cover
Contact Name
Cecep Romli
Contact Email
cecep.romli@uinjkt.ac.id
Phone
+6281210424703
Journal Mail Official
jurnal.dakwah@uinjkt.ac.id
Editorial Address
Gedung Faklutas Dakwah dan Komunikasi UIN Jakarta Jl. Ir. H. Juanda no 95 Ciputat Tangerang Selatan
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah dan Kemasyarakatan
ISSN : 14112779     EISSN : 26861283     DOI : https://10.15408/dakwah
DAKWAH: Jurnal Dakwah dan Kemasyarakatan is a journal that publishes original research and current issues on dawah and communication studies in Indonesian and Asean society. The focus study of DAKWAH: Jurnal Dakwah dan Kemasyarakatan are Dakwah Management Islamic Guidance and Counseling Study Communication and Broadcasting of Islam Journalistic Social Welfare. Development of Islamic Society.
Articles 40 Documents
Kinerja dan Adaptasi Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) di Provinsi DI Yogyakarta Pasca Judicial Review UU Zakat No. 23 Tahun 2011 Hidayat, Taufik
Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah dan Kemasyarakatan Vol 22, No 2 (2018): Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah dan Kemasyarakatan
Publisher : Faculty of Dakwah and Communication, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15408/dakwah.v22i2.12067

Abstract

DI Yogyakarta merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi zakat yang cukup besar. Hal tersebut terjadi seiring dengan tumbuhnya kesadaran masyarakat kelas menengah muslim untuk menyalurkan dana amal mereka melalui lembaga-lembaga pengelola zakat. Untuk itu penting dilakukan penelitian “Kinerja dan Adaptasi Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) di Provinsi DI Yogyakarta Pasca Judicial Review UU Zakat No. 23 Tahun 2011”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dalam bentuk Action Research (AR) modifikasi. Subjek penelitian adalah stakeholder zakat yang dipilih secara ditentukan. 
Prinsip-Prinsip Komunikasi dan Informasi dalam Perspektif Al-Qur’an: Membangun Komunikasi Beradab imzi, husnul hakim
Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah dan Kemasyarakatan Vol 24, No 1 (2020): Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah dan Kemasyarakatan
Publisher : Faculty of Dakwah and Communication, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15408/dakwah.v24i1.17808

Abstract

Abstract Communication is not only informative but also persuasive. Moreover, the mass communcation which could be effective in forming public opinion. Therefore, it is necessary to apply the principles of communication that are mutually agreed consistently and responsibly. Because the error especially the mass communication will cause a great impact on society. There is a need for correction about the cognitive understanding of the public on terms that are known especially in the world of journalism, such as check and recheck, fairness, accuracy, free and responsible, and others. Do not let these principles actually gave birth to a new arrogance in communicating. This article tries to correct the understanding of the society based on the Qur’an and as-Sunnah.  AbstrakKomunikasi tidak hanya bersifat informatif tetapi juga persuasif. Apalagi komunikasi massa yang dapat efektif  membentuk opini publik. Oleh karena itu, prinsip komunikasi yang disepakati bersama harus diterapkan secara konsisten dan bertanggung jawab. Karena kesalahan khususnya dalam komunikasi massa akan menimbulkan dampak yang besar di masyarakat. Perlu ada koreksi terkait pemahaman kognitif masyarakat terhadap istilah-istilah yang dikenal khususnya dalam dunia jurnalistik, seperti check and recheck, fairness, akurasi, bebas dan bertanggung jawab, dan lain-lain. Jangan sampai prinsip tersebut justru melahirkan keangkuhan baru dalam berkomunikasi. Artikel ini mencoba meluruskan pemahaman masyarakat berdasarkan Al-Qur'an dan As-Sunnah. 
DAKWAH KEKUASAAN DALAM AL-QUR’AN yakin, syamsul
Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah dan Kemasyarakatan Vol 23, No 1 (2019): Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah dan Kemasyarakatan
Publisher : Faculty of Dakwah and Communication, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15408/dakwah.v23i1.13926

Abstract

AbstractThis paper describes an analytical study of the principles of the mission of power (dakwah-kekuasaan) in Islamic political thought originating from the al-Quran. The description of the principles of the mission of power is intended to provide a conceptual-philosophical and implementative practical description in the al-Quran. Analyzing qualitative data and using a critical-analysis approach, this paper shows that the verses of the Qur'an do not determine a particular system and form regarding social and state life in Islam, but only the principles or basics. Nevertheless, from these principles can be developed a certain system of government and political system that is most suitable in this modern era. Of course by considering the ideals of religious teachings and the empirical reality of a country.  AbstrakTulisan ini mendeskripsikan kajian analisis terhadap prinsip-prinsip dakwah kekuasaan dalam pemikiran politik Islam yang bersumber dari al-Qur’an. Uraian mengenai prinsip-prinsip dakwah kekuasaan dimaksudkan untuk memberikan gambaran secara konsepsional-filosofis dan praksis implementatif dalam al-Quran. Dengan menganalisis data kualitatif dan menggunakan pendekatan analisis-kritis, tulisan ini menunjukkan bahwa ayat-ayat al-Qur’an tidak menentukan sistem dan bentuk tertentu mengenai kehidupan bermasyarakat dan bernegara dalam Islam, melainkan hanya prinsip-prinsip atau dasar-dasarnya saja. Kendati begitu, dari prinsip-prinsip itu dapat dikembangkan suatu sistem pemerintahan dan sistem politik tertentu yang paling sesuai di era modern ini. Tentu dengan mempertimbangkan antara idealitas ajaran agama dan realitas empirik suatu negara.
Pemikiran Dakwah Bediuzzaman Said Nursi Amin, Edi
Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah dan Kemasyarakatan Vol 22, No 2 (2018): Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah dan Kemasyarakatan
Publisher : Faculty of Dakwah and Communication, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15408/dakwah.v22i2.12065

Abstract

Tulisan ini membuktikan bahwa pemahaman dan kepatuhan pada nilai-nilai yang terkandung dalam teks panduan, dapat memantapkan suatu gerakan tersebut dalam membangun komunitas. Komunitarianisme global menekankan pentingnya panduan moral, keterbukaan dan partisipasi masyarakat, meskipun nilai-nilai keyakinan satu umat sangat dominan. Said Nursi, mencoba mendialogkan dan menawarkan konsepsi dakwah yang bersumber dari ajaran Islam guna melawan sektarianisme, fanatisme, kediktatoran, penindasan dan menjawab problematika masyarakat modern yang kompleks. Tulisan ini menguatkan teori komunitarian dengan berbasis komunikasi yang telah dibangun oleh Andi Faisal Bakti (2004 dan 2010); Peter Mandaville (2009) tentang gerakan Islam transnasional di Asia Selatan yang bercorak filantropis dan organisasi dakwah; Metin KarabaÅŸoÄŸlu (2003), tentang adanya hubungan antara teks dan komunitas. Disertasi ini menolak pandangan R. J. Ravault (1992) bahwa gerakan keagamaan dan sosial yang bercorak komunitarianisme adalah sektarianisme. Sumber tulisan adalah karya Said Nursi dalam Risale-i Nur yang terbit tahun 2013, buku, jurnal, hasil simposium, hasil musyawarah, dokumentasi, dan seminar.
Perilaku Mengakses Informasi Dan Persepsi terhadap Berita Hoax Di Kalangan Mahasiswa Hidayatulloh, M. Taufik; Sahid, Kosbi
Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah dan Kemasyarakatan Vol 24, No 2 (2020): Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah dan Kemasyarakatan
Publisher : Faculty of Dakwah and Communication, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15408/dakwah.v24i2.18319

Abstract

AbstractThe purpose of this research is; (1) Describe student activity in accessing information on social media, (2) Describing the kind of information that students often access, and (3) Explaining students’ perception of the hoax news. The subject of research is18-22 years old college students who actively used social media. The data was analized using the Miles and Huberman technique. Research shows that : (1) Subject activity in social media is a more a user update status/picture/video feature, stories and live feature, like/love feature, comentary feature dan repost feature. (2) Information often accessed by most of the subject is entertainment, religion and politics, and (3)subject perceives hoax news as incorrect information with far reaching long term effect.AbstrakTujuan dari penelitian ini adalah; (1) Mendeskripsikan aktivitas mahasiswa saat mengakses informasi di media sosial, (2) Mendeskripsikan jenis informasi yang sering diakses mahasiswa, dan (3) Menjelaskan persepsi mahasiswa terhadap berita hoax. Subjek penelitian adalah mahasiswa usia 18-22 tahun yang aktif menggunakan media sosial. Analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas subjek di media sosial lebih banyak pada fitur update status/gambar/video pengguna, fitur story dan live, fitur like/love, fitur comentary dan fitur repost; (2) Informasi yang sering diakses oleh sebagian besar subjek adalah hiburan, agama dan politik; dan (3) subjek memandang berita hoax sebagai informasi yang tidak benar, yang berdampak jauh dalam jangka panjang.
TEORI PENAFSIRAN AYAT-AYAT GENDER Lutfi, M
Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah dan Kemasyarakatan Vol 21, No 1 (2017): Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah dan Kemasyarakatan
Publisher : Faculty of Dakwah and Communication, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15408/dakwah.v21i1.11812

Abstract

Hingga kini upaya penafsiran ayat-ayat al-Qur’an sudah memiliki standarisasi yang dapat dijadikan acuan bagi umat Islam dan dapat pula dijadikan buku pelajaran dalam kajian-kajian keislaman. Meskipun keberadaannya bisa statis pada satu sisi kalau penafsirannya hanya tertuju pada bacaan yang sudah ada, tentunya hal ini menjadikan hukum yang dikeluarkan darinya (al-Qur’an) semakin sempit. Sehingga ada kalangan tertentu yang berpendapat bahwa proses standarisasi itu menjadikan penafsiran terhadap teks ini memiliki bias gender, terutama yang menyudutkan kaum wanita. Dan akan selalu dinamis pada sisi yang lain bila penafsirannya senantiasa disesuaikan dengan perkembangan tuntutan umat yang selalu berkembang.
GERAKAN ISLAM DAN KETIDAKADILAN SOSIAL: SIKAP ANTI AMERIKA DI KALANGAN MUSLIM tasman, tasman
Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah dan Kemasyarakatan Vol 23, No 2 (2019): Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah dan Kemasyarakatan
Publisher : Faculty of Dakwah and Communication, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15408/dakwah.v23i2.13935

Abstract

AbstractThis study aims to explore how is the real perception of the Indonesian Muslim community towards America and the West in general. What form of cooperation has been built by the two countries (Indonesia and America) so as to arouse the turmoil of Muslim activists in several regions of Indonesia? This study uses a qualitative method by interviewing Muslim figures in Indonesia. This research finds that Muslim social movements (which are partly anti-America) are caused by a sense of social injustice. AbstrakPenelitian ini bertujuan menggali bagaimana sesungguhnya persepsi masyarakat Muslim Indonesia terhadap Amerika dan Barat pada umumnya. Bagaimana bentuk kerjasama yang selama ini dibangun oleh kedua negara (Indonesia dan Amerika) sehingga membangkitkan gejolak aktivis Muslim di beberapa daerah Indonesia? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mewawancarai tokoh-tokoh Muslim di Indonesia. Penelitian ini menemukan bahwa gerakan sosial Muslim itu (yang sebagian anti Amerika) disebabkan oleh rasa ketidakadilan sosial.
Fenomena Tarekat di Zaman Now: Telaah atas Ajaran dan Amalan TQN Suryalaya Usman, Asep
Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah dan Kemasyarakatan Vol 22, No 2 (2018): Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah dan Kemasyarakatan
Publisher : Faculty of Dakwah and Communication, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15408/dakwah.v22i2.12068

Abstract

Tarekat merupakan anak kandung tasawuf amali. Secara harfiah tarekat berasal dari kata al-tharîqah yang berarti cara, jalan atau metodologi. Dalam tasawuf tarekat adalah cara, jalan atau metodologi  guna mencapai tujuan tasawuf, yaitu kesucian jiwa, kedekatan diri dengan Allah dan merasakan kehadiran-Nya. Tasawuf amali dibangun di atas prinsip “ilmu amaliah, amal ilmiah” yang biasanya dipraktekkan dengan mengikuti tarekat di bawah bimbingan seorang mursyid. Pembahasan tentang tarekat bisa dilihat dari lima aspek yang berikut: Pertama, tarekat ditinjau dari segi etimologi. Kedua, tarekat sebagai peringkat penghayatan keislaman kaum Muslimin. Ketiga, tarekat sebagai jalan, cara metode yang dilakukan para sufi dalam menyucikan jiwa, mendekatkan diri kepada Allah dan merasakan kehadiran-Nya di dalam kalbu. Keempat, tarekat sebagai metode psikologis yang dilakukan mursyid dalam membimbing murid-muridnya guna merasakan dzikir kalbu. .
Kecerdasan Komunikasi dan Kesehatan Mental Masturi, Ade
Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah dan Kemasyarakatan Vol 22, No 2 (2018): Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah dan Kemasyarakatan
Publisher : Faculty of Dakwah and Communication, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15408/dakwah.v22i2.12063

Abstract

Cara dan pesan yang disampaikan dalam proses komunikasi seseorang dipengaruhi oleh kecerdasan emosi bahkan spiritual. Semakin cerdas emosi dan spiritualnya, maka akan semakin baik dan efektif serta konstruktif pembawaan komunikasinya. Sebaliknya, semakin buruk komunikasi seseorang, maka semakin rendah tingkat kecerdasan emosi dan spiritualnya.Ini menunjukkan bahwa komunikasi terkait erat dengan kondisi psikologis seseorang, lebih jauhnya, baik buruknya komunikasi seseorang bergantung pada seberapa sehat mental/jiwanya.Akhirnya, ada hubungan antara komunikasi dengan kesehatan mental seseorang.Bagaimana melakukan komunikasi dengan orang-orang yang mempunyai masalah kesehatan mental?Nampaknya komunikasi terapeutik perlu dikedepankan.Komunikasi terapeutik termasuk dalam komunikasi interpersonal dengan titik tolak saling memberikan pengertian antara komunikator dengan komunikan. Stuart dan Sundeen mengatakan bahwa teknik komunikasi terapeutik merupakan cara untuk membina hubungan yang terapeutik di mana terjadi informasi dan perasaan serta pikiran dengan maksud untuk memengaruhi orang lain.  
Promosi Pariwisata Islami Sebagai Komunikasi Pembangunan Pemerintah Kota Pagaralam Sumatera Selatan Kusmiati, Yopi
Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah dan Kemasyarakatan Vol 24, No 1 (2020): Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah dan Kemasyarakatan
Publisher : Faculty of Dakwah and Communication, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15408/dakwah.v24i1.17874

Abstract

AbstractTourism promotion is one of the effective efforts to promote city tourism. The success of promotion is influenced by many aspects, such as the ability of the communicator to set communication goals so that the message conveyed is attractive and effective. The purpose of this study was to know the practice of tourism promotion, the interpretation of Pagaralam City Government employees on tourism promotion activities and their roles, and the relationship between Pagaralam City Government employees and the public. Researchers used a qualitative research design with a phenomenological tradition. This study found that the chosen type of tourism promotion was publicity, print publication, electronic and internet media. Their interpretation of tourism promotion activities in Pagaralam is formulated into two categories, namely promotion of activities as promotional activities and substantial promotion as formal promotions. The relation between the public relations officer and the public is going well. AbstrakPromosi pariwisata merupakan salah satu upaya efektif untuk mempromosikan pariwisata kota. Keberhasilan promosi dipengaruhi oleh banyak aspek, seperti kemampuan komunikator dalam menetapkan tujuan komunikasi agar pesan yang disampaikan menarik dan efektif. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui praktek promosi pariwisata, interpretasi pegawai Pemerintah Kota Pagaralam terhadap kegiatan promosi pariwisata dan peran mereka, dan hubungan antara pegawai Pemerintah Kota Pagaralam dan publik. Peneliti menggunakan desain penelitian kualitatif dengan tradisi fenomenologi. Penelitian ini menemukan bahwa jenis promosi pariwisata yang dipilih adalah publisitas, publikasi dengan percetakan, media elektrotik dan internet. Interpretasi mereka atas kegiatan promosi pariwisata di Pagaralam dirumuskan dalam dua kategori, yaitu promosi kegiatan sebagai kegiatan promosi dan promosi substansial sebagai promosi formal. Hubungan antara petugas humas dan publik berjalan baik. 

Page 1 of 4 | Total Record : 40