cover
Contact Name
Warda Murti
Contact Email
binomial.biologi@umma.ac.id
Phone
+6282195293453
Journal Mail Official
binomial.biologi@umma.ac.id
Editorial Address
Jl. Dr. Ratulangi No. 62 Maros, Sulawesi Selatan 90511
Location
Kab. maros,
Sulawesi selatan
INDONESIA
BINOMIAL : Jurnal Pendidikan Biologi
ISSN : 26230143     EISSN : 26572184     DOI : https://doi.org/10.46918/binomial
Jurnal Binomial adalah jurnal Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muslim Maros yang mempublikasikan hasil penelitian dan karya ilmiah dalam pengembangan ilmu biologi dan pendidikan. Terbit Edisi Maret dan Edisi September
Articles 29 Documents
MENINGKATKAN KINERJA GURU IPA DALAM MENETAPKAN NILAI KKM MELALUI TEKNIK COACHING MODEL GROW ME Arifin, Ardiana
Binomial Vol 3 No 2 (2020): Jurnal Binomial
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUSLIM MAROS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46918/binomial.v3i2.667

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu mengembangkan kompetensi guru maka perlu dilakukan suatu model pembinaan yang bersifat sistematis dan menyeluruh sehingga guru dapat meningkatkan kompetensinya, terkhusus dalam menetapkan KKM. Penelitian ini telah dilakukan selama 2 bulan, mulai dari bulan September hingga Oktober 2017. Dalam penelitian tersebut, 19 guru sasaran dalam penelitian ini terlibat aktif dalam kegiatan diskusi dan sharing pengalaman dengan guru IPA yang lain dalam wadah MGMP IPA. Untuk memaksimalkan pemahaman mereka maka penulis memberikan perhatian, bimbingan, dan pendampingan yang lebih banyak dalam menetapkan KKM. Penelitian tindakan sekolah dilaksanakan melalui dua siklus dengan indikator keberhasilan 85% guru sudah dapat menetapkan KKM. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan. Pada siklus I baru tercapai 65,4 %, dan setelah siklus II menunjukkan peningkatan hingga 96,4 % kemampuan guru menetapkan KKM. Dengan demikian maka diharapkan model pembinaan melalui pendampingan di kegiatan MGMP dapat digunakan untuk membantu dan meningkatkan kemampuan guru dalam mengatasi masalah lainnya
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA MATERI METABOLISME KELAS XII MIPA 1 SMA NEGERI 1 MAKASSAR Nur, Ernawati
Binomial Vol 3 No 2 (2020): Jurnal Binomial
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUSLIM MAROS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46918/binomial.v3i2.668

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Group Investigation. Subjek penelitian ini adalah 36 siswa kelas XII MIPA 5 tahu pelajaran 2019/2020. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes di setiap akhir siklus. Hasil peneltian yang berupa hasil belajar siswa dianalisis secara analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII MIPA 5. Peningkatan tersebut ditunjukkan oleh data penelitian yaitu rata-rata nilai hasil belajar siswa meningkat dari 62,06 pada siklus I menjadi 86,94 pada siklus II. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII MIPA 5 pada materi metabolism.
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DIPADUKAN DENGAN STRATEGI INKUIRI TERBIMBING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA STKIP PEMBANGUNAN INDONESIA Prasetyo, Moh. Mulyadi
Binomial Vol 3 No 2 (2020): Jurnal Binomial
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUSLIM MAROS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46918/binomial.v3i2.666

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) aktivitas mahasiswa yang diajar dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dipadu strategi inkuiri terbimbing, (2) hasil belajar siswa yang diajar dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dipadu strategi inkuiri terbimbing, (3) pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dipadu strategi inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar mahasiswa dan (4) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dipadu strategi inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa melalui aktivitas siswa. Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa STKIP PI. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik random class. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas mahasiswa dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas mahasiswa berada pada kategori sangat aktif; (2) hasil belajar berada pada kategori tinggi; (3) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dipadu strategi inkuiri terbimbing berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa dan (4) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dipadu strategi inkuiri terbimbing berpengaruh tidak langsung terhadap hasil belajar melalui aktivitas mahasiswa.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI KINGDOM ANIMALIA PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 MAROS Diana, Nurdiana
Binomial Vol 3 No 2 (2020): Jurnal Binomial
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUSLIM MAROS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46918/binomial.v3i2.665

Abstract

Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Kingdom Animalia Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 4 MAROS, (dibimbing oleh A. Muhajir Nasir dan Novalia Tanasy). Penelitian ini termasuk penelitian Pre-Experimental Designs. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar biologi materi kingdom animalia pada siswa kelas X SMA Negeri 4 Maros. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Cooperative Tipe Numbered Head Together (NHT) sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar biologi. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 4 sebagai kelas Eksperimen. Data dianalisis menggunakan Analisis Uji Deskriptive, Normalitas, dan Ngain dengan menggunakan SPSS versi 16. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan Model pembelajaran Cooperative Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar biologi. Hal ini juga dibuktikan dari hasil perolehan pengujian hipotesis Ngain dengan menggunakan Gain ternormalisasi One Sample t-test yang diperoleh nilai thitung = 2.919 dengan nilai-p = .008 < α =0,025 berarti terdapat perubahan yang signifikan. Pada posttest juga memperlihatkan bahwa 21 dari 24 peserta didik (87,5%.) telah mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 4 Maros . hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa penggunaan model pembelajaran Cooperative Tipe Numbered Head Together (NHT) berpengaruh terhadap hasil belajar biologi materi Kingdom Animalia pada siswa kelas X SMA Negeri 4 Maros
PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERT DIDIK KELAS XI IPA Nurhalisah, St.
Binomial Vol 3 No 2 (2020): Jurnal Binomial
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUSLIM MAROS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46918/binomial.v3i2.664

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi Eksperimental Designs. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu karena tidak semua variabel dapat dikontrol secara ketat. Penelitian ini menggunakan rancangan “One-Group Pretest-Posttest Design Dalam desain penelitian eksperimen ini ada satu kelompok yaitu kelas eksperimen saja. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 20 Pangkep yang berjumlah 2 kelas yaitu kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 dimana siswa kelas XI IPA 1 berjumlah 32 dan XI IPA2 berjumlah 34 siswa, jadi populasi dalam penelitian ini berjumlah 66 siswa di SMA Negeri 20 Pangkep. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel, yaitu: variabel bebas (X) danvariabel terikat (Y). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Tes yang berbentuk soal pilihan ganda sebanyak 20 soal.Tes digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model kooperatif tipe Teams Games Tournamen. Instrumen pada penelitian ini adalah peneliti yang menggunakan instrumen berupa soal dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif statistik dan deskriptif inferensial. Hasil analisis derskriptif pada Pre-Test dengan standar deviasi 15,42 sedangkan hasil Pos-Test dengan standar deviasi 10,58. Hasil uji normalitas pada Pre-Test senilai 0,586 sedangkan pada Pos-Test senilai 0,186. Pada uji homogenitas, hasil Pre-Test dan Pos-Test sebanyak 0,087 serta berdasarkan hasil uji hipotesis, nilai t tabel sebesar 1,998341 dan t hitung sebesar 29,396 dimana t tabel < t hitung sehingga berdasarkan kriteria pengujian untuk uji hipotesis dinyatakan Ho ditolak sehingga H1 diterima yang berarti ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament berbantuan audio visual terhadap hasil belajar peserta didik.
- Meningkatkan Hasil belajar IPA Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan Melalui Metode Pembelajaran Discovery di Kelas VIII SMP Neg. 4 Bissappu Kec. Bissappu Kab. Bantaeng Jarre, Abd. Rahman -
Binomial Vol 3 No 2 (2020): Jurnal Binomial
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUSLIM MAROS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46918/binomial.v3i2.561

Abstract

Dalam mencapai tujuan pendidikan di sekolah menengah pertama diperlukan pengajaran dari berbagai disiplin ilmu, salah satu disiplin ilmu adalah IPA. Metode Discovery merupakan suatu metode dimana dalam proses belajar mengajar guru menyuruh siswa-siswanya menemukan sendiri informasi yang secara tradisional yang biasa diberitahukan atau diceramahkan saja. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom action research). Adapun model PTK yang digunakan dalam penelitian ini mengadopsi model PTK Mc. Taggart, dimana siklus dilakukan secara berdaur terdiri dari: 1) Perencanaan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3). Observasi, dan 4) Refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Neg. 4 Bissappu Kec. Bissappu Kab. Bantaeng dengan jumlah 24 orang siswa sebagai objek penelitian yaitu 12 perempuan dan 12 laki-laki. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan selama dan sesudah pengumpulan data. Analisis data dilakukan dengan membandingkan hasil pengamatan, wawancara, catatan lapangan, angket dengan indikator-indikator pada tahap refleksi dari siklus penelitian. Hasil penelitian ini adalah terjadinya perubahan-perubahan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Bissappu Kec. Bissappu Kab. Bantaeng selama diterapkannya Metode Discovery. Adapun perubahan-perubahan tersebut adalah: 1). Perhatian siswa dalam mengikuti proses pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II, 2). Adanya peningkatan penguasaan materi pelajaran IPA siswa dalam proses belajar mengajar dengan penerapan Metode Discovery, juga ditemukan hal-hal lain di antaranya: a). Semangat/antusias, b). Motivasi dan minat, c). Percaya diri, dan d). Interaksi siswa dengan siswa, siswa dengan guru. Kesimpulan penelitian ini bahwa pembelajaran dengan menggunakan Metode Discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan di kelas VIII SMP Neg. 4 Biassappu Kec. Bissappu Kab. Bantaeng.
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA 3D SIENCE BERBASIS ANDROID DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SIWA KELAS VIII DI MTSNEGERI 1 MAROS BARU M, Kalsum
Binomial Vol 3 No 1 (2020): Jurnal Binomial
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUSLIM MAROS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46918/binomial.v3i1.482

Abstract

Penelitian ini termasuk penelitian Quasy Eksperimental. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan media 3D Science Berbasis Android Dengan Model Pembelajaran Kooperatif terhadap hasil belajar biologi kelas VIII MTs Negeri 1 Maros pada materi sistem pernafasan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan Media 3D Science Berbasis Android sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar biologi peserta didik.Data dianalisis menggunakan Analisis uji Deskriptive, Normalitas, Homogenitas, Hipotesis, dan Ngain dengan menggunakan SPSS versi 16. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan Media 3D Science Berbasis Android Dengan Model PembelajaranKooperatif terhadap hasil belajar biologi. Hal ini juga di buktikan dari hasil perolehan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t yaitu diperoleh nilai thitung= 13.380 lebih besar dari ttabel=1,66 dengan taraf signifikan 0,05 atau 5%. Selain itu dilihat dari hasil perhitungan postes setelah diberikan perlakuan media pembelajaran 3D Science Berbasis Android sebanyak empat pertemuan dengan nilai rata-rata 85,71, lebih tinggi dibandingkan dengan hasil perhitungan postes kelas kontrol dengan nilai rata-rata 77,50 yang diberikan perlakuan sebanyak empat kali pertemuan dengan menggunakan media pembelajaran dua dimensi.
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI VIRUS KELAS X DI SMA NEGERI 2 GOWA Ramdhani, Sri Inka; Magfirah, Nurul; Hambali, Hilmi
Binomial Vol 3 No 1 (2020): Jurnal Binomial
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUSLIM MAROS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46918/binomial.v3i1.480

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media komik terhadap hasil belajar siswa pada materi virus kelas X di SMA Negeri 2 Gowa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan desain penelitian yang digunakan yaitu posttest-only control group desaign, yaitu setelah proses pembelajaran dilakukan posttest untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan sampel pada penelitian ini adalah kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 6 sebagai kelas kontrol. Data yang dikumpulkan mengenai hasil belajar siswa dianalisis menggunakan analisis satistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yaitu 77,02 sedangkan pada kelas kontrol yaitu 69,38. Hasil analisis data uji hipotesis menggunakan Independent Sample t-Test didapatkan Sig sebesar 0,003 dan nilai tingkat signifikansinya (α) adalah 0,05, hal ini menunjukkan bahwa nilai Sig lebih kecil dari nilai tingkat signifikansi (α). Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media komik terhadap hasil belajar siswa pada materi virus.
PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP MINAT BELAJAR BIOLOGI KONSEP MONERA SISWA KELAS X SMA harfika, Harfika; Thahir, Rahmatia; Hambali, Hilmi
Binomial Vol 3 No 1 (2020): Jurnal Binomial
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUSLIM MAROS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46918/binomial.v3i1.481

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode mind mapping terhadap minat belajar biologi konsep monera pada siswa kelas X di SMAN 9 Makassar. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasy eksperimen) dengan bentuk desain Posttest Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X Mia sebanyak 8 kelas dengan jumlah 274 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X MIA 7 sebanyak 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X MIA 6 sebanyak 32 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa angket terdiri dari 25 pernyataan yang sudah di validasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah Independent Samples T-test. Hasil uji analisis Independent Samples T-test pada minat belajar siswa didapatkan nilai Sig (2-tailed) 0,008<0,05. Hal ini berarti H0 di tolak dan H1 diterima atau dengan kata lain ada pengaruh penerapan metode mind mapping terhadap minat belajar biologi konsep monera pada siswa kelas X MIA di SMA Negeri 9 Makassar.
PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA NEGERI DI KOTA MAKASSAR Anisa, Anisa; Ernawati, Ernawati
Binomial Vol 3 No 1 (2020): Jurnal Binomial
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUSLIM MAROS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46918/binomial.v3i1.479

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menganalisis pengaruh media sosial terhadap hasil belajar Biologi siswa SMA Negeri di Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri di Kota Makassar. Sampel penelitian sebanyak 335 siswa, diperoleh dengan menggunakan teknik random sampling. Variabel yang diteliti adalah: (1) variabel bebas adalah media sosial; (2) variabel terikat adalah hasil belajar. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket untuk memperoleh, sedangkan hasil belajar siswa diperoleh dari dokumentasi nilai hasil belajar biologi tahun akademik 2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan; pengaruh media sosial terhadap hasil belajar mahasiswa berada pada kategori rendah.

Page 1 of 3 | Total Record : 29