cover
Contact Name
Khairuddin
Contact Email
khairuddin@staff.uma.ac.id
Phone
+6281377116720
Journal Mail Official
jurnalp3@gmail.com
Editorial Address
Jalan H.M. Yamin SH No 225 Medan, Sumatera Utara
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K)
Published by Mata Pena Madani
ISSN : 27215393     EISSN : 27215385     DOI : -
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K) adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan manuskrip penelitian di bidang pendidikan, psikologi dan kesehatan. Fokus dan ruang lingkup jurnal adalah untuk: 1) Menyediakan jurnal yang melaporkan penelitian tentang topik-topik yang memiliki signifikansi lokal, nasional dan internasional di seluruh konteks pendidikan 2) Menyediakan jurnal yang melaporkan penelitian tentang topik-topik yang memiliki signifikansi lokal, nasional dan internasional dalam bidang psikologi 3) Menyediakan jurnal yang melaporkan penelitian tentang topik-topik yang memiliki signifikansi lokal, nasional dan internasional dalam bidang kesehatan. Mengutamakan hasil-hasil penelitian lintas disiplin ilmu dan temuan-temuan terbaru dalam bidang ilmu pengetahuan. J-P3K terbit tiga kali dalam setahun yaitu April, Agustus dan Desember.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2020): J-P3K AGUSTUS" : 11 Documents clear
Metode Backward Chaining untuk Meningkatkan Keterampilan Bina Diri Berpakaian Anak Tunagrahita Sedang Saragih, Adelin Australiati
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K) Vol 1, No 2 (2020): J-P3K AGUSTUS
Publisher : Mata Pena Madani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (817.739 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh seorang anak tunagrahita kategori sedang yang belum mampu memakai pakaian khususnya pakaian berkancing secara mandiri . Orang di sekitar anak yaitu orang tua dan guru terbiasa untuk memberikan bantuan saat melihat anak tidak bisa melakukannya. Hal ini menyebabkan anak kurang mampu mengembangkan keterampilan bina diri secara optimal. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan single subject design dengan desain A-B. Adapun metode yang digunakan untuk mengajarkan berpakaian pada anak tunagrahita yaitu dengan intervensi modifikasi perilaku backward chaining yang melibatkan empat langkah sederhana memakai pakaian berkancing. Keberhasilan dari pemberian metode ini dilihat dari perubahan perilaku yang ditunjukkan anak sebelum diberikan intervensi(fase baseline) dengan saat dijalankannya/ setelah intervensi (fase treatment dan follow up). Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa metode backward chaining dapat meningkatkan keterampilan berpakaian anak tunagrahita kategori sedang. Orang tua dan guru dari anak tunagrahita juga memberikan kesempatan pada anak untuk memakai pakaian secara mandiri dengan dibantu oleh pemberian petunjuk (prompt) dan penguatan positif.
Stres Kerja ditinjau dari Job Satisfaction pada Karyawan PT. SumatraSarana Sekar Sakti Medan Fredy, Fredy; Pasaribu, Ina Evita Sari; Elvinawanty, Rianda
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K) Vol 1, No 2 (2020): J-P3K AGUSTUS
Publisher : Mata Pena Madani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (634.53 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara job satisfaction dengan stres kerja. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah para karyawan PT. SumatraSarana Sekar Sakti Medan sebanyak 106 karyawan yang dipilih dengan metode teknik nonprobability yaitu sampel jenuh atau sering disebut total sampling. Data diperoleh dari skala untuk mengukur stres kerja dan job satisfaction. Analisis data yang digunakan adalah menggunakan korelasi Produck Moment melalui bantuan SPSS 20 for windows. Hasil data analisis data menunjukkan koefisien korelasi sebesar -0.197 dengan p sebesar 0.021 (p < 0.05). Ini menunjukkan adanya hubungan negatif antara job satisfaction dengan stres kerja. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sumbangan yang diberikan variabel job satisfaction terhadap stres kerja adalah sebesar 3.9% dan selebihnya 96.1% dipengaruhi oleh faktor lain. Dari hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis penelitian ada hubungan negatif antara job satisfaction dengan stres kerja, dapat diterima.
Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Nht (Numbered Heads Together) Di Mts Pp. Nurul FalahTanjung Marulak Kec. Sei Kanan Tanjung, Siti Maryam
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K) Vol 1, No 2 (2020): J-P3K AGUSTUS
Publisher : Mata Pena Madani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (193.536 KB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas VIII MTs, terdiri dari 13 laki-laki dan 17 perempuan. Jenis tindakan dalam penelitian ini berdasarkan siklus yaitu siklus I dan II, setiap siklus dilakukan sekali pertemuan dan diakhir pertemuan diadakan tes untuk mengetahui minat dan hasil belajar siswa. Tujuan yang hendak dicapai adalah untuk mengetahui: (1) Minat dan hasil belajar SKI siswa sebelum menggunakan model pembelajaran NHT (Numbered Head Together dan (2) Minat dan hasil belajar SKI siswa melalui penerapan model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) materi perkembangan Islam pada masa Dinasti Ayyubiyah. Hasil penelitian Tindakan kelas ini dapat dikemukakan bahwa minat belajar pra tindakan dari 30 siswa minat belajar yang tinggi terdapat 5 siswa (16,7%), Minat belajar yang kategori sedang sebanyak 8 siswa (26,7%) dan 17 siswa (56,7%) memiliki minat belajar rendah. pada siklus I minat belajar yang tinggi 12 atau 40% siswa, minat belajar yang Sedang sebanyak 7 atau 23,3% siswa, dan 11 atau 36,7% siswa memiliki minat rendah, Sedangkan pada siklus II minat belajar siswa terjadi peningkatan yang signifikan, 24 atau 80% siswa memiliki minat yang tinggi, kategori sedang 6 atau 20% siswa. Sedangkan hasil belajar pada pra tindakan dari 30 siswa 20 atau 66,7% siswa belum mencapai batas ketuntasan dan hanya 10 atau 33,3% siswa. Siklus I 18 atau 60% siswa yang tuntas, 12 atau 40% siswa yang tidak tuntas. Sedangkan siklus II 26 atau 86,7% siswa yang tuntas, 13,3% siswa yang tidak tuntas.
Prokrastinasi Akademik Ditinjau Dari Kontrol Diri Pada Siswa-Siswi SMA Swasta Ar-Rahman Medan Widyastari, Dewinta; Atrizka, Diny; Ramadhani, Beby; Damanik, Devi S
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K) Vol 1, No 2 (2020): J-P3K AGUSTUS
Publisher : Mata Pena Madani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (922.924 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kontrol diri dan prokrastinasi akademik. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan negatif antara kontrol diri dengan prokrastinasi akademik dengan asumsi semakin tinggi kontrol diri yang dimiliki siswa-siswi, maka semakin rendah prokrastinasi akademik yang dimiliki siswa-siswi dan sebaliknya. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SMA Swasta Ar-Rahman Medan sebanyak 127 orang yang dipilih dengan metode disproportionate stratified random sampling. Data diperoleh dari skala untuk mengukur prokrastinasi akademik dan kontrol diri. Perhitungan dilakukan dengan melalui uji prasyarat analisis (uji asumsi) yang terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas. Analisis data yang digunakan adalah menggunakan korelasi Product Moment melalui bantuan SPSS 17 for Windows. Hasil analisis data menunjukkan koefesien korelasi sebesar -0.698 dengan p sebesar 0,000 (p < 0,05). Artinya ada hubungan negatif antara kontrol diri dengan prokrastinasi akademik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sumbangan yang diberikan variabel kontrol diri terhadap prokrastinasi akademik adalah sebesar 48.7 persen dan selebihnya 51.3 persen dipengaruhi oleh faktor lain. Dari hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis penelitian ada hubungan negatif antara kontrol diri dan prokrastinasi akademik, dapat diterima.
Daya Tahan Terhadap Stres Pada Anak Jalanan Hafni, Merri
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K) Vol 1, No 2 (2020): J-P3K AGUSTUS
Publisher : Mata Pena Madani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (620.73 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan studi kualitatif yang bertujuan menggambarkan bagaimana daya tahan stress pada anak jalanan. Pada penelitian ini ada beberapa hal yang ingin diteliti :stressor, faktor yang mempengaruhi dan cara memperbesar daya tahan terhadap stress pada responden. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi gambarAnalisis data menggunakan model analisis interaktif. Responden dalam penelitian ini sebanyak 3 orang dengan karakteristik antara lain usia dari 13-17 tahun, bekerja sebagai anak jalanan ± 3 tahun dan berdomisili di kota Medan. Hasil penelitian penelitian ini dapat disimpulkan bahwa anak jalanan memiliki kesulitan ekonomi taraf bawah, pernah ditangkap oleh Pamong Praja, memiliki daya tahan stress dalam mengatasi masalah terburuk yang mereka hadapi sampai sekarang, dengan mengabaikan stressor, mencoba menerimanya sehinga mereka dapat melakukan penyesuain diri.
Efektivitas Knowledge Sharing dalam Meningkatkan Kesiapan Kerja Qomariyah, Laili; Az-zahra, Aning
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K) Vol 1, No 2 (2020): J-P3K AGUSTUS
Publisher : Mata Pena Madani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (613.663 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas knowledge sharing dalam meningkatkan kesiapan kerja siswa. Metode yang digunakan adalah pre eksperimen dengan one group pretest posttest. Dilakukan dengan melalui 2 tahap, yaitu pertama tahap uji validitas dan reliabilitas skala yang telah diadaptasi. Hasil validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa 27 aitem memiliki nilai rxy antara 0,831 - 0,388 dan nilai signifikansi disetiap aitem berada pada rentang 0,000 - 0,012. Berdasarkan nilai r tabel (95%), n=41 adalah 0,308 maka skala tersebut dinyatakan valid (nilai r tabel 0,05). Uji hipotesis menggunakan T test related samples dan menghasilkan nilai korelasi sebesar 0,909 dengan nilai signifikansi 0,00. Hal ini menunjukkan bahwa antara pretest maupun posttest memiliki korelasi yang sangat kuat (p1,96; taraf signifikansi 95%) dengan nilai singnifikansi sebesar 0,025 (p
Problem Solving Dalam Konseling Islam OK, Azizah Hanum
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K) Vol 1, No 2 (2020): J-P3K AGUSTUS
Publisher : Mata Pena Madani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (37.698 KB)

Abstract

Manusia kerap dihadapi oleh berbagai masalah. Masalah dapat dipahami sebagai salah satu bagian dari setiap perjuangan yang tidak dapat dihindari oleh setiap manusia. Setiap masalah terkadang terasa sangat berat, sehingga banyak manusia yang merasa sangat menderita manakala mendapatkan permasalahan. Sebagian bahkan memilih untuk mengakhiri hidupnya karena ketidakmampuannya untuk bertahan dan menghadapi masalah yang sedang dihadapi. Selalu ada keputusan-keputusan yang harus diambil oleh seseorang. Bahkan sikap tidak mengambil keputusan pada dasarnya adalah suatu bentuk pengambilan keputusan. Semuanya memiliki resiko. Dalam mengambil suatu keputusan, seseorang mesti melihat persoalan dari berbagai sudut pandang, karena apa yang baik bagi sebagian besar orang, belum tentu baik bagi diri sendiri.Islam memberikan bimbingan kepada individu agar dapat kembali kepada Alquran dan Hadis. Islam mengarahkan setiap individu agar dapat mengerti arti ujian dan masalah dalam hidup. Kegelisahan, ketakutan dan kecemasan merupakan ‘bunga’ kehidupan yang harus dapat ditanggulangi dan diganti dengan keberanian oleh setiap individu dengan memohon pertolongan-Nya, melalui orang-orang ahli.
Pengaruh Iklim Organisasi dan Tipe Kepribadian Terhadap Stres Kerja Pegawai Negeri Sipil Di Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Di Provinsi Sumatera Utara Purba, Anggi Tri Lestari
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K) Vol 1, No 2 (2020): J-P3K AGUSTUS
Publisher : Mata Pena Madani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (638.252 KB)

Abstract

Stres merupakan hal yang berbeda untuk orang yang berbeda. Banyak orang menggambarkannya sebagai perasaan tegang, cemas, atau khawatir. Secara ilmiah, perasaan-perasaan ini adalah semua manifestasi dari pengalaman stres, respons terprogram yang kompleks terhadap ancaman yang dirasakan yang dapat memiliki hasil positif dan negatif. Adanya banyak faktor yang menyebabkan timbulnya stres kerja pada karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklim organisasi dan tipe kepribadian terhadap stres kerja pegawai negeri sipil di kantor badan Kesatuan Bangsa dan Politik di provinsi Sumatera Utara. Hipotesis yang diajukan adalah adanya pengaruh antara iklim organisasi dan tipe kepribadian terhadap stres kerja pada pegawai negeri sipil Kesabangpol di provinsis Sumatera Utara. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 73 orang. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Metode pengumpulan data adalah skala iklim organisasi, tipe kepribadian, dan stres kerja. Analisa data menggunakan analisis kovarian. Subjek pada penelitian ini memiliki tipe kepribadian yang berbeda dimana tipe A lebih tinggi dibandingkan tipe B dan stres kerja yang tergolong cendrung tinggi.
Pengaruh Teknik Pembelajaran dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 014680 Buntu Pane Kisaran Lasty, Widya Firdausi
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K) Vol 1, No 2 (2020): J-P3K AGUSTUS
Publisher : Mata Pena Madani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (120.953 KB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri No.014680 Buntu Pane Kisaran pada semester genap tahun ajaran 2013/2014. Populasinya adalah seluruh siswa kelas IV sebanyak 50 siswa. Sampelnya adalah semua siswa yang mengambil mata pelajaran IPS sebanyak 25 siswa pada kelas IVA dan sebanyak 25 siswa pada kelas IV B. Instrumen yang digunakan untuk mengumpul data adalah tes hasil belajar IPS dan angket gaya belajar. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2x2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan (1) Hasil belajar IPS siswa yang diajarkan dengan teknik kunjungan lapangan lebih tinggi dibadingkan dengan teknik penyajian kasus (Fhitung = 19,86 > Ftabel = 4,05), (2) Hasil belajar IPS Siswa yang memiliki gaya belajar visual lebih tinggi dibandingkan dengan gaya belajar auditori (Fhitung = 8,65 > Ftabel = 4,05). (3) Terdapat interaksi teknik pembelajaran dan gaya belajar siswa dalam mempengaruhi hasil belajar IPS siswa auditori (Fhitung = 6,52 > Ftabel = 4,05). Data ini menunjukkan, teknik pembelajaran dan gaya belajar berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa.
Death Anxiety ditinjau dari Meaning in life pada Lanjut Usia di Panti Jompo Taman Bodhi Asri (TABA) Medan Siahaan, Mikha Rizki
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K) Vol 1, No 2 (2020): J-P3K AGUSTUS
Publisher : Mata Pena Madani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (98.816 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara death anxiety dengan meaning in life. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan negatif antara death anxiety dengan meaning in life, dengan asumsi semakin tinggi death anxiety, maka semakin tinggi meaning in life dan sebaliknya semakin rendah death anxiety maka semakin rendah meaning in life. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lanjut usia di panti jompo Taman Bodhi Asri (TABA) Medan sebanyak 80 orang. Data diperoleh dari skala untuk mengukur death anxiety dan meaning in life. Perhitungan dilakukan dengan melakukan uji prasyarat analisis uji (uji asumsi) yang terdiri dari uji normalitas dan uji linieritas. Analisis data yang digunakan adalah menggunakan korelasi Product Moment melalui bantuan SPSS 17 for windows. Hasil analisis data menunjukkan koefisien korelasi sebesar -0.552 dan nilai signifikansi sebesar 0.000 (p < 0.05) ini menunjukkan ada hubungan negatif antara death anxiety dengan meaning in life. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sumbangan yang diberikan variabel death anxiety terhadap meaning in life sebesar 30,5 persen, selebihnya 69,5 persen dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Jadi, dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis penelitian, yaitu ada hubungan negatif antara death anxiety dengan meaning in life dapat diterima.

Page 1 of 2 | Total Record : 11