cover
Contact Name
Dr. Madekhan
Contact Email
madekhan@unisla.ac.id
Phone
+6285259898639
Journal Mail Official
madekhan@unisla.ac.id
Editorial Address
http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/about/editorialTeam
Location
Kab. lamongan,
Jawa timur
INDONESIA
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
ISSN : 25031228     EISSN : 26214172     DOI : 10.30736
Sebagai jurnal kajian penelitian pendidikan dan pembelajaran, kehadiran Reforma dimaksudkan untuk penampung ide, gagasan dan hasil penelitian dan pengabdian masyarakat yang dihasilkan oleh para praktisi, pemikir dan ahli di bidang pendidikan dan pembelajaran
Articles 70 Documents
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berorientasi Keterampilan Proses untuk Mengajarkan Life Skills Siswa Sulistiono, Eko
JURNAL REFORMA Vol 4, No 1 (2016): JURNAL REFORMA
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/rfma.v4i1.10

Abstract

Pembelajaran  IPA  di  Indonesia  selama  ini  masih  banyak  menggunakan  cara  yang konvensional  yaitu  ceramah, sehigga  perlu  diterapkannya  suatu  pendekatan  belajar yang   lebih   mengutamakan   pada   proses   belajar   dari   pada   produk   yaitu   dengan pendekatan  keterampilan  proses.  Oleh  karena  itu  perlu  dikembangkannya  perangkat pembelajaran biologi yang berorientasi keterampilan proses yang sekaligus diorientasi-kan untuk mengajarkan kecakapan hidup (life skills) siswa. Life skills penting diajarkan karena  dapat  membekali  peserta didik  dalam  menghadapi  dan  memecahkan  problem hidup dan kehidupan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kualitas perangkat  pembelajaran,  hasil  uji  coba  perangkat  pembelajaran  untuk  mengajarkan life  skills  melalui  keterampilan  proses. Metode  penelitian  yang  digunakan  merupakan jenis   penelitian   pengembangan.   Hasil   dari   penelitian   yag   telah   dilakukan   ialah pelaksanaan  pembelajaran  biologi berorientasi  keterampilan  proses  yang  didukung oleh ketersediaan perangkat pembelajaran yang telah di validasi oleh para pakar dapat mengajarkan life skills, pada siswa kelas VII SMP.Keywords: Pembelajaran IPA, Life Skills
POSISI DAN FUNGSI TEORI DALAM PENELITIAN KUALITATIF Madekhan, Madekhan
JURNAL REFORMA Vol 7, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/rfma.v7i2.78

Abstract

There is a growing interest on qualitative methodology as evidence by an increasing number of qualitative research design employed in social science researches. In qualitative inquiry process, the role of theory in the field of social science and where it situates in the research framework has always created a challenge for the researchers. However, inconclusive and differing opinions have so far been documented about the position and function of theory in qualitative research. The purpose of this paper is to build a general perspective in terms of the position and function of theory in qualitative research methodology applicable to social science research. Review of literatures on these issues were presented and discussed. As a result, mostly argue that theory in qualitative research is not in terms of testifying the validity or accuracy, event or experience in real-life cannot always or necessarily be based on theory, yet the significant role of theory in literature review is an undeniable fact. Here, theory is road guidance in qualitative research. Key Words: Qualitative, Social Research, Position and Function of Theory
ANALISIS AFIKS DALAM BAHASA ARAB, BAHASA INDONESIA, DAN BAHASA INGGRIS Nurman, Moh
JURNAL REFORMA Vol 2, No 1 (2016): JURNAL REFORMA
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/rfma.v2i1.1

Abstract

Penelitian ini mencoba mendeskripsikan jenis afiks secara komprehensif melalui analisis afiks dalam tiga bahasa, yaitu: bahasa Arab, bahasa Inggris, dan bahasa Indonesia. Data jenis afiks diambil dari beberapa buku linguistik umum dan morfologi. Data ini kemudian dilengkapi dengan analisis kata berafiks yang ada dalam kamus setiap bahasa tersebut. Hasil penelitian menunjukkan pembagian jenis afiks yang lebih lengkap, yaitu delapan jenis afiks. Kedelapan jenis afiks ini adalah: prefiks, sufiks, infiks, konfiks, interfiks, simulfiks, superfiks, dan transfiks. Dari delapan jenis afiks ini, bahasa Indonesia memiliki jumlah afiks terbanyak, yaitu lima jenis afiks. Sedangkan bahasa Inggris dan bahasa Arab masing-masing memiliki empat jenis afiks.Keywords: Morfologi, Afiks, Prefiks, Sufiks, Infiks, Konfiks, Interfiks, Simulfiks, Superfiks, Dan Transfiks
PENERAPAN METODE PEER TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATERI PROGRAM LINEAR Masruroh, Masruroh
JURNAL REFORMA Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Reforma
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/rf.v7i1.200

Abstract

Peer teaching merupakan suatu metode yang memanfaatkan interaksi sosial antar teman sebaya untuk saling berbagi pengetahuan. Metode peer teaching ini secara luas sudah digunakan dalam pembelajaran. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas metode peer teaching dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa dalam materi program linear. Data diambil dari 31 mahasiswa Teknik Informatika yang mengambil matakuliah Manajemen Sains. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian hasil belajar yang berisi soal cerita materi program linear. Data dianalisis menggunakan uji t untuk mengetahui efektivitas metode peer teaching untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa dalam materi program linear. Hasil analisis data menggunakan uji t menunjukkan thitung sebesar 2,78 dan ttabel untuk n = 31 dan α = 0,05 sebesar 1,70. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode peer teaching efektif untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa dalam materi program linear. Kata Kunci: peer teaching, hasil belajar
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH MELALUI PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA PADA SISWA SMK NEGERI I BAURENO KABUPATEN BOJONEGORO Azizah, Siti Nur
JURNAL REFORMA Vol 9, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/rf.v9i1.247

Abstract

Proses belajar mengajar harus mampu menciptakan suasana kondusif yang membebaskan siswa dari segala perasaan takut, malu, terpaksa, dan berbagai hal yang dapat menghambat tumbuh dan berkembangnya kreativitas siswa. Salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan teknik tutor sebaya. Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh penerapan metode tutor sebaya untuk meningkatkan prestasi siswa pada mata pelajaran Sejarah Indonesia (SI) materi Sejarah dalam konsep ruang dan waktu pada siswa Kelas X TKRO-1 SMKN 1 Baureno Kabupaten Bojonegoro. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam meningkatkan prestasi siswa di kelas. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelas meningkat setiap siklus, yaitu: siklus I 69,12 (44,12%), siklus II 78,53 (85,29%). Sehingga penerapan metode tutor sebaya dapat meningkatkan prestasi mata pelajaran SI materi Sejarah dalam konsep ruang dan waktu pada siswa Kelas X TKRO-1 SMK Negeri 1 Baureno Kabupaten Bojonegoro. Kata Kunci: Tutor Sebaya, prestasi siswa
Using Cooperative Learning (Team Pair Solo) to Improve Students Reading Comprehension Wibisono, Wahyu
JURNAL REFORMA Vol 6, No 2 (2017): JURNAL REFORMA
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/rfma.v6i2.30

Abstract

This research was aimed to apply cooperative learning (Team Pair Solo) as the technique to solve students problems in reading class of the third semester of nursing students in Stikes Patria Husada Blitar. This research design was a Classroom Action Research. The researcher used several instruments; such as observation checklist, field notes, and reading comprehension test. The finding showed that by using cooperative learning (Team Pair Solo), students comprehension in reading could be better than when they were taught by using traditional grammar translation method. This result could be seen from the data, in terms of the students individual reading comprehension test, in preliminary research, the number of students who passed the minimum passing grade (64) were only 2 students (20%). In Cycle 1, 10 students (100%) could pass the minimum passing grade (64). The improvement of students reading comprehension was due to the use of cooperative learning (Team Pair Solo) as the technique in teaching reading. It showed that by using cooperative learning (Team Pair Solo), students motivation and self-esteem increased since the cooperative learning (Team Pair Solo) could accommodate students to be well prepared to the reading passage by discussing in team, pair with other student, and finally they have great self-esteem to stand by their self in reading class. Consequently, students became more motivated in terms of in-class discussion and offered opinions since they were accustomed to express their idea through cooperative learning (Team Pair Solo).     It was suggested to all of English teachers/ lecturers to apply this technique as one of the methods to increase students motivation in English class and also could be used to increase students reading skill. Other researchers were expected to elaborate this cooperative learning with other technique so that there would be alot of technique could be used as refference in teaching english. It was suggested to all of English teachers/ lecturers to apply this technique as one of the methods to increase students motivation in English class and also could be used to increase students reading skill.Keywords: traditional grammar translation method, cooperative learning (Team Pair Solo), reading skill
GESTURE REPRESENTASIONAL GURU SEBAGAI KOMUNIKASI DAN STRATEGI DALAM PEMBELAJARAN KONSEP MATEMATIKA SISWA TUNARUNGU SEKOLAH DASAR LUAR BIASA LAMONGAN Elvierayani, Rivatul Ridho; Susanti, Ike
JURNAL REFORMA Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Reforma
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/rf.v7i1.294

Abstract

Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) memiliki prinsip belajar yang sedikit berbeda dengan anak umum lainnya, baik untuk memahami konsep maupun menyelesaikan masalah. Oleh karena itu peranan guru di Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) sangat berpengaruh besar dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gesture representasional dapat menyampaikan pengetahuan matematika guru kepada siswa tunarungu di Sekolah Dasar Luar Biasa lamongan. Penelitian ini difokuskan pada gerakan lengan dan tangan guru saat proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-eksploratif. Pengumpulan data penelitian dikukan dengan merekam secara audiovisual segala aktifitas guru saat proses belajar mengajar. Analisis data penelitian dilakukan dengan menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan guru menggunakan gesture representasional disertai dengan ucapan. Hal ini dilakukan guru untuk mengkomunikasikan konsep matematika kepada siswanya. Selain sebagai alat komunikasi kepada siswa, gesture digunakan sebagai cara atau strategi dalam menyampaikan konsep matematika kepada siswa. Penelitian ini menunjukkan bahwa dengan bantuan gesture representasional disertai dengan ucapan yang dilakukan oleh guru kepada siswa tunarungu memberikan dampak positif dalam proses pentransferan informasi matematika kepada siswa. Hal ini dikarenakan gesture representasional yang dilakukan oleh guru berpengaruh terhadap siswa dalam menyampaikan pengetahuan matematika diantaranya: (1) menjelaskan dan mengklarifikasi gagasan guru dalam proses pembelajaran (2) memusatkan perhatian siswa saat proses belajar mengajar (3) mengurangi beban berpikir siswa baik saat menyelesaikan masalah matematika maupun saat menerima konsep matematika (4) sebagai alat yang mampu memberikan scaffolding untuk mendukung perkembangan konsep matematika siswa.
Penggunaan Metode Pemecahan Masalah Sistematis (Systematic Approach to Problem Solving) untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran pada Tema Getaran dan Gelombang Siswa Kelas VIII-A SMP Negeri 3 Ngimbang Zamroni, Zamroni
JURNAL REFORMA Vol 4, No 1 (2016): JURNAL REFORMA
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/rfma.v4i1.15

Abstract

Untuk  meningkatkan  hasil  pembelajaran  siswa  kelas  VIII  A  pada  tema  getaran  dan gelombang  dilakukan  Penelitian  Tindakan  Kelas.  Tujuan  yang  ingin  dicapai  dari penelitian  ini  adalah  upaya  menjelaskan  atau  meningkatkan  keaktivan  siswa  melalui penggunaa metode pemecahan massalah sistematis (Systematic Approach to Problem Solving)  ,  upaya  meningkatkan  hasil  belajar  pada  siswa  melalui  penggunaa  metode pemecahan massalah sistematis (Systematic Approach to Problem Solving). Penelitian ini  terdiri  dari  dua  siklus  dengan  menggunakan  teknik  analisis  data  deskriptif kuantitatif  dan  kualitatif,  melalui  tahap  perencanaan,  pelaksanaan  tindakan  dan observasi,  serta  refleksi.  Pengumpulan  data  dibantu  teman  sejawat  sebagai kolaborator  melalui  instrumen  observasi untuk  mengamati  aktivitas  guru  dan  siswa, instrumen angket untuk mengetahui respon siswa sete lah mendapatkan pembelajaran, dan soal tes tulis untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, aktivivas siswa terhadap pembelajaran dengan metode pemecahan massalah sistematis  (Systematic  Approach  to  Problem  Solving)  mengalami  Dengan  demikian dapat disimpulkan bahwa keaktivan siswa berada pada kategori aktif, ketuntasan hasil belajar  siswa  mengalami  peningkatan  setelah  menggunakan  metode  pemecahanmasalah sistematis (Systematic Approach to Problem Solving)Keywords: Hasil Pembelajaran, pemecahan massalah sistematis (Systematic Approach to Problem Solving)
PENINGKATAN PEMAHAMAN PADA MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V DENGAN MENGGUNAKAN QUIS GAME DI SDN SENDANGREJO I KECAMATAN LAMONGAN Suprihatin, Puji
JURNAL REFORMA Vol 8, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/rfma.v8i1.108

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh karena diperlukannya suatu metode pembelajaran yang dapat membuat pembelajaran terasa lebih aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan, serta mengurangi kejenuhan dan kebosanan dalam belajar. Salah satu metode yang diperkenalkan dalam penelitian ini adalah metode permainan kuis cerdas cermat. Metode permainan kuis cerdas cermat merupakan sebuah metode ujian lisan yang singkat berupa perlombaan adu cepat menjawab pertanyaan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum diketahui adanya pengaruh penggunaan metode permainan kuis cerdas cermat terhadap kemampuan siswa di kelas V SD Negeri Sendangrejo I Kecamatan Lamongan Kabupaten Lamongan . Untuk menjawab permasalahan tersebut maka peneliti mengajukan hipotesis yang berbunyi : jika pembelajaran dilakukan dengan menggunakan metode permainan kuis , maka pemahaman pada mata pelajaran IPS pada siswa akan meningkat. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Sendangrejo I Kecamatan Lamongan Kabupaten Lamongan Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 20 orang, sedangkan sampel dari penelitian ini adalah seluruh jumlah populasi yaitu 20 siswa sehingga penelitian ini disebut juga dengan penelitian populasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari beberapa siklus dengan setiap siklus terdapat perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan berupa angket, , Rencana Pembelajaran (RP), Lembar Kegiatan Siswa (LKS), dan penilaian kelas. Analisis data digunakan untuk memperoleh data tentang ketuntasan belajar perorangan dan klasikal didapatkan dari penilaian kinerja. Ketuntasan belajar perorangan didapat jika nilai/skor ³ 60 dan ketuntasan belajar klasikal diperoleh jika persentase siswa yang tuntas belajar perorangan ³ 85 %. Penelitian ini dilakukan melalui dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Pada siklus I terdapat 8 siswa yang mengalami ketuntasan belajar perorangan dari 20 jumlah siswa (25%) ini menunjukkan pada siklus ini belum mengalami ketuntasan klasikal. Pada siklus II terdapat 20 siswa yang mengalami ketuntasan belajar perorangan dari 20 jumlah siswa (100%) ini menunjukkan pada siklus ini sudah mengalami ketuntasan klasikal, dan berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode kuis dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Kata Kunci : Pelajaran IPS, Question Tes
HUBUNGAN ANTARA PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM BIDANG STUDI GEOGRAFI KELAS VIII SMP AL – IRSYAD KOTA TERNATE Djafar, Fitri Annisa; Pasongli, Hernita; Robo, Tamrin; Tolangara, A.R
JURNAL REFORMA Vol 9, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/rf.v9i2.303

Abstract

Keluarga menjadi lingkungan pendidikan yang paling mendasar, pertama dan utama, karena di sinilah anak mengenal dunia pertama kalinya, lingkungan di luar dirinya. Kemudian disebut lingkungan pendidikan yang utama bagi anak, karena keberhasilan pendidikan anak dalam keluarga ketika anak berada dalam usia dini  yang dikenal sebagai usia emas (golden age), akan sangat berpengaruh pada keberhasilan pendidikan periode perkembangan anak berikutnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa dalam bidang studi geografi  kelas VIII SMP Al – Irsyad Kota Ternate. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP AL-Irsyad Kota Ternate yang berjumlah 33 orang siswa. Teknik dalam pengumpulan data menggunakan kuisioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif antara perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa dalam bidang studi geografi kelas VIII SMP Al-Irsyad Kota Ternate, besar hubungan perhatian orang tua dan prestasi belajar adalah 89 %. Semakin tinggi perhatian orang tua maka akan semakin tinggi pula prestasi belajar siswa. Hal   ini   berarti   bentuk-bentuk   perhatian   orang   tua seperti  pemberian bimbingan dan nasehat, pengawasan terhadap anak, pemberian penghargaan dan hukuman, pemenuhan fasilitas belajar, penciptaan suasana rumah yang tenang, nyaman, dan tenteram serta pemberian keteladanan, pengarahan, dan dukungan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.