cover
Contact Name
Yuyun Taufik S.Pd., M.Si
Contact Email
yuyuntaufik@plb.ac.id
Phone
+628122181115
Journal Mail Official
yuyuntaufik@plb.ac.id
Editorial Address
Jl. Pahlawan No. 59 Bandung 40123 Telp. (022) 2506500, Fax. (022) 2512564
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
ATRABIS
ISSN : -     EISSN : 24433756     DOI : 10.38204
Core Subject : Science,
ATRABIS - Jurnal Administrasi Bisnis yang dikterbitkan oleh Program Studi Administrasi Bisnis berisi kajian hasil penelitian dosen-dosen di Program Studi tersebut. Kajian penelitian yang disusun menjadi sumber pengembangan pengetahuan khususnya di Program Studi Administrasi Bisnis.
Articles 90 Documents
SOLUSI DAMPAK SOSIAL EKONOMI PEDAGANG PEDESTRIAN (TEMPAT PEJALAN KAKI) DI KOTA BANDUNG Widiya Avianti; Heddy Setiawan; Cahyadi Supyansuri
ATRABIS Vol 1 No 1 (2015): ATRABIS - JUNI 2015
Publisher : LPPM POLITEKNIK LP3I KAMPUS UTAMA BANDUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini berjudul, “Solusi Dampak Sosial Ekonomi Pedagang Pedestrian (Tempat Pejalan Kaki) Di Kota Bandung.” Tujuan penelitian ini adalah : 1). Kegiatan perdagangan di area pedestrian yang dilakukan saat ini. 2). Bentuk Pengawasan yang Dilakukan dalam Kegiatan Perdagangan di Area Pedestrian. 3). Implementasi Solusi yang Telah Dibentuk Dalam Mengatasi Kegiatan Perdagangan Di Area Pedestrian Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, subjek dari penelitian ini adalah pedagang kaki lima yang melakukan aktifitas berdagang di area pedestrian. Objek dari tujuan penelitian ini adalah kebutuhan informasi berupa gambaran mengenai aturan berdagang maupun area berdagang yang diizinkan oleh pihak tata kota. Kesimpulan dari penelitian, diketahui bahwa Kegiatan PKL saat ini terdapat pada 3 titik lokasi: 1.) Kegiatan PKL di Pusat Pendidikan, 2). Kegiatan PKL di Area Pertokoan dan Pusat Perbelanjaan, 3). Kegiatan PKL pada Pasar Kaget
MODEL PENANGANAN KEMISKINAN MASYARAKAT PANTAI SANTOLO KABUPATEN GARUT Dr. Bambang Sudaryana M.Si.DEA
ATRABIS Vol 1 No 1 (2015): ATRABIS - JUNI 2015
Publisher : LPPM POLITEKNIK LP3I KAMPUS UTAMA BANDUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masyarakat Nelayan Pantai Santolo Desa Pamalayan Kecamatan Cikelet Kabupaten Garut, memiliki masyarakat miskin sebanyak 622 jiwa, dan 616 meminjam / berhutang untuk memenuhi kebutuhan hidup. Kemiskinan masyarakat nelayan disebabkan pendapatan yang tidak menentu ( tergantung musim) serta tidak memiliki keahlian lain selain menangkap ikan di laut. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji potensi masyarakat nelayan Pantai Santolo, menentukan nilai kesesuaian dan daya dukung potensi Pantai Santolo, mengetahui nilai ekonomi di kawasan Pantai Santolo, serta merumuskan arahan model penanggulangan kemiskinan masyarakat nelayan Pantai Santolo. Pengumpulan dan pengambilan data melalui wawancara untuk memperoleh informasi mengenai kawasan penelitian (kuesioner), observasi lapangan untuk pengamatan kondisi ekonomi, serta studi pustaka. Data yang dikumpulkan meliputi anggaran untuk memenuhi kehidupan dan kebijakan pengelolaan ekonomi di wilayah tersebut, serta keadaan sosial masyarakat di Pantai Santolo. Analisis data yang digunakan yaitu, analisis regresi linear berganda. dan analisis nilai ekonomi Pantai Santolo
PENGARUH MOTIVASI DAN KOMPETENSI TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN DAMPAKNYA PADA KINERJA KARYAWAN POLITEKNIK LP3I BANDUNG Djumat Purnomo, S.E., M.M.
ATRABIS Vol 1 No 1 (2015): ATRABIS - JUNI 2015
Publisher : LPPM POLITEKNIK LP3I KAMPUS UTAMA BANDUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Achievement of the employee's performance will usually be preceded by a prior job satisfaction is not uncommon satisfaction resulting from the spirit of the work as a source of motivation combined with the competence of employees who bersangkutan.Penelitian is intended to identify and assess the motivation and competencies possessed by the employee, the amount of influence both these variables to work satisfaction and job satisfaction impact on the performance of employees indicated. There needs to be a fourth measurement variables in this study at the Polytechnic LP3I Bandung, the postscript was established to eradicate the existence of unemployment in Indonesia. Measurement as outlined in this study, conducted by the method deskriprif verification with proportional cluster sampling technique of random sampling. Based on the study, showed that there is influence of motivation terhdadap job satisfaction for 78,8%, there is the influence of competence terhdadap job satisfaction for 20,8%, job satisfaction affect the performance of 84,4%
PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH BANK BJB CABANG BUAH BATU BANDUNG Andina Dwijayanti, S.E., M.M.
ATRABIS Vol 1 No 1 (2015): ATRABIS - JUNI 2015
Publisher : LPPM POLITEKNIK LP3I KAMPUS UTAMA BANDUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui komunikasi pemasaran dan kualitas pelayanan yang dilakukan oleh Bank bjb Cabang Buah Batu Bandung dalam menawarkan produk kredit yang terdiri dari kredit mikro utama (KMU), kredit guna bakti (KGB) dan kredit cinta rakyat (KCR) di Bandung, mengetahui Loyalitas Bank Bjb cabang Buah Batu Bandung, dan mengetahui pengaruh komunikasi pemasaran dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah dalam menawarkan produk kredit yang terdiri dari kredit mikro utama (KMU), kredit guna bakti (KGB) dan kredit cinta rakyat (KCR) di Bandung. Hasil penelitian adalah komunikasi pemasaran, kualitas pelayanan dan loyalitas nasabah yang dilakukan oleh Bank bjb Cabang Buah Batu Bandung untuk produk kredit yang terdiri dari kredit mikro utama (KMU), kredit guna bakti (KGB) dan kredit cinta rakyat (KCR) bank bjb khususnya cabang buah batu, sudah baik dimata nasabah dengan kejelasan iklan yang diberikan, pelayanan yang diberikan dan event yang sering dilakukan oleh bank bjb cabang buah batu bandung.
PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI POLITEKNIK LP3I BANDUNG Mardhiya Ramdhani, S.kom., M.M.
ATRABIS Vol 2 No 1 (2016): ATRABIS - JUNI 2016
Publisher : LPPM POLITEKNIK LP3I KAMPUS UTAMA BANDUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak:Penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Dahniar (2012) yang menyatakan bahwa variabel faktor budaya organisasi seperti pendidikan dan pelatihan, hubungan kerja, tempat kerja, penyelia dan kedisiplinan kerja berpengaruh secara menyeluruh terhadap kinerja yang dihasilkan oleh karyawan dan staf tenaga pengajar di STMIK Banjar baru. Jenis penelitian ini termasuk penelitian survei, dan dalam pengambilan kesimpulan dilakukan dengan melalui studi komparasi. Objek penelitian adalah seluruh karyawan Politeknik LP3I Bandung. Kuesioner untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi dan kompetensi terhadap karyawan dibagikan kepada 128 karyawan Politeknik LP3I Bandung sebagai responden. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi dan kompetensi terhadap kinerja pegawai, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa budaya organisasi, kompetensi, dan kinerja pegawai pada Politeknik LP3I Bandung sudah baik.
Pengaruh Gaya kepemimpinan dan Motivasi terhadap Kualitas Pelayanan di Politeknik LP3I Bandung Milla
ATRABIS Vol 5 No 1 (2019): ATRABIS - JUNI 2019
Publisher : LPPM POLITEKNIK LP3I KAMPUS UTAMA BANDUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana gaya kepemimpinan, motivasi dan kualitas pelayanan serta pengaruh gaya kepemimpinan, motivasi dan kualitas pelayanan di Politeknik LP3I Bandung, baik secara simultan maupun parsial. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian survey deskriptif dan metode verifikatif. Variabel independen dalam penelitian ini adalah gaya kepemimpinan ) dan motivasi ), sedangkan variabel dependennya adalah kualitas pelayanan (Y). Responden yang digunakan adalah mahasiswa dan karyawan di Politeknik LP3I Bandung dengan jumlah sampel sebanyak 118 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik simple randomsampling dengan bantuan Slovins . Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder.Instrumen utama penelitian adalah kuesioner yang diuji validitasnya menggunakan Product Moment Pearson dan realibilitasnya dengan menggunakan -Cronbach. Untuk menguji hipotesis digunakan statistik yaitu analisis jalur (path analysis), pengujian signifikansi secara simultan menggunakan uji F, dan secara parsial menggunakan uji t dengan bantuan software application system SPSS. Hasil analisis menunjukkan gaya kepemimpinan dan motivasi berpengaruh terhadap kualitas pelayanan di Politeknik LP3I Bandung baik secara parsial maupunsimultan
PELAKSANAAN EVALUASI TRAINING KARYAWAN PIZZA HUT DI CABANG DAGO BANDUNG Meli Siagawati
ATRABIS Vol 5 No 1 (2019): ATRABIS - JUNI 2019
Publisher : LPPM POLITEKNIK LP3I KAMPUS UTAMA BANDUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan evaluasi training karyawan Pizza Hut di Cabang Dago Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif yaitu penulis menggambarkan hasil observasi dan wawancara sesuai dengan data-data yang diperoleh di lapangan. Data yang dikumpulkan berupa data primer dan data sekunder . Metode yang digunakan meliputi wawancara langsung dengan pihak management PIZZA HUT, studi kepustakaan dan observasi pada restaurant cepat saji PIZZA HUT cabang Dago.Setelah melakukan observasi dan pembahasan masalah, penulis memperoleh kesimpulan bahwa pelaksanaan evaluasi training karyawan Pizza Hut di Cabang Dago Bandung berjalan dengan cukup baik. Namun demikian, penulis masih menemukan hambatan-hambatan selama penelitian. Untuk lebih baik lagi dalam pelaksanaannya, harus ada upaya-upaya yang dapat mengatasi hambatan tersebut.
PENGARUH PERSONAL SELLING PRESENTER DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA UNTUK KULIAH DI POLITEKNIK LP3I BANDUNG Hamdani
ATRABIS Vol 5 No 1 (2019): ATRABIS - JUNI 2019
Publisher : LPPM POLITEKNIK LP3I KAMPUS UTAMA BANDUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Studi ini meneliti tentangpersonal selling yang dilakukan oleh presenter dan kelompok referensi terhadap keputusan kuliah di Politeknik LP3I Bandung.Kegiatan promosi dan keputusan kuliah yang dijadikan objek dalam penelitian ini adalah parasiswa baru Politeknik LP3I Bandung. Adapun rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini diantaranya: (1) Bagaimana kegiatan personal selling dan kelompok referensi terhadap keputusan kuliah pada Politeknik LP3I Bandung, (2) Seberapa besar pengaruh personal selling yang dilakukan oleh presenter dan kelompok referensi terhadap keputusan kuliah di Politeknik LP3I Bandung. Penelitian ini dilakukan melalui survey dengan menyebarkan kuesioner kepada para mahasiswa baru Politeknik LP3I Bandung.Pengambilan sampel sebanyak 91 responden dilakukan dengan metode cross sectional. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini dalam melakukan pengujian hipotesis statistik adalah dengan menggunakan analisis jalur(path analysis)dan menggunakan alat bantu SPSS 17.0.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa bauran promosi dan kelompok referensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan kuliah di Politeknik Bandung baik secara simultan maupun parsial, dengan kontribusi sebesar 50,6%. Secara parsial pengaruh bauran promosi terhadap keputusan kuliah sebesar 0,336 lebih dominan dibandingkan dengan pengaruh kelompok referensi terhadap keputusan kuliah sebesar 0,167.
PENGARUH PROMOSI DAN SALURAN DISTRIBUSI TERHADAP BRAND AWARENESS DAN DAMPAKNYA PADA MINAT BELI KAOS KAKI CHAMP Sri Marini
ATRABIS Vol 5 No 1 (2019): ATRABIS - JUNI 2019
Publisher : LPPM POLITEKNIK LP3I KAMPUS UTAMA BANDUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to obtain empirical evidence about the effect of promotion and channel distribution to the impact on brand awareness and purchase intentions socks champ . The results are expected to contribute in the development of marketing management , especially management . For those of similar companies and practitioners expected results of this study can provide useful information about the importance of the promotion , distribution channels and brand awareness in an effort to increase interest in purchasing . The study was conducted at 5 Borma department store branches in Bandung city . The method of research using survey methods with quantitative research approaches . While the type of research in the form of Descriptive Research and Research Explanation Verificative the time horizon in the form of cross - sectional data that reflects the picture of a state at a given moment . To test the hypothesis of statistical methods of research used path analysis. Test results of research found a significant relationship between promotion and distribution channels to brand awareness either simultaneously or partially . It was also found significant relationship between promotion , distribution channels and brand awareness to purchase intentions either simultaneously or partially.
STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS UMKM SENTRA INDUSTRI SEPATU CIBADUYUT BANDUNG Iwan Carialy Irawan, S.E., M.M.1) dan Andina Dwijayanti, S.E., M.M.2)
ATRABIS Vol 5 No 2 (2019): ATRABIS - DESEMBER 2019
Publisher : LPPM POLITEKNIK LP3I KAMPUS UTAMA BANDUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kawasan Sentra Industri Sepatu merupakan salah satu potensi ekonomi lokal yang terdapat di Kota Bandung yang mempunyai kulitas untuk berskala nasional dan internasional. Seiring dengan perkembangan zaman, keberadaan industri sepatu Cibaduyut saat ini berada dalam kondisi yang cukup memperihatinkan, dimana jumlah wisatawan atau pengunjung yang berkunjung ke kawasan wisata belanja atau perdagangan Cibaduyut terus mengalami penurunan. Keterbatasan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang manajemen bisnis dan pemasaran yang dimiliki oleh kelompok usaha membuat perlu adanya pemotivasian dan pendampingan terhadap kelompok usaha UMKM agar dapat mengembangkan industry sepatu Cibaduyut secara berkelanjutan. Promosi yang dilakukan Pemerintah Daerah/Pusat juga menjadi permasalahan tersendiri karena generasi muda kita lebih memilih merk dari Negara asing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi perusahaan dalam mengembangkan bisnis Sepatu Cibaduyut menggunakan analisis SWOT, kemudian implemetasi strategi pengembangan bisnis Sepatu Cibaduyut sehingga bisa membantu dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi Sepatu Cibaduyut. Penelitian produk terapan diharapkan dapat merumuskan strategi manajemen bisnis yang tepat bagi kelompok usaha sehingga dapat membantu dalam menghasilkan produk sepatu yang berkualitas, dapat memberikan daya tarik pada pelanggan dan daya dorong bagi UMKM itu sendiri dalam memasarkan, menjual dan mencari produk yang dibutuhkan pasar dalam jangka waktu yang panjang.