cover
Contact Name
Kadek Widiyarta
Contact Email
dekwiedie1996@gmail.com
Phone
+6287762794462
Journal Mail Official
dekwiedie1996@gmail.com
Editorial Address
Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali, Kode Pos 81116
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Indonesian Values and Character Education Journal
ISSN : 26154684     EISSN : 26156938     DOI : 10.23887/ivcej.v3i1
Core Subject : Education,
Indonesian Values and Character Education Journal is a general journal published by Universitas Pendidikan Ganesha. This journal aims to accommodate articles of research results in the social field. In the end, this Journal can provide a description of the development of science and technology in the field of character education and value education for the academic community. This journal is published twice a year
Articles 28 Documents
ANALISIS PENGARUH FILM UPIN DAN IPIN TERHADAP KARAKTER SISWA Zhayoga, Ivan; H, Diana Endah; Listyarini, Ikha
Indonesian Values and Character Education Journal Vol 3, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ivcej.v3i1.24542

Abstract

Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah Bagaimana pengaruh film animasi Upin dan Ipin terhadap karakter siswa?. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendiskripsikan pengaruh terhadap karakter siswa dalam film animasi Upin dan Ipin. Jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Data dalam penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi serta dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis, pengaruh film Upin dan Ipin yang dilakukan di SDN 4 Tanggung terdapat tiga proses yaitu melihat/mengamati, mengaplikasikan dan menganalisis, yang dilakukan dengan media film Upin dan Ipin episode Ikhlas dari Hati dan Pensil Ajaib. Terdapat nilai karakter peduli sosial dan bersahabat, serta semua siswa telah meningkatkan dan mengaplikasikan nilai karakter tersebut dalam lingkungan sekitar. Dapat disimpulkan bahwa keseluruhan hasil analisis pengaruh film Upin dan Ipin yang mencakup dua nila karakter yaitu nilai karakter peduli sosial dan bersahabat yang dijadikan sebagai acuan serta hasil wawancara dan observasi bersama Siswa, Guru, Orang tua, dapat digunakan sebagai contoh bagi siswa dalam peningkatan karakter. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah film Upin dan Ipin dapat digunakan sebagai media pembelajaran dalam penanaman nilai karakter peduli social dan bersahabat bagi siswa.
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Kontekstual Berorientasi Pengembangan Karakter dalam Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Wicaksana, I Made Yoga; Suparta, I Nengah; Suharta, I Gusti Putu
Indonesian Values and Character Education Journal Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ivcej.v1i2.20319

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh perangkat pembelajaran matematika kontekstual yang berorientasi pengembangan karakter yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini melibatkan siswa kelas IV SD Laboratorium Undiksha Singaraja sebagai subjek penelitian. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa buku siswa dan buku petunjuk guru. Buku siswa yang dimaksud adalahbuku matematika yang merupakan bagian dari buku tematik siswa. Penyajian materi secara kontekstual dan disesuaikan dengan budaya lokal siswa. Buku petunjuk guru mempunyai komponen-komponen berupa petunjuk penggunaan buku, persiapan mengajar, dan sajian bahan ajar serta tindak lanjut berupa pekerjaan rumah dan penekanan nilai karakter.Validitas, kepraktisan, dan keefektifan dari perangkat pembelajaran didasarkan atas pendapat validator, respon guru dan siswa, serta hasil penelitian pengembangan perangkat pembelajaran tersebut. Pengembangan perangkat pembelajaran tersebut mengikuti prosedur penelitian desain dari Plomp yang meliputifase penelitian awal, faseprototipe, dan faseassesment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria validitas, kepraktisan, dan keefektifan yang diharapkan. Hasil dari penelitian menggunakan perangkat pembelajaran tersebut menunjukkan peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar matematikayang meliputi aspek kognitif dan afektif. 
Analisis Nilai Spiritual dalam Pembentukan Karakter pada Buku Cerita Rakyat Karya Wirodarsono Maziyah, Naelil; Rais, Rahmat; Kiswoyo, Kiswoyo
Indonesian Values and Character Education Journal Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ivcej.v2i1.17924

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan nilai-niali spiritual yang dapat membentuk karakter siswa dalam Buku Cerita Rakyat Joko Dolok Karya Wiradarsono, untuk mengetahui seberapa berpengaruhnya nilai spiritual dalam buku cerita yang dapat membentuk nilai karakter serta untuk mengetahui bagaimana sekolah menanamkan nilai karakter pada anak didik. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemajuan teknologi yang dapat mempengaruhi berkurangnya minat baca siswa terhadap buku cerita rakyat serta menggeser tata nilai dalam kehidupan. Akibatnya, kehidupan manusia menjadi kering spiritualitas, bahkan keimanan pada Dzat Yang Maha Kuasa juga mulai luntur. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. berdasarkan hasil analisis peneliti, buku cerita rakyat Joko Dolok mengandung 34 nilai spiritual yang dapat membentuk karakter siswa. Nilai-nilai spiritual dan nilai-nilai karakter tersebut dapat dilihat dari kutipan dalam penokohan, dan dibuktikan dari indikator iman, ibadah, dan akhlak serta indikator 18 nilai karakter, beberapa point yang mempengaruhi nilai spiritual dalam buku cerita dapat membentuk nilai karakter yaitu dari lingkungan, banyaknya nilai spiritual yang ada didalam buku tersebut dan isi atau alur dari cerita tersebut. Dan tiga cara menanamkan nilai karakter pada siswa yaitu sebelum pembelajaran dimulai, saat pembelajaran dimulai dan saat diluar jam pembelajaran. Penelitian yang telah dilakukan mengenai nilai spiritual dalam buku cerita rakyat berkaitan dengan karakter siswa itu sendiri, guru bisa menjadikan buku cerita rakyat sebagai media untuk membentuk karakter, media pembelajaran yang menyenangkan sehingga siswa tidak bosan dalam mengikuti pelajaran. Kata kunci : Nilai Spiritual, Nilai Karakter, Buku Cerita Rakyat
Penglipuran Sebagai Desa Edukasi Berbasis Tri Hita Karana Dalam Pengembangan Karakter SD Pradnyana Dita, Made Agus Dwi; Aditya Wiranata, I Made Rai; Sari, Kompiang; Sujana, I W.
Indonesian Values and Character Education Journal Vol 2, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ivcej.v2i2.21228

Abstract

Pendidikan karakter bertujuan untuk meningkatkan hasil pendidikan yang mengarah pada pencapaian pembentukan karakter peserta didik. Pengembangan karakter banyak diwacanakan, namun nyatanya belum sepenuhnya diimplementasikan oleh siswa. Pendidikan karakter harus sesuai dengan konsep Tri Hita Karana yaitu tiga penyebab terciptanya kebahagiaan yang meliputi Parahyangan, Pawongan, dan Palemahan. Desa Penglipuran memenuhi konsep Tri Hita Karana sehingga karakter masyarakat Desa Penglipuran dapat dijadikan sebagai edukasi pengembangan karakter di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan tiga tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan serta analisis data dan penyusunan artikel ilmiah. Dari segi Parahyangan, masyarakat desa Penglipuran membangun pura dengan posisi cukup tinggi. Dari segi Pawongan, masyarakat Desa Penglipuran sangat ramah dengan wisatawan maupun dengan sesama masyarakat. Dari segi Palemahan, kebun-kebun di Desa Penglipuran di tata sangat rapi dan bersih. Berdasarkan hal tersebut, karakter masyarakat Desa Penglipuran yang berbasis Tri Hita Karana dapat dijadikan sebagai Desa Edukasi dalam pengembangan karakter di sekolah dasar. 
Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring Eka Santika, I Wayan
Indonesian Values and Character Education Journal Vol 3, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ivcej.v3i1.27830

Abstract

Pendidikan karakter adalah upaya  mewujudkan generasi bangsa yang cerdas dan baik (smart and good citizenship) atau memiliki ahlak mulia dan berkepribadian Indonesia. Keberhasilan pendidikan karakter mengisyaratkan pembelajaran tidak serta merta dilihat dari pesepektif ranah kognitif saja melainkan bagaimana keseimbangan ranah kognitif, afektif, dan psikomotor yang muaranya adalah mewujudkan manusia seutuhnya. Kondisi pandemi Covid-19 saat  ini menjadi tantangan bagi dunia pendidikan khususnya pendidikan formal dalam upaya pendidikan karakter bangsa. Pembelajaran dominan tidak dilakukan dengan tatap muka, sehingga menjadi tantangan guru dalam proses pendidikan karakter tersebut. Disisi lain akan memberikan kesempatan bagai peserta didik dalam mengaktualisasikan nilai-nilai karakter di masyarakat dalam upaya keikutsertaan pencegahan dan penanggulangan Covid-19. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan studi literatur yang berusaha memberikan solusi bagaimana pendidikan karakter dilakukan ketika pembelajaran masih berlangsung dengan metode daring pada sekolah menengah pertama. Strategi yang ditawarkan adalah strategi pendidikan karakter multiplle intelligences berbasis portofolio..
Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) dalam Pembelajaran Biologi Bermuatan Karakter terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Riani, Eka Dora; Sadia, I Wayan; Swasta, Ida Bagus Jelantik
Indonesian Values and Character Education Journal Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ivcej.v1i1.20297

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah antara kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran STM dalam pembelajaran biologi bermuatan karakter dan model pembelajaran DI. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Banjarangkan tahun pelajaran 2013/2014. Sampel yang digunakan sebanyak 82 siswa. Penelitian ini tergolong eksperimen semu dengan rancangan pretest-posttest nonequivalent control group design. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan MANOVA satu jalur dan dilanjutkan dengan uji LSD pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah antara kelompok siswa yang belajar dengan MP.STM dalam pembelajaran biologi bermuatan karakter dan MP.DI (F= 76,528; p<0,05), (2)  terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis antara kelompok siswa yang belajar dengan MP.STM dalam pembelajaran biologi bermuatan karakter dan MP.DI ( F= 3,336; p<0,05), (3) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalahan antara kelompok siswa yang belajar dengan MP.STM dalam pembelajaran biologi bermuatan karakter dan MP.DI (F= 146,110; p<0,05). Hasil uji lanjut dengan  LSD terlihat MP.STM lebih baik dengan MP.DI dalam keterampilan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah. 
Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS Melalui Media Visual Basic Application Siswa Kelas IV SDN Diwek 1 Jombang Tahun Pelajaran 2019-2020 Nurroini, Aizzatun
Indonesian Values and Character Education Journal Vol 3, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ivcej.v3i1.27601

Abstract

Pada saat ini masih dijumpai anak-anak yang memiliki karakter menyimpang, sedangkan sekolah sudah menerapkan pendidikan karakter. Penyampaian pendidikan karakter dengan cara ceramah dalam pembelajaran membuat anak bosan dan pendidikan karakter kurang tersampaikan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memaparkan hasil pendidikan karakter di SD Negeri. Jenis penelitian ini merupakan penelitian mix metod. Subjeknya yaitu anak didik kelas IV SD Negeri, objeknya yaitu pendidikan karakter. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Perencanaan dilakukan dengan membuat RPP dan menyiapkan media pembelajaran. 2) Pelaksanaan dilakukan dengan dua langkah, yaitu tahap pra-intruksional dan tahap intruksional. 3) Berdasarkan angket respon anak didik menunjukkan bahwa hasil rata-rata karakter anak didik adalah 11.11%. hal ini membuktikan bahwa karakter anak didik mengalami peningkatan. 4) Faktor penghambat: Program, sarana prasarana, pembinaan karakter, dan waktu pembuatan media. 5) Faktor pendukung: adanya tata tertib, adanya kerjasama dan interaksi warga sekolah dan anak didik yang baik, dan adanya motivasi dari walimurid.
Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Bermuatan Nilai Budaya dan Karakter Bangsa terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Sikap Demokrasi Pendidikan Kewarganegaraan Lider, Gede; Dantes, Nyoman
Indonesian Values and Character Education Journal Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ivcej.v1i1.20301

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh pendekatan pembelajaran kontekstual bermuatan nilai budaya dan karakter bangsa dan sikap demokrasi terhadap hasil belajar PKn siswa kelas VI sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen dengan desain Post-Test Only Control Group Design. Populasi penelitian ini berjumlah 140 siswa. Sedangkan sampel berjumlah 80 siswa. Data sikap demokrasi dikumpulkan dengan kuesioner dan hasil belajar menggunakan tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan analisis Anava A-B berbantuan SPSS 17.00 for windows. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat perbedaan hasil belajar PKn antara siswa yang mengikuti pembelajaran kontekstual bermuatan Nilai Budaya dan Karakter Bangsa dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Kedua, terdapat pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran kontekstual bermuatan Nilai Budaya dan Karakter Bangsa  dan  sikap  demokrasi terhadap hasil belajar PKn. Ketiga, terdapat perbedaan hasil belajar PKn antara siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran  kontekstual  bermuatan nilai budaya dan karakter bangsa dengan siswa dalam proses pembelajaran menerapkan pembelajaran konvensional, pada siswa yang memiliki sikap demokrasi tinggi. Kempat, terdapat perbedaan hasil belajar PKn antara siswa dengan proses pembelajaran menerapkan pembelajaran kontekstual bermuatan nilai budaya dan karakter bangsa antara siswa yang pembelajarannya  menggunakan pembelajaran konvensional, pada siswa yang memiliki sikap demokrasi rendah.
Analisis Nilai Karakter Siswa Kelas IV pada Prose Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Membaca Kusmilawati, Farita Ervina; Hadi, Husnul; Agustini, Ferina
Indonesian Values and Character Education Journal Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ivcej.v2i1.17923

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan nilai karakter siswa kelas IV pada proses pembelajaran Bahasa Indonesia materi membaca di SD Negeri 1 Telawah Kabupaten Grobogan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa kelas kelas IV SD Negeri 1 Telawah Kabupaten Grobogan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa nilai karakter siswa kelas IV pada proses pembelajaran Bahasa Indonesia materi membaca di SD Negeri 1 Telawah Kabupaten Grobogan cukup baik. Nilai karakter yang diteliti terdiri dari lima nilai karakter dalam rangka penguatan pendidikan karakter dalam kurikulum 2013 yaitu religius, nasionalis, integritas, mandiri dan gotong royong. Kata Kunci: Nilai Karakter, Belajar Bahasa Indonesia, Membaca 
Analisis Nilai Karakter dalam Pembelajaran Tematik Tema Cita-Citaku Ariyanti, Fifa; Rustopo, Rustopo; Setya Putri, Anggun Dwi
Indonesian Values and Character Education Journal Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ivcej.v2i1.17942

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai karakter dalam kegiatan pembelajaran tematik tema cita-citaku pada siswa kelas IV SD Negeri Lamper Tengah 02 Semarang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas dan siswa kelas IV SD Negeri Lamper Tengah 02 Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam pengecekan keabsahan data, penelitian ini melakukan uji kredibilitas yaitu peningkatan ketekunan, triangulasi, dan menggunakan bahan referensi. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari kegiatan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau menarik kesimpulan.  Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa nilai karakter dalam kegiatan pembelajaran tematik tema Cita-Citaku subtema Giat Berusaha Meraih Cita-Cita pada siswa kelas IV SD Negeri Lamper Tengah 02 Semarang terdapat 14 nilai karakter yang ditemukan yaitu Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Semangat Kebangsaan, Cinta Tanah Air, Bersahabat/Komunikatif, Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli Sosial, dan Tanggung Jawab. Sedangkan nilai karakter yang tidak ditemukan adalah Demokratis, Rasa Ingin Tahu, Menghargai Prestasi, dan Gemar Membaca. Nilai karakter yang diteliti terdiri dari 18 nilai karakter dalam pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa oleh kemendikbud. Kata Kunci : Nilai karakter, aktivitas belajar, tematik

Page 1 of 3 | Total Record : 28