cover
Contact Name
Riadi Darwis
Contact Email
barista@stp-bandung.ac.id
Phone
+6285608571505
Journal Mail Official
barista@stp-bandung.ac.id
Editorial Address
Unit Bahasa, Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung Jalan Dr. Setiabudhi No. 186 Bandung , Indonesia
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Barista : Jurnal Kajian Bahasa dan Pariwisata
ISSN : 23561602     EISSN : 26225999     DOI : 10.34013/barista.v6i1
Core Subject : Social,
Barista : Jurnal Kajian Bahasa dan Pariwisata (ISSN 2356-1602; e-ISSN 2622-5999) is a peer-reviewed journal which is published by Unit Bahasa Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (Language Unit of Bandung Tourism Institute). Barista aims at initiating and stimulating advances in Language and tourism research. Therefore, it publishes papers that promote new ideas, models, approaches, and paradigms by contributing to the advances in knowledge and theory of Language and tourism. The scope of this journal are: (1) Foreign Language Study and teaching; (2) Study of Indonesian Language, Regional Language and or its teaching; (3) Study of the development of tourism in Indonesia; (4) Study of tourism material, and; (5) Study of tourism HR development. The journal covers applied research studies and review articles, both in a format of the full-length articles and research notes. Applied research studies are expected to examine relationships among variables relevant to langage and tourism by employing appropriate analytical or statistical techniques. High-quality review articles that address the latest advances and develop theoretical knowledge or thinking about key aspects of hospitality and tourism are accepted. Research notes are short articles that report advances in methodology, exploratory research findings or extensions / discussions of prior research. Barista will also welcome commentary in response to published articles. All papers are subject to a double-blind peer-review process based on an initial screening by the editor criteria for evaluation include a significant contribution to the field, conceptual quality, appropriate methodology and clarity of exposition. Current Issue
Articles 66 Documents
Simulasi Ujian ZIDS Online Berbasis Moodle Permana, Pepen; Permatawati, Irma; Khoerudin, Ending
Barista : Jurnal Kajian Bahasa dan Pariwisata Vol. 5 No. 2 (2018): Desember
Publisher : Unit Bahasa Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34013/barista.v5i2.116

Abstract

ZIDS adalah sertifikat kebahasajermanan yang wajib dimiliki oleh para mahasiswa bahasa Jerman di beberapa Universitas di Indonesia. Ujian untuk memeroleh sertifikat ZIDS (ZIDS-Prüfung) dilaksanakan tiap tahun di setiap universitas dan diikuti oleh mahasiswa semester IV. Menjelang pelaksanaan ujian ZIDS, selama ini Departemen Pendidikan Bahasa Jerman FPBS UPI selalu melaksanakan program persiapan ujian. Program persiapan ini dilakukan secara intesif setiap hari selama satu bulan menjelang pelaksanaan ujian ZIDS. Namun prestasi mahasiswa dalam ujian tersebut selama ini belum cukup menggembirakan, yang tercermin dari nilai rata-rata mereka yang masih berada di rentang 60-70% dengan tingkat ketidaklulusan sekitar 10-20%. Semenjak diberlakukannya kurikulum baru UPI tahun 2013, kini program persiapan ujian ZIDS tidak lagi dilakukan secara intensif, melainkan secara reguler dalam satu semester melalui mata kuliah baru, yakni ZIDS-Prüfungsvorbereitung. Hingga saat ini mata kuliah tersebut baru dilaksanakan dua kali, yakni pada semester genap tahun 2015 dan tahun 2016. Berhubung persiapan ujian ZIDS kini tidak lagi seintensif sebelumnya, maka diperlukan sebuah cara yang inovatif agar kualitas proses pembelajaran dan prestasi mahasiswa dalam ujian ZIDS meningkat. Cara tersebut adalah dengan mengembangkan program simulasi ujian ZIDS online berbasis aplikasi LMS Moodle, yang dapat membantu mahasiswa mempersiapkan diri dengan baik dan mandiri di luar perkuliahan dalam kelas.
Pemetaan Industri Pariwisata Maluku sebagai Landasan Perancangan Strategi Brand Baronda Maluku Saimima, Rahman Muslim Moro; Zpalanzani, Alvanov; Mutiaz, Intan Rizky
Barista : Jurnal Kajian Bahasa dan Pariwisata Vol. 5 No. 2 (2018): Desember
Publisher : Unit Bahasa Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34013/barista.v5i2.117

Abstract

Dalam menjalankan fungsi komunikasi pemasaran yang efektif, Dinas Pariwisata Maluku sebagai salah satu stakeholder pariwisata membutuhkan sebuah proses pengembangan keberlanjutan melalui perancangan strategi komunikasi pemasaran yang tepat guna untuk peningkatan jumlah wisatawan Nusantara pada khususnya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan penerapan analisis data melalui model SOSTAC + 3Ms planning system (Situation, Objective, Strategy, Tactics, Action, Control, Men, Minutes, and money) dengan penilaian secara objektif, empirik dan sistematik. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) industri pariwisata Maluku memiliki potensi wisata sejumlah 440 wisata bahari, 222 wisata budaya/sejarah, 39 wisata buatan, 6 atraksi acara berskala nasional dan internasional, 235 fasilitas akomodasi, 61 transportasi laut dan udara serta 1.739 fasilitas pendukung (2) strategi komunikasi pemasaran yang dijalankan menitik-beratkan pada media lini bawah (below the line) dengan cakupan pasar Nusantara yang rendah sehingga dibutuhkan pengembangan strategi media melalui komunikasi pemasaran terpadu (intergrated marketing communication).
Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Head Together untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Tema Kata Kerja Pronominal Mulyani, Yeyen
Barista : Jurnal Kajian Bahasa dan Pariwisata Vol. 5 No. 2 (2018): Desember
Publisher : Unit Bahasa Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34013/barista.v5i2.118

Abstract

Saat ini, pembelajaran berkelompok siswa cenderung memiliki beberapa dampak negatif yang sebetulnya hal tersebut bisa dihindari jika guru lebih dapat mempersiapkan serta menyusun metode kerja kelompok yang baik. Salah satu metode yang dapat digunakan ialah cooperative learning dengan model Numbered Head Together (NHT). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran di mana setiap putarannya terdiri atas empat tahap yaitu; rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif model NHT memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar peserta didik dalam setiap siklus, yaitu Siklus I (53%), Siklus II (75%), dan Siklus III (89%). Hasil rata-rata nilai Siklus I (70,14), Siklus II (74,58), dan Siklus III (80,42). Dengan demikian, dalam penelitian ini metode kooperatif model Numbered Head Together dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa kelas XII IPA-4 SMAN 6 Cimahi, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran bahasa Perancis.
Pengaruh Kualitas Website Hotel Savoy Homann Bidakara Bandung terhadap Keputusan Pembelian Tamu Resmi, Irma Citra
Barista : Jurnal Kajian Bahasa dan Pariwisata Vol. 5 No. 2 (2018): Desember
Publisher : Unit Bahasa Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34013/barista.v5i2.119

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari kualitas website Savoy Homann Bidakara Bandung terhadap keputusan tamu untuk menginap. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey (explanatory) dengan tingkat eksplanasi asosiatif Responden sebanyak 90 responden. Hasil pengujian statistik baik secara simultan ataupun secara parsial terdapat pengaruh antara kualitas website Savoy Homann Bidakara Bandung terhadap keputusan konsumen. Besarnya pengaruh kualitas website Savoy Homann Bidakara Bandung terhadap Keputusan Konsumen sebesar 56,7% sedangkan faktor lain sebesar 43.3%. Koefisien korelasi dimensi usability dengan keputusan konsumen dengan nilai r sebesar 0,607. Koefisien korelasi antara dimensi interaksi dengan keputusan konsumen dengan nilai r sebesar 0,681, koefisien korelasi dimensi kulitas informasi dengan keputusan konsumen dengan nilai r sebesar 0,620. Nilai koefisien determinasi sebesar 0, 567 atau 56,7% sedangkan sisanya sebesar 43,3% merupakan faktor lain yang tidak diteliti.
Penerapan Teknik Shadowing dengan Media Audio-Visual dalam Pembelajaran Berbicara Bahasa Perancis Andani, Wulan Dwi; Rakhmat, Soeprapto; Mulyadi, Yadi
Barista : Jurnal Kajian Bahasa dan Pariwisata Vol. 5 No. 2 (2018): Desember
Publisher : Unit Bahasa Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34013/barista.v5i2.120

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penelitian yang dilakukan oleh Wardhana (2018) dan Puspita (2016). Dalam penelitian ini, teknik shadowing dengan media audiovisual digunakan dengan tujuan untuk mengukur dan mendeskripsikan hasil pembelajaran berbicara sebelum dan sesudah diterapkannya teknik tersebut, serta untuk memperoleh data perihal tanggapan siswa terhadap teknik tersebut dalam pembelajaran berbicara bahasa Perancis. Desain penelitian yang digunakan yaitu pre-experimental design dengan pola one group pre-test – post-test. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dari hasil prates dan pascates kemampuan berbicara bahasa Perancis. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan data statistik mengenai nilai uji t dengan hasil analisis data yang didapatkan dari nilai rata-rata prates adalah 68,9 dan nilai rata-rata pascates mencapai 85,6. Dengan demikian, kemampuan berbicara siswa meningkat 16,8% setelah diterapkannya teknik shadowing. Dari hasil tersebut didapatkan nilai thitung 12,49 dengan db=30. Maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa ttabel sebesar 2,04 < thitung sebesar 12,49 untuk taraf signifikansi 5% dan nilai ttabel sebesar 2,75 < thitung sebesar 12,49 untuk taraf signifikansi 1%. Hal ini membuktikan bahwa nilai thitung > ttabel yang artinya hipotesis kerja (Hk) diterima. Hal tersebut berarti penggunaan teknik shadowing dapat meningkatkan pembelajaran berbicara bahasa Perancis.
Pengaruh Citra Merek, Diferensiasi Produk dan Positioning terhadap Proses Keputusan Pembelian di Hotel Bintang 4 di Kota Bandung Purnamasari, Ratih Pitria
Barista : Jurnal Kajian Bahasa dan Pariwisata Vol. 5 No. 2 (2018): Desember
Publisher : Unit Bahasa Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34013/barista.v5i2.121

Abstract

Munculnya berbagai merek baru dalam perkembangan bisnis hotel di Kota Bandung membuat supply untuk akomodasi di Kota Bandung menjadi meningkat. Namun, apabila supply tersebut tidak didukung oleh demand yang meningkat juga, tentunya hal tersebut akan berdampak pada berkurangnya tingkat hunian pada masing-masing hotel. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji aspek citra merek, diferensiasi produk, positioning dan proses keputusan pembelian yang terjadi di Hotel Bintang 4 Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan pendekatan penelitian deskriptif dan verifikatif. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang dilakukan secara simultan dan parsial dinyatakan bahwa seluruh variabel independen yaitu citra merek (X1), diferensiasi produk (X2), positioning (X3) dinyatakan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen yaitu proses keputusan pembelian (Y) yang terjadi di Hotel Bintang 4 Kota Bandung. Melalui perhitungan pengaruh citra merek, diferensiasi produk dan positioning terhadap proses keputusan pembelian secara keseluruhan diperoleh nilai pengaruh sebesar 0,711 atau 71,1%, dan besarnya variabel lain yang mungkin mempengaruhi proses keputusan pembelian (variabel epsilon) adalah sebesar 0,289 atau 28,9%.
Pengembangan Mata Air Ciburial di Kawasan Agrowisata Gunung Mas menjadi Wellness Tourism Pujiastuti, Sri; Sugiarto, S.; Hermantoro, Hengki
Barista : Jurnal Kajian Bahasa dan Pariwisata Vol. 5 No. 2 (2018): Desember
Publisher : Unit Bahasa Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34013/barista.v5i2.122

Abstract

Wisata kebugaran atau wellness tourism, merupakan salah satu wisata yang saat ini sudah menjadi tren. PT. Perkebunan VIII adalah agrowisata Gunung Mas yang mempunyai potensi untuk dikembangkan menjadi wisata kebugaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab rendahnya kunjungan wisatawan yang datang ke Gunung Mas dan untuk mengetahui faktor internal dan external. Desain yang digunakan adalah kualitatif dengan metode probality sampling. Informan yang digunakan sebanyak 30 informan. Analisis data yang digunakan adalah matriks IE dan Matriks SWOT. Dan hasil dari analisa SWOT. Dengan potensi untuk dikembangkan yaitu Mata air Ciburial dan atraksi paralayang sebagai faktor strenght dan weakness dan fasilitas yang dikembangkan dan dibantu oleh stake holder dengan tujuan menghasilkan peluang lapangan pekerjaan karena munculnya potensi bisnis sekitar Gunung Mas. Dari hasil wawancara dan observasi maka dapat disimpulkan bahwa, Gunung Mas berpotensi menjadi wisata kebugaran, maka tren wisata berubah dari mass tourism menjadi wisata dengan minat khusus.
Penggunaan Air Fermentasi Strawberry sebagai Natural Starter dalam Pembuatan Soft Roll Sanggramasari, Sandra
Barista : Jurnal Kajian Bahasa dan Pariwisata Vol. 5 No. 2 (2018): Desember
Publisher : Unit Bahasa Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34013/barista.v5i2.123

Abstract

Penelitian ini merupakan kontibusi terhadap perkembangan subtitusi bahan pengganti ragi komersial dalam pembuatan soft roll. Strawberry merupakan bahan alami yang dapat menggantikan ragi komersial dengan cara fermentasikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesukaan masyarakat terhadap soft roll yang menggunakan ragi alami yang berasal dari strawberry. Metode penelitian yang digunakan adalah experimental. Penelitian ini dianalisis menggunakan t-test untuk mengetahui tinggat kesukaan masyarakat terhadap soft roll dari dari segi keseluruhan aspek, flavour, texture dan appearance. Dari hasil t-test untuk tingkat kesukaan, didapatkan hasil bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara soft roll pembanding dengan soft roll experimen dari segi keseluruhan aspek, flavour, texture dan appearance. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh penggunaan air fermentasi strawberry terhadap hasil uji kesukaan dari segi keseluruhan aspek, flavour, texture dan appearance. Soft roll pembanding dengan penggunaan ragi instan mempunyai tingkat kesukaan lebih tinggi dibandingkan dengan soft roll experimen dengan penggunaan air fermentasi strawberry dari segi flavor. Namun, soft roll experimen dengan penggunaan air fermentasi strawberry lebih disukai keseluruhan aspek, texture dan appearance jika dibandingkan dengan soft roll pembanding dengan penggunaan ragi instan. Selain itu penggunaan ragi alami dapat membuat roti lebih mudah dicerna namun memerlukan waktu fermentasi lebih lama.
WITHDRAWN: Implementasi Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Potensi Makanan Tradisional Simanihuruk, Maidar
Barista : Jurnal Kajian Bahasa dan Pariwisata Vol. 5 No. 2 (2018): Desember
Publisher : Unit Bahasa Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34013/barista.v5i2.124

Abstract

Simanihuruk, M. (2018). Implementasi Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Potensi Makanan Tradisional. Barista: Jurnal Kajian Bahasa dan Pariwisata, 5(2), 222-234. Article withdrawn by publisher. This article was accidentally published twice in the online version of Volume 5 Issue 1 and Volume 5 Issue 2, with different DOIs. The incorrect version of the article with DOI: 10.34013/barista.v5i2.124 has been replaced with this correction notice. The correct and citable version of the article remains: Simanihuruk, M. (2018). IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN POTENSI MAKANAN TRADISIONAL DI DESA SAKERTA TIMUR, CIREBON. Barista: Jurnal Kajian Bahasa dan Pariwisata, 5(1), 59-71. 10.34013/barista.v5i1.157
Pemanfaatan Ubi Jalar, Susu, dan Bandrek dalam Pengembangan Produk Makanan Novianti, Selvi
Barista : Jurnal Kajian Bahasa dan Pariwisata Vol. 5 No. 2 (2018): Desember
Publisher : Unit Bahasa Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34013/barista.v5i2.125

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk makanan di desa Alamendah, Ciwidey, Kab. Bandung sebagai varian oleh-oleh makanan dari daerah tersebut. Metode penelitan yang digunakan adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Data diukur melalui uji sensori untuk menentukan profil produk serta uji hedonik untuk mengetahui daya terima masyarakat terhadap produk penelitian. Panelis terdiri dari panelis terlatih dan panelis tidak terlatih. Kemudian data dianalisa dengan menggunakan deskriptif kualitatif dan Uji Friedman. Hasil peneltian menunjukan bahwa pie susu bandrek yang terbuat dari tepung ubi putih dengan proporsi 60% tepung ubi jalar putih dan 40% tepung terigu memiliki profil sensori terbaik dengan tingkat penerimaan yang disukai oleh masyarakat. Disarankan untuk melakukan penelitian lanjutan mengenai daya tahan produk terpilih apabila akan dijadikan sebagai produk komersil.