cover
Contact Name
Moh Shidqon
Contact Email
Jurnalstmikwiduri@gmail.com
Phone
+6281574360223
Journal Mail Official
jurnalstmikwiduri@gmail.com
Editorial Address
Jl. Palmerah Barat No.353, RT.3/RW.5, Grogol Utara, Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11480
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Infotech: Journal of Technology Information
Published by STMIK Widuri
ISSN : 26205181     EISSN : 24602108     DOI : https://doi.org/10.37365/it
Core Subject : Science,
Jurnal Infotech adalah jurnal ilmiah yang berisi hasil penelitian yang ditulis oleh dosen, peneliti dan praktisi. Jurnal ini diharapkan untuk mengembangkan penelitian dan memberikan kontribusi yang berarti untuk meningkatkan sumber daya penelitian di bidang Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. Infotech diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) STMIK Widuri dengan akses terbuka. Setiap artikel yang diterbitkan memiliki pengidentifikasi objek digital (DOI). ISSN 2620-5181 (Online) ISSN 2460-2108 (Print)
Articles 61 Documents
PERANCANGAN APLIKASI BERBASIS ANDROID UNTUK KOMUNITAS PENGGEMAR BURUNG KICAU Dian Sano, Albert V; Muhammad, Bintang Fadhli; Mangare, Edward Kristian; Jason, Jeremy; Hidayah, Taufiq
Infotech: Journal of Technology Information Vol 5, No 2 (2019): NOVEMBER
Publisher : STMIK WIDURI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37365/it.v5i2.70

Abstract

In English : Industry 4.0 is developing and industry 4.0 is the name of the latest automation and data exchange trends in manufacturing technology. This term covers physical-cyber systems, the internet for everything, cloud computing, and cognitive computing. Industry 4.0 produces "smart factories". Industry 4.0 can be seen from More than 50 percent or about 143 million people out of 262 million Indonesians have been connected to the internet throughout 2017, at least according to the latest report by the Indonesian Internet Service Providers Association. The problem in this research is not understanding the advantages and disadvantages of the birds owned and the level of extinction of birds owned. The purpose of this research is to design an Android-based application for the bird enthusiast community. Twitter is an android based forum for the bird lovers community. The application of Android technology to information about the activities of the birds chirping community is an application that serves to provide effective information for members of the chirping mania community at various events, competitions and buying and selling birds. In this application users can post photos of birds, bird trading transactions. see news and race schedule information and tips on bird care to be ready to compete. This application was built using Android Studio and uses Business Model Canvas (BMC) design methods, Use Cases, Activity Diagrams, and Mock-ups. The result can simplify the process of buying and selling birdsong, and makes it easier for community members to get information on various events related to birdsong. In Indonesian : Industri 4.0 sedang berkembang dan industri 4.0 adalah nama tren otomasi dan pertukaran data terkini dalam teknologi pabrik. Istilah ini mencakup sistem siber-fisik, internet untuk segala, komputasi awan, dan komputasi kognitif. Industri 4.0 menghasilkan "pabrik cerdas". Industry 4.0 dapat dilihat dari Lebih dari 50 persen atau sekitar 143 juta orang dari 262 juta orang Indonesia telah terhubung oleh jaringan internet sepanjang 2017, setidaknya begitu menurut laporan teranyar Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. Permasalahan yang ada dalam penelitian ini yakni belum mengerti kekurangan serta kelebihan dari burung yang dimiliki dan tingkat kepunahan burung yang dimiliki. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang aplikasi berbasis android untuk komunitas penggermar burung. Kicau adalah forum berbasis android untuk komunitas pecinta burung. Penerapan teknologi Android pada informasi tentang kegiatan komunitas kicau burung adalah aplikasi yang berfungsi untuk memberikan informasi yang efektif bagi anggota komunitas kicau mania di berbagai acara, kompetisi dan jual beli burung. Dalam aplikasi ini pengguna dapat memposting foto dari burung, transaksi jual beli burung. lihat informasi berita dan jadwal balapan serta tip tentang perawatan burung agar siap bersaing. Aplikasi ini dibangun menggunakan Android Studio dan menggunakan metode desain Business Model Canvas (BMC), Use Case, Activity Diagram, dan Mock-up. Hasilnya dapat mempermudah proses transaksi jual dan beli burung kicau, dan mempermudah para anggota komunitas untuk mendapatkan informasi berbagai acara terkait burung kicau.
PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI GAME SIMULASI UNTUK MENGETAHUI NEUROTISME BERDASARKAN INTERNATIONAL PERSONALITY ITEM POOL Satria, Thomas Galih; Panggabean, Francisco Maruli; Sudarma, Hantze
Infotech: Journal of Technology Information Vol 5, No 1 (2019): JUNI
Publisher : STMIK WIDURI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37365/it.v5i1.54

Abstract

In English, The game or game is an interactive activity that can quickly provide feedback between players and the system. Players can learn through discovery, practice, and feedback rather than absorb information so that it is easier to transfer the knowledge they gain from playing experience to the real world of work. The International Personality Item Pool - Neuroticism, Extraversion & Openness (IPIP-NEO) is a personality test based on the Big Five Personality theory in which the test takes the form of a questionnaire. The purpose of this research is to design an alternative media in using IPIP-NEO especially the neuroticism part in a simulation game. The problem raised was that IPIP-NEO's personality test was a questionnaire that did not provide a situation description of the questions asked to respondents. Based on existing problems, data collection in the form of literature studies, questionnaires, and interviews with experts, can be made the need for making games. The game results are then evaluated using a questionnaire aimed at samples from Non Probability Purposive Sampling. Based on the evaluation results from the questionnaire, NeuroTest gets 76% of users who feel that the results of the game provide the right depiction for themselves. Dalam Bahasa Indonesia, Permainan atau game merupakan aktivitas interaktif yang dapat secara cepat memberikan umpan balik antara pemain dan sistem. Pemain dapat belajar melalui penemuan, latihan, dan umpan balik daripada menyerap informasi sehingga lebih mudah melakukan transfer pengetahuan yang mereka dapatkan dari pengalaman bermain ke dunia kerja sesungguhnya. International Personality Item Pool - Neuroticism, Extraversion & Openness (IPIP-NEO) merupakan sebuah tes kepribadian yang didasari atas teori Big Five Personality di mana tes tersebut berbentuk kuesioner. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang sebuah media alternatif dalam menggunakan IPIP-NEO khususnya bagian neurotisme ke dalam sebuah game simulasi. Masalah yang diangkat adalah tes kepribadian IPIP-NEO merupakan sebuah kuesioner yang tidak memberikan gambaran situasi akan pertanyaan yang ditanyakan kepada responden. Berdasarkan masalah yang ada, pengumpulan data berupa studi pustaka, kuesioner, dan wawancara kepada pakarnya, dapat dibuat kebutuhan pembuatan game. Hasil game kemudian dievaluasi menggunakan kuesioner yang ditujukan kepada sampel dari Non Probability Purposive Sampling. Berdasarkan hasil evaluasi dari kuesioner, NeuroTest mendapatkan 76% pengguna yang merasa bahwa hasil dari game memberikan penggambaran yang tepat untuk dirinya.
TINGKAT EFEKTIVITAS SISTEM INFORMASI REMOTE TRADING MENGGUNAKAN METODE UTAUT PADA PT CIPTADANA SECURITIES Winata, Maria Gabby
Infotech: Journal of Technology Information Vol 5, No 1 (2019): JUNI
Publisher : STMIK WIDURI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37365/it.v5i1.57

Abstract

In English; Along with the rapid development of information technology, the Indonesian Stock Exchange (IDX) began to develop a more efficient transaction concept by starting to apply the concept of floorless trading. Which previously all places and processes of buying and selling shares were only centered on the IDX floor or better known as floor trading. The floorless trading system is a new stock trading transaction system implemented by the IDX by moving the place and process of buying and selling of shares to each securities company from what was previously centralized on the stock exchange (IDX). So now the concept of a new stock sale and purchase transaction, or better known as remote trading, has begun to be developed. The purpose of writing this research is to evaluate the remote trading system implemented by the company and provide input to improve the effectiveness of the remote trading system. This study uses the UTAUT methodology to evaluate and measure user acceptance, the results of which will be a reference to provide input to the company. The results achieved are a new system design created to meet user needs based on the analysis that has been done. With this new system design will increase system effectiveness and employee performance. Dalam Bahasa Indonesia Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi maka Bursa Efek Indonesia (BEI) mulai mengembangkan konsep transaksi yang lebih efisien yakni dengan mulai menerapkan konsep floorless trading. Yang mana sebelumnya seluruh tempat dan proses terjadinya transaksi jual beli saham hanya terpusat di lantai BEI atau lebih dikenal dengan istilah floor trading. Sistem floorless trading merupakan sebuah sistem transaksi jual beli saham baru yang diterapkan oleh BEI dengan memindahkan tempat dan proses terjadinya transaksi jual beli saham ke masing-masing perusahaan efek dari yang tadinya terpusat di lantai bursa (BEI). Maka sekarang ini mulai dikembangkan konsep transaksi jual beli saham yang baru atau lebih dikenal dengan istilah remote trading. Tujuan dari penulisan penelitian ini adalah mengevaluasi system remote trading yang diimplementasikan oleh perusahaan serta memberikan masukan untuk meningkatkan efektivitas system remote trading. Penelitian ini mengunakan metodologi UTAUT untuk melakukan evaluasi dan pengukuran terhadap user acceptance yang hasilnya akan menjadi acuan untuk memberikan masukan kepada perusahaan. Hasil yang dicapai adalah sebuah rancangan sistem baru yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan user berdasarkan analisa yang telah dilakukan. Dengan rancangan sistem yang baru ini akan meningkatkan efektivitas sistem dan kinerja karyawan.
PENERAPAN PROJECT-BASED LEARNING DENGAN STANDAR PROJECT MANAGEMENT BODY OF KNOWLEDGE Jariyah, Ainun
Infotech: Journal of Technology Information Vol 5, No 2 (2019): NOVEMBER
Publisher : STMIK WIDURI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37365/it.v5i2.66

Abstract

In English : The Republic of Indonesia has completed competency standards for tertiary institutions which will be approved and developed in the 21st century. The problem in this research is the use of monotonous student lecture methods that are less active in the learning process. This causes students to be passive, bored, lazy, and less enthusiastic in learning. An appropriate learning model is needed to enhance the expected learning where one of them is Project Based Learning (PBL). The purpose of this study is for students to understand the problem and develop critical thinking skills. PBL has been widely adopted and used in various fields because the learning model not only gives students knowledge, but also directs students to facilitate their understanding in real life relationships. Data collection methods are used to complete the library by updating and using two types of sources. The Project Based Learning learning model by studying the Project Management Agency (PMBOK) can improve learning outcomes, increase student activity, skills, knowledge, and abilities in accordance with 21st century challenges. In Indonesian : Republik Indonesia telah menyiapkan standar kompetensi untuk lulusan universitas untuk bertujuan melengkapi lulusan mereka dengan serangkaian keterampilan dan pengetahuan untuk bersaing di abad ke-21. Permasalahan pada penelitian ini adalah penggunaan metode ceramah yang monoton kurang merangsang keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Hal tersebut menyebabkan peserta didik menjadi pasif, bosan, malas, dan kurang bersemangat dalam belajar. Model pembelajaran yang tepat diperlukan untuk meningkatkan berbagai keterampilan yang diharapkan di mana salah satunya adalah Pembelajaran Berbasis Proyek (PBL). Tujuan dari penelitian ini agar siswa dapat mempelajari konsep pemecahan masalah dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis. PBL telah banyak diadopsi dan digunakan dalam berbagai bidang karena model pembelajaran tidak hanya memberikan siswa pengetahuan, tetapi juga mengarahkan siswa untuk menerapkan pemahaman mereka dalam konteks kehidupan nyata. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah tinjauan pustaka dengan melakukan serangkaian tahapan dan menggunakan dua jenis sumber. Hasil model pembelajaran Project Based Learning dengan pendekatan Project Management Body Of Knowledge () dapat meningkatkan hasil belajar, meningkatkan keaktifan siswa, keterampilan, pengetahuan, dan kemampuan yang sesuai dengan tantangan abad 21.
SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PERSEDIAAN BARANG BERBASIS KOMPUTER PADA BAGIAN GUDANG DI SEKOLAH CINTA KASIH JAKARTA Siregar, Saut Aleksius
Infotech: Journal of Technology Information Vol 5, No 1 (2019): JUNI
Publisher : STMIK WIDURI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37365/it.v5i1.53

Abstract

In English, Technology development has a very important role in information management. Processing information related to large and fast inventory flows in a company certainly requires accuracy, efficiency, and effectiveness of information systems. This problem is experienced by the Sekolah Cinta Kasih in the activities of those who still use the manual recording system. The type of research used is descriptive research with a case study approach. By doing a series of system analysis, the author intends to design a computerized inventory information system. The system uses Microsoft Access 2010 which is capable of being operated in a Microsoft Windows XP operating system or a higher version of Windows.The computerized information system is expected to provide various facilities for the warehouse in processing database information and reports that are accurate, fast, and efficient. And minimize errors in inventory control. The new system design aims to prevent errors in the Accounting Information System Inventory by the Cinta Kasih School. Dalam Bahasa Indonesia, Perkembangan teknologi memiliki peranan yang sangat penting dalam manajemen informasi. Pengolahan informasi terkait dengan arus persediaan yang besar dan cepat dalam sebuah perusahaan tentunya membutuhkan akurasi, efisiensi, dan efektifitas sistem informasi. Permasalahan inilah yang dialami oleh Sekolah Cinta Kasih dalam aktivitas mereka yang masih menggunakan sistem pencatatan manual. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Dengan dilakukannya serangkaian analisa sistem, penulis bermaksud merancang suatu sistem informasi persediaan yang terkomputerisasi. Sistem tersebut menggunakan Microsoft Access 2010 yang mampu dioperasikan dalam sistem operasi Microsoft Windows XP atau versi Windows yang lebih tinggi. Sistem informasi terkomputerisasi tersebut diharapkan mampu memberikan berbagai kemudahan bagi pihak gudang dalam mengolah informasi database dan laporan yang akurat, cepat, dan efisien. Serta meminimalkan kesalahan dalam pengendalian persediaan di Sekolah Cinta Kasih.
MENDETEKSI PENGELAPAN DANA PERJALANAN DINAS DENGAN APLIKASI INTERNAL TICKETING SYSTEM Christianto, Kevin; Deny, Deny
Infotech: Journal of Technology Information Vol 6, No 1 (2020): JUNI
Publisher : STMIK WIDURI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37365/it.v6i1.73

Abstract

In English : Employee official travel activities in a company have an important role in supporting business operations and developing the business wing of the company, especially for large companies that have many branch offices in various regions in Indonesia. With more and more official trips requiring official travel tickets, a system that can internally regulate how tickets are purchased and paid is needed. The system is needed to reduce unnecessary official travel activities and valid data to be compared with data from third-party systems in terms of payment of ticket reservations. Researchers conduct literature studies, interviews, and observations. Literature study conducted by researchers to find the concept of an appropriate methodology to develop the Internal Ticketing System application. Interviews are used to examine important input on the Internal Ticketing System application of several companies that have quite intensive business travel activities, so that they are suitable and useful to be implemented later in the field, and business observations are empowered by researchers to look directly at the ticket booking business process on official trips and conduct individual understanding from researchers. The results of this study were successfully made a prototype of the Internal Ticket System application called Business Travel by using a V-Shaped SDLC method. The prototype making method is more detailed because it has 4 rounds, namely requirements, specifications, high level design and low level unit design. In Indonesian : Kegiatan perjalanan dinas karyawan dalam suatu perusahaan memiliki peranan penting dalam mendukung operasional bisnis dan mengembangkan sayap usaha perusahaan, terutama bagi perusahaan-perusahaan besar yang memiliki banyak kantor cabang di berbagai pelosok daerah di Indonesia. Dengan makin banyaknya perjalanan dinas yang membutuhkan tiket perjalanan dinas, semakin dibutuhkan juga sistem yang dapat mengatur secara internal bagaimana tiket tersebut dibeli dan dibayar. Sistem tersebut dibutuhkan untuk mengurangi kegiatan perjalan dinas yang tidak dibutuhkan dan data yang valid untuk dibandingkan dengan data dari sistem pihak ketiga dalam hal pembayaran pemesanan tiket. Peneliti melakukan studi pustaka, wawancara, dan observasi. Studi pustaka dilakukan peneliti untuk menemukan konsep metodologi yang sesuai untuk melakukan pengembangan aplikasi Internal Ticketing System. Wawancara digunakan untuk meneliti masukan-masukan penting terhadap aplikasi Internal Ticketing System dari beberapa perusahaan yang memiliki kegiatan perjalanan dinas yang cukup intensif, agar sesuai dan berguna untuk nantinya dapat diimplementasikan pada lapangan, serta observasi bisnis diberdayakan oleh peneliti untuk melihat secara langsung proses bisnis pemesanan tiket dalam perjalan dinas dan melakukan pemahaman individu dari peneliti. Hasil dari penelitian ini adalah berhasilnya dibuat prototipe dari aplikasi Internal Ticketing System yang disebut dengan Business Trip dengan menggunakan metodologi SDLC V-Shaped. Dengan metode ini pembuatan prototipe jadi lebih detail karena memiliki 4 tahapan yaitu requirement, specification, high-level design dan unit design low level.
PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN (SEBUAH PENDEKATAN STUDI KASUS) Doharma, Rouly
Infotech: Journal of Technology Information Vol 3, No 2 (2017): NOVEMBER
Publisher : STMIK WIDURI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37365/it.v3i2.4

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan solusi atas permasalahan absensi dan penggajian manual pada PT ASL. Penelitian ini menggunakan metode Analisis Object-Oriented Analysis and Design (OOAD), pengakuan beban gaji berdasarkan SAK-ETAP Bab 23, dan perhitungan pajak penghasilan pasal 21 dengan menggunakan gross method. Hasil dari analisis dan perancangan sistem informasi akuntansi penggajian diharapkan PT ASL dapat memiliki sistem informasi akuntansi penggajian yang terintegrasi antara pencatatan waktu kehadiran dan pengajuan cuti/izin, dinas, dan lembur sehingga diharapkan dapat mengurangi kesalahan perhitungan gaji karyawan, perusahaan dapat menghasilkan laporan yang berguna bagi pemangku kepentingan untuk membantu pengambilan keputusan, perusahaan dapat menerapkan pengendalian internal yang memadai untuk mengurangi fraud yang merugikan bagi pihak perusahaan maupun pihak karyawan.
APLIKASI LOCATION BASED SERVICE “TOLONG.IN” PADA PLATFORM ANDROID iswanto, irene anindaputri; Triwaldi, Kevin wahyu; hagata, Bosta harry; Firmansyah, Dhana
Infotech: Journal of Technology Information Vol 4, No 2 (2018): NOVEMBER
Publisher : STMIK WIDURI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37365/it.v4i2.26

Abstract

Manusia diciptakan sebagai makhluk sosial, yang berarti manusia tidak dapat hidup tanpa sesamanya. Sifat makhluk sosial yang dimiliki oleh manusia ini mendorong manusia untuk memiliki sikap tolong menolong. Sikap tolong-menolong ini mengilhami masyarakat untuk menggunakannya sebagai sumber penghasilan. Namun peluang bisnis dari penawaran jasa ini kurang didukung oleh media informasi yang memadai. Tidak adanya media yang secara khusus diciptakan untuk kegiatan transaksi jasa ini membuat para penyedia jasa kesulitan dalam memasarkan jasanya. Tidak adanya media informasi ini juga menyulitkan pencari jasa untuk memperoleh informasi mengenai penyedia jasa yang mereka butuhkan. Penggunaan sosial media untuk transaksi jasa dirasa kurang aman karena tidak adanya sistem verifikasi mengenai kredibilitas sang penyedia jasa. Semakin meningkatnya teknologi smartphone semakin memberi kemudahan pada kehidupan masyarakat. Adanya teknologi GPS (Global Positioning System) membuat para developer menggunakannya untuk membuat aplikasi Location Based Service yang menggunakan informasi dari posisi user untuk menawarkan berbagai jasa. Oleh karena itu, untuk memfasilitasi para penyedia dan pencari jasa, penulis membuat aplikasi mobile location based service pada platform android yang dapat digunakan sebagai media pemasaran penyedia jasa dan informasi mengenai penyedia jasa terdekat. Aplikasi ini juga digunakan untuk memudahkan komunikasi antara pencari dan penyedia jasa, serta menjaga keamanan transaksi dengan adanya sistem pemberian rating.
ANALISIS SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN DATA TRANSAKSI PEMBELIAN CONSUMER UNTUK MANAJEMEN PEMBELIAN PERUSAHAAN WUISAN, DEWI S S
Infotech: Journal of Technology Information Vol 6, No 1 (2020): JUNI
Publisher : STMIK WIDURI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37365/it.v6i1.75

Abstract

In English : This study aims to determine and also analyze the information system on purchases, especially purchases of goods made by the customer at PT.ABC will help in the management of corporate purchases. The research method used in this study is qualitative research, which is needed to get a picture of the relationship between the subject and the object under study. Where the subject is PT. ABC, as for the object is the information system of purchasing goods by customers. Data collection used in this study through the process of interviews, observation and literature study. To overcome the problems in this research, an information system design for managing consumer purchase transaction data was made to be built using the PHP programming language and Microsoft Access database. Analysis of the data used is to use user analysis and analysis of the current system. The results achieved in this study are able to simplify and speed up data access by updating the financial section, the purchasing department, and the purchasing manager in this case greatly helps the company in monitoring goods. In Indonesian : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan juga menganalisis sistem informasi pada pembelian khususnya pembelian barang yang dilakukan oleh costumer pada PT.ABC akan membantu dalam manajemen pembelian perusahaan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yang diperlukan untuk mendapatkan gambaran antara hubungan pada subjek dan objek yang diteliti. Dimana subjeknya adalah PT. ABC, adapun objeknya adalah sistem informasi pembelian barang oleh customer. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui proses wawancara, observasi dan studi pustaka. Untuk mengatasi permasalahan dalam penelitian ini maka dibuatlah suatu perancangan sistem informasi pengelolahan data transaksi pembelian consumer yang akan dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database microsoft acces. Analisis data yang digunakan adalah menggunakan analisis pengguna dan analisis sistem yang berjalan saat ini. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah dapat mempermudah dan mempercepat akses data secara update pada bagian keuangan, bagian pembelian, dan manager pembelian dalam hal ini sangat membantu perusahaan dalam memonitor barang.
KOMPARASI METODE INTERPOLASI UNTUK SISTEM PENGENALAN SEL DARAH PUTIH Lina, Lina; Anthony, Kelly
Infotech: Journal of Technology Information Vol 5, No 1 (2019): JUNI
Publisher : STMIK WIDURI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37365/it.v5i1.56

Abstract

In English, The over time role of technology becomes very important. That is because the function of technology is to facilitate human work. Because human needs are increasingly complex, technological developments are created in such a way as to meet human needs. The experts in the medical field are currently very dependent on technology to do their jobs, in order to obtain effective and efficient results. Application system designed aims to help experts in the medical field to diagnose diseases through introduction to white blood cell types. The recognition system was developed using the Nearest Feature Line (NFL) method. In this NFL method, characteristic lines are formed using the method of linear interpolation, linear spline, quadratic spline, and cubic spline. Aside from introducing an introduction system, this paper also discusses comparisons between interpolation methods to form characteristic lines. The test was carried out using FTI Untar Pattern Recognition laboratory blood cell data. The test results show that the formation of characteristic lines using the linear interpolation method provides better recognition results compared to the spline interpolation method. Dalam Bahasa Indonesia, Seiring berjalannya waktu peran teknologi menjadi sangat penting. Hal itu disebabkan karena fungsi dari teknologi yaitu mempermudah perkerjaan manusia. Karena kebutuhan manusia semakin kompleks, maka perkembangan teknologi diciptakan sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhan manusia. Para tenaga ahli dalam bidang kedokteran pun saat ini sangat bergantung pada teknologi dalam melakukan pekerjaannya, guna memperoleh hasil yang efektif dan efisien. Sistem aplikasi yang dirancang bertujuan untuk membantu ahli dalam bidang medis untuk mendiagnosis penyakit melalui pengenalan terhadap jenis sel darah putih. Sistem pengenalan yang dikembangkan menggunakan metode Nearest Feature Line (NFL). Dalam metode NFL ini, garis ciri dibentuk menggunakan metode interpolasi linier, spline linier, spline kuadratik, dan spline kubik. Selain melakukan sistem pengenalan, makalah ini juga membahas perbandingan antara metode interpolasi untuk membentuk garis ciri. Pengujian dilakukan dengan menggunakan data sel darah laboratorium Pattern Recognition FTI Untar. Hasil pengujian menunjukkan bahwa pembentukan garis ciri menggunakan metode interpolasi linier memberikan hasil pengenalan yang lebih baik dibandingkan dengan metode interpolasi spline.