cover
Contact Name
Singgih Subiyantoro
Contact Email
singgihsubiyantoro@yahoo.com
Phone
-
Journal Mail Official
singgihsubiyantoro@yahoo.com
Editorial Address
Pascasarjana Kependidikan UNS lantai 2
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
ISSN : 25410261     EISSN : 27459969     DOI : https://doi.org/10.32585/
Core Subject : Education,
Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran merupakan jurnal ilmiah berskala nasional yang dikelola oleh Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia cabang Surakarta (IPTPI Surakarta). Edudikara terbit berkala per 3 bulan sekali, yakni Maret, Juni, September, dan Desember.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 166 Documents
IMPLEMENTASI TEKNIK 3N KI HAJAR DEWANTARA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN PADA MAHASISWA Nufus, Hayatun; Utami, Puspa Indah
Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol 3 No 3 (2018)
Publisher : IPTPI Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/edudikara.v3i3.6

Abstract

Implementasi teknik 3N diharapkan dapat meningkatkan kemampuan menulis cerpen pada mahasiswa. Niteni dalam bahasa Indonesia berarti memperhatikan, mengamati, dan menyimak, sedangkan niroake artinya menirukan , dan nambahi artinya menambahkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam membuat cerpen sebagai hasil dari implementasi teknik Niteni, Niroake, dan Nambahi (3N) Ki Hajar Dewantara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Proses penelitian tindakan terdiri dari empat tahap. Keempat tahap ini adalah (1) tahap perencanaan, (2) tahap tindakan, (3) tahap pengembangan, dan (4) tahap refleksi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester 6B yang berjumlah 43 mahasiswa. Aspek yang dinilai dalm menulis cerpen adalah alur atau plot, tokoh dan penokohan, latar, gaya bahasa, sudut pandang, dan tema cerita. Hasil penelitian dari prasiklus hingga ke siklus kedua mengalami peningkatan. Pada tahap observasi, mahasiswa rata-rata telah mengetahui teori menulis cerpen hal ini berdasarkan dari pengamatan yang mencapai 97, 27%. Rata-rata nilai yang diperoleh pada prasiklus adalah70,0, siklus pertama rata-rata nilai adalah 76,6, dan siklus kedua rata-rata nilai mahasiswa adalah 81, 0. Dari keenam aspek menulis cerpen, gaya bahasa memperoleh nilai terendah dan yang tertinggi adalah mengenai tema cerita.
PENERAPAN MODEL AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA Nurbani, Nurbani; Mukcram, Risyad
Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol 3 No 3 (2018)
Publisher : IPTPI Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/edudikara.v3i3.3

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui: (1) hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition berbantuan media Interaktif dan model pembelajaran konvensional (2) perbedaan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model Auditory Intellectually Repetition berbantuan media Interaktif dan model pembelajaran konvensional. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode Eksperimen dengan bentuk penelitian yang digunakan adalah True Eksperimental Design dan rancangan yang digunakan adalah Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Mathla’ul Anwar Pontianak yang terdiri dari 4 kelas. Teknik sampel yaitu Simple Random Sampling. Sampel yang terpilih menjadi kelas eksperimen adalah kelas VII D dan kelas kontrol adalah kelas VII A. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pengukuran. Hasil belajar kelas eksperimen yang diberikan model Auditory Intellectually Repetition (AIR) berbantuan media Interaktif lebih tinggi dengan nilai rata-rata 79,78 dari pada kelas kontrol yang diberikan model pembelajaran konvensional dengan rata-rata 72,22. Terdapat perbedaan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model Auditory Intellectually Repetition (AIR) berbantuan media Interaktif dan model pembelajaran konvensional di kelas VII MTs Mathla’ul Anwar Pontianak dengan nilai signifikansi 0,019 lebih kecil dari 0,05
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DALAM METODE QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR Lestari, Isnania
Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol 3 No 3 (2018)
Publisher : IPTPI Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/edudikara.v3i3.5

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran mind mapping dalam metode quantum learning pada mata pelajaran TIK untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Sungai Laur Kabupaten Ketapang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan bentuk Pre-experimental Design. Hasil yang diketahui sebelum diterapkan model tersebut, nilai rata-rata sebesar 64,19 dengan kriteria tergolong cukup. Kemudian setelah diterapkannya model tersebut, hasilnya menunjukan nilai rata-rata sebesar 81,06 dengan kriteria tergolong istimewa. Selanjutnya terdapat peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran tersebut dengan memiliki nilai Gain score sebesar 0,47 dengan Kriteria sedang. Berdasarkan penelitian yang telah diterapkan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran mind mapping dalam metode quantum learning pada mata pelajaran TIK dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Sungai Laur Kabupaten Ketapang.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MYOB ACCOUNTING MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW Saman, Saman
Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol 3 No 3 (2018)
Publisher : IPTPI Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/edudikara.v3i3.8

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar MYOB Accounting melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW bagi siswa kelas XII Akuntansi 1 SMK Muhammadiyah 4 Sragen pada semester V tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Kegiatan penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Pada Siklus I siswa hanya diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW secara klasikal, sementara pada Siklus II diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW secara kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari 4 sampai 6 siswa. Capaian dari penelitian ini diantaranya peningkatan persentase hasil belajar siswa, dari 65% pada Pra Siklus, menjadi 78,6% pada akhir Siklus I, dan menjadi 88,5% pada akhir Siklus II. Peningkatan lainnya terjadi pada keaktifan siswa dan keaktifan guru. Persentase keaktifan siswa mengalami peningkatan dari 77% pada Pra Siklus, menjadi 89% pada Siklus I, dan menjadi 90% pada akhir Siklus II. Sementara keaktifan guru meningkat dari 70% pada Pra Siklus, menjadi 75% pada Siklus I, dan menjadi 87% pada akhir Siklus II. Peningkatan ini tentu dikarenakan adanya perbaikan-perbaikan selama proses pembelajaran oleh guru dan kolaborator selama dua Siklus. Berdasarkan Penelitian Tindakan Kelas yang telah dilakukan dapat disimpulkan penggunaan model pembelajaran tipe JIGSAW secara tepat mampu meningkatkan hasil belajar Myob Accounting.
UPAYA MENINGKATKAN PERENCANAAN KARIR PESERTA DIDIK KELAS XII AKUNTANSI SMK NEGERI 1 SRAGEN MELALUI BIMBINGAN KARIR DENGAN PENGGUNAAN MEDIA MODUL Sugiyarto, Joko
Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol 3 No 3 (2018)
Publisher : IPTPI Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/edudikara.v3i3.11

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perencanaan karir peserta didik melalui bimbingan karir dengan penggunaan media modul pada peserta didik kelas XII AK 2 SMK Negeri 1 Sragen tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek yang diambil dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu sebanyak 12 peserta didik yang memiliki tingkat perencanaan karir rendah. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Analisis data yang digunakan menggunakan rumus t-test untuk melihat perbedaan rerata pretest dan rerata posttest. Hasil penelitian menunjukan perencanaan karir peserta didik kelas XII AK 2 dapat ditingkatkan melalui bimbingan karir dengan penggunaan media modul yang dilihat dari adanya perbedaan yang signifikan dari rerata sebelum dilakukan bimbingan karir sebesar 105,25 dan setelah dilakukan bimbingan karir rerata sebesar 122,50. Sehingga dapat disimpulkan “ada peningkatan perencanaan karir melalui bimbingan karir dengan penggunaan media modul pada peserta didik kelas XII AK 2 SMK Negeri 1 Sragen tahun ajaran 2017/2018. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan rujukan bagi guru bmbingan dan konseling dalam penyusunan program dan pengembangan media layanan bimbingan konseling karir untuk meningkatkan perencanaan karir peserta didik.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID SEBAGAI PENDUKUNG PEMBELAJARAN MATA KULIAH BELAJAR DAN PEMBELAJARAN Subiyantoro, Singgih; Nugroho, Anwari Adi
Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol 3 No 3 (2018)
Publisher : IPTPI Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/edudikara.v3i3.12

Abstract

This article aims to explain an android-based instructional media development procedure to enhance teaching and learning. At present we have entered a new era that demands technological literacy and data literacy, namely the big data era. People also call it an era of disruption 4.0. Some characteristics of this era are big volume, variety, velocity, veracity, and transitory. The ease of access to information brings benefits as well as various risks. Media development procedures can refer to development models that have been created by experts. One model that can be used is the ADDIE (Analiyz, Design, Development, Implementation and Evaluation) model. Regarding the procedures of developing android-based instructional media will be explained further in Chapter III. The discussion, conclusions, and recommendations contained in this article can be used as consideration for developing or using android-based instructional media, both at school and in college.
MODEL KOOPERATIF JIGSAW DAN NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KREATIFITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA Suratno, Suratno
Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol 3 No 3 (2018)
Publisher : IPTPI Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/edudikara.v3i3.13

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui bagaimana penggunaan model kooperatif jigsaw dan NHT dapat meningkatkan kreatifitas dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Kegiatan penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang berlangsung secara berkesinambungan. Setiap siklus terdiri atas tiga kegiatan yaitu perencanaan, tindakan/observasi, dan refleksi. Subjek Penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII A yang berjumlah 32 anak yang terdiri dari 14 perempuan dan 18 laki – laki di SMP Negeri 2 Kerjo Semester gasal tahun pelajaran 2016/2017 pada pembelajaran mata pelajaran Matematika.Pada saat Pra Siklus, hasil belajar peserta didik yang tuntas baru mencapai 65,625 % dengan nilai rata-rata 74,25 dengan ketuntasan klasikal sebesar 65,63%. Siklus I prosentasenya naik menjadi 68,75% dengan nilai rata-rata 75,28 di Siklus II menjadi 93,75% dengan nilai rata-rata 79,5. Rata-rata kreatifitas belajar pada siklus I sebesar 2,47 pada katagori cukup (C), siklus II rata-rata 3,47 pada katagori baik (B), sehingga terjadi peningkatkan kreatifitas belajar. Pada siklus I tidak ada siswa yang memiliki kreatifitas belajar pada katagori sangat baik (SB), sedangkan pada siklus II terdpat 17 siswa atau 53,13% dari 32 siswa.
ANALISIS KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN MODUL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH Sipayung, Tetty Natalia; Anzelina, Dewi
Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol 3 No 3 (2018)
Publisher : IPTPI Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/edudikara.v3i3.14

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana keefektifan pembelajaran matematika realistik berbantuan modul dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-B SMP Nusantara Lubuk Pakam yang berjumlah 36 siswa. Sedangkan objek penelitian adalah keefektifan pembelajaran matematika realistik berbantuan modul. Materi modul dalam hal ini adalah bilangan bulat. Adapun hasil dari penelitian ini adalah keefektifan pembelajaran matematika realistik berbantuan modul dilihat dari beberapa aspek yaitu aktivitas siswa dan guru, serta hasil belajar siswa melalui kemampuan pemecahan masalah pada materi bilangan bulat. Berdasarkan aspek aktivitas siswa dan guru berada dalam kategori baik dengan skor rata-rata 3.81 dan 4.28. Selain itu kemampuan pemecahan masalah pada materi bilangan bulat diperoleh hasil persentase rata-rata 79 % dari keseluruhan siswa mendapat hasil belajar tuntas.
PENGARUH KETAATAN PADA TATA TERTIB SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA Apriliyanto, Broto
Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol 3 No 3 (2018)
Publisher : IPTPI Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/edudikara.v3i3.15

Abstract

Hasil belajar Matematika dipengaruhi faktor internal dan eksternal dari diri siswa. Salah satu faktor internal yang berpengaruh adalah sikap tertib dalam belajar dan kegiatan pembelajaran. Tata tertib sekolah diharapkan mampu mengarahkan siswa pada perilaku yang taat dan disiplin terhadap peraturan yang berlaku yang akhirnya berimbas pada ketertiban dalam belajar. Potensi dan prestasi siswa dalam belajar diharapkan dapat berkembang dengan adanya kedisiplinan belajar yang baik sehingga mendapatkan hasil yang maksimal. Disiplin merupakan aspek yang penting dalam belajar Matematika karena siswa mendapat kesempatan untuk melatih diri berpikir yang tertib, taat azaz, dan sistematis. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasional yang melibatkan 30 siswa SMA Negeri 1 Wuryantoro sebagai responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar dan ketaatan siswa sudah baik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ketaatan siswa terhadap tata tertib sekolah mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika.
PERBEDAAN PENGARUH PEMBELAJARAN BERORIENTASI BERMAIN DENGAN LATIHAN TERHADAP HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK Diarto, Agus
Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol 3 No 3 (2018)
Publisher : IPTPI Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/edudikara.v3i3.16

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara kelompok pembelajaran berorientasi bermain dengan kelompok pembelajaran latihan terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa Putra kelas VII SMP Negeri 2 Kartasura tahun pelajaran 2014/2015, Untuk mengetahui manakah yang lebih baik antara pembelajaran berorientasi bermain dengan pembelajaran gaya latihan terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa Putra kelas VII SMP Negeri 2 Kartasura tahun pelajaran 2014/2015. Metode yang digunakan eksperimen, dengan pola M-S (Matched Subject Designs) menggunakan ordinal pairing. Populasi adalah siswa Putra kelas 1 SMP Negeri 2 Kartasura berjumlah 120 siswa. Sampling dengan proporsional random sampling.Analisis data dengan menggunakan uji t (t-test) pada taraf signifikansi 5 %. Dari hasil perhitungan nilai t hitung = 3,076 lebih besar dari t tabel = 1,69 (t hitung = 3,076 > t tabel = 1,69). Dengan demikian hipotesa nol ditolak, berarti terdapat perbedaan pengaruh antara kelompok pembelajaran berorientasi bermain dengan kelompok pembelajaran gaya latihan terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok. Pengaruh Pembelajaran berorientasi bermain sebesar 8 % lebih baik daripada pengaruh pembelajaran gaya latihan sebesar 3,2 % terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa Putra kelas VII SMP Negeri 2 Kartasura tahun pelajaran 2014/2015.

Page 1 of 17 | Total Record : 166