cover
Contact Name
Moh Shidqon
Contact Email
Jurnalstmikwiduri@gmail.com
Phone
+6281574360223
Journal Mail Official
jurnalstmikwiduri@gmail.com
Editorial Address
Jl. Palmerah Barat No.353, RT.3/RW.5, Grogol Utara, Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11480
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Infotech: Journal of Technology Information
Published by STMIK Widuri
ISSN : 26205181     EISSN : 24602108     DOI : https://doi.org/10.37365/it
Core Subject : Science,
Jurnal Infotech adalah jurnal ilmiah yang berisi hasil penelitian yang ditulis oleh dosen, peneliti dan praktisi. Jurnal ini diharapkan untuk mengembangkan penelitian dan memberikan kontribusi yang berarti untuk meningkatkan sumber daya penelitian di bidang Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. Infotech diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) STMIK Widuri dengan akses terbuka. Setiap artikel yang diterbitkan memiliki pengidentifikasi objek digital (DOI). ISSN 2620-5181 (Online) ISSN 2460-2108 (Print)
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2019): NOVEMBER" : 8 Documents clear
PERANCANGAN APLIKASI BERBASIS ANDROID UNTUK KOMUNITAS PENGGEMAR BURUNG KICAU Dian Sano, Albert V; Muhammad, Bintang Fadhli; Mangare, Edward Kristian; Jason, Jeremy; Hidayah, Taufiq
Infotech: Journal of Technology Information Vol 5, No 2 (2019): NOVEMBER
Publisher : STMIK WIDURI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37365/it.v5i2.70

Abstract

In English : Industry 4.0 is developing and industry 4.0 is the name of the latest automation and data exchange trends in manufacturing technology. This term covers physical-cyber systems, the internet for everything, cloud computing, and cognitive computing. Industry 4.0 produces "smart factories". Industry 4.0 can be seen from More than 50 percent or about 143 million people out of 262 million Indonesians have been connected to the internet throughout 2017, at least according to the latest report by the Indonesian Internet Service Providers Association. The problem in this research is not understanding the advantages and disadvantages of the birds owned and the level of extinction of birds owned. The purpose of this research is to design an Android-based application for the bird enthusiast community. Twitter is an android based forum for the bird lovers community. The application of Android technology to information about the activities of the birds chirping community is an application that serves to provide effective information for members of the chirping mania community at various events, competitions and buying and selling birds. In this application users can post photos of birds, bird trading transactions. see news and race schedule information and tips on bird care to be ready to compete. This application was built using Android Studio and uses Business Model Canvas (BMC) design methods, Use Cases, Activity Diagrams, and Mock-ups. The result can simplify the process of buying and selling birdsong, and makes it easier for community members to get information on various events related to birdsong. In Indonesian : Industri 4.0 sedang berkembang dan industri 4.0 adalah nama tren otomasi dan pertukaran data terkini dalam teknologi pabrik. Istilah ini mencakup sistem siber-fisik, internet untuk segala, komputasi awan, dan komputasi kognitif. Industri 4.0 menghasilkan "pabrik cerdas". Industry 4.0 dapat dilihat dari Lebih dari 50 persen atau sekitar 143 juta orang dari 262 juta orang Indonesia telah terhubung oleh jaringan internet sepanjang 2017, setidaknya begitu menurut laporan teranyar Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. Permasalahan yang ada dalam penelitian ini yakni belum mengerti kekurangan serta kelebihan dari burung yang dimiliki dan tingkat kepunahan burung yang dimiliki. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang aplikasi berbasis android untuk komunitas penggermar burung. Kicau adalah forum berbasis android untuk komunitas pecinta burung. Penerapan teknologi Android pada informasi tentang kegiatan komunitas kicau burung adalah aplikasi yang berfungsi untuk memberikan informasi yang efektif bagi anggota komunitas kicau mania di berbagai acara, kompetisi dan jual beli burung. Dalam aplikasi ini pengguna dapat memposting foto dari burung, transaksi jual beli burung. lihat informasi berita dan jadwal balapan serta tip tentang perawatan burung agar siap bersaing. Aplikasi ini dibangun menggunakan Android Studio dan menggunakan metode desain Business Model Canvas (BMC), Use Case, Activity Diagram, dan Mock-up. Hasilnya dapat mempermudah proses transaksi jual dan beli burung kicau, dan mempermudah para anggota komunitas untuk mendapatkan informasi berbagai acara terkait burung kicau.
PENERAPAN PROJECT-BASED LEARNING DENGAN STANDAR PROJECT MANAGEMENT BODY OF KNOWLEDGE Jariyah, Ainun
Infotech: Journal of Technology Information Vol 5, No 2 (2019): NOVEMBER
Publisher : STMIK WIDURI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37365/it.v5i2.66

Abstract

In English : The Republic of Indonesia has completed competency standards for tertiary institutions which will be approved and developed in the 21st century. The problem in this research is the use of monotonous student lecture methods that are less active in the learning process. This causes students to be passive, bored, lazy, and less enthusiastic in learning. An appropriate learning model is needed to enhance the expected learning where one of them is Project Based Learning (PBL). The purpose of this study is for students to understand the problem and develop critical thinking skills. PBL has been widely adopted and used in various fields because the learning model not only gives students knowledge, but also directs students to facilitate their understanding in real life relationships. Data collection methods are used to complete the library by updating and using two types of sources. The Project Based Learning learning model by studying the Project Management Agency (PMBOK) can improve learning outcomes, increase student activity, skills, knowledge, and abilities in accordance with 21st century challenges. In Indonesian : Republik Indonesia telah menyiapkan standar kompetensi untuk lulusan universitas untuk bertujuan melengkapi lulusan mereka dengan serangkaian keterampilan dan pengetahuan untuk bersaing di abad ke-21. Permasalahan pada penelitian ini adalah penggunaan metode ceramah yang monoton kurang merangsang keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Hal tersebut menyebabkan peserta didik menjadi pasif, bosan, malas, dan kurang bersemangat dalam belajar. Model pembelajaran yang tepat diperlukan untuk meningkatkan berbagai keterampilan yang diharapkan di mana salah satunya adalah Pembelajaran Berbasis Proyek (PBL). Tujuan dari penelitian ini agar siswa dapat mempelajari konsep pemecahan masalah dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis. PBL telah banyak diadopsi dan digunakan dalam berbagai bidang karena model pembelajaran tidak hanya memberikan siswa pengetahuan, tetapi juga mengarahkan siswa untuk menerapkan pemahaman mereka dalam konteks kehidupan nyata. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah tinjauan pustaka dengan melakukan serangkaian tahapan dan menggunakan dua jenis sumber. Hasil model pembelajaran Project Based Learning dengan pendekatan Project Management Body Of Knowledge () dapat meningkatkan hasil belajar, meningkatkan keaktifan siswa, keterampilan, pengetahuan, dan kemampuan yang sesuai dengan tantangan abad 21.
PENGEMBANGAN APLIKASI WEB BERBASIS FLEXBOX UNTUK PENGELOLAAN JADWAL PRODUKSI DAN DOKUMEN DIGITAL MENGGUNAKAN FRAMEWORK BULMA DI PT. GRAMEDIA Gunadi, Goldie
Infotech: Journal of Technology Information Vol 5, No 2 (2019): NOVEMBER
Publisher : STMIK WIDURI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37365/it.v5i2.69

Abstract

In English : PT. Gramedia is the largest printing service provider company in Indonesia. Besides in Jakarta, PT. Gramedia also opened several branches / sites in several regions, namely: Cikarang, Bandung, Surabaya, Medan, Bawen, Bali, Makassar and Palembang. The problem in this research is the process of delivering production schedule information and sending digital documents which are still carried out by production administration officers using fax machines, electronic mail (e-mail) and also messaging applications such as whatsapp. So that the production process at each site can run and well-coordinated applications are needed that can handle the production process and digital documents in PDF format that are needed as supporting information for centralized production. The application made consists of flexbox-based web applications and can be accessed by every user quickly and easily. The Bulma framework is needed so that the web application development process becomes faster and more efficient, because Bulma provides various libraries and web application components needed. The resulting web application can solve the problem of PT. Gramedia, easy to use, has a responsive display with an attractive layout and has compatibility with various mobile devices in use today. In Indonesian : PT. Gramedia adalah sebuah perusahaan penyedia jasa cetak yang terbesar di Indonesia. Selain di Jakarta, PT. Gramedia juga membuka sejumlah cabang/site di beberapa daerah, yaitu : Cikarang, Bandung, Surabaya, Medan, Bawen, Bali, Makassar dan Palembang. Permasalahan dalam penelitian ini ialah proses penyampaian informasi jadwal produksi dan pengiriman dokumen digital masih dilakukan secara menual oleh petugas administrasi produksi menggunakan mesin fax, surat elektronik (e-mail) dan juga aplikasi pengiriman pesan seperti whatsapp. Agar proses produksi di setiap site dapat berjalan dan terkoordinasi dengan baik dibutuhkan sebuah aplikasi yang dapat mengelola jadwal proses produksi dan dokumen-dokumen digital dengan format PDF yang diperlukan sebagai informasi pendukung produksi secara terpusat. Aplikasi yang dibuat berupa aplikasi web yang berbasis flexbox dan dapat diakses oleh setiap pengguna dengan cepat dan mudah. Framework Bulma diperlukan agar proses pengembangan aplikasi web menjadi lebih cepat dan efisien, karena Bulma menyediakan berbagai pustaka dan komponen-komponen aplikasi web yang dibutuhkan. Aplikasi web yang dihasilkan dapat mengatasi permasalahan PT. Gramedia, mudah digunakan, memiliki tampilan yang responsif dengan layout yang menarik serta memiliki kompatibilitas dengan berbagai perangkat mobile yang digunakan saat ini.
PRE-ELIMINARY STUDY OF IKAN (FISH ONLINE INVESTMENT) PROTOPY BASED ON WEB APPLICATION USING AGILE SCRUM Sari, Wina Permana; Sidharta, Hanugra Aulia
Infotech: Journal of Technology Information Vol 5, No 2 (2019): NOVEMBER
Publisher : STMIK WIDURI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37365/it.v5i2.63

Abstract

In English : Ministry of Health (DepKes) of the Republic of Indonesia, the main problem which is an obstacle for fishermen in a small business in the field of fisheries as a matter of capital. Capital problems that can be reported according to: difficulty in accessing, capital requirements for convoluted capital, to the public ignorance of the relevant institutions. Diverting, taking a few people who then use independent capital, or make loans through informal financial institutions. The problems encountered by the fishermen make them confused and difficult to find when they need the micro business. However, this certainly can be overcome, considering how technology has developed rapidly now. In terms of technological developments, we have now switched to the era of the industrial revolution 4.0, while information and information technology has been highly developed. Seeing the facts that exist in society, technology can be used to facilitate humans in carrying out daily activities. Therefore, in view of the facts above, the writer wants to make a fisheries investment application for investors to invest the capital they need for micro-fisheries businesses and vice versa. The purpose of this research is to create a mobile and web-based Fisheries Investment application (using bootstrap) which the writer will name "Fish" taken from a fisheries investment developed using stages appropriate to the Agile Scrum method based on knowledge within in the field of Software Engineering and is equipped with basic planning models for formation systems, such as: Business Model Canvas (BMC), Use Cases, Activity Diagrams, and Mock-Ups. The results of this study can be used to help organize the distribution of prototype development scenarios to completion with a time schedule. In Indonesian : Departemen Kesehatan (DepKes) Republik Indonesia, masalah utama yang seringkali menjadi penghambat bagi nelayan dalam membuka suatu usaha kecil dalam bidang perikanan ialah masalah permodalan. Masalah permodalan tersebut dapat dijabarkan menjadi: sulitnya akses, persyaratan penerimaan permodalan yang berbelit-belit, hingga ketidaktahuan masyarakat mengenai lembaga pendanaan. Akibatnya, tak sedikit masyarakat yang kemudian menggunakan modal mandiri, ataupun melakukan peminjaman melalui lembaga keuangan yang informal. Masalah yang didapatkan para nelayan tersebut seringkali membuat mereka bingung dan bahkan kesusahan saat membuka usaha mikro mereka tersebut. Namun, hal tersebut tentu dapat diatasi, mengingat bagaimana teknologi sudah berkembang pesat saat ini. Dari segi perkembangan teknologi, saat ini kita memasuki era revolusi industri 4.0, dimana teknologi informasi dan informasi sudah sangat berkembang. Melihat fakta yang ada di masyarakat, teknologi dapat digunakan untuk mempermudah manusia dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Oleh karena itu, menilik fakta-fakta diatas, maka penulis ingin menciptakan sebuah aplikasi investasi perikanan sebagai wadah bagi para investor untuk menanamkan modal mereka didalam usaha mikro para nelayan dan sebaliknya. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menciptakan aplikasi Investasi Perikanan berbasis mobile dan web (dengan menggunakan bootstrap) yang akan penulis namai “Ikan” yang diambil dari Investasi perikanan secara bertahap menggunakan tahapan-tahapan yang sesuai dalam metode Agile Scrum yang berbasis pada pengetahuan di dalam bidang Software Engineering dan dilengkapi dengan model-model rancangan dasar untuk pembentukkan sistem, seperti: Business Model Canvas (BMC), Use Case, Activity Diagram, dan Mock-Up. Hasil dari penelitian ini dapat digunakan untuk membantu mengatur manajemen sirkulasi pembagian scenario kegiatan pembangunan prototipe sampai selesai sesui dengan timeline schedule.
DECISION SUPPORT SYSTEM PERUSAHAAN MANUFACTURING DALAM MENENTUKAN PEMASOK MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS Hartono, Henny; Andry, Johanes Fernandes; Liebe Imbing, Berliana Glorya; Gunawan, Catherine
Infotech: Journal of Technology Information Vol 5, No 2 (2019): NOVEMBER
Publisher : STMIK WIDURI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37365/it.v5i2.68

Abstract

In English : Suppliers are one of the important things in purchasing activities of various needs for the company. Supplier selection is a multi-criteria problem that includes quantitative and qualitative factors. One method that can be used for supplier selection is the Analytical Hierarchy Process (AHP) method. This research was conducted at Manufacturing companies in relations with suppliers who will develop a partnership relationship between companies and suppliers. The purpose of this research is that the right supplier can help the company in increasing competitiveness that can increase company revenue. To help companies choose the right supplier, a decision support system is needed. The variables used in this paper are price, quality, service, delivery accuracy and quantity. The most determining criterion in selecting suppliers is the accuracy of delivery criteria, making these criteria a major factor in supplier selection. The results of this study are consistency in delivering goods on time and guaranteeing safety in guaranteeing the quality of a product. In Indonesian : Pemasok merupakan salah satu hal yang penting dalam aktivitas pembelian berbagai kebutuhan bagi perusahaan. Pemilihan pemasok merupakan masalah multi kriteria yang meliputi faktor-faktor kuantitatif dan kualitatif. Salah satu metode yang bisa digunakan untuk pemilihan pemasok adalah metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Penelitian ini dilakukan pada sebuah perusahaan Manufacturing dalam hubungan dengan pemasok yang akan mengembangkan hubungan kemitraan antara perusahaan dengan pemasok. Tujuan dari penelitian ini ialah Pemasok yang tepat diharapkan dapat membantu menunjang perusahaan dalam meningkatkan daya saing yang kedepannya dapat meningkatkan pendapatan perusahaan. Untuk membantu perusahaan dalam memilih pemasok yang tepat maka dibutuhkan sebuah sistem pendukung keputusan. Variabel yang digunakan pada paper ini adalah harga, kualitas, layanan, ketepatan pengiriman dan ketepaan jumlah. Kriteria yang paling berpengaruh dalam pemilihan supplier adalah kriteria ketepatan pengiriman, menjadikan kriteria tersebut faktor utama dalam pemilihan supplier. Hasil dari penelitian ini adalah konsistensi dalam mengirim barang tepat waktu dan menjamin keamanannya dalam menjaga kualitas suatu produk.
GAME SIMULASI BELAJAR PEMBAGIAN BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK ANAK KELAS 5 Sudaryana, I Ketut; Doharma, Rouly
Infotech: Journal of Technology Information Vol 5, No 2 (2019): NOVEMBER
Publisher : STMIK WIDURI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37365/it.v5i2.67

Abstract

In English : Learning to count for school children becomes a daunting subject matter, difficult because it requires thinking and using reasoning to solve it. As material that has been taught since elementary school, media are needed that can help students learn to count. To overcome students' difficulties in learning to count, Diginusa has special counting software for grade 5 children, based on multimedia that combines elements of text, sound, images and animation. The purpose of this study is to make learning to count easier because it is done in the form of a visualization on a computer monitor screen. This research utilizes quantitative data types, with data collection obtained from the results of software experiments to students in the form of grades that will be compared with the KKM scores. The Tecknology Acceptance Model (TAM) application is used to measure acceptance of interactive learning media. This TAM model illustrates the acceptance of the use of information technology that is strongly influenced by usefulness. The results of this study are from two data that are processed based on Minimum Completeness Criteria (KKM) whose percentage is 97% and the results of the Questionnaire are 64%. In Indonesian : Belajar berhitung bagi anak-anak sekolah menjadi materi pelajaran yang menakutkan, sulit karena membutuhkan pemikiran dan penggunaan nalar dalam menyelesaikannya. Sebagai materi yang sudah di ajarkan sejak sekolah dasar, maka dibutuhkan media yang mampu membantu anak didik dalam belajar berhitung. Untuk mengatasi kesulitan siswa dalam belajar berhitung, Diginusa memiliki software khusus berhitung untuk anak kelas 5, berbasis multimedia yang menggabungkan unsur teks, suara, gambar dan animasi. Tujuan dari penelitian ini agar belajar berhitung menjadi lebih mudah karena dilakukan dalam bentuk visualisi di layar monitor komputer. Penelitan ini memanfaatkan jenis data kuantitatif, dengan pengumpulan data diperoleh dari hasil eksperiman software kepada siswa berupa nilai yang nantinya akan dibandingkan dengan nilai KKM. Aplikasi Tecknology Acceptance Model (TAM) digunakan untuk mengukur penerimaan media pembelajaran interaktif. Model TAM ini menggambarkan penerimaan penggunaan teknologi informasi yang sangat dipengaruhi oleh kemanfaatan (usefulness). Hasil dari penelitian ini ialah dari dua data yang diolah berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang prosentasenya berada pada 97 % dan hasil dari Kuesioner berada pada hasil 64%.
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI KELURAHAN PADA KELURAHAN PASAR BARU KOTA TANGERANG Santoso, Hari; Putra, Heru Soetanto; Pratama, Aditya
Infotech: Journal of Technology Information Vol 5, No 2 (2019): NOVEMBER
Publisher : STMIK WIDURI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37365/it.v5i2.71

Abstract

In English : The development of information from time to time continues to increase` this is supported by the development of more advanced and adequate technology so that information can be accessed quickly and precisely. Based on the 2014-2018 Pasar Baru Kelurahan Vision that has been established and efforts to support the achievement of the Tangerang City mission by optimizing the authority of information technology-based public services through improving the quality of population administration and civil registration services. In fact in the process of storing data from the results of each work unit is still storing files in the ordner so it takes a long time to find the file that will be needed. To overcome the problems that occur, the authors make the design of a new village market administration information system The system will be built using the PHP programming language and Microsoft Access database. This application can simplify and speed up section heads and employees in accessing their documents independently so that administrative services become more effective and efficient and provide convenience in the processing of urban operational data in data storage services. In Indonesian : Perkembangan informasi dari waktu ke waktu terus meningkat hal ini didukung oleh perkembangan teknologi yang lebih maju dan memadai sehingga informasi dapat diakses dengan cepat dan tepat. Berdasarkan Visi Kelurahan Pasar Baru Tahun 2014-2018 yang telah ditetapkan dan upaya untuk mendukung pencapaian misi Kota Tangerang dengan mengoptimalkan kewenangan pelayanan publik berbasis teknologi informasi melalui peningkatan kualitas pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. Pada kenyataanya dalam proses penyimpanan data dari hasil unit kerja masing-masing tersebut masih menyimpan file dalam ordner sehingga memerlukan waktu lama untuk mencari file yang akan dibutuhkan. Untuk mengatasi permasalahan yang terjadi maka penulis membuat perancangan sistem informasi administrasi kelurahan pasar baru Sistem akan dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database Microsoft Acces. Aplikasi ini dapat mempermudah dan mempercepat kepala seksi dan pegawai dalam mengakses dokumennya secara mandiri sehingga pelayanan administrasi menjadi lebih efektif dan efisien dan memberikan kemudahan dalam pengolahan data operasional kelurahan dalam layanan penyimpanan data.
ANALISIS DAN DESAIN SISTEM INFORMASI BIAYA PEMASARAN MARKETING PADA PT. YGI AREA SUMATERA Muryono, Tupan Tri
Infotech: Journal of Technology Information Vol 5, No 2 (2019): NOVEMBER
Publisher : STMIK WIDURI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37365/it.v5i2.65

Abstract

In English : Technology that combines computer technology and telecommunications technology has changed the way of life of individuals and organizations in carrying out business activities or carrying out daily activities. The ability of communication between one organization and other organizations in different places (separated at great distances) is one of the characteristics of the coming era of globalization. The problems that exist in PT. YGI is the absence of a system that can provide marketing information to consumers. This research was conducted to gather information about marketing marketing costs, promotions, rebates, general costs and costs of branch operating funds to make decisions that are more effective, efficient, and easier for management . The author uses the method of collecting data through observation and interviews and based on theories derived from several books or journals related to the method of system design using object-oriented design methods. The results of the design and development of marketing information system marketing analysis design at PT. YGI Area Sumatra can provide solutions to problems faced in the product sales process as well as product marketing solutions for companies so that ordering products from customers increases and relationships increase. With the design of marketing information systems marketing costs can develop and publish products properly and can be seen by consumers as clearly as possible. In Indonesian : Teknologi yang menggabungkan teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi ini telah mengubah cara hidup individu maupun organisasi dalam menjalankan aktivitas bisnisnya atau menjalankan kegiatan sehari-hari. Kemampuan komunikasi antara satu organisasi dengan organisas lainnya di tempat yang berbeda (terpisah pada jarak yang jauh) merupakan salah satu ciri era globalisasi mendatang. Permasalahan yang ada pada PT. YGI ialah belum adanya suatu sistem yang dapat memberikan informasi pemasaran kepada konsumen. Penelitian ini dilakukan untuk mengumpulkan informasi mengenai biaya pemasaran marketing, promosi, rabat, biaya umr dan biaya dana operasional cabang untuk membuat keputusan yang lebih efektif, efisien, dan lebih mudah bagi manajemen. Penulis menggunakan metode pengumpulan data dengan observasi dan wawancara serta berdasarkan teori yang berasal dari beberapa buku atau jurnal terkait dan untuk metode perancangan sistem menggunakan metode desain berorientasi objek. Hasil dari perancangan dan pembangunan analisa desain sistem informasi pemasaran marketing pada PT. YGI Area Sumatera dapat memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi dalam proses penjualan produk serta sebagai solusi atas pemasaran produk bagi perusahaan sehingga pemesanan produk dari customer dapat meningkat dan bertambahnya relasi. Dengan adanya desain sistem informasi biaya pemasaran marketing dapat mengembangkan dan mempublikasikan produk dengan baik dan dapat dilihat oleh konsumen dengan sejelas mungkin.

Page 1 of 1 | Total Record : 8