cover
Contact Name
Syamsuardi, S.Pd., M.Pd
Contact Email
syamsuardi@unm.ac.id
Phone
+628114101517
Journal Mail Official
jurnal.tematik@unm.ac.id
Editorial Address
Jl. Tamalate I Makassar, Kampus IV Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini
ISSN : 24769363     EISSN : 27237613     DOI : https://doi.org/10.26858/tematik.
Core Subject : Education,
TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan adalah jurnal peer-review yang memuat tentang hasil pemikiran dan penelitian terkait pendidikan pendidikan anak usia dini. Jurnal ini dimaksudkan untuk menyediakan forum akademis bagi para ahli, peneliti dan praktisi pendidikan terkait dengan isu-isu masalah saat ini dan yang kemungkinan terjadi di masa yang akan datang tentang pendidikan anak usia dini. Semua artikel akan ditinjau oleh para ahli sebelum diterima untuk publikasi. Setiap penulis bertanggung jawab penuh atas konten artikel yang diterbitkan.
Articles 14 Documents
ANALISIS RESPON GURU TERHADAP PELATIHAN PENGELOLAAN EMOSI ANAK USIA DINI Palintan, Tien Asmara
TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini Vol 6, No 2 (2020): TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/tematik.v6i2.15842

Abstract

The problem of managing emotions in early childhood that the researchers found was that early childhood teachers found it difficult to develop the emotional aspects of children. Early Childhood Emotion Management Training is used as an intervention in helping PAUD teachers to develop emotional aspects of early childhood. The subjects in this training consisted of 31 PAUD teachers. This study refers to an experimental approach with the One-Shot Case Study design. Subjects were given treatment in the form of Early Childhood Emotion Management Training and then the results were observed. This training was held three times, with a duration of 120 minutes for each meeting. Validation of the Teacher Response Questionnaire (ARG) obtained a value of = 3.64, including the very valid category. The empirical validation of the study stated that 98% of research subjects stated that the teacher's response was very good (positive) towards the implementation of early childhood emotional management training.
PENINGKATAN KEMAMPUAN KINESTETIK MELALUI TARI KREASI TK TUNAS HARAPAN BATANG KECAMATAN BONTOTIRO KABUPATEN BULUKUMBA S, Mimi Angraemi; Manggau, Arifin
TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini Vol 6, No 1 (2020): TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/tematik.v6i1.14437

Abstract

Tujuan penelitian adalah mengetahui peningkatan kemampuan kinestetik anak melalui tari kreasi di kelompok B TK Tunas Harapan Batang Kecamatan Bontotiro Kabupaten Bulukumba. Penelitian ini didasarkan pada permasalahan yang diperoleh dimana masih banyak anak-anak yang merasa malu dan kurang percaya diri untuk bergerak atau menari sesuai irama lagu diajarkan dan kurang tertarik pada lagu-lagu yang didengarkan. Pendidikan lebih sering mengajari anak bernyanyi dan bermain musik sehingga anak kurang tertarik dengan gerak dan lagu yang diajarkan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom Action Reseach). Subjek penelitian ini adalah anak didik kelompok B jumlah anak didik sebanyak 15 orang. Analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif untuk meningkatkan kemempuan kinestetik anak melalui tari kreasi. Hasil perhitungan di konsultasikan dalam tabel klasifikasi kategori dan presentase. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kegiatan tari kreasi dapat meningkatkan kemampuan kinestetik motorik anak kelompok B di TK Tunas Harapan Batang Kecamatan Bontotiro Kabupaten Bulukumba
PENGARUH BERMAIN KONSTRUKTIF TERHADAP KECERDASAN VISUAL SPASIAL ANAK DI TK ISLAM TERPADU NURUL FIKRI MAKASSAR Zulkifli, Tadzkirah Ira
TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini Vol 6, No 1 (2020): TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/tematik.v6i1.13042

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh bermain konstruktif terhadap kecerdasan visual spasial anak di TKIT Nurul Fikri Makassar. Penelitian ini dilihat dari tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian Pre Eksperimental Design dengan jenis disain penelitian adalah Posttest One Group Design. Data penelitian ini diperoleh dari hasil pengamatan dilapangan, dokumentasi, wawancara dan data hasil bermain konstruktif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah teknik tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan dua jenis data yang dikumpulkan peneliti yakni, data kuantitatif dan data kualitatif. Perencanaan pembelajaran disusun secara kolaboratif antara guru dan peneliti sebagai pedoman dalam melaksanakan bermain konstruktif di TK IT Nurul Fikri Makassar. Perencanaan kegiatan penelitian disusun 12 pertemuan. Tahap-tahap pelaksanaan kegiatan pembelajaran disesuaikan dengan skenario pembelajaran yang telah disusun seperti kegiatan awal, inti, dan akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan konstruktif dapat meningkatkan kecerdasan visual spasial anak di TKIT Nurul Fikri Makassar. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) bermain konstruktif merupakan permainan yang mengutamakan menstimulasi kecerdasan anak, khususnya kecerdasan visual spasial, 2) kecerdasan visual spasial anak setelah bermain konstruktif berada pada kategori sangat tinggi, 3) hasil analisis hipotesis menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan kecerdasan visual spasial anak sebelum dan sesudah bermain konstruktif. Dengan demikian disimpulkan bahwa ada pengaruh positif bermain konstruktif dalam meningkatkan kecerdasan anak.
PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MERONCE PADA KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK PKK TO’LEMO KABUPATEN LUWU P, Yuliana S; Ramli, Syamsul Alam; Hajeni, Hajeni
TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini Vol 6, No 2 (2020): TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/tematik.v6i2.15885

Abstract

This study aims to improve children's fine motor skills through group B Meronce activities at TK PKK To'lemo, Lamasi Timur District, Luwu Regency. The design of this research refers to Classroom Action Research, namely Planning, Implementation, Observation, and Reflection. This research will be conducted at TK PKK To Lemo Cokroaminoto which is located in Lemo Village, Lamasi Timur District, Luwu Regency. The data source of this research was the students of group B which consisted of 13 boys and 7 girls with a total of 20 children. Data collection techniques in this study were carried out by a) Observation, namely checklists, anecdotal notes, and works; b) Documentation. The data analysis technique was carried out by means of descriptive qualitative. The results of this study indicate that the activities carried out through meronce showed an increase from cycle 1 to cycle 2, the average of children's fine motor skills was 7.15 with a percentage of 35.75%. Based on this, through meronce activities for group B children at TK PKK To'lemo, Lamasi Timur District, Luwu Regency, it can improve children's fine motor skills. Based on this, this research is declared complete.
PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI METODE DISCOVERY PADA PEMBELAJARAN SAINS DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL MARIO Musdalifah, Musdalifah; Anas, Muhammad; Sadaruddin, Sadaruddin
TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini Vol 6, No 1 (2020): TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/tematik.v6i1.14438

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kreativitas anak dalam pembelajaran sains menggunakan metode discovery di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Mario. Berdasarkan permasalahan dilihat ketika anak mengerjakan tugas yang diberikan oleh gurunya seperti menyebutkan macam-macam warna, mewarnai gambar bulan, menghubungkan gambar dengan kata, anak terlihat takut memulai kegiatan tersebut, anak masih meniru apa yang dicontohkan oleh gurunya, anak cenderung meminta bantuan guru untuk mengerjakan tugasnya, ada anak yang tidak mau mengerjakan tugasnya, ketakuatan dan kurang tertarik. Jenis penelitian yang akan dilakukan oleh peneliti adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini 15 anak didik dan 1 guru. Teknik analisis data dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, pengambilan kesimpulan. Kesimpulan penelitian ini adalah kreativitas anak di kelompok B Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Mario kecamatan Camba Kabupaten Maros telah mengalami peningkatan melalui pembelajaran sains mengunakan metode discovery
MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA INGGRIS ANAK DI TK TERATAI UNM MAKASSAR Mustari, Ratri Eka Noor; Akib, Tasrif; Amri, Nur Alim
TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini Vol 6, No 1 (2020): TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/tematik.v6i1.13008

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh penggunaan media kartu kata bergambar terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris kelompok B di TK Teratai UNM Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kartu kata bergambar terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris anak kelompok B di TK Teratai UNM Makassar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen pre-experimental design (nondesign) dengan desain One Group Pretest-Posttest. Hasil penelitian menunjukkan penguasaan kosakata bahasa Inggris anak kelompok B Taman Kanak-Kanak Teratai UNM Makassar di mana pada bagian test statistics menunjukkan hasil uji Wilcoxon, yang diperoleh perhitungan dengan nilai Asymp Sig. (2-tailed) 0,000 (p<0,05), dengan demikian Ho ditolak. Artinya, ada pengaruhpenerapan metode pembelajaran dengan menggunakan media kartu kata berpengaruh terhadap penguasaan kosakata pada anak khusunya di TK Teratai UNM Makassar. 
ANALISIS PROGRAM PEMBERIAN MAKANAN TAMBAHAN (PMT) TERHADAP STATUS GIZI ANAK DI POSYANDU KELURAHAN SEMBUNGHARJO SEMARANG Wati, Nila
TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini Vol 6, No 2 (2020): TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/tematik.v6i2.15539

Abstract

The purpose of this study was to analyze and describe the supplementary feeding program (PMT) on the nutritional status of childrend. Supplementary feeding (PMT) is an important component. This PMT aims to improve the condition of nutritionally vulnerable groups who suffer from malnutrition, especially toddlers. The food ingredients used in PMT should be materials that are locally available or can be produced, so that the possibility of the program being sustainable is greater. Provision of additional food aims to ensure that children always get all types of nutrients needed in appropriate quantities and there is no weight loss. As well as the fulfillment of good nutritional status in children. Nutritional status is also influenced by food intake. Lack of energy consumption can lead to malnutrition and if it continues, it can lead to malnutrition. According to data from the Semarang City Health Office in 2011, the prevalence of malnutrition among children under five was 0.98% and malnutrition was 0.06%. In further analysis, the analysis is additional food with sufficient nutritional content for children, does not contain additional, and an affordable price for the family economy. This research is a descriptive qualitative study. Data analysis was carried out using observation and interviews. 
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA MELALUI MEDIA PAPAN FLANEL ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A DI TK MENTARI BULOGADING KECAMATAN BONTONOMPO KABUPATEN GOWA Wahyuni, Reski; Sukmawati, Sukmawati
TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini Vol 6, No 1 (2020): TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/tematik.v6i1.13205

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal angka pada anak usia dini melalui media papan flanel angka dan untuk mengetahui penggunaan media papan flanel angka dalam meningkatkan kemampuan mengenal angka pada anak kelompok A di TK Mentari Bulogading Kabupaten Gowa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari dua siklus dimana setiap pertemuan dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A di TK Mentari Bulogading Kabupaten Gowa dengan jumlah 13 orang anak, terdiri dari 6 anak laki-laki dan 7 anakperempuan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan mengenal angka melalui media papan flanel angka. Dilihat dari hasil ketuntasan belajar anak didik pada pra tindakan dengan kriteria Belum Berkembang (BB), siklus I dengan nilai presentase (55,76%) meningkat sebesar (25,96%) dengan kriteria Mulai Berkembang (MB), dan siklus II dengan nilai prsentase (83,16%) meningkat sebesar (27,4%) dengan kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB). Semua nilai pada Siklus II tersebut telah memenuhi target indikator keberhasilan, yaitu ≥80%
PENDIDIKAN KETERAMPILAN HIDUP (LIFE SKILL) ANAK USIA DINI SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI LINGKUNGAN KELUARGA Rina, Ghata; Karmila, Mila
TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini Vol 6, No 2 (2020): TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/tematik.v6i2.15473

Abstract

It is important to instill the stimulation of the child's ability to carry out self-help activities from an early age because it includes life skills that are needed to support his adulthood. This stimulation is usually implemented in Early Childhood Educationinstitutions through habituation activities, but during the Covid-19 pandemic the government enforced a school learning policy at all levels, which is usually face-to-face to learning from home (BDR). The role of parents is very crucial for the growth and development of all aspects, especially in early childhood life skills education (life skills). The purpose of this paper is to describe how life skills education can be done in the family. The research method uses literature review of various relevant references. The results of the analysis obtained data that through simple habituation such as learning discipline, independence, creativity so that it can encourage children to foster the development of early childhood life skills.
MENANAMKAN BUDAYA LITERASI PADA ANAK USIA DINI DI ERA DIGITAL Aulinda, Imanda Fikri
TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini Vol 6, No 2 (2020): TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/tematik.v6i2.15550

Abstract

In today's digital era, society is facilitated by technological developments so that there is a lot of degradation of insight and knowledge due to a lack of literacy culture. A literacy culture that is not instilled from an early age results in a lack of children's interest in reading and writing. Cultivating literacy culture needs to be instilled from an early age, because at that age children enter a golden period or often called the golden age. Early childhood is a child aged zero to eight years, at that time children experience very rapid development and growth, so that the habits that children do from an early age will also become habits as adults.

Page 1 of 2 | Total Record : 14