cover
Contact Name
Dienny Redha Rahmani
Contact Email
lp2m@umbjm.ac.id
Phone
+628213938737392
Journal Mail Official
tethajurnal@gmail.com
Editorial Address
LP2M Office - Ahmad Azhar Basyir Building 2nd floor, University of Muhammadiyah Banjarmasin Main Campus (St. Gubernur Sarkawi, Lingkar Utara, Handil Bakti, Kab. Barito Kuala, South Kalimantan Indonesia)
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Theta : Jurnal Pendidikan Matematika
ISSN : -     EISSN : 26567172     DOI : https://doi.org/10.35747/hmj
Core Subject : Education,
Theta: Jurnal Pendidikan Matematika is a peer-reviewed journal by Department of Mathematics of Faculty of Education and Teacher Training, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin. Theta: Jurnal Pendidikan Matematika is a collection of scientific articles in the fields of mathematics and mathematics education. We invite writers, teachers, students, lecturers, and researchers who want to publish the results of their research. Theta: Jurnal Pendidikan Matematika publishes bianually, every March and September.
Articles 29 Documents
ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BANGUN DATAR DI SMP ISLAM HASANUDDIN MALANG Saputri, Rinda Azmi
THETA: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1 No 1 (2019)
Publisher : LPPM-Universitas Muhammadiyah Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35747/tetha.v1i1.234

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan peserta didik pada soal cerita bangun datar ditinjau dari beberapa kesalahan fakta, kesalahan operasi, kesalahan konsep dan kesalahan prinsip. Subjek penelitian ini tiga orang siswa kelas VIIIB di SMP Islam Hasanuddin Malang yang diambil berdasarkan tingkat kemampuan matematikanya tinggi, rendah dan sedang atas saran dari guru yang mana komunikasi siswa tersebut baik. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kualitatif, adapun jenis penelitian ini yaitu deskriptif. Analisis data yang digunakan adalah analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan Siswa kemampuan rendah melakukan kesalahan fakta pada soal no.1, kesalahan fakta dan prinsip pada no.2, serta kesalahan fakta dan prinsip pada soal no.3. Siswa kemampuan sedang melakukan kesalahan fakta pada soal no.2 dan kesalahan prinsip pada soal no.3. Siswa kemampuan tinggi melakukan kesalahan fakta dan prinsip pada soal no.2 serta kesalahan fakta pada soal no.3.
KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA DENGAN GAYA BELAJAR VARK Chayono, Ahmad Didit; nuriyatin, siti
THETA: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1 No 2 (2019)
Publisher : LPPM-Universitas Muhammadiyah Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35747/tetha.v1i2.407

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran siswa ditinjau dari gaya belajar VARK. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMA MUHAMMADIYAH 3 Tulangan. Subjek penelitian ini adalah 4 siswa yang berturut-turut bergaya belajar visual, aural, read/write, dan kinestetik. Instrumen penelitian adalah angket dan tes tulis yang berturut-turut bertujuan untuk mengelompokkan siswa berdasarkan gaya belajarnya; dan untuk mengetahui kemampuan penalaran siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa bertipe visual, aural dan kinestetik mampu bernalar pada setiap tahap. Siswa yang bertipe read/write hanya bernalar pada indikator menyajikan masalah matematika pada tahap memahami masalah dan penyelesaian, serta manipulasi matematika pada tahap penyelesaian.
EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN PENDEKATAN PROBING PROMPTING LEARNING BERBANTUAN PUZZLE BATIK PYTHAGORAS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP Anshori, Muh Hilal; Wulandari, Enika
THETA: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2 No 1 (2020)
Publisher : LPPM-Universitas Muhammadiyah Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35747/tetha.v2i1.484

Abstract

Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dengan Pendekatan Probing Promting Learning (PPL) Berbantuan Puzzle Batik Pythagoras Terhadap Hasil Belajar Matematika. Pembelajaran belum menggunakan model pembelajaran yang efektif, siswa kurang tertarik dalam proses pembelajaran sehingga menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Dari hal tersebut didapatkan salah satu alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan Probing Promting Learning (PPL) berbantuan Puzzle Batik Pythagoras. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan Probing Promting Learning (PPL) berbantuan Puzzle Batik Pythagoras terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi teorema pythagoras kelas VIII SMP Islam Al – Azhar 18 Salatiga 2019/2020. Hasil pembelajaran pada kelas eksperimen termasuk dalam kategori efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Hal itu didukung dengan hasil pembelajaran mencapai 85% sedangkan hasil belajar pada kelas kontrol mencapa 40% termasuk dalam kategori efektif digunakan dalam proses pembelajaran
Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Angket Kemandirian Belajar Matematik ariyanti, iin
THETA: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1 No 2 (2019)
Publisher : LPPM-Universitas Muhammadiyah Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35747/tetha.v1i2.403

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat instrumen yang dapat mengukur kemandirian belajar siswa dengan mengukur tingkat validitas dan reliabilitasnya. Instrumen berupa angket kemandirian belajar matematik siswa yang terdiri dari 25 pernyataan (14 pernyataan positif dan 11 pernyataan negative) dengan respon berdasarkan skala likert skor 1 sampai 4. Hasil yang diperoleh yaitu pada perhitungan validitas terdapat 2 pernyataan yang tidak valid dari 25 pernyataan yang ada yaitu pernyataan “Saya menyadari bagian-bagian matematika yang saya belum pahami dengan baik” pada indikator inisiatif belajar dan motivasi belajar intrinsik dan “Pada saat teman saya mengemukakan jawaban dari soal matematika yang berbeda dengan saya, saya memilih untuk diam” pada indikator self eficacy (konsep diri). Reliabilitas instrument angket kemandirian belajar matematik sebesar 0,87 dan termasuk kategori tinggi. Dapat disimpulkan bahwa 23 pernyataan lainnya dinyatakan valid dan reliabel sehingga dapat digunakan sebagai instrument dalam mengukur kemandirian belajar matematik siswa.
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BANGUN RUANG SISI DATAR DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERMUATAN NILAI KARAKTER Nurmeidina, Rahmatya
THETA: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1 No 1 (2019)
Publisher : LPPM-Universitas Muhammadiyah Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35747/tetha.v1i1.255

Abstract

Pembelajaran matematika yang berhasil didukung oleh perangkat pendukung pembelajaran yang baik, seperti Lembar Kerja Siswa (LKS). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS Bangun Ruang Sisi Datar dengan pendekatan kontekstual yang valid dan praktis. LKS ini juga dilengkapi dengan muatan nilai karakter seperti nilai kerja sama, kerja keras, rasa ingin tahu dan peduli. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Thiagharajan, Dorothy S. Semmel dan Melvyn I Semmel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek kevalidan LKS ditinjau dari penilaian para ahli dan mencapai kategori valid, dan aspek kepraktisan LKS mencapai kategori sangat praktis ditinjau penilaian oleh guru dan praktis jika ditinjau dari penilaian oleh siswa.
ANALISIS KEMAMPUAN PROBLEM POSING DALAM MASALAH CERITA YANG MEMUAT PECAHAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 15 NANGA PINOH Pangrimba, Marsudan; Rif'at, Mohamad; Sarassanti, Yumi
THETA: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2 No 1 (2020)
Publisher : LPPM-Universitas Muhammadiyah Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35747/tetha.v2i1.481

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana tingkat kesulitan, strategi yang digunakan serta solusi yang diberikan dalam masalah cerita yang memuat pecahan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan dengan jenis penelitian deskriptif, dari penelitian yang telah dilakukan hasil penelitian menunjukkan kelompok 1 jumlah siswa 3 orang, dengan tingkat persentase penguasaan yaitu 68%, kelompok 2 jumlah siswa 3 orang, dengan tingkat persentase penguasaan yaitu 76%, kelompok 3 jumlah siswa 4 orang, dengan tingkat persentase penguasaan yaitu 40%, kelompok 4 jumlah siswa 3 orang, dengan tingkat persentase penguasaan yaitu 52%, dengan nilai angket rata-rata 48,80.
REPRESENTASI SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA Purwanto, Edi
THETA: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2 No 1 (2020)
Publisher : LPPM-Universitas Muhammadiyah Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35747/tetha.v2i1.483

Abstract

Pembelajaran matematika sekarang ini memerlukan suatu pembenahan dari pemikiran efisien melalui hafalan ke upaya keterampilan berpikir untuk lebih kreatif. Artikel ini merupakan hasil penelitian yang memiliki tujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa SMA berdasarkan representasi dalam menyelesaikan masalah matematika, ditinjau dari aspek keluwesan, elaborasi, kefasihan, dan keaslian. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode tes, observasi, dan wawancara. Subjek penelitian ini masing-masing 2 siswa kemampuan berpikir kreatif tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan kemampuan berpikir kreatif yang tinggi menunjukkan keluwesan, elaborasi, kefasihan, dan keaslian dengan baik. Untuk subjek dengan kemampuan berpikir kreatif yang sedang menunjukkan keluwesan, elaborasi, kefasihan, dan keaslian dengan cukup baik. Untuk subjek dengan kemampuan berpikir kreatif yang rendah menunjukkan keluwesan, elaborasi, kefasihan, dan keaslian yang kurang baik.
PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KERTAK HANYAR PADA MATERI PECAHAN Norliyana, Norliyana
THETA: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1 No 2 (2019)
Publisher : LPPM-Universitas Muhammadiyah Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35747/tetha.v1i2.418

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan penalaran matematis siswa, terutama pada materi pecahan. Namun, yang terjadi di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa masih rendah. Oleh karena itu, pendekatan Real Mathematics Education (RME) diterapkan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa pada materi pecahan dengan menggunakan pendekatan RME. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kertak Hanyar yang berjumlah 23 orang. Data dikumpulkan melalui kegiatan observasi aktivitas guru dan siswa serta tes pada setiap akhir siklus pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penalaran matematis siswa pada materi pecahan dapat meningkat dengan penerapan pendekatan RME. Pada siklus 1 hasil observasi aktivitas guru mencapai 81%, hasil observasi aktivitas siswa mencapai 73% dan persentase siswa yang mencapai kriteria penalaran matematis baik sebesar 26%. Pada siklus 2 hasil observasi aktivitas guru mencapai 87%, hasil observasi aktivitas siswa mencapai 83% dan persentase siswa yang mencapai kriteria penalaran matematis baik mencapai 61%.
PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA pada MATERI BANGUN DATAR SEGI EMPAT BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA Rahimah, Nonong
THETA: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1 No 2 (2019)
Publisher : LPPM-Universitas Muhammadiyah Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35747/tetha.v1i2.389

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah pada materi bangun datar. Subjek penelitian terdiri dari tiga siswa yaitu siswa yang memiliki kemampuan tinggi, sedang dan rendah pada kelas V SD. Pemecahan masalah yang digunakan berdasarkan pemecahan masalah Polya, yakni memahami masalah, membuat rencana pemecahan masalah, melaksanakan rencana dan memeriksa kembali penyelesaian yang sudah dilakukan. Kegiatan penelitian dimulai dengan memberikan tes kemampuan matematika. Nilai tes dijadikan sebagai acuan kemampuan siswa. Siswa dikelompokkan dalam tiga kemampuan berdasarkan pada Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) untuk mata pelajaran matematika yaitu: 80 (Kemampuan tinggi), 60 (Kemampuan sedang) dan 0 (kemampuan rendah). Selain itu akan dipih siswa yang komunikatif. Kemudian dilanjutkan dengan tugas pemecahan dan wawancara. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi waktu yang berbeda. Kemudian, data yang valid dianalisis untuk menarik kesimpulan. Sehingga hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa subjek yang memiliki kemampuan tinggi, sedang, dan rendah memiliki pemecahan masalah yang berbeda.
KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMA KELAS X Ernawati, Ernawati
THETA: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2 No 1 (2020)
Publisher : LPPM-Universitas Muhammadiyah Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35747/tetha.v2i1.495

Abstract

Keterampilan berpikir tingkat tinggi saat ini telah menjadi salah satu tujuan pendidikan di Indonesia. Sekarang ini siswa dituntut untuk mampu menerapkan keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam setiap penyelesaian masalah, baik dalam pembelajaran dan kehidupan. Namun, masih banyak siswa yang bertahan dengan proses berpikir tingkat rendah, terutama siswa-siswa daerah seperti yang ada di daerah Kabupaten HST. Selain itu, metode pembelajaran secara konvensional saja dapat menimbulkan kejenuhan belajar pada diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran yang valid tentang keterampilan berpikir tingkat tinggi yang dimiliki siswa SMA kelas X yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Tengah Kalimantan Selatan dan motivasi belajar matematika mereka. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang terdiri dari tiga tahap utama, yaitu: (1) tahap persiapan, (2) tahap pelaksanaan/pengumpulan data, dan (3) tahap pengolahan data dan laporan hasil penelitian. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X di Kabupaten HST Kalimantan Selatan. Namun, dikarenakan keterbatasan peneliti, maka hanya diambil 4 kelas dari sekolah berbeda sebagai sampel penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal-soal berbasis open-ended yang dinyatakan valid dalam mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa SMA kelas X dan angket motivasi belajar matematika. Hasil penelitian ini yaitu rata-rata skor keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa SMA kelas X Kabupaten HST adalah 12,43 dan termasuk dalam kriteria “Kurang Baik”. Sedangkan rata-rata skor motivasi belajar matematika siswa SMA kelas X Kabupaten HST adalah 65,81 dan termasuk dalam kriteria “Cukup Baik”.

Page 1 of 3 | Total Record : 29