitis statistic untuk menggeneralisasi data.
Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Motor Honda AHASS Syafarudin, Dadang; Yuliasih, Asri
PRISMAKOM Vol 16 No 1 (2020): PRISMAKOM
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yasa Anggana Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1131.575 KB) | DOI: 10.2301600/prismakom.v16i1.42

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan Experiential Marketing Service Motor Honda AHASS PD. Lima Motor, untuk mengetahui pengaruh Loyalitas Pelanggan Service Motor Honda AHASS PD.Lima Motor dan untuk mengetahui pengaruh Experiential Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan Service Motor Honda AHASS PD.Lima Motor. Masalah dalam penelitian ini diidentifikasi dengan dengan rumusan pertanyaan berikut: Bagaimana Pengaruh Experential Maketing terhadap Loyalitas Pelanggan Service Motor Honda AHASS PD. Lima Motor Garut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif dan asosiatif dengan teknik survei terhadap sampel sebanyak 68 orang dengan populasi seluruh konsumen/pelanggan Service Motor Honda AHASS PD. Lima Motor Garut. Diolah dengan menggunakan aplikasi pengolah data IBM SPSS (Statistical Product and Service Solution) Versi 24 for windows. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Experiential Marketing berpengaruh positif terhadap Loyalitas Pelanggan. Berdasarkan analisis dan data diperoleh keterangan bahwa instrument penelitian yang digunakan dalam penelitian ini dinyatakan valid dan reliable karena memiliki nilai yang lebih besar dari t tabel sebesar 0,2387. Dari hasil uji korelasi diperoleh keterangan bahwa Experiential Marketing mempunyai pengaruh yang sangat kuat terhadap loyalitas pelanggan dengan r sebesar 0.838 dan koefisien determinasi sebesar 70,2% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain, Sedangkan tanggapan responden tentang Experiential Marketing pada Service Motor Honda AHASS PD. Lima Motor Garut termasuk dalam kategori baik dan loyalitas pelanggan termasuk juga dalam kategori baik, jadi jika experiential Marketing baik maka Loyalitas Pelanggan pada Service Motor Honda AHASS PD. Lima Motor Garut juga akan baik.
PENGARUH KOMPENSASI DAN PENEMPATAN KARYAWAN TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KINERJA KARYAWAN Prayudi, Deri
PRISMAKOM Vol 10 No 1 (2017): PRISMAKOM
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yasa Anggana Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (659.974 KB) | DOI: 10.2301600/prismakom.v10i1.22

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hal-hal apa saja yang menjadi faktor terhadap peningkatan kepuasan kerja dan kinerja karyawan di dalam sebuah lembaga keuangan perbankan. Penelitian ini menggunakan variabel kompensasi dan penempatan karyawan sebagai prediktor. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif verifikatif yang bertujuan untuk menguji kelayakan teori dengan uji hipotesis yang terjadi pada fenomena sesungguhnya. Teknik analisis data menggunakan analisi jalur untuk melihat hubungan setiap variabel secara langsung dan tidak langsung. Pengambilan data dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada karyawan PT. Bank BRI Syariah KC. Bandung Suniaraja dengan sampel sebanyak 54 orang. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa Kompensasi dan Kepuasan Kerja memiliki kontribusi secara bersama-sama dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan. Penelitian juga menunjukkan bahwa Penempatan Karyawan memiliki kontribusi secara parsial terhadap kepuasan kerja karyawan dan secara tidak langsung juga berkontribusi terhadap Kinerja Karyawan melalui Kepuasan Kerja. Penelitian ini juga memberikan gambaran pembentukan struktur model baru dalam kaitannya antara kompensasi, penempatan karyawan terhadap kepuasan kerja dan kinerja karyawan pada PT. Bank BRI Syariah KC. Bandung Suniaraja.
PENGARUH KEPEMIMPINAN PENGURUS MELALUI KUALITAS PELAYANAN KARYAWAN SERTA DAMPAKNYA TERHADAP PARTISIPASI ANGGOTA Akbar, Mr
PRISMAKOM Vol 10 No 1 (2017): PRISMAKOM
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yasa Anggana Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (526.949 KB) | DOI: 10.2301600/prismakom.v10i1.23

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Kepemimpinan Pengurus terhadap Kualitas Pelayanan Karyawan pada Koperasi Pegawai Rumah Sakit Mata Cicendo-Bandung dalam meningkatkan Partisipasi Anggota. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis. Tehnik pengumpulan data menggunakan kuesioner yaitu dengan cara menyebarkan daftar pertanyaan atau pernyataan tertulis untuk dijawab atau diisi oleh responden. Dengan jumlah sampel 100 orang diambil secara acak. Hasil penelitian mengenai kepemimpinan pengurus sebesar 76,01% berada dalam katagori baik, berdasarkan hasil perhitungan analisis korelasi pengaruh kepemimpinan pengurus terhadap Partisipasi Anggota sebesar 78,6%. Kualitas pelayanan pengurus sebesar 76,49% berada dalam kategori baik dan berdasarkan analisis korelasi memberikan pengaruh terhadap partisipasi anggota sebesar 61,4%. Serta kepemimpinan pengurus melalui kualitas pelayanan karyawan tidak terhadap partisipasi anggota berdasarkan perhitungan analisis korelasi sebesar 0,699 atau sebesar 49%. Hal ini mengindetifikasikan kepemimpinan pengurus dan kualitas pelayanan karyawan terhadap partisipasi anggota harus ditingkatkan lagi karena partisipasi anggota merupakan faktor yang penting dalam mendukung keberhasilan atau perkembangan suatu koperasi.
Pengaruh Kas dan Piutang Terhadap Likuiditas Junaedi, Junaedi; Khodijah, Eneng Siti
PRISMAKOM Vol 16 No 1 (2020): PRISMAKOM
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yasa Anggana Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1504.215 KB) | DOI: 10.2301600/prismakom.v16i1.36

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk : (1) mengetahui perkembangan Kas, Piutang dan Likuiditas pada PT Catur Sentosa Adiprana Tbk, (2) mengetahui pengaruh Kas terhadap Likuiditas pada PT Catur Sentosa Adiprana Tbk, (3) mengetahui pengaruh Piutang tehadap Likuiditas pada PT Catur Sentosa Adiprana Tbk, (4) mengetahui pengaruh Kas dan Piutang terhadap Likuiditas pada PT Catur Sentosa Adiprana Tbk. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif. Objek penelitian adalah PT Catur Sentosa Adiprana Tbk. Sumber data yang digunakan diperoleh dari neraca, laporan laba rugi, arus kas dan perubaan modal tahun 2013 sampai dengan 2017. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji korelasi sederhana, uji determinasi dan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kas dan Piutang tidak signifikan terhadap Likuiditas. Hal ini ditunjukkan oleh uji F, dimana F hitung lebih kecil daripada F tabel (1,037 < 19,00) maka dapat dinyatakan bahwa korelasi ganda tersebut tidak signifikan. Untuk itu penulis memberikan saran bahwa perusahaan harus dapat lebih memperhatikan hal-hal yang dapat mempengaruhi perkembangan kas, piutang dan likuiditas. Seperti utang usaha, pendapatan bunga, aktiva lancar dan hutang lancar. Agar hutang usaha dapat stabil maka perusahaan harus menekan pembelian kredit juga pinjaman uang tunai kepada pihak lain serta menambah penerimaan kas berupa pendapatan bunga, penjualan tunai dan lain-lain dan menyeimbangkan aktiva lancar dengan hutang lancar dengan dilakukannya pemeriksaan laporan keuangan secara berkala.
Pemeliharaan Pendaftaran Hak Atas Tanah Hasil Lelang Kredit Macet Berdasarkan Peraturan Pemerintah No 24 Tahun 1997 Tentang Pendaftaran Tanah Mulyana, Yusep
PRISMAKOM Vol 12 No 1 (2018): PRISMAKOM
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yasa Anggana Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (331.504 KB) | DOI: 10.2301600/prismakom.v12i1.33

Abstract

Faktor-faktor yang menghambat pemeliharaan pendaftaran hak atas tanah hasil lelang di kantor pertanahan Kabupaten Garut adalah pemenang lelang seringkali mengulur waktu dalam melakukan proses peralihan haknya tersebut, sehingga menghambat kinerja Kantor Pertanahan. Tanah hasil lelang tersebut melekat Hak Tanggungan yang tidak dibersihkan atau diroya, sedangkan peroyaan tersebut sangat penting bagi keperluan peralihan hak karena pelelangan tersebut karena apabila tidak ada pernyataan roya maka pihak Kantor Pertanahan tidak dapat melakukan proses pendaftaran hak atas tanah hasil pelelangan tersebut menjadi terhambat karena ulah kreditor yang tidak tahu aturan sebenarnya. Kantor Pertanahan masih bersifat pasif, karena menunggu data atau dokumen dari pemohon, jadi, tertib administrasi yang diharapkan menjadi kurang terlaksana dengan baik. Lambatnya pelayanan disebabkan karena selain kurangnya tenaga pelaksana dibandingkan dengan volume pekerjaan, dan terkesan pelayanan tersebut oleh masyarakat masih dirasakan lambat, sulit berbelit-belit, dan mahal. Upaya kantor pertanahan Kabupaten Garut dalam pemeliharaan pendaftaran hak atas tanah hasil lelang adalah adanya penambahan petugas pelaksana pada setiap kegiatan pelayanan pertanahan, sehingga proses pelayanan akan dapat berjalan lebih cepat, efisien dan efektif.
Stimulasi Intensi Berwirausaha Mahasiswa Jurusan Ekonomi dan Bisnis di Kabupaten Purwakarta Chintia, Hanna; Amruloh, Dedeng Abdul Gani
PRISMAKOM Vol 16 No 1 (2020): PRISMAKOM
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yasa Anggana Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (990.62 KB) | DOI: 10.2301600/prismakom.v16i1.39

Abstract

The phenomenon of the increasing number of unemployed people, especially educated unemployed, is the impact of the large number of workers transferred to the formal sector, which ultimately does not grow and develop. Students tend to prepare themselves to be workers and not create jobs with entrepreneurship. Various government efforts to reduce unemployment, among others, by encouraging students to foster interest in entrepreneurship early on. This research was conducted to determine what factors influence the interest in entrepreneurship. In this study three independent variables were taken, namely the use of social media, income expectations and creativity and interest in entrepreneurship as the dependent variable. Primary data collection uses a probability sampling technique by distributing questionnaires to 100 respondents who are students majoring in economics and business in Purwakarta, with a quantitative research model with a verification descriptive method. The data analysis method used in this study is multiple linear regression with the help of IBM SPSS 22 software. Based on the result of research and testing has been done to show that partial use of social media, income expectations and creativity has a positive and significant effect on the interest in entrepreneurship. And the overall dependent variable has a simultaneous effect on the interest in entrepreneurship with the value of F count 75.565 with a significance level of 0,000 <0,05. And the value of R Square shows a result of 0.703 which means that all the dependent variables simultaneously have an effect of 70.3%%

Page 1 of 4 | Total Record : 37