cover
Contact Name
Asrar Aspia
Contact Email
jppg@umsu.ac.id
Phone
+6281361147192
Journal Mail Official
jppg@umsu.ac.id
Editorial Address
Jalan Kapten Mukhtar Basri No 3 Medan
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP
ISSN : -     EISSN : 27217795     DOI : 10.3059
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian, studi mendalam, pemikiran kreatif, inovatif atau karya-karya dalam pendidikan, pengajaran. Fokus jurnal adalah karya inovatif yang terkait dengan pengembangan media pembelajaran, pengembangan proses pembelajaran dan analisa kesulitan dalam pembelajaran serta penerapan e-learning yang dapat secara efektif dalam memberikan kontribusi positif bagi sekolah dan lembaga pendidikan tinggi.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 56 Documents
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIDATO MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 STTU JULU TAHUN PELAJARAN 2020/2021 Barus, Salsa Lina
Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/jppp.v1i2.5364

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpidato persuasi siswa kelas IX Melalui penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual.Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Peningkatan keterampilan berpidato persuasi melalui penggunaan Media Audio Visual dapat dilihat dari peningkatan skor dari hasil sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 22,57 dan setelah pelaksanaan tindakan pada siklus II menjadi 34,52. Kenaikan skor rata-rata mulai dari pratindakan hingga siklus II sebesar 11,95.
Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Dengan Pemanfaatan Media Audio-Visual Di Kelas Rendah Fadillah, Maira
Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/jppp.v1i1.4453

Abstract

Media pembelajaran merupakan suatu alat atau perantara yang digunakan untuk memudahkan proses belajar mengajar. media merupakan alat pengantar pesan dari pengirim ke penerima pesan (Arif S. Sadiman, 1986). Media sangat membantu guru dalam mengajar dan  memudahkan siswa untuk menerima dan memahami pelajaran  yang di sampaikan oleh guru. Dalam perkembangan zaman teknologi semakin canggih, maka guru harus mengikuti perkembangan zaman untuk menciptakan atau mampu memiliki pemikiran yang kreatif dalam menggunakan media berbasi teknologi yaitu seperti  AudioVisual. Alat AudioVisual digunakan tidak hanya sebagai alat bantu pendidikan namun dimanfaat kan  lebih dari itu yang memiliki fungsi untuk menyampaikan pesan atau materi pembelajaran yang di sampaikan guru lebih efisien. Pemanfaatan media pembelajaran khususnya yang berbasis pada Information and Communication Technology (ICT) pada saat ini sudah menjadi keharusan yang harus di jalani oleh setiap guru untuk mengikuti perkembangan zaman dan agar dalam proses penyampaian materi pembelajaran lebih mudah untuk dipahami siswa dan  mengurangi beban guru dalam mengulang kembali materi yang telah disampaikan.Kata Kunci : Media Pembelajaran
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DARI TEKS EKSPLANASI DENGAN PEMBERIAN TUGAS YANG DISERTAI DENGAN PENGHARGAAN DIKELAS VIII.5 SMP NEGERI 11 BINJAI Sinulingga, Lingga yani
Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP Vol 1, No 3 (2020)
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/jppp.v1i3.5430

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengidentifikasi informasi dari teks eksplanasi pada siswa kelas VIII.5 melalui strategi pemberian tugas disertai penghargaan.  Penelitian ini dilakukan berdasarkan temuan masalah yang terdapat di kelas VIII.5 SMP Negeri 11 Binjai yaitu  rendah/kurangnya kemampuan siswa dalam mengidentifikasi informasi dari teks eksplanasi. Hal tersebut dilihat dari perolehan skor rata-rata  keseluruhan hanya mencapai 63,46.Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas VIII.5 SMP Negeri 11 Binjai berjumlah 30 siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap , yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik dan alat pengumpul Data pada penelitian ini diperoleh melalui pengumpulan dokumen hasil kerja siswa, daftar nilai dan lembar  observasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penggunaan strategi pemberian tugas disertai penghargaan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengidentifikasi informasi dari teks eksplanasi kelas VIII.5 SMP Negeri 11 Binjai.  Peningkatan kemampuan mengidentifikasi informasi dari teks eksplanasi melalui strategi pemberian tugas disertai penghargaan dapat dilihat dari peningkatan skor dari hasil sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 42,30 dan setelah pelaksanaan tindakan pada siklus II menjadi 80,77. Kenaikan skor rata-rata mulai dari pratindakan hingga siklus II sebesar 38,46. Kata Kunci: Teks Eksplanasi, Strategi penghargaan (reward), Penelitian Tindakan Kelas
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PERANCAH (SCANFFOLDING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BERASTAGI Sembiring, Amsal
Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP Vol 1, No 3 (2020)
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/jppp.v1i3.5397

Abstract

Penelitian ini adalah untuk mengetahui Model  pembelajaran perancah Scaffolding terhadap kemampuan menulis paragraf eksposisi oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Berastagi. Populasi dalam penelitian ini adalah  dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 240 orang.      Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model pembelajaran perancah scaffolding  dengan masalah dan tujuan penelitian untuk mengetahui kemampuan menulis paragraf eksposisi. Instrumen yang digunakan adalah penugasan dalam bentuk menulis paragraf eksposisi Data yang diperoleh dianalisis dengan nilai rata-rata menulis paragraf eksposisi di kelas eksperimen adalah 78,9 sedangkan untuk menulis paragraf eksposisi di kelas kontrol  adalah 63,2 berada pada kategori baik. Pada taraf nyata ɑ = 0.05 dengan jumlah sampel 30 orang  didapat  = 0,161, Setelah harga r direkomendasikan terhadap   ternyata  >  atau 7,40 > 0,161 maka  memenuhi kriteria pengujian hipotesis dengan berarti ada hubungan antara menulis paragraf eksposis maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis Nihil (Ho) ditolak. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran perancah (Scaffolding) terhadap kemampuan menulis paragraf eksposisi oleh kelas X SMA Negeri 1 Berastagi.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP SWASTA RAHMAT ISLAMIYAH Nurasima, Ida Fitri
Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/jppp.v1i2.5261

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di Smp Swasta Rahmat Islamiah. Populasi yang di ambila dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di Smp Swasta Rahmat Islamiah sebanyak 144 siswa. Sampel ini di ambil dengan penentuan sampel secara acak (random sampling) dengan memeprtimbangkan bahwa tidak ada kelas yang di unggulkan dan sudah di uji homogennya. Pada penelitian ini kelas eksperimen di lakukan di kelas VIII A dengan menggunakan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) dan di kelas kontrol adalah kelas VIII D dengan menggunakan model pembelajaran konvensiona. Penelitian ini di lakukan dengan menggunakan desain eksperimen kuasi dalam bentuk pretest-posttest. Pengujian hipotesis menggunakan uji t. setelah peneitian dilakukan maka di dapat rata-rata hasil belajar siswa sesudah pembelajaran pada post-test di kelas eksperimen sebesar 81,03 dan di kelas kontrol sebesar 74,23.Dari hasil analisis uji normalitas data post-test di kelas eksperimen menunjukkan Lhitung < L tabel (0,11000 < 0,1418 ) maka dapat disimpulkan bahwa data setelah pembelajaran tersebut berdistribusi normal pengujian homogenitas pada saat post-test dimana 1,38 < 1,72 dari hasil uji tersebut kelas dinyatakan homogeny. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh harga t hitung > t tabel yaitu 3,04 > 1,665 15 dengan taraf signifikasi 5% (= 0,05) maka Ho ditolak dan Haditerima sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran value clarification technique memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa di SMP swasta Rahmat Islamiyah tahun ajaran 2019/2020.Kata      Kunci: Pengaruh, Model Pembelajaran Value Clarification, Technique(VCT), Hasil Belajar
Penggunaan Strategi Concept Cartoon Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Faridah, Dwi Nur; Rosnaningsih, Asih; Fitriyani, Nuri
Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/jppp.v1i1.3955

Abstract

Penelitian ini menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Desain ini menggunakan 2 kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen adalah kelompok yang mendapat perlakuan menggunakan Strategi Concept Cartoon sedangkan kelompok kontrol adalah kelompok pengendali yaitu kelas yang tidak mendapat perlakuan. Hasil wawancara diperkuat dengan hasil pretest atau uji pra-tindakan terhadap keterampilan berbicara (speaking). Data menunjukkan masih banyaknya siswa yang belum terampil, dilihat dari hasil belajar diskusi dalam kelompok banyaknya siswa yang  masih kesulitan dalam mengucapkan sebuah kalimat dengan menggunakan pronuonciation  yang tepat.
PENGARUH KEMAMPUAN MENGAPRESIASI PUISI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI RELIGIUS SISWA KELAS XI SMA SWASTA UISU MEDAN S, Susanti
Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP Vol 1, No 3 (2020)
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/jppp.v1i3.5404

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan mengapresiasi puisi dan keterampilan menulis puisi religius, serta pengaruh kemampuan mengapresiasi puisi terhadap keterampilan menulis puisi religius oleh siswa kelas XI SMA Swasta UISU Medan. Data diperoleh dari 40 orang siswa kelas XI, dengan instrumen tes kemampuan mengapresiasi puisi berbentuk objektif sebanyak 20 soal, dan tes keterampilan menulis puisi religius berbentuk karangan. Hipotesis diuji menggunakan rumus korelasi r Product Moment dari Pearson. Melalui metode deskriptif teknik analisis korelasional, diperoleh temuan penelitian bahwa, nilai rata-rata kemampuan mengapresiasi puisi adalah 69,13 kriteria C (sedang/cukup). Nilai rata-rata keterampilan menulis puisi religius dikategorikan B (baik) dengan nilai rata-rata 71,38. Hubungan kemampuan mengapresiasi puisi dengan keterampilan menulis puisi religius adalah positif dan signifikan dengan koefisien korelasi 0,666. Artinya, semakin tinggi kemampuan mengapresiasi puisi siswa, maka semakin tinggi kemampuan siswa membuat kalimat. Besar pengaruh yang diberikan kemampuan mengapresiasi puisi terhadap keterampilan menulis puisi religius adalah 44,36%, sisanya 55,64% pengaruh dari variabel lain. Nilai rata-rata kemampuan mengapresiasi puisi siswa pada kriteria C (sedang/cukup). Nilai rata-rata keterampilan menulis puisi religius siswa pada kategorikan B (baik) Hubungan kemampuan mengapresiasi puisi dengan keterampilan menulis puisi religius adalah positif dan signifikan
EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE ‘GAMBAR DAN GAMBAR’ TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS X SMA ANUGERAH HARAPAN BANGSA Sitorus, Christina Yunita
Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/jppp.v1i2.5379

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kefektifan metode pembelajaran picture and picture terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMA Anugerah Harapan Bangsa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Anugerah Harapan Bangsa Medan sebanyak 60 orang. Sampel diambil secara acak sebanyak 40 orang, 20 orang untuk kelas eksperimen dan 20 orang untuk kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis karangan deskripsi dalam bentuk penugasan. Nilai rata-rata kelas eksperimen  adalah 72,25, sedangkan untuk kelas kontrol adalah 64,25. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa nilai rata-rata kemampuan menulis karangan deskripsi kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”.
Pengembangan Kualitas Pendidikan Di Indonesia Dilakukan Melalui Peningkatan Profesionalitas Guru Siregar, Nur Haizah
Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/jppp.v1i1.4454

Abstract

Guru merupakan pemegang peran yang sangat penting. Sebagus apapun dan secanggih apapun sebuah kurikulum dan perencanaan strategi Pendidikan dibuat atau dirancang, jika tanpa adanya guru yang berkualitas maka tidak akan membuahkan hasil yang optima. Artinya Pendidikan yang baik dan unggul tetap akan bergantung pada kondisi mutu dan professionalitas seorang guru. Peningkatan kualitas Pendidikan di Indonesia harus dimulai dengan peningkatan terhadap kualitas seorang guru melalui sertifikasi guru dan menjadikan guru sebagai agen perubahan bagi dunia Pendidikan di Indonesia. Kualitas mengajar guru yang profesionalisme dan kompetensi merupakan syarat mutlak yang harus dimiliki oleh seorang guru guna menunjang kinerja seorang guru menjadi lebih baik. Adapun metode yang digunakan didalam pembuatan jurnal ini yakni metode Deskriptif.Kata kunci: kualitas Pendidikan, profesionalitas guru
PEMANFAATAN MEDIA WHATSAPP SEBAGAI MEDIA LITERASI DIGITAL SISWA PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI SMA SWASTA SANTO THOMAS 2 MEDAN Manurung, Rikson Parsaoran
Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP Vol 1, No 3 (2020)
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/jppp.v1i3.5437

Abstract

 Whatsapp sebagai salah satu media sosial paling berpengaruh dan banyakdigunakan oleh masyarakat di Indonesia.Para siswa di Indonesia pada era digital saat ini sudah menggunakan gawai dalam aktivitas keseharian mereka baik di sekolah maupun di luar sekolah.Namun, sebagian besar pelajar tersebut menggunakan aplikasi media sosial, khususnya Whatsapp, hanyauntuk bermedia sosial saja, padahal di dalam aplikasi tersebut, terdapat manfaat yang bisa meningkatkan kemampuan literasi digital. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) penggunaan whatsapp sebagai media literasi digital siswa dan 2) kemampuan literasi digital siswa dilihat dari kemampuan berbahasa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah simak, catat, dan kajian pustaka.Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu, 1) tingkat literasi digital siswa dengan media sosial whatsapp masih kurang dan 2) peningkatan kemampuan literasi digital siswa ditinjau dari aspek kemampuan berbahasa, yaitu, mendengar, berbicara, membaca, memirsa, dan menulis