cover
Contact Name
Andi Prastowo
Contact Email
albidayahjurnal@gmail.com
Phone
+6281804033569
Journal Mail Official
anditarbiyah@gmail.com
Editorial Address
Jl Marsda Adisucipto, Yogyakarta 55281 Indonesia Telp. (0274) 513056 Fax. (0274) 519734
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam
ISSN : 20850034     EISSN : 25493388     DOI : https://doi.org/10.14421/jpdi
Core Subject : Education, Social,
https://jurnal.albidayah.id/index.php/home/about/editorialPolicies#focusAndScope The focus of the Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam publication is on various issues found in the field of Islamic Basic Education, both as material objects and or as formal objects. We invite scientists, academics, researches, practitioners, and observers in the field of Islamic Basic Education to publish the results of their research in our journal, the articles are focussed including: 1. Development and Design of Learning in Islamic Elementary Education 2. Learning Strategy in Islamic Elementary Education 3. Evaluation of Learning in Islamic Elementary Education 4. Management of Basic Education in Islamic Elementary Education 5. Inclusive Education in Islamic Elementary Education 6. Integration and Interconnection Based Research on Basic Education 7. Professionalism of Teachers in Islamic Elementary Education 8. Use of Information and Digital Technology on Islamic Elementary Education
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2014)" : 8 Documents clear
Kepemimpinan Pendidikan Dalam Manajemen Berbasis Sekolah/Madrasah Rohmah, Lailatu
Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol 6, No 1 (2014)
Publisher : Study Program of Islamic Elementary Education, Sunan Kalijaga State Islamic University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/al-bidayah.v6i1.141

Abstract

Desentralisasi pendidikan yang diberlakukan mulai 1 Januari 2001 membawa perubahan dalam pengelolaan sekolah, yakni dengan Manajemen Berbasis Sekolah yang melibatkan pada peran sekolah dan komite sekolah dalam mengambil setiap kebijakan dan keputusan sekolah. Salah satu aspek yang penting dalam MBSIM adalah model kepemimpinan kepala sekolah yang diterapkan. Salah satu model kepemimpinan yang relevan dengan MBSIM adalah kepemimpinan transformatif yang mempunyai karakteristik bekerja untuk merubah situasi. Prinsip-prinsip kepemimpinan transformatifadalah simplikasi, motivasi, fasilitasi, inovasi, mobilitas, siap siaga, dan tekad. Kepemimpinan transformatifjika diterapkan dalam lembaga pendidikan yakni, sekolah dan madrasah akan membawa konstribusi dan pengaruh yang signifikan dalam kemajuan lembaga pendidikan tersebut.
Pengembangan LKS Matematika Yang Terintegrasi Dengan Nilai-Nilai Islam Di Kelas IV MI Diponegoro Bantul Mauluah, Luluk
Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol 6, No 1 (2014)
Publisher : Study Program of Islamic Elementary Education, Sunan Kalijaga State Islamic University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/al-bidayah.v6i1.146

Abstract

 Penelitian ini adalah penelitian R&D yang bertujuan untuk menghasilkan LKS matematika yang terintegrasi dengan nilai-nilai Islam untuk kelas IV SD/MI. Metode penelitian yang digunakan adalah model Borg & Gall. LKS yang dihasilkan memiliki komponen: kompetensi inti, kompetensi dasar, dan indikator. Selain itu ada aikon ide, mari bermain, mari berlatih, diskusikan bersama ternan-ternan dan latihan. Integrasi dilakukan pada 4 ranah:filosoji, materi, strategi dan metodologi. Kompetensi dasar yang dapat diintegrasikan dengan nilai-nilai Islam secara langsung adalah kompetensi dasar 3.4, 3. 7, 3.8, dan 3.11. Efektifitas LKS hanya tercapai menurut ketuntasan individu, dan tidak tercapai secara klasikal.
Integrasi Nilai Karakter Peduli Lingkungan Hidup Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Di MI Hidayat, Nur
Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol 6, No 1 (2014)
Publisher : Study Program of Islamic Elementary Education, Sunan Kalijaga State Islamic University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/al-bidayah.v6i1.147

Abstract

Terjadinya kerusakan lingkungan karena sikap manusia yang akhir-akhir ini ingin menguasai alam dan tidak peduli dengan lingkungan. Dalam hal ini madrasah khususnya pembelajaran Akidah Akhlak memiliki peran dalam penyadaran nilai-nilai agama Islam sebagai rahmatanlil'alamin. Dengan integrasi nilai karakter yang berhubungan dengan lingkungan hidup diharapkan menambah rasa peduli dengan lingkungan dan mengurangi kerusakan lingkungan. MIN Jejeran Ielah berusaha mengintegrasikan nilai karakter yang berhubungan dengan lingkungan hidup dalam pembelajaran.
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Ipa Terpadu Berbasis Model Iqra' Dan Mitigasi Bencana Erupsi Merapi Kartika, Ika
Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol 6, No 1 (2014)
Publisher : Study Program of Islamic Elementary Education, Sunan Kalijaga State Islamic University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/al-bidayah.v6i1.138

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian R&D yang mengadaptasi prosedur Borg dan Gall yang dilakukan dengan lebih sederhana, yang melibatkan 5 langkah utama yaitu: (I) Ana/isis produk, (2) mengembangkan produk awal, (3) validasi ahli dan revisi, (4) uji coba skala kecil dan revisi produk, (5) uji coba skala besar dan produk akhir. Penelitian ini dilakukan sampai pada tahap validasi dan penilaian. Instrumen penelitian berupa lembar penilaian kualitas LKPD untuk ahli materi, media, dan guru· SMPIMTs menggunakan skala Likert!. Instrumen untuk peserta didik berupa skala respon peserta didik menggunakan skala Likertyang dibuat dalam bentuk checklist. Menurut ahli materi dan ahli media, produkyang dikembangkan memiliki kualitas Baik (B) dengan persentase keidealan 80% dan 81,48%. Sedangkan penilaian dari guru SMPIMTs, memiliki kualitas Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan 90%. Maka Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dikembangkan dapat dijadikan sebagai salah satu sumber be/ajar IPA di SMP/MTs.
Karakter Pemimpin, Kajian Buku Tematik Kelas 4 SD/MI Kurikulum 2013 Asnafiyah, Asnafiyah
Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol 6, No 1 (2014)
Publisher : Study Program of Islamic Elementary Education, Sunan Kalijaga State Islamic University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/al-bidayah.v6i1.134

Abstract

Rakyat Indonesia mengharapkan pimpinan yang mempunyai karakter baik dan kuat agar dapat mewujudkan cita-cita hidup bernegara Indonesia yakni masyarakat yang sejahtera, adil dan makmur. Bercermin pada karakter para pemimpin-pemimpin bangsa Indonesia seperti ditulis dalam buku tematik kelas 4 SD/MI, bangsa Indonesia akan dapat bangkit kembali untuk mewujudkan kejayaan, kemakmuran yang pernah dirasakan pada mas a lampau. Menjunjung nilai kejujuran, kepercayaan, pengabdian, keberanian sebagaimana ditunjukkan pemimpin Indonesia harus menjadi karakter setiap Warga Negara Indonesia. Karakter tersebut sangat diperlukan untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik.
Kepemimpinan Guru Dalam Pembentukan Karakter Siswa Suyadi, Suyadi
Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol 6, No 1 (2014)
Publisher : Study Program of Islamic Elementary Education, Sunan Kalijaga State Islamic University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/al-bidayah.v6i1.148

Abstract

Lembaga pendidikan sekolah memegang peran yang sangat penting dan strategis dalam pengembangan karakter siswa. Sekolah menjadi sarana diseminasi nilai-nilai kebajikan (virtues) yang inungkin belum dilakukan di keluarga atau di masyarakat. Seluruh pengalaman yang dijumpai anak selama di sekolah adalah kurikulum yang sangat efektif dalam membentuk kepribadian mereka. Apalagi pada taraf perkembangan anak usia dini dan dasar yang masih pada tahap operasional konkret, mereka akan banyak be/ajar pada apa yang mereka lihat. Dengan perilaku imitatif tersebut, maka peran model guru sebagai seorang pendidik amat mutlak dilakukan. Maka tugas seorang guru adalah bagaimana berperan menjadi model teladan nilai sekaligus mampu menciptakan sus as ana kelas dan sekolah yang kondusif sebagai bentuk penguatan (reinforcement) bagi tumbuh kembangnya karakter yang baik pada siswa.
Pendidikan tonggak Keberhasilan Penanaman Pendidikan Karakter Pada Anak Usia MI Nugraheni, Aninditya Sri
Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol 6, No 1 (2014)
Publisher : Study Program of Islamic Elementary Education, Sunan Kalijaga State Islamic University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/al-bidayah.v6i1.153

Abstract

Pendidikan karakter merupakan fondasi bangsa yang sangat penting dan perlu ditanamkan sejak dini kepada anak-anak. Di era sekarang, karakter merupakan sesuatu yang sulit ditemukan pada masyarakat Indonesia. Upaya unruk membangun karakter pada masyarakat Indonesia telah dilakukan dengan berbagai macam cara, salah satunya adalah dengan perubahan kurikulum, dari KTSP menjadi kurukulum 2013. Keberhasilan pendidikan tidak lepas dari peran pendidik. lebih jauh hakikat pendidikan karakter adalah proses yang berkelanjutan dan tak pernah berakhir, sehingga menghasilkan perbaikan kualitas yang berkesinambungan, yang ditunjukan pada terwujudnya sosok pemimpin masa depan, dan berakar pada nilai-nilai budaya bangsa.
Pengembangan Modul Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Memfasilitasi Kemandirian Belajar Siswa SD/MI Danuri, Danuri
Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol 6, No 1 (2014)
Publisher : Study Program of Islamic Elementary Education, Sunan Kalijaga State Islamic University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/al-bidayah.v6i1.136

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development(R&D) yang menggunakan model ADDIE (Analysisi, Design, Development, Implementation, and Evaluation) dengan produk modul m(ltematika SDI MI menggunakan pendekatan kontekstual. Pengembangan dilakukan melalui beberapa tahap yaitu ana/isis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan prosedural, yaitu model yang bersifat deskriptif, menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul matematika SD/Ml dengan pendekatan kontekstual dapat memfasilitasi kemandirian be/ajar siswa. Respon siswa terhadap modul tergolong dalam kategori baik, sehingga modul matematika SDIMI dengan pendekatan kontekstuallayak digunakan.

Page 1 of 1 | Total Record : 8