cover
Contact Name
Zidnal Falah
Contact Email
muhammadzidnal31@gmail.com
Phone
+6285322218207
Journal Mail Official
japendipublikasiindonesia@gmail.com
Editorial Address
Jl. Pangeran Cakrabuana, Greenland Sendang Regency No. D2. H1 Sumber, Cirebon Indonesia
Location
Kota cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Japendi : Jurnal Pendidikan Indonesia
ISSN : 27457141     EISSN : 27461920     DOI : 10.36418
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia adalah jurnal yang diterbitkan sebulan sekali oleh CV. Syntax Corporation Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia akan menerbitkan artikel ilmiah dalam ruang lingkup ilmu pendidikan. Artikel yang diterbitkan adalah artikel dari penelitian, studi atau studi ilmiah kritis dan komprehensif tentang isu-isu penting dan terkini atau ulasan buku-buku ilmiah
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 154 Documents
Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Tematik Melalui Teknik Supervisi Individual Katarina Tampubolon
Jurnal Pendidikan Indonesia Vol. 2 No. 2 (2021): Jurnal Pendidikan Indonesia
Publisher : Syntax Corporation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/japendi.v2i2.104

Abstract

Dalam proses pembelajaran tematik, aspek siswa harus sebagai perhatian utama, kegiatan belajar tidak lagi berpusat pada guru (teacher centre) & guru wajib menyajikan pembelajaran menggunakan banyak metode, supaya pembelajaran dapat berlangsung menggunakan efektif dan berguna bagi siswa, maka metode yang dipilih wajib dapat membuatkan kreatifitas mereka sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan peserta didik. Apabila dikaitkan dengan tingkat perkembangan anak, pembelajaran terpadu adalah pendekatan pembelajaran yang memerhatikan dan menyesuaikan anugerah konsep sesuai dengan taraf perkembangan anak. Oleh karenanya, ketua sekolah hendak menaikkan kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran tematik melalui teknik supervisi individual. Supervisi pada global pendidikan sangatlah penting. Hasil refleksi siklus I merupakan hasil pembelajaran tematik dalam daur I homogen-homogen 42,83 (B) Guru yg mendapatkan nilai C 2 orang yang menerima nilai B tiga orang dan yang mendapatkan nilai A 1 orang. Kegiatan pelaksanaan pembelajaran melalui peer teaching menampakan meningkat dibanding output kondisi awal yang rata-ratanya 37,16 (C) peningkatannya 13,23% namun masih ada guru yg mendapat nilai cukup 2 orang maka perlu adanya tindakan siklus II. Hasil refleksi siklus II merupakan berdasarkan data output pembelajaran tematik pada siklus II homogen-homogen 63 (A) Guru yang menerima nilai B 2 orang dan yang menerima nilai A 4 orang. Kegiatan aplikasi pembelajaran melalui aktivitas supervisi individual lebih meningkatkan kemampuan guru pada menerapkan pembelajaran tematik. Siklus II ini menunjukkan meningkat dibanding hasil siklus I (B) peningkatannya 32,01% dan sudah NIR terdapat guru yang mendapatkan nilai C. Maka NIR perlu dilaksanakan siklus III karena sudah terbukti peningkatan kemampuan guru pada menerapkan pembelajaran tematiknya.
Nilai Nasionalisme Dan Anti Radikalisme Dalam Pendidikan Multikultural Cipta Prakasih, Raga; Firman, Firman; Rusdinal, Rusdinal
Jurnal Pendidikan Indonesia Vol. 2 No. 2 (2021): Jurnal Pendidikan Indonesia
Publisher : Syntax Corporation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/japendi.v2i2.103

Abstract

Pendidikan Multikultural adalah pendekatan pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk merubah pola pikir terhadap makna kesatuan dan persatuan dalam keberagaman sebagai landasan utama sikap cinta tanah air di Indonesia. Pendidikan Multikultural sebagai alat dalam pembelajaran memberikan kesempatan kepada peserta didik agar mampu berperan dalam penanaman sikap toleransi dan kerukunan di tengah masyarakat untuk mencapai masyarakat madani yang berperikemanusiaan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pentingnya Pendidikan multicultural dicantumkan dalam proses Pendidikan disekolah demi tercapainya masyarakat Indonesia yang madani dan bermoral. Metode penelitian yang fokus pada upaya pendeskripsian objek yang diteliti dengan mengumpulkan informasi yang relevan dan berkaitan dengan inti permasalahan yang dibahas melalui studi pustaka.  Hasil penelitian ini yaitu nilai-nilai karakter nasionalisme dalam pendidikan multicultural dapat disertakan dalam proses belajar mengajar sehari-hari melalui penyertaan nilai-nilai sikap kebangsaan dalam setiap materi ajar pada setiap mata pelajaran. Radikalisme sebagai masalah baru dalam penanaman nilai nasionalisme perlu dipandang sebagai tantangan tersendiri dalam upaya penanaman nilai pluralisme dan kerukunan ditengah masyarakat. Penyertaan program pendidikan multikultur bernilai kebangsaan dapat didasarkan kepada lima dimensi yaitu: (1) penyesuaian konten, (2) proses penyusunan pengetahuan, (3) mereduksi prasangka, (4) kesetaraan pedagogi, serta (5) budaya dan struktur kehidupan sekolah yang membiasakan sikap toleransi.
Effectiveness Of Blended Learning In Human Anatomy Courses I Nyoman Gede Wardana
Jurnal Pendidikan Indonesia Vol. 2 No. 2 (2021): Jurnal Pendidikan Indonesia
Publisher : Syntax Corporation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/japendi.v2i2.102

Abstract

It is very demanding to teach anatomy in the present curriculum of medical education. The amount of time allotted to teach and learn human anatomy is diminishing. The traditional teaching method is no longer effective in being able to provide vast amounts of human anatomy learning material. Besides, this method is also passive, which is not liked by the current generation of students. Various disciplines have widely used the learning approach with the blended learning method. This study aims to compare the effectiveness of the blended learning method (BL) with the traditional teaching (TT) method on the student's final grades and the percentage of graduation rates for the gross human anatomy courses. A total of 217 final student grades from Batch 2016 (69 students), Batch 2017 (69 students), and Batch 2018 (79 students) were collected and analyzed. Students in Batch 2018 received the blended learning (BL) method while the Batch 2016 and Batch 2017 received the traditional teaching (TT) method. The mean final scores between the BL and TT methods were compared, also the percentage of graduation rates between the two methods. There was a significant mean difference in the student's final grade (P <0.001) between the BL method (66.77) versus the TT method (47.84). The percentage of students who passed with the BL method (65.82%) is higher than the TT method (10.14%). The result concluded blended learning method is more effective in increasing the final grade and percentage of graduating students than the traditional teaching method for gross human anatomy courses.
Implementation of Video Media to Improve Development of Early Religious and Moral Values of Children Mike Oktavia, Dewi; Dewi Madya, Junaisih
Jurnal Pendidikan Indonesia Vol. 2 No. 2 (2021): Jurnal Pendidikan Indonesia
Publisher : Syntax Corporation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/japendi.v2i2.101

Abstract

This study aims to prove that there is an influence of the use of video media on the development of religious and moral values by introducing polite behavior. This research uses a quantitative quasi-experimental design with a pretest-posttest controlled group design model. Learning in the control group using a conventional model teacher-centered media storybook while the experimental group using the medium of video. This research was conducted in kindergarten TRI DHARMA sub-district Sukapura districts Probolinggo in group A with research subjects 20 children to group control and 20 children to experiment. From the results of this study indicate that the influence of experimental class children who use video media has an average higher when compared to the control class that uses conventional models that are centered on the teacher with the storybook media. The average score of the experimental class is 82.25 and the average number of the control class is 75.5. Based on the analysis of data that has been done that t arithmetic > t table, which is 2.163 > 2.08387. Thus it can be concluded that video media influences the development of religious and moral values of early childhood.
Analisis Kemampuan Guru dalam Meningkatkan Pengelolaan Penilaian Rubrik di Sekolah Dasar Negeri No.174566 Hutabarat Silalahi, Tiurma
Jurnal Pendidikan Indonesia Vol. 2 No. 2 (2021): Jurnal Pendidikan Indonesia
Publisher : Syntax Corporation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/japendi.v2i2.99

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan menyangkut kinerja dan kompetensi guru di dalam melaksanakan profesi yang dapat meningkatkan mutu pembelajaran di SDN No.174566 Hutabarat Tahun Pelajaran 2019/2020.  Dalam hal ini ada beberapa hal. Salah satunya adalah tentang merumuskan dan mengelola penilaian rubric yang sangat dibutuhkan dalam kerangka memenuhi system penilaian pada Kurikuum 2013. Oleh karena itu guru dituntut untuk mampu mengelolanya dengan benar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan sekolah (PTS) konsep pokok penelitian tindakan terdiri dari empat komponen pokok yang menunjukkan langkah-langkah sebagai berikut: perencanaan atau planning, tindakan atau acting, pengamatan atau observing dan refleksi atau Reflecting. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru di SDN No.174566 Hutabarat Desa Hutabarat Parjulu Kecamatan Tarutung Kabupaten Tapanuli Utara Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 7 orang. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasantersebut di atas, maka dapat disimpulkan bahwa Lesson Study telah memberikan kesempatan yang luas kepada kepala sekolah  Sebagai peneliti bersama guru untuk dapat saling bertukar pikiran dan pengalaman,  merasakan adanya manfaat atas pelaksanaan penelitian ini  untuk meningkatkan kompetensinya.
Penggunaan Bahasa Indonesia Berdasarkan Pedoman EYD Pada Media Sosial Facebook Hendrawan, Ari Yunus; Riang Hati Waruwu
Jurnal Pendidikan Indonesia Vol. 2 No. 2 (2021): Jurnal Pendidikan Indonesia
Publisher : Syntax Corporation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/japendi.v2i2.98

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gangguan yang muncul akibat hadirnya bahasa alay terhadap komunikasi di jejaring sosial, khususnya media Facebook. Data dikumpulkan dengan menginventarisasi penggunaan bahasa alay di media Facebook. Kemudian data yang telah dikumpulkan akan diklasifikasikan menurut gangguan semantik yang terjadi terhadap unsur unsur komunikasi. Metode penelitiaan menggunakan metode deskriptif kualtitatif. Penulis akan mendeskripsikan dengan cara kualitatif satu persatu data yang diperoleh dengan cara mendeskripsikan gangguan-gangguan semantik terhadap unsur-unsur komunikasi tersebut. Berdasarkan hasil penelitian yaitu seiring majunya perkembangan zaman, semakin banyak pula pilihan cara berkomunikasi. Perkembangan teknologi yang begitu cepat menyebabkan para pelaku komunikasi selalu berupaya mencari cara berkomunikasi dengan cepat, murah, dan praktis.Bahasa alay menjadi sebuah variasi bahasa yang marak di kalangan remaja. Diarik kesimpulannya yaiu dalam media sosial facebook ini semakin berkembangnya zaman akan semakin banyak orang-orang yang menggunakannya apalagi dizaman yang maju setiap orang sudah memerlukan handphone untuk memenuhi kebutuhannya termasuk untuk mencari hiburan agar dapat membantu merefreskan otak disaat orang lelah. Pemakaain huruf kapital, pemakaian tanda titik, dan pemakaian tanda koma.Banyaknya kata alay yang digunakan banyak berdampak pada anak-anak yang belum mengerti dan akhirnya anak tersebut mengikuti apa yang dilihat dan didengar, dan itu bisa menjadi dampak buruk bagi anak-anak dan orang yang belum mengerti.
Penggunaan Aplikasi TEAMS dalam Pembelajaran Jarak Jauh di SMAN 18 Surabaya Kartini, Yusnawati
Jurnal Pendidikan Indonesia Vol. 2 No. 2 (2021): Jurnal Pendidikan Indonesia
Publisher : Syntax Corporation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/japendi.v2i2.96

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana adaptasi siswa kelas X terhadap tenaga pengajar dan pembelajaran melalui aplikasi TEAMS dari Microsoft Office 365 pada proses Pembelajaran Jarak Kauh selama masa pandemi sekarang ini. Metode yang digunakan penulis adalah penelitian kuantitatif dengan analisis deskriptif dengan melakukan observasi dan menyebarkan angket secara online kepada siswa kelas X. Berdasarkan hasil observasi dan angket menunjukkan bahwa dengan menggunakan aplikasi TEAMS siswa bisa belajar dengan baik, memberikan kesempatan untuk semakin mudah belajar dan siswa merasa senang karena bisa bertemu dengan guru dan bisa mendapatkan penjelasan dari tugas dan materi oleh guru meskipun secara virtual. Kesimpulannya siswa merasa aplikasi TEAMS telah memberikan mereka kesenangan dan kesempatan untuk tetap belajar di rumah dengan mudah selama proses Pembelajaran Jarak Jauh. Siswa dan guru tetap dapat melaksanakan proses belajar mengajar dengan efektif dan dapat melakukan adaptasi pembelajaran di masa pandemi covid 19 dengan menyenangkan meskipun harus belajar menggunakan aplikasi teknologi yang membutuhkan internet dan ponsel pintar atau komputer. Siswa dan guru saling menjaga semangat untuk melaksanakan proses belajar karena pendidikan tidak boleh terputus.
Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Rahman, A.
Jurnal Pendidikan Indonesia Vol. 2 No. 2 (2021): Jurnal Pendidikan Indonesia
Publisher : Syntax Corporation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/japendi.v2i2.95

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar Sejarah Indonesia siswa SMK swasta di wilayah Kota Administrasi Jakarta Selatan; (2) Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar Sejarah Indonesia siswa SMK swasta di wilayah Kota Administrasi Jakarta Selatan; (3) Pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Sejarah Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian ex post facto yang bersifat korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK swasta di wilayah Kota Administrasi Jakarta Selatan, pengambilan sampel dengan cara cluster random sampling, data dianalisis dengan statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Motivasi belajar siswa SMK swasta di wilayah Kota Administrasi Jakarta Selatan berada dalam “Kualifikasi sedang sampai tinggi”; (2) Perhatian orang tua siswa SMK swasta di wilayah Kota Administrasi Jakarta Selatan, berada dalam “Kualifikasi sedang sampai tinggi”; (3) Hasil belajar Sejarah Indonesia siswa SMK swasta di wilayah Kota Administrasi Jakarta Selatan berada dalam “Kualifikasi tinggi“; (4) Perhatian orang tua berpengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar Sejarah Indonesia; (5) Motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar Sejarah Indonesia; (6) Perhatian orang tua dan motivasi belajar berpengaruh positif dan nyata terhadap hasil belajar Sejarah Indonesia siswa SMK swasta di wilayah Kota Administrasi Jakarta Selatan
Pengaruh Regulasi Diri Dalam Pembelajaran Daring Menggunakan Schoology Terhadap Pemecahan Masalah Fisika Mahasiswa Napis, Napis; Rahmatulloh, Rahmatulloh
Jurnal Pendidikan Indonesia Vol. 2 No. 2 (2021): Jurnal Pendidikan Indonesia
Publisher : Syntax Corporation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/japendi.v2i2.94

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapan pembelajaran daring menggunakan schoology dengan mengontrol regulasi diri dan bagaimana pengaruhnya terhadap pemecahan masalah Fisika. Metode penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode survei. Sampel sebanyak 60 mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI yang diambil secara acak. Instrumen tes digunakan untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah Fisika, sedangkan regulasi diri menggunakan kuesioner. Data penelitian telah melalui uji normalitas, dan uji linieritas regresi, dan analisis varians (anava). Hasil uji statistik membuktikan bahwa regulasi diri memberikan efek positif terhadap kemampuan pemecahan masalah Fisika. Regulasi diri dalam belajar cukup membantu mahasiswa dalam pembelajaran daring. Mahasiswa dengan regulasi diri yang baik selama pembelajaran daring menggunakan schoology memiliki kecenderungan kemampuan pemecahan masalah Fisika yang relatif baik. Mengaktifkan regulasi diri dapat membantu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah Fisika mahasiswa. Dengan demkian dapat disimpulkan bahwa mahasiswa dengan yang lebih baik dari aspek regulasi diri, mampu melakukan kegiatan belajar yang mandiri, bertanggung jawab dengan penuh motivasi dan partisipasi aktif. Regulasi diri mampu mengendalikan perilaku mahasiswa agar tetap fokus selama pembelajaran daring menggunakan schoology, serta berorientasi pada tujuan pemecahan masalah. Regulasi diri yang baik dapat mengontrol tindakan dalam mengambil keputusan mengenai solusi yang diambil dalam pemecahan masalah serta menemukan jawaban yang terdapat dalam soal Fisika.
Implementasi Quantum Teaching Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Ainul Yaqin, Mokhammad
Jurnal Pendidikan Indonesia Vol. 2 No. 2 (2021): Jurnal Pendidikan Indonesia
Publisher : Syntax Corporation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/japendi.v2i2.93

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan quantum teaching dalam pembelajaran PAI. Sedangkan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kepustakaan. Hasil dalam penelitian ini telah ditemukan bahwa implementasi pembelajaran melalui quantum teaching ini,  dapat diterapkan 8 kunci keunggulan yang terdapat pada pembelajaran quantum teaching, 8 kunci itu menyediakan cara yang bermanfaat untuk mendapatkan keselarasan dan kerja sama. 8 kunci itu memasang kerangka kerja bagi lingkungan yang saling mendukung dan mempercayai dimana setiap peserta didik dihargai dan dihormati. Sehingga belajar bisa berlangsung tanpa adanya sebuah ancaman. 8 kunci keunggulan itu adalah: Integritas (kejujuran), kegagalan awal kesuksesan, berbicaralah dengan niat baik, hidup disaat ini, komitmen, tanggung jawab, sikap luwes (fleksibel), keseimbangan.

Page 1 of 16 | Total Record : 154