cover
Contact Name
Maria Edistianda Eka Saputri
Contact Email
jurnalgema2020@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalgema2020@gmail.com
Editorial Address
Jl. Purnawirawan no 14 Gedung Meneng, Bandarlampung, 35145
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
GEMA : Jurnal Gentiaras Manajemen dan Akuntansi
ISSN : 20869592     EISSN : 27215490     DOI : -
Core Subject :
Jurnal GEMA memfokuskan diri untuk menerbitkan artikel berkualitas yang merupakan hasil penelitian maupun tinjauan literatur terkait Manajemen dan Akuntansi sehingga dapat memberikan kontribusi kontribusi dan pengaruh positif pada bidang keilmuan Manajemen dan Akuntansi. urnal GEMA memfokuskan diri untuk menerbitkan artikel berkualitas yang merupakan hasil penelitian maupun tinjauan literatur terkait Manajemen dan Akuntansi sehingga dapat memberikan kontribusi kontribusi dan pengaruh positif pada bidang keilmuan Manajemen dan Akuntansi. Jurnal GEMA mencakup berbagai pendekatan penelitian yaitu metode kuantitatif, kualitatif, dan campuran. Jurnal GEMA berfokus pada berbagai tema, topik dan aspek manajemen serta akuntansi termasuk pada topik berikut: Akuntansi Keuangan, Akuntansi Sektor Publik, Manajemen Akunting, Akuntansi Syariah, Audit Tata Kelola Perusahaan, Akuntansi Perilaku (termasuk Etika dan Profesionalisme), Pendidikan Akuntansi (Etika) Perpajakan, Pasar Modal dan Investasi, Akuntansi Perbankan dan Asuransi, Sistem Informasi Akuntansi Pelaporan Keberlanjutan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, Perilaku Keuangan.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 13 No 2 (2021): GEMA: Jurnal Gentiaras Manajemen dan Akuntansi" : 9 Documents clear
Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen di Kedai Kaizar Lahat Hayani, Hayani
GEMA : Jurnal Gentiaras Manajemen dan Akuntansi Vol 13 No 2 (2021): GEMA: Jurnal Gentiaras Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gentiaras

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47768/gema.v13i2.234

Abstract

This study aims to determine: (1) the effect of product quality on customer satisfaction of Kedai Kaizar Lahat (2) the quality of service on customer satisfaction of Kedai Kaizar Lahat, and (3) the effect of product quality and service quality on customer satisfaction of Kedai Kaizar Lahat. This research is a survey research with an associative design. The population in this study were all consumers of Kedai Kaizar Lahat. The sample of this research is most consumers of Kedai Kaizar Lahat in Kab. Lahat, amounting to 60 people. Data collection using a questionnaire that has been tested for validity and reliability. The data analysis technique used in this study is multiple regression analysis. The results of the study with a significance level of 5% found that (1) product quality has a positive effect on customer satisfaction, (2) service quality has a positive effect on customer satisfaction and (3) product quality and service quality have a positive and significant effect on customer satisfaction. Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen Kedai Kaizar Lahat (2) kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Kedai Kaizar Lahat, dan (3) pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Kedai Kaizar Lahat. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan rancangan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Kedai Kaizar Lahat. Sampel penelitian ini adalahsebagian konsumen Kedai Kaizar Lahat di Kab. Lahat yang berjumlah 60 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian dengan taraf signifikansi 5% menemukan bahwa(1) kualitas produk berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen, (2) kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen dan (3) kualitas produk dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen.
Pengaruh Motivasi Kerja dan Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kinerja Karyawan Minimarket Multi Mart Pringsewu A.K., Yohanson; Hakim, Lukmanul
GEMA : Jurnal Gentiaras Manajemen dan Akuntansi Vol 13 No 2 (2021): GEMA: Jurnal Gentiaras Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gentiaras

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47768/gema.v13i2.235

Abstract

The purpose of this study was to determine how much correlation work motivation and transformational leadership have on the Performance of Multi Mart Pringsewu Minimarket Employees. This type of research used in this study is quantitative. The data collection method used is field research. The sampling method in this study uses saturated sampling, where the total population in this study is all employees of Multi Mart Pringsewu Minimarket as many as 40 respondents. Methods of data analysis using multiple linear regression, T test, and F test. The test results is work motivation have correlation partially the performance of Multi Mart Pringsewu Minimarket Employees. Transformational leadership partially correlation the performance of Multi Mart Pringsewu Minimarket Employees. Where as the F Test shows that work motivation and transformational leadership simultaneously influence the Performance of Multi Mart Pringsewu Minimarket Employees. Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi kerja dan kepemimpinan transformasional terhadap kinerja karyawan Minimarket Multi Mart Pringsewu. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Metode pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh yaitu sebanyak 40 responden. Metode analisis data menggunakan regresi linier berganda dan pengujian hipotesis menggunakan Uji t dan Uji F. Hasil Pengujian menunjukkan bahwa motivasi kerja dan kepemimpinan transformasional berpengaruh secara parsial terhadap kinerja karyawan Minimarket Multi Mart Pringsewu. Sedangkan pada Uji F menunjukkan bahwa motivasi kerja dan kepemimpinan transformasional berpengaruh secara simultan terhadap kinerja karyawan Minimarket Multi Mart Pringsewu.
Analisis Brand Equity Perguruan Tinggi Swasta di Bandar Lampung Aswin, Aswin; Pratisti, Cahyani; Saputra, Muhammad
GEMA : Jurnal Gentiaras Manajemen dan Akuntansi Vol 13 No 2 (2021): GEMA: Jurnal Gentiaras Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gentiaras

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47768/gema.v13i2.237

Abstract

Business competition among education services in Bandar Lampung is rapidly raising, including private universities. Brand equity is proven to increase the universities profitability in the long term. This qualitative research aims to provide a comparison of the brand equity among private universities in Bandar Lampung. Through descriptive analysis and cochran q-test from 560 combined informants from high school and collegues found that in high school IIB Darmajaya was Top of mind IIB Darmajaya, Recall brand was Technocrats University, and Brand recognition that they knew IIB Darmajaya from friends and family. Whereas the collegues obtained Top of mind was IIB Darmajaya, Brand recall IIB Darmajaya was identical to Computer Science and Economics, Brand recognition recognizes IIB Darmajaya from logos, slogans and taglines, Brand association that IIB Darmajaya had a good image, good quality private campus, an innovative campus, had a variety of student activities, and Brand loyalty in good categories also. Promotional activities both directly and digitally to high school students absolutely needed to improve IIB Darmajaya's brand recall. Abstrak Persaingan bisnis antar jasa pendidikan di Bandar Lampung semakin pesat, tak terkecuali perguruan tinggi swasta. Ekuitas merek dalam jangka panjang terbukti dapat meningkatkan profitabilitas perguruan tinggi. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk memberikan perbandingan ekuitas merek perguruan tinggi swasta di Bandar Lampung. Melalui analisis deskriptif dan uji cochran q-test dari informan siswa/i SMA/sederajat sebanyak 250 orang dan mahasiswa/i 410 mahasiswa, didapat bahwa pada siswa/i SMA/sederajat Top of mind Perguruan Tinggi Swasta adalah IIB Darmajaya, Brand recall Universitas Teknokrat, dan Brand recognition mengetahui merek Darmajaya dari teman dan keluarga. Sedangkan pada mahasiswa/i didapat Top of Mind Perguruan Tinggi Swasta adalah IIB Darmajaya, Brand recall IIB Darmajaya identik dengan ilmu komputer dan ilmu ekonomi, Brand recognition mengenali IIB Darmajaya dari logo, serta slogan dan tagline, dan Brand association IIB Darmajaya memiliki citra yang baik, kampus swasta yang bermutu, kampus yang inovatif, memiliki ragam kegiatan mahasiswa, serta Brand loyalty dalam kategori baik. Kegiatan promosi baik secara langsung maupun digital kepada siswa/i SMA diperlukan untuk meningkatkan brand recall IIB Darmajaya.
Gaya Hidup, Orientasi Pilihan Strategi dan Pengambilan Keputusan Usaha pada UMKM di Kota Palembang Sukistini, Anastasia Sri; Setiawan, Antonius Singgih; Widyartono, Agustinus
GEMA : Jurnal Gentiaras Manajemen dan Akuntansi Vol 13 No 2 (2021): GEMA: Jurnal Gentiaras Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gentiaras

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47768/gema.v13i2.238

Abstract

This study aims to prove the effect of lifestyle, strategy choice orientation on business decision making. This study uses primary data through a survey of culinary entrepreneurs in Palembang. The questionnaire data used in this study were 92 (61.3%). Analysis of Structural Equation Modeling (SEM) Partial Least Squares (PLS) using Warp PLS software version 5.0 to examine the research. The results of the study show that the lifestyle and strategy choice orientation affects business decision-making. Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh gaya hidup, orientasi pilihan strategi pada pengambilan keputusan usaha. Penelitian ini menggunakan data primer melalui survei kepada pengusaha kuliner di kota Palembang. Data kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini adalah 92 (61,3%). Analisis Structural Equation Modeling (SEM) Partial Least Squares (PLS) menggunakan perangkat lunak Warp PLS versi 5.0 dipakai untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya hidup orientasi pilihan strategi berpengaruh terhadap pengambilan keputusan usaha.
Analisis Location Quotion versus Sumbangan Terhadap Pendapatan Domestik Regional Bruto dalam Penentuan Kawasan Ekonomi Basis di Provinsi Lampung Hakim, Lukman Huzul; Suhendi, Andreas
GEMA : Jurnal Gentiaras Manajemen dan Akuntansi Vol 13 No 2 (2021): GEMA: Jurnal Gentiaras Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gentiaras

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47768/gema.v13i2.239

Abstract

This study aims to determine the Basis Sector and Non-Base Sector of the economy in Lampung Province. This research was conducted in Lampung from September to December 2020 with the data analysis tools used were Location Quaton Analysis (LQ) and analysis of the contribution of the economic sector to GRDP. The results of the study used five years of data (2015-2019). Lampung Province has the top 4 leading economic sectors (Primadona), namely the Agriculture, Forestry, Fishery, Forestry, and Fishing sectors. This is indicated by the value of LQ = 2.27 and being able to contribute to the highest GDP of Lampung Province, which is 29.88%. Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menentukan Kawasan Basis dan Kawasan Non Basis perekonomian di Provinsi Lampung. Penelitian ini dilaksanakan di Lampung mulai dari bulan September hingga Desember 2020 dengan alat analisis data yang digunakan adalah Analisis Location Quaton (LQ) dan analisis sumbangan sector ekonomi terhadap PDRB dengan metode analisis berdasarkan nilai deskripif statistik. Hasil penelitian dengan menggunakan data lima tahun (2015-2019). Provinsi Lampung memiliki 4 kawasan ekonomi unggulan teratas (Primadona) yaitu kawasan Pertanian, Kehutanan, Perikanan / Agriculture, Forestry, and Fishing. Hal ini ditunjukkan dengan nilai LQ = 2,27 dan mampu memberikan kontribusinya terhadap PDRB Provinsi Lampung yang tertinggi yaitu 29,88%.
Analisis Altman Z-Core pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Otomotif yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Suhendi, Andreas
GEMA : Jurnal Gentiaras Manajemen dan Akuntansi Vol 13 No 2 (2021): GEMA: Jurnal Gentiaras Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gentiaras

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47768/gema.v13i2.240

Abstract

This research aims to know the financial performance of companies with the Altman Z-Score Model in the Automotive Sub-Sector Manufacturing Companies Listed on the Indonesia Stock Exchange in 2016-2018. The research method used in this study is a descriptive method with data analysis techniques using the financial ratio method. The results showed that PT. Astra International Tbk, PT. Astra Otoparts Tbk, PT. Gajah Tunggal Tbk and PT. Indospring Tbk is safe from the threat of bankruptcy, while the highest average Z-Score is achieved by PT Selamat Sempurna Tbk and the lowest average Z-Score is achieved by PT Indomobil Sukses International Tbk. Thus, the Company is expected to maintain company liquidity, restructure debt, minimize receivables, increase profit levels and maximize marketing in order to increase sales so that the potential for financial distress in the company can be minimized. Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan perusahaan dengan Model Altman Z-Score pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Otomotif yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesiaahun 2016-2018. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik analisis data menggunakan metode rasio keuangan. Hasil penelitian menunjukkan PT. Astra International Tbk, PT. Astra Otoparts Tbk, PT. Gajah Tunggal Tbk dan PT. Indospring Tbk aman dari ancaman kebangkrutan, Sedangkan nilai rata-rata Z-Score tertinggi dicapai oleh PT Selamat Sempurna Tbk dan nilai rata-rata Z-Score terendah dicapai oleh PT Indomobil sukses International Tbk. Dengan demikian, Perusahaan diharapkan menjaga likuiditas perusahaan, restrukturisasi hutang, memperkecil piutang, meningkatkan tingkat laba serta memaksimalkan pemasaran agar dapat meningkatkan penjualan sehingga potensi financial distress pada perusahaan dapat diminimalisir.
Pengaruh PAD, DAU, dan DAK Terhadap Produk Domestik Bruto di Provinsi Lampung Periode 2016-2018 Fitriani, Yohana Dwi; Purwanti, Agnes Susana Merry
GEMA : Jurnal Gentiaras Manajemen dan Akuntansi Vol 13 No 2 (2021): GEMA: Jurnal Gentiaras Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gentiaras

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47768/gema.v13i2.241

Abstract

Lampung is one of the provinces in Indonesia that feels the impact of regional autonomy, so a measuring tool is needed to determine the economic condition per period through gross regional domestic product. The purpose of this study is to determine the effect of Regional Original Income, General Allocation Funds, and Special Allocation Funds on GRDP. This study uses a quantitative approach. The type of data used is secondary data found on the official website of BPS Lampung. The type of data used is time series data in the 2016-2018 period and cross section data for 15 districts/cities in Lampung Province. The statistical analysis method used is multiple linear regression analysis, using the SPSS 20 program. The results of the analysis conclude that: Regional Original Income has a positive effect on GRDP, General Allocation Funds have a positive effect on GRDP, and the Special Allocation Fund K has no effect and is negative on GRDP. GRDP. Simultaneously, the variables of Regional Original Revenue, General Allocation Fund, and Special Allocation Fund have a significant effect on GRDP. Abstrak Lampung merupakan salah satu Propinsi di Indonesia yang merasakan dampak otonomi daerah, sehingga dibutuhkan alat ukur untuk mengetahui kondisi ekonomi per periodenya melalui produk domestik regional bruto. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum, dan Dana Alokasi Khusus terhadap PDRB. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang terdapat di website resmi BPS Lampung. Jenis data yang digunakan adalah data time series dalam kurun waku 2016-2018 dan data cross section 15 Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung. Metode analisis statistik yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, menggunakan bantuan program SPSS 20. Hasil analisis memberikan kesimpulan bahwa: Pendapatan Asli Daerah berpengaruh positif terhadap PDRB, Dana Alokasi Umum berpengaruh positif terhadap PDRB, dan Dana Alokasi Khusus K tidak berpengaruh dan bersifat negatif terhadap PDRB. Secara simultan variabel Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum, dan Dana Alokasi Khusus berpengaruh signifikan terhadap PDRB.
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Anggota Koperasi Kredit Bahtera Adi Guna (Bahana) Bandar Lampung Yosananingtyas, Theresia; Ardianto, Victor Marindra
GEMA : Jurnal Gentiaras Manajemen dan Akuntansi Vol 13 No 2 (2021): GEMA: Jurnal Gentiaras Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gentiaras

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47768/gema.v13i2.242

Abstract

This research was conducted aiming to analyze the effect of service quality on member satisfaction partially. This research was conducted at the Adi Guna Bahtera Credit Cooperative (Bahana) in Bandar Lampung with an exploratory research type. The method of data analysis in this study uses a simple linear regression analysis with a population of members of the Bahman Adi Guna Credit Cooperative (Bahana) Bandar Lampung which amounted to 125 and a sample of 100 respondents with a non-probability sampling technique, namely accidental sampling. Data collection methods using questionnaires and interviews. Data analysis was performed using the help of the SPSS program. The results showed the regression equation Y = 0.833 + 0.958X. The service quality variable has a positive effect on member satisfaction variables and is significant as evidenced by the t value of 18,321 with significant value of 0,000. Based on the output of the summary model, the size of the R Square number is 0.774, which is 77.4%, which means that service quality contributes to the satisfaction of the members of the Bandar Lampung Adi Guna Credit Cooperative (Bahana) by 77.4%. While the remaining 22.6% is influenced by other factors outside this factor model. Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari kualitas pelayanan terhadap kepuasan anggota secara parsial. Penelitian ini dilakukan pada Koperasi Kredit Bahtera Adi Guna (Bahana) Bandar Lampung dengan jenis penelitian eksproratif. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan populasi anggota Koperasi Kredit Bahtera Adi Guna (Bahana) Bandar lampung yang berjumlah 125 dan sampel yang berjumlah 100 responden dengan teknik non-probability sampling yaitu accidental sampling. Metode pengumpulan data mengunakan kuesioner dan wawancara. Analisis data dilakukan menggunakan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan persamaan regresi Y = 0,833 + 0,958X. Variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap variabel kepuasan anggota dan signifikan dibuktikan dengan nilai t sebesar 18,321 yang lebih besar dari t tabel dengan nilai signifikan sebesar 0,000. Berdasarkan hasil output model summary besarnya angka R Square adalah 0,774 sama dengan 77,4% yang artinya bahwa kualitas pelayanan memberikan sumbangan terhadap kepuasan pada anggota Koperasi Kredit Bahtera Adi Guna (Bahana) Bandar Lampung sebesar 77,4%. Sedangkan sisanya 22,6% dipengaruhi oleh faktor yang lainnya di luar model faktor ini.
Cover Jurnal GEMA Vol 13 No 2 (2021) Eka Saputri, Maria Edistianda
GEMA : Jurnal Gentiaras Manajemen dan Akuntansi Vol 13 No 2 (2021): GEMA: Jurnal Gentiaras Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gentiaras

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

-

Page 1 of 1 | Total Record : 9


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol 13 No 2 (2021): GEMA: Jurnal Gentiaras Manajemen dan Akuntansi Vol 13 No 1 (2021): GEMA: Jurnal Gentiaras Manajemen dan Akuntansi Vol 12 No 2 (2020): GEMA: Jurnal Gentiaras Manajemen dan Akuntansi Vol 12 No 1 (2020): GEMA : Jurnal Gentiaras Manajemen dan Akuntansi Vol 11 No 2 (2019): GEMA : Jurnal Gentiaras Manajemen dan Akuntansi Vol 11 No 1 (2019): GEMA : Jurnal Gentiaras Manajemen dan Akutansi Vol 10 No 2 (2018): GEMA : Jurnal Gentiaras Manajemen dan Akuntansi Vol 10 No 1 (2018): GEMA : Jurnal Gentiaras Manajemen dan Akuntansi Vol 9 No 2 (2017): GEMA : Jurnal Gentiaras Manajemen dan Akuntansi Vol 9 No 1 (2017): GEMA : Jurnal Gentiaras Manajemen dan Akuntansi Vol 8 No 2 (2016): GEMA : Jurnal Gentiaras Manajemen dan Akuntansi Vol 8 No 1 (2016): GEMA : Jurnal Gentiaras Manajemen dan Akuntansi Vol 7 No 2 (2015): GEMA : Jurnal Gentiaras Manajemen dan Akuntansi Vol 7 No 1 (2015): GEMA : Jurnal Gentiaras Manajemen dan Akuntansi Vol 6 No 2 (2014): GEMA : Jurnal Gentiaras Manajemen dan Akuntansi Vol 6 No 1 (2014): GEMA : Jurnal Gentiaras Manajemen dan Akuntansi Vol 5 No 2 (2013): GEMA : Jurnal Gentiaras Manajemen dan Akuntansi Vol 5 No 1 (2013): GEMA : Jurnal Gentiaras Manajemen dan Akuntansi Vol 4 No 1 (2012): GEMA : Jurnal Gentiaras Manajemen dan Akuntansi Vol 2 No 2 (2011): GEMA : Jurnal Gentiaras Manajemen dan Akuntansi Vol 2 No 1 (2011): GEMA : Jurnal Gentiaras Manajemen dan Akuntansi Vol 1 No 1 (2010): GEMA : Jurnal Gentiaras Manajemen dan Akuntansi More Issue