cover
Contact Name
Yanuar Bagas Arwansyah
Contact Email
yanuarbagasa@upy.ac.id
Phone
+6285799355583
Journal Mail Official
jurnalskripta@upy.ac.id
Editorial Address
Jl. PGRI II No.232, Sonosewu, Ngestiharjo, Kec. Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Skripta: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
ISSN : 24433705     EISSN : 27459705     DOI : https://doi.org/10.31316/skripta.v6i2
Core Subject : Education, Social,
SKRIPTA: JURNAL PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA diterbitkan pertama kali pada bulan Mei 2015 dengan P-ISSN 2443-3705 dan E-ISSN 2745-9705 oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal ini dikelola dengan menggunakan open journal system (OJS) dan peer-reviewed online journal. Jurnal SKRIPTA: JURNAL PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA yang oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas PGRI Yogyakarta ini didedikasikan untuk menerbitkan tulisan-tulisan ilmiah mengenai pendidikan bahasa, sastra, dan linguistik. Jurnal ini terbit 2 kali setahun pada bulan Mei dan November. Redaksi menerima tulisan/artikel hasil penelitian/pemikiran di bidang Linguistik, Budaya, Bahasa, dan Sastra serta Pembelajarannya.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2019): SKRIPTA NOVEMBER 2019" : 5 Documents clear
ANALISIS KESALAHAN MORFOLOGI PADA PIDATO PRESIDEN JOKO WIDODO DALAM RANGKA PELANTIKAN PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN TERPILIH PERIODE 2019-2024 Saputri, Kurnia
Jurnal Skripta Vol 5, No 2 (2019): SKRIPTA NOVEMBER 2019
Publisher : UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31316/skripta.v5i2.402

Abstract

Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2010 tentang kewajiban menggunakan bahasa Indonesia dalam kegiatan berpidato resmi oleh presiden dan/atau wakil presiden serta pejabat negara lainnya. Maka dari itu, sebagai presiden harus memperhatikan penggunaan Bahasa Indonesia  saat berpidato. Pidato presiden akan didengar oleh banyak orang sehingga seorang presiden dan pejabat lainnya harus memberi contoh yang baik kepada masyarakat. Sering kali kita masih mendengar beberapa kesalahan morfologi dalam pidato presiden, seperti masih tercampur dengan logat daerahnya. Tidak ada salahnya jika kita mengoreksi beberapa kesalahan morfologi kata yang diucapkan oleh presiden.
PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DAN BAHASA GAUL DI KALANGAN REMAJA Azizah, Auva Rif'at
Jurnal Skripta Vol 5, No 2 (2019): SKRIPTA NOVEMBER 2019
Publisher : UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31316/skripta.v5i2.424

Abstract

maraknya penggunaan bahasa gaul
PENGGUNAAN KATA BAKU DAN TIDAK BAKU DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL "VETERAN" YOGYAKARTA Ningrum, Via
Jurnal Skripta Vol 5, No 2 (2019): SKRIPTA NOVEMBER 2019
Publisher : UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31316/skripta.v5i2.398

Abstract

Meneliti dan melihat pemahaman mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta mengenai kata baku dan tidak baku. Khususnya bagi mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan Angkatan 2019/2020 kelas Ekonomi Pembangunan A sampai kelas Ekonomi pembangunan D yang terdiri dari 140 orang. Jural ini dibuat dengan memberikan angket pada responden yang berjumlah 8 orang dengan klasifikasi setiap kelas diambil dua orang responden.
PENGEMBANGAN MODUL MENULIS WACANA BERBASIS NILAI-NILAI KARAKTER MAHASISWA UNIVERSITAS GRAHA NUSANTARA PADANGSIDIMPUAN Sari, Winda; Batubara, Fadhilah M.
Jurnal Skripta Vol 5, No 2 (2019): SKRIPTA NOVEMBER 2019
Publisher : UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31316/skripta.v5i2.623

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan berdasarkan model pengembangan Brog dan Gall. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan proses, validasi, dan keefektifan pengembangan modul menulis wacana berbasis nilai-nilai karakter. Subjek penelitian terdiri atas seorang pakar dan 3 dan 8 mahasiswa pada uji coba kelompok kecil, 21 mahasiswa pada uji lapangan terbatas. Responden adalah mahasiswa semester VI program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan. Metode penelitian adalah kuantitatif dan kualitatif. Temuan validasi pakar meliputi komponen kelayakan isi/ materi dengan rata-rata 86%, kelayakan penyajian nilai rata-rata 89%, kelayakan penggunaan bahasa dengan rata-rata 84%, dan kelayakan kegrafikan nilai rata-rata 85%, semuanya pada kriteria sangat baik. Hasil uji coba perorangan diperoleh rata- rata 81% pada kriteria baik, ujicoba kelompok kecil rata-rata 85% pada kriteria sangat baik, ujicoba lapangan terbatas rata-rata 90% pada kriteria sangat baik. Hasil belajar mahasiswa sebelum menggunakan modul menulis wacana berbasis nilai-nilai karakter dengan nilai rata-rata 61,19% berada pada kriteria baik dan setelah menggunakan modul nilai rata-rata 86,66% dengan kriteria sangat baik. Dengan demikian, modul menulis wacana berbasis nilai-nilai karakter yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS PUISI ‘BERTEMA LINGKUNGAN’ PADA SISWA X SMKN 1 LABUHANBATU Harahap, Mei Nanda Sari; Khairani, Siti Fauziah; Anshari, Khairil
Jurnal Skripta Vol 5, No 2 (2019): SKRIPTA NOVEMBER 2019
Publisher : UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31316/skripta.v5i2.616

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan menulis puisi “bertema lingkungan” pada siswa kelas X SMKN 1 Rantau Utara Kabupaten Labuhan Baru Raya. Penelitian ini menggunakan metode R&D. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi 3 SMKN 1 Rantau Utara Kabupaten Labuhan Baru Raya. Adapun langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulkan data, mendesain produk, validasi para ahli. Berdasarkan uji keefektifan produk yang dilakukan terhadap media diketahui bahwa media pembelajaran menulis puisi “bertema lingkungan” efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Hal ini dibuktikan dari hasil test memiliki keefektifan 83.89% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan, diketahui bahwa hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran menulis puisi “bertema lingkungan” meningkat dibanding tanpa menggunakan media pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata siswa yang belajar dengan menggunakan media pembelajaran menulis puisi “bertema lingkungan” 83.89%, sedangkan siswa yang tanpa menggunakan media pembelajaran menulis puisi “bertema lingkungan” memperoleh nilai rata-rata 65.42%.

Page 1 of 1 | Total Record : 5