cover
Contact Name
Jaka Wijaya Kusuma
Contact Email
jakawijayak@gmail.com
Phone
+6285718831118
Journal Mail Official
lebesguejournal@gmail.com
Editorial Address
Universitas Bina Bangsa Jl. Raya Serang – Jakarta KM.3 No.1B (Pakupatan) Kota Serang Provinsi Banten
Location
Kota serang,
Banten
INDONESIA
Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika
ISSN : 27218929     EISSN : 27218937     DOI : 10.46306/lb
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika Jurnal Lebesgue Adalah Jurnal Ilmiah yang terbit secara daring pada bulan April, Agustus dan Desember. untuk menyebarluaskan hasil-hasil penelitian dalam bidang matematika, statistika, aktuaria, matematika terapan, matematika komputasi, Model Pembelajaran Matematika dan pendidikan matematika.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2020): Jurnal Lebesgue" : 8 Documents clear
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ANDROID DI KELAS 4 SEKOLAH DASAR Abdul Karim; Dini Savitri; Hasbullah
Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika Vol. 1 No. 2 (2020): Jurnal Lebesgue
Publisher : LPPM Universitas Bina Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46306/lb.v1i2.17

Abstract

Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan produk media pembelajaran  yang  dapat  dijadikan  sebagai  salah  satu  alternatif  media pembelajaran yang efektif bagi peserta didik yang dapat digunakan untuk belajar mandiri, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian dilaksanakan di SDN Sudimara Timur 5. Hasil review oleh ahli media terhadap seluruh aspek yang dinilai rata-rata uang diperoleh yaitu sebesar 3,71 yang berarti termasuk dalam kategori baik, oleh ahli materi diperoleh rata-rata sebesar 3,75 dengan kategori baik, serta oleh pengguna yaitu sebesar 4,625 juga termasuk kedalam kategori sangat baik. Sehingga diperoleh rata-rata keseluruhan hasil review ahli dan pengguna terhadap media pembelajaran yang dikembangkan yaitu sebesar 4,02 yang termasuk kedalam kategori baik. Berdasarkan hasil review oleh ahli tersebut maka media pembelajaran ini dinyatakan layak untuk diimplementasikan dalam proses belajar peserta didik secara mandiri
PENGARUH GAYA BELAJAR DAN KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA Indra Martha Rusmana; Dwi Santi Wulandari
Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika Vol. 1 No. 2 (2020): Jurnal Lebesgue
Publisher : LPPM Universitas Bina Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46306/lb.v1i2.18

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk menganalisa apakah terdapat pengaruh gaya belajar dan kecerdasan logika matematika terhadap prestasi belajar matematika di Kecamatan Jatinegara.  Sampel dalam penelitian ini adalah 60 peserta didik. Metode survei dengan teknik simple random sampling. Uji validitas kedua datanya menandakan rhitung > rtabel (0,396) maka soal dikatakan valid. Reliabilitas untuk Gaya Belajar adalah 0,92 dan Kecerdasan Logika Matematika adalah 0,86. Selanjutnya uji chi-kuadrat, ketiga data menandakan X2hitung < X2tabel, yaitu Gaya Belajar (2,13 < 12,592), Kecerdasan Logika (10,25 < 12,592), dan Prestasi Belajar (10,41 < 12,592), maka ketiga datanya berdistribusi normal. Uji variabel bebas secara parsial terhadap variabel terikat, ( 2,39 > 2,0042) maka H0 ditolak, dan disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan gaya belajar terhadap prestasi belajar matematika. ( 7,18 > 2,0042) maka H0 ditolak, dan disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan Kecerdasan Logika Matematika terhadap Prestasi Belajar Matematika. Uji korelasi ganda dengan ∝ = 0,05 maka db1 = 2 dan db2 = 57 diperoleh Ftabel =3,17 dan Fhitung = 607,33; maka H0 ditolak dan disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Gaya Belajar dan Kecerdasan Logika Matematika secara bersama- sama terhadap Prestasi Belajar Matematika.
ERROR CORRECTION MODEL ANALYSIS OF THE DETERMINANT OF STABILITY OF FINANCIAL SYSTEM IN INDONESIA Muhammad Rismawan Ridha
Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika Vol. 1 No. 2 (2020): Jurnal Lebesgue
Publisher : LPPM Universitas Bina Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46306/lb.v1i2.19

Abstract

The current condition of economic openness is both an opportunity and a challenge that must be faced wisely by the government. Liberalization and economic integration will have an impact on financial market liberalization, which is highly vulnerable to create crisis in a banking system. This study aims to analyze the factors that influence the stability of the financial system in Indonesia by using the Error Correction Model (ECM). The variables used in this research is Capital Banking Credit sourced from Statistics Indonesia (BPS) and Exchange Rate, Inflation, and Money Supply sourced from the International Monetary Fund (IMF) between 2010 and 2015. The results of the study show that; 1) ECT coefficient which has negative and significant value explains that the model is valid. 2) Inflation significantly affects the stability of the financial system in Indonesia in the long and short term
MEDIA TAHU KUNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA Yudi Hamdan Dardiri; Ebih Ar Arhasy
Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika Vol. 1 No. 2 (2020): Jurnal Lebesgue
Publisher : LPPM Universitas Bina Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46306/lb.v1i2.20

Abstract

Aktivitas dan prestasi siswa pada materi peluang masih lemah, ditunjukkan dengan ketuntasan klasikal ulangan harian materi peluang yang mencapai siswa yang telah tuntas sebesar 69,23%. Tujuan penelitian paper ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa dengan menggunakan Media Tahu Kuning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK dengan menggunakan 2 siklus, yang masing masing siklus selama 4 x 40 menit). Hasil penelitian menunjukkan prestasi siswa meningkat menjadi 81,81% pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 86,36 % pada siklus II. Berdasarkan dari lembar observasi, keaktifan belajar matematika siswa mengalami peningkatan dari pertemuan pertama 32% pada siklus I sampai pertemuan kedua siklus II sebesar 83%. Simpulan dari paper ini adalah pembelajaran dengan menggunakan media tahu kuning dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar peserta didik. berdasarkan kesimpulan di atas, peneliti menyarankan memodifikasi dan mereplika media tahu sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran matematika. Untuk peneliti selanjutnya dapat mengembangkan replika media tahu dalam penelitian Reseach And Depelovment (R&D) sehingga replika media tahu layak dan valid digunakan sebagai media pembelajaran
PEMODELAN PRODUKTIVITAS PADI DENGAN MENGGUNAKAN GENERALIZED ADDITIVE MODELS DI PROVINSI BANTEN Wahyudi Manurung; Muhammad Fajar; Noviar
Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika Vol. 1 No. 2 (2020): Jurnal Lebesgue
Publisher : LPPM Universitas Bina Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46306/lb.v1i2.23

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan pemodelan produktivitas padi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data produktivitas padi, penggunaan pupuk, penggunaan benih, sistem tanam, serangan OPT, dampak perubahan iklim, dan kecukupan air yang bersumber dari Survei Ubinan yang dilaksanakan Badan Pusat Statistik Provinsi Banten tahun 2019. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Generalized Additive Models (GAM). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa GAM dapat diterapkan dalam pemodelan produktivitas padi dan valid. Hal ini didasarkan bahwa hanya variabel jumlah benih yang tidak signifikan. Sedangkan, variabel sistem penanaman padi, serangan OPT (hama dan penyakit), dampak perubahan iklim, kecukupan air dan jumlah pupuk yang digunakan berpengaruh secara signifikan terhadap produktivitas padi
EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TAI AFL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP PADA MATERI BILANGAN Adi Nurcahyo; Nugroho Arif Sudibyo
Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika Vol. 1 No. 2 (2020): Jurnal Lebesgue
Publisher : LPPM Universitas Bina Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46306/lb.v1i2.24

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran TAI AfL terhadap hasil belajar pada siswa kelas VII dengan materi bilangan. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimental semu dengan teknik pengambilan data cluster random sampling. Populasi dalam penelitian yaitu siwa kelas VII di SMPN 2 Colomadu tahun ajaran 2018/2019. Sedangkan sampel pada penelitian yaitu siswa kelas VII yang terdiri dari tiga kelas dan berjumlah 90 orang. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode tes yang berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 soal. Uji prasyarat analisis menggunakan metode Liliefors sebagai uji normalitas dan uji Bartlet sebagai uji homogenitas. Analisis data menggunakan analisis variansi satu jalur dengan sel sama kemudian dilanjutkan uji lanjut pasca anava dengan uji Scheffe. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil model pembelajaran TAI AfL lebih efektif daripada model pembelajaran TAI dan model langsung, selain itu juga model pembelajaran TAI lebih efektif daripada model pembelajaran secara langsung.
PREDIKSI INFLASI DI INDONESIA MENGGUNAKAN METODE MOVING AVERAGE, SINGLE EXPONENTIAL SMOOTHING DAN DOUBLE EXPONENTIAL SMOOTHING Nugroho Arif Sudibyo; Ardymulya Iswardani; Arif Wicaksono Septyanto; Tyan Ganang Wicaksono
Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika Vol. 1 No. 2 (2020): Jurnal Lebesgue
Publisher : LPPM Universitas Bina Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46306/lb.v1i2.25

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui model peramalan yang paling baik digunakan untuk meramalkan inflasi di Indonesia dengan data inflasi Januari 2015 sampai dengan Mei 2020. Penelitian ini menggunakan beberapa metode peramalan. Berdasarkan metode peramalan yang dilakukan didapatkan hasil peramalan yang paling baik dilihat dari MAPE, MAD dan MSD adalah single exponential smoothing. Selanjutnya, hasil peramalan menunjukkan bahwa tingkat inflasi di Indonesia pada Agustus 2020 sebesar  1,41746%.
ANALISIS KUALITAS INSTRUMEN UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI Rizky Ananda Setiyawan; Palupi Sri Wijayanti
Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika Vol. 1 No. 2 (2020): Jurnal Lebesgue
Publisher : LPPM Universitas Bina Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46306/lb.v1i2.26

Abstract

Instrumen yang digunakan dalam mengevaluasi pembelajaran matematika di sekolah selama masa pandemi harus teruji kualitasnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas instrumen tes kemampuan pemecahan masalah yang digunakan dalam pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19 berdasarkan tingkat validitas, reliabilitas, daya pembeda, tingkat kesukaran dan memberikan kontribusi terhadap pendidikan mengenai instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematika yang berkualitas baik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang dilakukan di SMP N 3 Jetis melalui tiga tahapan kegiatan yaitu  persiapan, pelaksanaan dan akhir. Data kuantitatif yang diperoleh adalah skor kemampuan pemecahan masalah matematika. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kuantitatif untuk menentukan tingkat kualitas instrumen secara data empiris sedangkan kualitatif untuk menentukan kategori tingkat validitas, reliabilitas, daya beda dan tingkat kesukaran instrumen tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis kualitas instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematika 100% valid, reliabilitas sebesar 0,858 dengan kategori baik, daya pembeda termasuk dalam kategori cukup, sedangkan tingkat kesukaran instrumen tes terdiri dari 3 butir soal kategori sedang dan 1 butir soal kategori mudah

Page 1 of 1 | Total Record : 8