cover
Contact Name
Khairuddin
Contact Email
khairuddin@staff.uma.ac.id
Phone
+6281377116720
Journal Mail Official
jurnalp3@gmail.com
Editorial Address
Jalan H.M. Yamin SH No 225 Medan, Sumatera Utara
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K)
Published by Mata Pena Madani
ISSN : 27215393     EISSN : 27215385     DOI : -
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K) adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan manuskrip penelitian di bidang pendidikan, psikologi dan kesehatan. Fokus dan ruang lingkup jurnal adalah untuk: 1) Menyediakan jurnal yang melaporkan penelitian tentang topik-topik yang memiliki signifikansi lokal, nasional dan internasional di seluruh konteks pendidikan 2) Menyediakan jurnal yang melaporkan penelitian tentang topik-topik yang memiliki signifikansi lokal, nasional dan internasional dalam bidang psikologi 3) Menyediakan jurnal yang melaporkan penelitian tentang topik-topik yang memiliki signifikansi lokal, nasional dan internasional dalam bidang kesehatan. Mengutamakan hasil-hasil penelitian lintas disiplin ilmu dan temuan-temuan terbaru dalam bidang ilmu pengetahuan. J-P3K terbit tiga kali dalam setahun yaitu April, Agustus dan Desember.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 3 (2020): J-P3K DESEMBER" : 13 Documents clear
Survei Pilihan Karir Ditinjau dari Profil Kepribadian DISC Pada Calon Karyawan PT. X Indonesia Bantam, Dian Juliarti
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K) Vol 1, No 3 (2020): J-P3K DESEMBER
Publisher : Mata Pena Madani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51849/j-p3k.v1i3.50

Abstract

This study aims to identify the career choice of prospective employees at PT. X Indonesia, which is reviewed by the personality profile mapping. This research is a survey that involving 211 subjects, in which the personality profile is measured using the DISC test. The results showed that prospective employees of PT. X Indonesian who have dominant personality type D are 15 subjects (7,11%), dominant personality type I are 13 subjects (6.16%), dominant personality type S are 92 subjects (43.60%) and the last personality dominant type C as many as 91 subjects (43.13%). In addition, the results also show that there are 17 career choices and dominant personality types. Account Managers, Contact Centers, Drivers, Online Sales Officers and Receptionists have the dominant type S. Admin, Branding and Communication Manager, Finance and Accounting, Web Developers, and Human Resources Operations, have dominant type C. There are also Business Development, Graphic Designer, Office Boy, Telemarketing and Recruitment Staff have dominant type S and type C. Meanwhile, Chemist Assistant has dominant type D and C, and Sales Manager with dominant type D, type S and type C.
Analisis Nilai-Nilai Religius Pada Novel Bumi Cinta Karya Habiburrahman El-shirazy Yanti, Sri; Hanina, Hanina
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K) Vol 1, No 3 (2020): J-P3K DESEMBER
Publisher : Mata Pena Madani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51849/j-p3k.v1i3.42

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai religius novel “Bumi Cinta” karya Habiburrahman El-Shirazy. Untuk mengetahui nilai-nilai religius menggunakan metode deskriftif kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah nilai-nilai religius dalam novel Bumi Cinta Karya Habiburrahman El-Shirazy, Sumber data yang di pakai menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder dengan teknik pengumpulan data yaitu teknik pustaka dan teknik catat dan teknik analisis data yang di gunakan adalah membaca berulang-ulang novel, menghayati, memahami, mengumpulkan data, dan menggaris bawahi, mendeskripsikan dan menyimpulkan hasil penelitian. Hasil penelitian ini dapat menjawab dari pernyataan penelitian yaitu terdapat terdapat nilai-nilai religius (akidah, syariah dan akhlak) dalam novel Bumi Cinta Karya Habiburrahman El-Shirazy. Nilai akidah dapat di lihat dari keyakinan dan kepercayaan tokoh kepada Allah Swt. Yang maha pencipta dan maha segala nya. Nilai syariah dapat di lihat dari para tokoh yang mematuhi perintah-perintah Allah Swt menjauhi segala larangan nya. Nilai akhlak dapat di lihat dari sifat para tokoh kepada Allah Swt, Rasulullah Saw, sesama manusia, dan lingkungan.
Hubungan Sense of humor dengan Depresi pada Remaja Putri di Pondok Pesantren Hidayatullah Firmawati, Firmawati
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K) Vol 1, No 3 (2020): J-P3K DESEMBER
Publisher : Mata Pena Madani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51849/j-p3k.v1i3.40

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan depresi dengan sense of humor pada remaja putri di Pondok Pesantren Hidayatullah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi, pengambilan sampel menggunakan study populasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 40 santri putri di Pondok pesantren Hidayatullah. Instrumen yang digunakan adalah angket sense of humor menurut Eysenck (dalam Safarian dan Saputra, 2009) dengan angket depresi berdasarkan teori Beck (dalam Lubis 2009). Penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi product moment dan bantuan program SPSS 24.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara sense of humor dengan depresi pada remaja putri di pondok pesantren Hidayatullah sebesar 35.6%. Kondisi tersebut menjelaskan bahwa para santri di pondok pesantren Hidayatullah merasa nyaman dan lebih mudah menggunakan sense of humor sebagai media untuk mengatasi depresi yang mereka hadapi.
Hubungan Komformitas Teman Sebaya dengan Sikap Terhadap Perilaku Seksual pada Remaja Di SMA Krakatau Medan Malau, Dita Amalia Sardi; Istiana, Istiana
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K) Vol 1, No 3 (2020): J-P3K DESEMBER
Publisher : Mata Pena Madani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51849/j-p3k.v1i3.44

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara komformitas teman sebaya dengan sikap terhadap perilaku seksual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional.hipotesis yang diajukan : ada hubungan yang positif antara komformitas teman sebaya dengan sikap terhadap perilaku seksual dan adanya perbedaan sikap terhadap perilaku sexual antara laki-laki dan perempuan.dalam hal ini remaja yang memiliki kompormitas teman sebaya yang tinggi akan lebih bersikap positif terhadap perilaku seksual, sebaliknya remaja yang memiliki komformitas teman sebaya yang rendah akan lebih negatif sikapnya terhadap perilaku seksual. Sampel penelitian ini adalah siswa-siswi SMA Krakatau Medan berjumlah 118 orang teknik pengambilan sample adalah total sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala likert untuk skala kompormitas teman sebaya dan sikap terhadap perilaku sexual. Analisis data menggunakan Product Moment dan Anava satu jalur berdasarkan hasil perhitungan analisis Product Moment diperoleh koefisien hubungan sebesar 0,45; p = 0,000 (p < 0,050) artinya ada hubungan yang signifikan antara komformitas teman sebaya dengan sikap terhadap perilaku sexual. Komformitas teman sebaya menyumbang atau mempengaruhi sikap terhadap perilaku seksual sebesar 16,4 %. Sedangkan nilai koefisien anava satu jalur sebesar 18,657; p = 0,000 (p < 0,050) artinya ada perbedaan sikap terhadap perilaku sexual antara laki-laki dan perempuan.
Kepuasan Pasien Menggunakan Layanan Kesehatan Teknologi (Tele-Health) di Masa Pandemi COVID-19: Efek Mediasi Kualitas Pelayanan Kesehatan Sesilia, Ayudia Popy
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K) Vol 1, No 3 (2020): J-P3K DESEMBER
Publisher : Mata Pena Madani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51849/j-p3k.v1i3.48

Abstract

Pasien COVID-19 di Indonesia terus semakin bertambah, sehingga hampir semua Rumah Sakit di Indonesia penuh. Dampak dari pandemi COVID-19 membuat masyarakat menghindari memeriksakan kesehatan mereka ke Rumah Sakit karena takut tertular tenaga medis. Ditengah-tengah masa karantina, masyarakat dengan kondisi akut dan kronis tetap membutuhhkan layanan kesehatan Tele-Health merupakan alternatif layanan kesehatan berbasis teknologi yang dibutuhkan masyarakat guna menekan penyebaran virus Corona. Tujuan penelitian ini adalah menguji efek kualitas layanan kesehatan berbasis teknologi pada hubungan kepercayaan pasien dan kepuasan pasien. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 82 orang yang menggunakan aplikasi Tele-Health berusia 18 tahun- 45 tahun. Pengambilan data menggunakan kuesioner, kuesioner kepercayaan pasien, kepuasan pasien, dan kualitas layanan kesehatan menggunakan Tele-Health Usability Questionnaire (TUQ). Seluruh kuesioner dinilai oleh pasien (self-rating). Model statisitik deksriptif, analisis korelasi, analisis regresi hirarki, dan analisis mediasi model 4 dikembangkan Hayes untuk menguji efek mediasi pada analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan kesehatan memediasi penuh hubungan kepercayaan pasien pada kepuasan pasien. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa konsep ini mempengaruhi keyakinan dan perilaku pasien berdasarkan layanan kesehatan yang diterima pasien.
Makna Kewirausahaan Pada Etnis Melayu, Etnis Jawa, Etnis Tionghoa, dan Etnis India di Kota Medan Elvinawanty, Rianda; Yusnita, Lydia; Rania, Veronica; Silaban, Lusiati br; Sembiring, Widya Christiani
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K) Vol 1, No 3 (2020): J-P3K DESEMBER
Publisher : Mata Pena Madani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51849/j-p3k.v1i3.38

Abstract

Setiap wirausahawan pasti memiliki kearifan lokal masing-masing dalam membangun usaha. Pada setiap etnis dapat dibedakan dari budaya yang dikaitkan dalam membangun usaha. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan makna kewirausahaan pada empat etnis yang berbeda, yakni Melayu, Jawa, Tionghoa, dan India dikota Medan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif serta teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Dalam memperoleh data digunakan metode wawancara dan observasi. Alasan peneliti dalam menggunakan teknik penelitian ini adalah ingin menggali lebih dalam makna kewirusahaan pada setiap etnis yang berbeda. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini pada Melayu terdapat mental berwirausaha yang sudah menjadi bakat, gaya hidup yang optimis, toleran, serta tetap berpegang pada adat istiadat dimana adanya sopan santun, ramah, demokratis serta mengutamakan diplomasi daripada kekerasan. Pada etnis Jawa adalah memiliki etos kerja yang kuat, memprioritaskan keakraban, menghindari konflik, menerima segala sesuatu dengan tulus, dan juga memberi upaya maksimal dalam melakukan pekerjaan. Pada etnis Tionghoa juga ditemukan adanya perhatian, fokus dapat dipercaya, kerja keras, berhemat, solidaritas keluarga, pendidikan, dan kebajikan atau moral etika dalam berwirausaha, kestabilan emosi, ketelitian, keberanian, serta kejujuran. Serta pada etnis India terdapat motivasi berprestasi, dan taat menjalankan upacara-upacara sebagai permintaan doa demi kesuksesan usaha.
Terapi Hidroponik sebagai Upaya Pencegahan Syndrome Baby Blues pada Ibu Hamil Muda Wahyuni, Alfina Sri; Ardha, Syifa; Nasution, Nur Gusti Megawati Almeidi
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K) Vol 1, No 3 (2020): J-P3K DESEMBER
Publisher : Mata Pena Madani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51849/j-p3k.v1i3.47

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana terapi hidroponik mempengaruhi syndrome baby blues yang dialami oleh ibu hamil muda. Syndrome Baby blues atau yang sering disebut Postpartum blues adalah fase ketidakstabilan emosi, ditandai dengan perilaku menangis, mudah tersinggung, gelisah, kebingungan, dan gangguan tidur. Wanita yang memiliki gejala tersebut tetapi tidak memenuhi kriteria untuk depresi perinatal mungkin menderita baby blues. Penelitian ini menggunakan metode adalah literature review. Metode Literatur review digunakan untuk mengidentifikasi, mengkaji, mengevaluasi, dan menafsirkan semua penelitian yang tersedia dengan bidang topik fenomena yang menarik, dengan pertanyaan penelitian tertentu yang relevan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa kegiatan yang berhubungan dengan tanaman dapat meningkatkan keterampilan sosial dan menurunkan perilaku emosional, yang dimana keterampilan sosial mencakup tentang kepedulian terhadap sekitar. Sama halnya dengan merawat tanaman, merawat bayi juga memerlukan kepedulian dari seorang ibu. Kegiatan dengan tanaman juga dapat meningkatkan keterampilan sosial dan menurunkan perilaku emosional, yang dimana keterampilan sosial mencakup tentang kepedulian terhadap sekitar. Sama halnya dengan merawat tanaman, merawat bayi juga memerlukan kepedulian dari seorang ibu.
Pentingnya Layanan Konseling Kelompok Terhadap Harga Diri Remaja Yunita, Yunita
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K) Vol 1, No 3 (2020): J-P3K DESEMBER
Publisher : Mata Pena Madani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51849/j-p3k.v1i3.51

Abstract

Artikel ini menjelaskan tentang pentingnya layanan konseling kelompok terhadap harga diri remaja. Layanan konseling kelompok ialah suatu proses konseling antara konselor professional dengan beberapa konseli sekaligus dalam sebuah kelompok kecil di waktu yang bersamaan. Layanan konseling kelompok pada dasarnya merupakan layanan konseling individual yang dilakukan dalam suasana kelompok. Disana ada konselor dan klien, yaitu “para anggota kelompok” (yang jumlahnya lebih dari dua orang). Pada layanan konseling kelompok diusahakan tercipta suasana yang sama seperti dalam konseling individual yaitu hangat, permisif, penuh keterbukaan dan juga intimasi. Dimana konseli dapat mengungkapkan dan saling memahami masalah anggota kelompok, menelusuri sebab-sebab terjadinya permasalahan serta upaya pemecahan masalah. Sedangkan harga diri remaja merupakan penilaian pribadi individu yang dilakukan pada diri sendiri baik secara positif maupun negatif yang dilandaskan hubungan dan interaksi dengan orang-orang penting di sekitarnya dan juga dipengaruhi sikap, penerimaan, penghargaan dan perlakuan orang lain terhadap diri individu. Harga diri sering dinilai sebagai peringkat dengan dimensi yang berkisar mulai dari negatif sampai positif maupun rendah sampai tinggi. Diharapkan setelah membaca artikel ini dapat melakukan layanan konseling kelompok dengan maksimal dalam meningkatkan harga diri remaja baik di sekolah maupun di luar sekolah.
Intensitas Penggunaan Media Sosial ditinjau dari Kebutuhan Afiliasi Pada Siswa-Siswi Kelas XI SMA Panca Budi Medan Octavia, Ryzka Rosta; Malau, Josep Hutty Pardamean; Atrizka, Diny; Dewi, Dearni Cintya
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K) Vol 1, No 3 (2020): J-P3K DESEMBER
Publisher : Mata Pena Madani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51849/j-p3k.v1i3.36

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebutuhan afiliasi dengan intensitas penggunaan media sosial. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa dan siswi di SMA PAnca Budi Medan sebanyak 152 orang sebanyak 152 orang yang dipilih dengan metode purposive sampling. Data diperoleh dari skala untuk mengukur kebutuhan afiliasi dan intensitas penggunaan media sosial. Perhitungan dilakukan dengan melakukan uji analisis (uji asumsi) yang terdiri dari uji normalitas sebaran dan uji linearitas hubungan. Analisis data yang digunakan adalah menggunakan korelasi Product Moment melalui bantuan SPSS 18 for Windows. Hasil analisis data menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,679 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05). Ini menunjukkan ada hubungan positif antara kebutuhan afiliasi dengan intensitas penggunaan media sosial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sumbangan yang diberikan variable kebutuhan afiliasi terhadap intensitas penggunaan media sosial adalah sebesar 46,1 %, selebihnya 53,3 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis penelitian diterima, yaitu ada hubungan positif antara kebutuhan afiliasi dengan intensitas penggunaan media sosial.
Hubungan Interaksi Sosial dengan Motivasi Kerja Karyawan PT Perkebunan Nusantara II Tarigan, Mustika; Wahyuni, Nini Sri; Syaibani, Rahmat
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K) Vol 1, No 3 (2020): J-P3K DESEMBER
Publisher : Mata Pena Madani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51849/j-p3k.v1i3.43

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji secara empirik apakah ada hubungan antara interaksi sosial dengan motivasi kerja karyawan PT Perkebunan Nusantara II. Subjek penelitian adalah karyawan yang bekerja di PT Perkebunan Nusantara II yang berjumlah 74 orang. Alat ukur yang digunakan adalah instrumen interaksi sosial yang terdiri dari 40 aitem (α = 0.948) dan instrumen motivasi kerja yang terdiri dari 38 aitem (α = 0.906). Analisis data menggunakan teknik r Product Moment. Berdasarkan analisis data, diperoleh bahwa hipotesis yang diajukan dalam peneltian ini dinyatakan diterima, yaitu ada hubungan antara interaksi sosial dengan motivasi kerja karyawan. Artinya semakin baik interaksi sosial maka semakin tinggi motivasi kerja karyawan. Hal ini dibuktikan melalui perhitungan analisis r Product Moment dengan nilai atau koefisien (Rxy) = 0.397 dan koefisien determinan (R2) = 0.158 dengan p = 0.000 < 0.050. Koefisien determinan (R2) = 0.158 menunjukkan bahwa interaksi sosial berhubungan dengan motivasi kerja sebesar 15,8%. Selanjutnya dilihat dari perhitungan mean hipotetik = 100 dan mean empirik 119.135 serta standat deviasi = 14.359 diketahui bahwa interaksi sosial dalam kategori baik. Sedangkan motivasi kerja dari perhitungan mean hipotetik = 95.00 dan mean empirik 116.648 serta standart deviasi = 12.444 diketahui bahwa motivasi kerja dalam kategori tinggi.

Page 1 of 2 | Total Record : 13