cover
Contact Name
Andi Prastowo
Contact Email
albidayahjurnal@gmail.com
Phone
+6281804033569
Journal Mail Official
anditarbiyah@gmail.com
Editorial Address
Jl Marsda Adisucipto, Yogyakarta 55281 Indonesia Telp. (0274) 513056 Fax. (0274) 519734
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam
ISSN : 20850034     EISSN : 25493388     DOI : https://doi.org/10.14421/jpdi
Core Subject : Education, Social,
https://jurnal.albidayah.id/index.php/home/about/editorialPolicies#focusAndScope The focus of the Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam publication is on various issues found in the field of Islamic Basic Education, both as material objects and or as formal objects. We invite scientists, academics, researches, practitioners, and observers in the field of Islamic Basic Education to publish the results of their research in our journal, the articles are focussed including: 1. Development and Design of Learning in Islamic Elementary Education 2. Learning Strategy in Islamic Elementary Education 3. Evaluation of Learning in Islamic Elementary Education 4. Management of Basic Education in Islamic Elementary Education 5. Inclusive Education in Islamic Elementary Education 6. Integration and Interconnection Based Research on Basic Education 7. Professionalism of Teachers in Islamic Elementary Education 8. Use of Information and Digital Technology on Islamic Elementary Education
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2010)" : 7 Documents clear
Profesionalisme Pendidik dan Tenaga Kependidikan Berbasis Sistem dan Kreatifitas Santosa, Sedya
Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol 2, No 2 (2010)
Publisher : Study Program of Islamic Elementary Education, Sunan Kalijaga State Islamic University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/al-bidayah.v2i2.108

Abstract

Profesionalisme telah menjadi pilihan untuk meningkatkan mutu atau kualitas pendidikan kita. Berbagai eksperimen telah dilakukan untuk mewujudkan profesionalisme di seluruh kalangan pemangku pendidikan baik pendidik dan tenaga pendidikan. Di samping beberapa kelebihan praktik yang selama ini berjalan, di sana terdapat kelemahan-kelemahan pemahaman dan aplikasi profesionalisme.Dalam beberapa aspek, konsep profesionalisme kita mengabaikan sistem. Pendidik masih diistemewakan dibanding komponen pemangku pendidikan yang lain.  Sehingga pendekatannya kurang sistemis, tetapi lebih menonjol secara personal. Di dalam aspek yang lain, profesionalisme lebih  banyak terpaku pada konsep sehingga cenderung mekanis, kurang memiliki daya adaptasi dan integrasi terhadap  berbagai fenomena  baru di dunia global. Profesionalisme dunia pendidikan kita sebaiknya juga diimbangi dengan kemampuan kreatif untuk mengintegrasikan setiap fenomena baru yang berkaitan dengan pendidikan, tidak hanya terpaku pada konsep-konsep beku.
Pengaruh Pembelajaran Matematika Berbatuan Komputer Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SD Abdullah, Abdullah
Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol 2, No 2 (2010)
Publisher : Study Program of Islamic Elementary Education, Sunan Kalijaga State Islamic University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/al-bidayah.v2i2.104

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh pembelajaran matematika berbantuan komputer terhadap prestasi belajar matematika siswa SD pada tema pokok keliling dan luas jajargenjang dan segitiga.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan variabel terikat prestasi belajar matematika siswa SD dan variabel bebasnya adalah media berbantuan komputer dan media konvensional. Desain penelitiannya yaitu desain kelompok kontrol nonekuivalen. Subjek penelitian sebanyak 62 siswa. lnstrumen pengumpulan data yang digunakan berupa tes prestasi belajar matematika. Data dianalisis dengan menggunakan ana/isis kovarian dengan skor pre-test sebagai kovariat pada tarafsignifikansi 5 % (d = 0.05).Hasil penelitian ini adalah; pembelajaran matematika berbantuan komputer berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika siswa SD, hasil analisis kovarian menunjukkan bahwa nilai sig.  0,000 < 0,05.
Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Nyaman dan menyenangkan Dengan Metode Permainan Bahasa Johariyah, Siti
Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol 2, No 2 (2010)
Publisher : Study Program of Islamic Elementary Education, Sunan Kalijaga State Islamic University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/al-bidayah.v2i2.109

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh model quantum learning dapat menciptakan suasana pembelajaran yang nyaman dan menyenangkan serta meningkatkan prestasi belajar di kelas 1 B MIN Tempel Ngaglik Sleman. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi motivasi para guru untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas dan juga dalam menghadapi kendala, hambatan dan tantangan sebagai pemacu kreatifitas agar menjadi lebih baik.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas 1 B di MIN Tempel Ngaglik Sleman Tahun Pelajaran 2008/2009 dengan jumlah siswa 34 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, jurnal harian, wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptifkualitatif dengan melalui beberapa tahapan yaitu : tahap reduksi data trianggulasi dan display data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model Quantum Learning dengan metode permainan bahasa merupakan salah' satu metode pembelajaran yang dapat menciptakan suasana pembelajaran yang nyaman dan menyenangkan terbukti adanya peningkatan dari hasil observasi kegiatan pembelajaran baik dari segi siswa maupun guru yakni pada siklus 1 prosentase pembelajaran nyaman dan menyenangkan dari  segi siswa mencapai prosentasi 30 % sedangkan pada siklus II mencapai 76 % . Telah terjadi peningkatan sebesar 46 %, sedangkan  untuk  kegiatan pembelajaran nyaman dan menyenangkan dari segi  guru pada siklus I prosentase mencapai 41,10% sedang pada siklus II mencapai sebesar 76.11%, mengalami peningkatan sebesar 35,01 %, serta dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IB dimana pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar 74,41, siklus II nilai rata-rata 90,08. (2) waktu guru untuk menyiapkan proses pembelajaran di kelas tidak dapat dilaksanakan dengan optimal karena minimnya persiapan yang dilakukan.
Kebiasaan Belajar Mahaiswa PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Asnafiyah, Asnafiyah
Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol 2, No 2 (2010)
Publisher : Study Program of Islamic Elementary Education, Sunan Kalijaga State Islamic University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/al-bidayah.v2i2.105

Abstract

Sebagai upaya mewujudkan rencana mutu yang telah ditetapkan, mahasiswa PGMI telah diberi bekal materi kebiasaan belajar yang baik melalui program sosialisasi pembelajaran, yang dilakukan sebelum mahasiswa memasuki perkuliahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum mahasiswa PGMI memiliki kebiasaan belajar yang cukup baik. Dalam menghadapi ujian mahasiswa PGMI mempunyai kebiasaan belajar yang baik, dalam mengikuti perkuliahan di kelas, memantapkan materi perkuliahan dan dalam menulis karya ilmiah, mahasiswa mempunyai kebiasaan belajar cukup baik, sedangkan dalam membaca buku yang digunakan dalam perkuliahan, mahasiswa PGMI mempunyai kebiasaan belajar yang kurang baik. Dosen pada beberapa mata kuliah tertentu telah berupaya untuk itu dengan cara mewajibkan mahasiswa untuk membaca dan melaporkan hasil bacaan yang mereka baca. Hal ini perlu terus ditingkatkan, agar mahasiswa PGMI mempunyai kebiasaan belajar yang semakin baik, sehingga dapat menunjang tercapainya rencana mutu yang telah ditetapkan.
Membangun Karakter Anak Dengan Metode Kisah Qur’ani Suyadi, Suyadi
Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol 2, No 2 (2010)
Publisher : Study Program of Islamic Elementary Education, Sunan Kalijaga State Islamic University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/al-bidayah.v2i2.110

Abstract

Karakter adalah sifat, watak, pembawaan atau kebiasaan yang mendarah daging. tak dapat dibentuk dengan kebiasaan. Sedangkan kebiasaan itu sendiri hanyalah buah dari pola pikir manusia yang bersangkutan. Pada awalnya, manusia yang membentuk kebiasaan tertentu.  Tetapi, pada perkembangan selanjutnya, manusialah yang justru akan dibentuk oleh kebiasaannya sendiri. Tulisan ini difokuskan pada pembentukan karakter anak dengan metode pembacaan kisah qur'ani. Dipilihnya metode ini karena kisah dalam Al-Qur'an mengandung hikmah yang mudah diterima anak, sehingga mampu mempengaruhi pola pikir yang berujung pada perubahan kebiasaan. Dengan membacakan kisah-kisah qur'ani, diharapkan anak-anak mampu menangkap pesan karakter edukatif untuk selanjutnya dapat merubah pola pikir dan kebiasaannya, sehingga anak-anak menjadi generasi yang qur'ani.
Peningkatan Nilai-Nilai Sosial Melalui Metode Permainan Dalam Pembelajaran IPS di MI Al Huda Boyolali Rahmawati, Isna
Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol 2, No 2 (2010)
Publisher : Study Program of Islamic Elementary Education, Sunan Kalijaga State Islamic University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/al-bidayah.v2i2.106

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan nilai sosial siswa kelas IV MI Al Huda Ngargorejo, Ngemplak, Boyolali tahun ajaran 2009/2010 melalui metode permainan dalam pembelajaran IPS.Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak sembilan pertemuan dalam tiga siklus. Penelitian ini menggunakan model Kemmis & Taggart yang pada tiap siklusnya terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, obeservasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV MI Al Huda Ngargorejo, Ngemplak, Boyolali tahun ajaran 2009/2010 yang berjumlah 16 siswa. Jenis tindakan yang dilakukan adalah penerapan metode permainan dasebagai pelaksana tindakan dan seorang guru sebagai observer bersama dengan peneliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, tes hasil belajar, dokumentasi, dan catatan lapangan.  Instrumen yang digunakan adalah lembar  observasi, pedoman wawancara, lembar tes,  dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan dengan analisis deskritif kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa I) Upaya peningkatan nilai-nilai sosial siswa melalui metode permainan dalam pembelajaran IPS dipadukan dengan metode ceramah bervariasi dan diselingi dengan melakukan permainan "Pecahkan Sandi Temukan Makna". 2) Metode permainan dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan nilai sosial siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya penzngkatan rata-rata skor munculnya perilaku siswa yang bernilai kerjasama, saling menghargai, dan sopan santun sebelum dilakukan tindakan adalah 32.29. Pada sikus I meningkat menjadi 38.02, siklus II menjadi 48.44, siklus III menjadi 58.59. Rata-rata persentase munculnya perilaku siswa yang bernilai kerjasama, saling menghargai, dan sopan santun sebelum tindakan: nilai positifsebanyak 8.34%, pada siklus I menjadi 11.98%, siklus II menjadi 22.40%, dan pada siklus III meningkat menjadi 30.73%. Rata-rata persentase munculnya perilaku siswa yang bernilai kerjasama, saling menghargai, dan sopan santun yang pasif (blank) sebelum tindakan sebanyak 48.96%, pada siklus I menjadi 52.08%, siklus II menjadi 53.13%, dan pada siklus III menjadi 56.25%. Sedangkan rata-rata persentase munculnya perilaku siswa yang bernilai kerjasama, saling menghargai, dan sopan san tun yang negatif mengalami penurunan di setiap siklusnya, yaitu sebelum tindakan yang negatif sebanyak 42.71%, dan pada siklus I turun menjadi 35.94%. siklus II menjadi, 24.48%, dan pada siklus III menjadi 13.02%.
Mengajarkan Perkalian di Kelas II SD/MI Dengan Strategi Permainan Sulistiyowati, Endang
Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol 2, No 2 (2010)
Publisher : Study Program of Islamic Elementary Education, Sunan Kalijaga State Islamic University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/al-bidayah.v2i2.107

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa pembelajaran matematika selama ini dilakukan dengan cara konvensional. Paling tidak hal inilah yang terjadi di kelas II MIN Tempel Sleman. Pada waktu pelajaran siswa tidak aktif dan suka bermain sendiri. Guru jarang memvariasikan dengan metode yang lain. Hal ini berakibat pada hasil prestasi yang rendah.Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Apakah pembelajaran dengan pendekatan active learning dapat meningkatkan suasana pembelajaran matematika menjadi aktif dan menyenangkan? Apakah hal ini berakibat meningkatnya hasil prestasi belajar? Kendala apa saja yang dihadapi oleh guru jika melakukannya?Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, dengan subyek penelitian siswa kelas IIB MIN Tempel Sleman, tahun pelajaran 2008/2009. Jumlah siswa 38 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, jurnal harian, wawancara tidak terstruktur, dan tes evaluasi.

Page 1 of 1 | Total Record : 7