cover
Contact Name
Hayatullah Kurniadi
Contact Email
hayatullah.kurniadi@uin-suska.ac.id
Phone
+6285265505309
Journal Mail Official
jurnalkomunikasiana@uin-suska.ac.id
Editorial Address
Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sultan Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Komunikasiana: Journal of Communication Studies
ISSN : 26544695     EISSN : 26547651     DOI : -
Komunikasiana: Journal of Communication Studies Print ISSN 2654-4695 | Online ISSN 2654-7651 is an academic journal published by Dakwah and Communication Faculty of UIN Sultan Syarif Kasim Riau. This journal publishes the results of research on communication studies: Media, Journalism, Public Relations, Broadcasting, Corporate Social Responsibilty (CSR), Marketing Communication, Organizational Communication, Political Communication, Cross Culture Communication, Information Communication Technology (ICT), Health Communication, Disaster Communication, New Media.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2020)" : 5 Documents clear
Positive Word of Mouth (WoM) Sebagai Komunikasi Pemasaran Universitas Abdurrab Saat Covid-19 Lestari, Suci Shinta; Arif, Muhammad
Komunikasiana: Journal of Communication Studies Vol 2, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/kjcs.v2i1.10538

Abstract

Banyak perusahaan, institusi, organisasi bahkan personal mengandalkan positive WoM sebagai alat komunikasi pemasaran penting, tidak terkecuali PTS seperti Universitas Abdurrab Pekanbaru. Baginya mendorong peningkatan jumlah mahasiswa baru melalui rekomendasi mahasiswa kepada calon mahasiswa baru atau Word of mouth (WoM) merupakan alat pemasaran positif yang dapat mendatangkan manfaat bagi institusi. Penelitan ini adalah penelitian kepustakaan (literacy research), yaitu serangkaian penelitian yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, atau penelitian yang objek penelitiannya digali melalui beragam informasi kepustakaan (buku, jurnal ilmiah, dan dokumen) bertujuan untuk memaparkan beberapa metode yang dipakai Universitas Abdurrab untuk menciptakan atau merangsang terjadinya word of mouth sebagai alat komunikasi pemasaran saat pandemic Covid-19. Dari hasil penelitian diketahui bahwa Terdapat beberapa metode yang dipakai Universitas Abdurrab untuk menciptakan atau merangsang terjadinya word  of mouth sebagai alat komunikasi pemasaran saat pandemic Covid-19 yakni Buzz marketing, Cause marketing, Viral marketing dan Influencer marketing.  
Nation Branding: Dampak Kehadiran Pemimpin Politik di Platform Media Sosial Trisakti, Febby Amelia; Alifahmi, Hifni
Komunikasiana: Journal of Communication Studies Vol 2, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/kjcs.v2i1.9682

Abstract

Nation branding di era digital ditandai dengan kehadiran negara-negara yang bersaing untuk mendapatkan pengakuan dunia dengan mempromosikan norma, nilai, ide, pariwisata dan peluang investasi mereka secara signifikan, melalui penggunaan platform media sosial dan influencer daring. Fokus penelitian ini adalah mengukur dampak kehadiran Presiden Jokowi pada platform digital terhadap pembangunan nation brand. Platform yang menjadi fokus adalah Twitter sebagai saluran utama bagi pemerintah untuk memperkuat ekuitas merek negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji aspek nation branding yang ditampilkan melalui konten media sosial Twitter pemimpin bangsa, yakni Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa reaksi terhadap kehadiran Presiden di media sosial sangat minim dalam hal memproyeksikan nilai-nilai negara, karena orang-orang lebih fokus membahas topik "ringan" dan "informal". Oleh karena itu, konten pariwisata yang ditonjolkan pada Twitter perlu meningkatkan kecepatan dalam 3A: Aksesibilitas (transportasi), Amenitas (fasilitas), dan Atraksi di tujuan wisata(Kinerja Reputasi), keadaan santai yang tidak terkait langsung dengan pariwisata (Reputasi Simbolik).
Komunikasi Massa pada Kerja Kuratorial Festival Film Sineas Mahasiswa 2020 di Bandung Undiana, Nala Nandana; Sarbeni, Irwan; Ardiansyah, Arsya; Razan, Amany Putri
Komunikasiana: Journal of Communication Studies Vol 2, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/kjcs.v2i1.9426

Abstract

Festival film saat ini menjadi kegiatan yang semakin popular dan juga menjadi salah satu kegiatan multidisiplin yang menampung banyak ide praktisi di dalamnya. Penelitian ini melihat praktik kerja kuratorial yang dilakukan oleh kurator dalam penyelenggraan festival film. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah analisis deskriptif yang bertitik berat pada pola komunikasi massa yang dilakukan oleh kurator saat menyampaikan pesan dalam proses kerja kuratorialnya. Data yang digunakan adalah kumpulan hasil pengamatan, wawancara dan data pendukung lain dari para kurator yang terlibat dalam Festival Film Sineas Mahasiswa 2020. Penelitianini menjabarkan kecenderungan praktik kerja kuratorial pada penyelenggaraan sebuah festival film, terutama pada proses perancangan program kegiatan dan pemilihan film yang dilakukan selama festival berlangsung. Dalam penelitian ini, dapat dikemukakan bahwa proses kuratorial tidak sematamata membahas perihal teknis pelaksanaan sebuah kegiatan festival film, namun lebih jauh, praktik kerja kuratorial menjadi media penyebar informasi pada khalayak publik dan juga bagian penting dalam proses pembentuk wacana dan isu yang akan menjadi kecenderungan bentuk karya para peserta festival pada umumnya.
Podcast Menjadi Media Pemenuhan Kebutuhan Informasi Di Era Disruptif Yubiantara, iqbal; Retnasary, Maya
Komunikasiana: Journal of Communication Studies Vol 2, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/kjcs.v2i1.10455

Abstract

Podcast menjadi salah satu media yang memiliki karakteristik Platform Digital Informations, menjadi semakin tren pada beberapa tahun ke belakang, dengan bentuk sajian yang menyerupai radio, yaitu sajian informasi berupa audio atau suara tanpa visual, sebuah produk baru dalam media di era disruptif sebagai wujud pemenuhan kebutuhan informasi bagi khalayak luas. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perihal proses dari pembuatan konten podcast sebagai media baru oleh salah satu konten kreator yang menjadi subjek penelitian “Man Behind The Gun” yang berisikan konten mengenai wawancara berformat tanya jawab seputar dunia industri kreatif, dan para pelaku dibalik industri kreatif itu sendiri. Hasil pada penelitian ini mengenai Podcast menjadi media pemenuhan kebutuhan informasi di era disruptif pada program “Man Behind The Gun”, proses pemenuhan kebutuhan informasi memang memiliki relatifitas pada kenyataanya, dan media yang dipakaipun menjadi pembentukan komitmen antara “Man Behind The Gun” ketika pada akhirnya memilih Podcast sebagai media pemenuhan kebutuhan informasi bagi para pendengarnya.
Representasi Tentang Cinta Melalui Tokoh Richard Dalam Film “Love For Sale” (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce) Sangsyarifsyah, Muhammad Farid; Aminudin, Amin
Komunikasiana: Journal of Communication Studies Vol 2, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/kjcs.v2i1.9389

Abstract

Film Love For Sale merupakan film dengan genre drama komedi. Film berdurasi 104 menit ini Diproduksi oleh Visinema Pictures, dengan arahan Andi Bachtiar Yusuf selaku director. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang cinta melalui tokoh Richard yang terkandung dalam film Love For Sale. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan analisan semiotika Charles Sanders Peirce. Paradigma dalam penelitian ini ialah paradigma kritis. Unit analisis dalam penelitian ini adalah film Love For Sale. Data primer dalam penelitian ini Sceen dalam film Love For Sale dan data sekunder penelitian ini didapatkan dari kajian pustaka ataupun jurnal yang membahas film Love For Sale. Hasil Penelitian ini, peneliti mendapatkan 5 scene yang mengandung unsur tentang cinta melalui teks/ dialog yang terdapat dalam film Love For Sale. Unsur tentang cinta yang ditampilkan dalam film Love For Sale melalui karakter Richard. Film ini mengajarkan tentang cinta karena cinta dapat mengubah karakter seseorang, seperti pada tokoh utama dalam film ini yaitu Gading Marten sebagai Richard Wijaya memiliki sifat yang sangat individualis terhadap dirinya sendiri dan tidak peduli terhadap orang lain, namun semua berubah disaat dia mengenal cinta Bersama arini.

Page 1 of 1 | Total Record : 5