cover
Contact Name
Ebit Bimas Saputra
Contact Email
ebitbimas99@gmail.com
Phone
+6282287504359
Journal Mail Official
dinasti.info@gmail.com
Editorial Address
Case Amira Prive Jl. H. Risin No. 64D Pondok Jagung Timur, Serpong Utara, Tangerang Selatan, Indonesia
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS)
Published by DINASTI REVIEW
ISSN : 27163768     EISSN : 2716375X     DOI : https://doi.org/10.38035/jmpis.v1i1
Focus and Scope FOCUS Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memfokuskan diri pada riset tentang Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial. Pendekatan metode penelitian meliputi: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memiliki tujuan sebagai berikut: Menyediakan sarana publikasi penelitian empiris dan alternatif bidang Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial. Menyebarkan hasil penelitian ilmiah baru kepada masyarakat. Mempercepat alih pengetahuan dari hasil penelitian empiris dan alternatif ke praktik. Oleh karena itu jurnal ini memuat artikel empiris dan tinjauan kritis baik yang menggunakan pendekatan kuantitatif (mainstream), pendekatan kualitatif (alternatif), maupun metode lainnya. SCOPE Topik yang dapat dimuat dalam jurnal ini adalah topik yang berhubungan dengan: PENDIDIKAN Pengelolaan Kurikulum, Pengelolaan Lulusan, Pengelolaan Proses Pembelajaran, Pengelolaan Sarana dan Prasarana, Pengelolaan Pendidikan, Pengelolaan Pembiayaan, Pengelolaan Penilaian, Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Pendidikan Kepemimpinan, Kebijakan dan Perencanaan Pendidikan, Ekonomi Pendidikan, Politik Pendidikan, Sekolah, Akademis, Pendidikan Sains, Matematika, Fisika, Kimia, Bahasa, Sosial, dll Ilmu Sosial Manajemen Ekonomi Politik Hukum Psikologi Komunikasi Humaniora (Budaya, Bahasa, dll) Seni Bidang Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial terapan Scopenya tidak terbatas hanya pada bidang-bidang tersebut. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) juga mempublikasikan hasil penelitian yang relevan dengan bidang ilmu manajemen dan terapannya.
Articles 53 Documents
NOBLE INDUSTRY: PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PESANTREN DAN BOARDING SCHOOL (STUDI TERHADAP PESANTREN SALAFY DAN MADRASAH BERASRAMA NON-PESANTREN DI JAMBI) Maisah, Maisah; M. Kamal; Irjus Indrawan; Ade Julianza; Soni Yuda Ariyanto
JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Januari)
Publisher : DINASTI REVIEW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jmpis.v1i1.118

Abstract

Penelitian ini mejelaskan model pendidikan multikultural pada madrasah di kota Jambi, penelitian ini diharapkan mampu menjadi twanan model pendidikan mutikultural agar dapat diaplikasikan di kominitas masyarakat lainnya terutama dalam mencegah ancaman radikalisme. Dengan menggunakan model kualitatif, didapatkan hasil penelitian sebagai berikut: pertama pola internalisasi tradisi di pondok sangat di pengaruhi oleh nilai-nilai karakter sosial siswa yang ada di pondok pesantren yang dapat ditanamkan pada pendidikan boarding shcool baik di pesantren maupun di madrasah, kedua, pola tranformasi dimensi multikultural di pendidikan pesantren mempunyai ciri khas memberikan pengetahuan mengenai ilmu alat/metode, sebagai kunci untuk membaca dan memahami ilmu agama yang lebih mendalam, hal ini karena pemahaman mengenai ajaran agama dilandasi oleh pemahaman metodologis terhadap ilmu, pendidikan multikultural merupakan proses pengembangan sikap dan tata laku seseorang atau sekelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran, pelatihan, proses, perbuatan, dan cara-cara mendidik yang menghargai pluralitas dan heterogenitas secara humanistik
PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF REVOLUSI MODERN DI INDONESIA Anwar US, Kasful; Sohiron, Sohiron
JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Januari)
Publisher : DINASTI REVIEW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jmpis.v1i1.119

Abstract

Pendidikan selalu berkembang mengikuti dinamika kehidupan masyarakat. Dinamika perubahan dimasyarakat dalam ilmu social dengan istilah revolusi modern atau perubahan sosial. Revolusi modern dalam perspektif pendidikan dapat dipahami pada teori proses perubahan sosial, karena pendidikan merupakan alat yang efektif dari proses perubahan social (agen of change). Dalam Islam membangun masyarakat melalui pendidikan, karena proses pendidikan merupakan salah satu cara yang efektif dalam membangun umat. Sebagaimana dalam firman Allah SWT dalam kitab-Nya: ”Sesungguhnya Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum hingga mereka merubah nasibnya sendiri“. Revolusi modern dalam perspektif budaya dapat dipahami dari perubahan sosial budaya yang merupakan sebuah gejala berubahnya struktur sosial dan pola budaya dalam suatu masyarakat. Perubahan sosial budaya merupakan gejala umum yang terjadi sepanjang masa dalam setiap masyarakat. Perubahan itu terjadi sesuai dengan hakikat dan sifat dasar manusia yang selalu ingin mengadakan perubahan.
ANALISIS SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT PADA PELAYANAN PERIJINAN DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (DPMPTSP) KABUPATEN KEPULAUAN TALAUD Rini Larono, Stenly
JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Januari)
Publisher : DINASTI REVIEW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jmpis.v1i1.217

Abstract

Pengukuran Indeks Kepuasan Masyarakat adalah untuk menentukan perkembangan kinerja unit dalam layanan lembaga pemerintah yang dilaksanakan oleh lembaga terkait secara berkala dan dapat digunakan sebagai bahan untuk kebijakan mereka sendiri untuk lebih meningkatkan kualitas layanan publik . Sedangkan tujuan penelitian mengukur IKM: bagaimana tingkat kepuasan pelanggan, mengetahui unsur-unsur yang harus ditingkatkan dan bagaimana cara meningkatkan kepuasan masyarakat. Indikator Pengukuran Kepuasan Masyarakat oleh PermenpanRB No. 14 tahun 2017 adalah Persyarataan, Sistem mekanisme dan Prosedur, Waktu Penyelesaian, Biaya/tarif, Produk spesifikasi jenis pelayanan, Kompetensi pelaksana, Perilaku pelaksana, Sarana dan prasarana serta Penanganan pengaduan, saran, dan masukan . Berdasarkan indikator pengukuran kepuasan publik di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) di Kabupaten Kepulauan Talaud, Penulis merekomendasikan sebagai berikut: (1) memberikan pelatihan kepada petugas loket pendaftaran pada unit penelitian administrasi yang berkaitan dengan pelayanan; dan (2) menyebarkan dan menyiapkan brosur atau leaflet di loket pendaftaran survey IKM akan terus dilakukan secara berkesinambungan
STRATEGI PENGEMBANGAN SMAN 1 SITIUNG Suriyana, Nofsri
JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Januari)
Publisher : DINASTI REVIEW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jmpis.v1i1.218

Abstract

Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Sitiung adalah sekolah yang berumur cukup tua dan besar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kondisi internal dan eksternal sekolah dan menyusun formulasi strategi cerdas guna memperoleh keunggulan bersaing dengan sekolah lainnya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, survey dan kuesioner yang dilakukan terhadap pihak-pihak terkait di dalam sekolah, dan luar sekolah. Data-data yang telah diperoleh tersebut dianalisis menggunakan Matriks IFE, EFE, CPM, TOWS, IE, SPACE, Grand Strategy dan QSPM. Hasil dari Matriks IFE sebesar 3,13 dan Matriks EFE sebesar 2,68. Hasil analisis Matriks TOWS, SPACE, IE, Grand Strategy menunjukkan alternatif yang dapat diterapkan sekolah adalah starategi peningkatan mutu lulusan dan kuantitas jumlah melanjutkan ke perguruan tinggi, sedangkan berdasarkan analisis Internal dan Eksternal matrik diperoleh alternative strategi peningkatan sarana dan prasarana, peningkatan mutu guru dan karyawan, dan strategi kerja sama dengan pemerintah, dan perguruan tinggi .
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA PT SAMSUNG Neldi, Mondra
JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Januari)
Publisher : DINASTI REVIEW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jmpis.v1i1.229

Abstract

PT PT SAMSUNG adalah perusahaan internasional yang bergerak dalam bidang produksi dan penjualan barang elektronik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kondisi internal dan eksternal perusahaan dan menyusun formulasi strategi pemasarans guna memperoleh keunggulan bersaing bagi perusahaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, survey dan kuesioner yang dilakukan terhadap pihak-pihak terkait di dalam perusahaan. Data-data yang telah diperoleh tersebut dianalisis menggunakan Matriks IFE, EFE, TOWS, IE. Hasil dari Matriks IFE sebesar 2,760 dan Matriks EFE sebesar 2,764. Hasil analisis Matriks IFE, EFE, IE dan TOWS menunjukkan alternatif yang dapat diterapkan perusahaan adalah strategi penetrasi pasar dan pengembangan produk.
ANALISIS STRATEGI CAFE DOODOO DESSERT DAN SHISHA Yamasitha, Yamasitha
JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Januari)
Publisher : DINASTI REVIEW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jmpis.v1i1.230

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kondisi internal, eksternal cafe dan menyusun formulasi strategi bisnis guna memperoleh keunggulan bersaing bagi perusahaan. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Berdasarkan hasil dari Matriks IFE dan EFE , CAFE DOODOO DESSERT & SHISHA menunjukkan strategi perusahaan dalam memanfaatkan kekuatan dan meminimalkan kelemahan berada di atas rata-rata dan kondisi internal perusahaan cenderung kuat dan harus tetap berupaya maksimal untuk memanfaatkan peluang eksternal dan menghindari ancaman yang dapat mempengaruhi perusahaan. Selanjutnya Matriks CPM, menunjukan bahwa masih cukup baik bila dibandingkan dengan dua pesaing utamanya. Ini diperkuat dengan hasil analisis matriks TOWS dapat diketahui bahwa ada empat strategi yang yang dapat dijalankan, yaitu strategi pengembangan pasar, strategi integrasi horizontal, dan strategi pengembangan produk. Terakhir pada Matriks SPACE hasilnya pada kuadran agresif, diikuti hasil matrik Internal-Eksternal hasilnya berada dalam sel nomor V, yaitu dalam sel pertahankan dan pelihara.
HUBUNGAN PERMINTAAN DAN HARGA DALAM PENENTUAN PENDAPATAN USAHA Fadly Ramadhan, Muhammad
JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Januari)
Publisher : DINASTI REVIEW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jmpis.v1i1.231

Abstract

Literature Review ini dilakukan untuk menguji secara teori hubungan antara elastisitas permintaan dengan harga dalam penentuan Pendapatan perusahaan. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk literature review yaitu dengan mengumpulkan landasan teori yang berhubungan dengan hubungan permintaan dan harga dalam penentuan pendapatan usaha dari literatur-literatur yang ada dan melakukan analisis terhadap literatur tersebut untuk membentuk suatu hipotesis yang akan diuji lebih lanjut dengan penelitian.
PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN DAN CAPITAL INTENSITY TERHADAP TAX AVOIDANCE Mailia, Vani; Apollo, Apollo
JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Januari)
Publisher : DINASTI REVIEW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jmpis.v1i1.233

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan dan capital intensity terhadap tax avoidance. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan 26 sampel perusahaan dengan periode pengamatan 2014-2018 dengan 122 laporan keuangan perusahaan manufaktur pada sektor industri barang konsumsi di Bursa Efek Indonesia. Metode statistik yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil uji regresi linear berganda menunjukkan bahwa profitabilitas tidak berpengaruh terhadap tax avoidance. Sedangkan ukuran perusahaan dan capital intensity berpengaruh terhadap tax avoidance.
GAYA KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF DAN KECERDASAN EMOSIONAL PENGARUHNYA TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN DENGAN KOMUNIKASI SEBAGAI MODERASI Yeni, Fitri
JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Januari)
Publisher : DINASTI REVIEW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jmpis.v1i1.234

Abstract

Pengambilan keputusan merupakan salah satu faktor penentu kesuksesan perusahaan. Tidak tepatnya keputusan yang diambil akan menimbulkan masalah dan ketidak nyamanan dalam perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat sejauhmana gayakepemimpinan partisipatif dan kecerdasan emosional berpengaruh terhadap pengambilan keputusan dengan komunikasi sebagai moderasi pada Bank Syariah Mandiri di Kota Padang. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh karyawan Bank Syariah Mandiri di kota padang dengan jumlah 101 karyawan. Seluruh karyawan tersebut akan diteliti, sehingga penelitian ini merupakan studi populasi. Analisis data menggunakan Structural Equation Model (SEM) – Pertial Least Square (PLS). Temuan dari hasil penelitian ini bahwa terdapat pengaruh positif dan tidak signifikan antara gaya kepemimpinan partisipatif terhadap pengambilan keputusan. Kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan. Kamunikasi sebagai variabel pemoderasi mampu memperkuat pengaruh gaya kepemimpinan partisipatif terhadap pengambilan keputusan. Komunikasi sebagai variabel pemoderasi mampu memperkuat pengaruh kecerdasan emosional terhadap pengambilan keputusan.
BAHAYA IMPULSE BUYING PADA PELANGGAN ONLINE SHOP SAAT PANDEMI COVID-19 Anas, Khairunas
JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL Vol 1 No 2 (2020): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Juli)
Publisher : DINASTI REVIEW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jmpis.v1i2.240

Abstract

Ketika hasrat ingin berbelanja muncul, pahami apa yang akan dibeli tersebut menjadi kebutuhan atau hanya sekedar keinginan. Berfikir agar bisa membedakan dengan rasional apakah produk tersebut sangat dibutuhkan atau hanya ingin memenuhi hasrat ingin membeli. Impulse buying merupakan salah satu kebiasaan yang banyak dimiliki oleh kalangan shopper, yang mudah terpengaruh disaat membuka situs online shop dan berusaha untuk memiliki produk tersebut sehingga melakukan berbagai cara agar keinginan itu dapat terpenuhi tanpa berfikir panjang mengenai bahaya serta konsekuensi yang akan di dapatkan.