cover
Contact Name
Buyung
Contact Email
21.buyung@gmail.com
Phone
+6285347441263
Journal Mail Official
jerr@journal.stkipsingkawang.ac.id
Editorial Address
STKIP SIngkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
Location
Kota singkawang,
Kalimantan barat
INDONESIA
Journal of Educational Review and Research
Published by STKIP Singkawang
ISSN : 25979752     EISSN : 25979760     DOI : http://dx.doi.org/10.26737/jerr
Core Subject : Education,
Journal Of Educational Review and Research (JERR) is published by Institute for managing and publishing scientific journal STKIP Singkawang in 2017 and periodically published twice per year on July and December, with e-ISSN : 2597-9760 and p-ISSN : 2597-9752. JERR aims to becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational development.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2020): VOLUME 3 NUMBER 1 JULY 2020" : 10 Documents clear
Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Pada Materi Trigonometri Ningsih, Arrum Agitiya; Utami, Citra; Wahyuni, Rika
Journal of Educational Review and Research Vol 3, No 1 (2020): VOLUME 3 NUMBER 1 JULY 2020
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jerr.v3i1.2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan koneksi matematis siswa, kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal trigonometri berdasarkan indikator kemampuan koneksi matematis siswa, dan faktor yang mempengaruhi siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal trigonometri berdasarkan indikator kemampuan koneksi matematis siswa pada kelas XI di SMA Negeri 10 Singkawang. Penelitian ini menggunakan description research. Subjek penelitian ini adalah 30 siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 10 Singkawang. Instrument soal yang digunakan dalam penelitian ini berupa 3 buah soal tes tertulis yang mengacu pada indikator kemampuan koneksi matematis siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis interaktif yang terdiri atas tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.  Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa (1) Tingkat kemampuan koneksi matematis siswa tergolong cukup. (2) Kesalahan dalam menyelesaikan soal trigonometri yang meliputi kesalahan konseptual (salah dalam memahami soal, menggunakan rumus, menerjemahkan soal ke dalam kalimat matematika, menentukan rumus yang akan digunakan, dan salah mementukan jawaban akhir) dan kesalahan prosedural (langkah penyelesaian tidak sistematis, tidak mampu memanipulasi langkah, tidak melanjutkan proses penyelesaian, dan kesalahan dalam melakukan proses perhitungan matematika). (3) Faktor yang mempengaruhi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal meliputi faktor kesalahan konseptual (kurang teliti dalam menyelesaikan soal, kurangnya penguasaan bahasa terhadap permintaan soal, kurangnya pemahaman siswa terhadap materi trigonometri, kurang teliti dalam menyelesaikan soal dan lupa denga rumus yang akan digunakan) dan faktor kesalahan prosedural (kurang teliti dalam melakukan perhitungan, tergesa-gesa dalam menyelesaikan soal, kurangnya pemahaman siswa terhadap materi trigonometri, lupa rumus yang akan digunakan dan tidak memahami maksud soal).
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN PENALARAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI PELUANG Triatma, Sandi; Utami, Citra; Wahyuni, Rika
Journal of Educational Review and Research Vol 3, No 1 (2020): VOLUME 3 NUMBER 1 JULY 2020
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jerr.v3i1.2049

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Inquiry untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Non Equivalen Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Barito Singkawang sebanyak 3 kelas yaitu kelas IXA, IXB, dan IXC. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling purposive yaitu kelas IXA kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas IXC sebahgai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan penalaran matematis, dan angket motivasi siswa. Sebelum digunakan instrumen terlebih dahulu diuji validitasnya dengan ahli. Hasil penelitian menunjukan : 1) kemampuan penalaran matematis siswa mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM = 70) secara individu dan klasikal yaitu sebesar  77,38 dan ketuntasan klasikal melampaui 75%; 2) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry. 3) Motivasi belajar siswa kelas IX SMP Barito Singkawang tinggi pada materi peluang setelah diterapkan model pembelajaran Inquiry sebesar 128,31 dengan kategori sangat tinggi.penelitian menunjukan bahwa persentase siswa dalam memecahkan masalah geometri berdasarkan teori Van Hiele masih berada pada kategori rendah. Jadi dari hasil penelitian didapat bahwa siswa yang memiliki kemampuan koneksi berdasarkan tingkat berpikir level 2 berada di kategori sedang sedangkan kemampuan koneksi dengan tingkat berpikir level 1 dan level 0 berada pada kategori rendah.
Peningkatan KeterampilanMemberikan Tanggapan Melalui Strategi The Power Of Two Pada Siswa SMP Negeri 2 Selakau Nurhidayah, Mauluda; Fitri, Fitri; Mulyani, Sri
Journal of Educational Review and Research Vol 3, No 1 (2020): VOLUME 3 NUMBER 1 JULY 2020
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jerr.v3i1.2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan  Perencanaan, pelaksanaan, dan hasil  memberikan tanggapan melalui strategi pembelajaran the power of two pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Selakau. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode kualitatif deskriftif. Data penelitian berupa proses pembelajaran memberikan tanggapan dan hasil belajar siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran the power of two. Teknik pengumpulan data menggunakan pengukuran dan observasi. Prosedur penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan langkah-langkah: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) 0bservasi, (4) refleksi. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran the power of two dalam penelitian tindakan kelas dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran berbicara memberikan tanggapan. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, dan kegiatan dalam partisipasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Kinerja guru dalam mengelola pembelajaran terus meningkat dari 75% pada siklus 1 menjadi 85,72 % pada siklus 2. Nilai kegiatan aktivitas siswa di kelas mengikuti proses pembelajaran pada siklus 1 mencapai 74,33% meningkat menjadi 83,33% pada siklus 2. Peningkatan belajar siswa dapat diketahui setelah membandingkan hasil, sebelumnya pada keterampilan berbicara hanya mencapai 40%, setelah mendapat tindakan siklus I persentase ketuntasan menjadi 60%. Terjadi peningkatan pada siklus II yaitu 85% mencapai pada peningkatan yang diharapkan.
Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Segitiga Anggraini, Rina; Utami, Citra; Wahyuni, Rika
Journal of Educational Review and Research Vol 3, No 1 (2020): VOLUME 3 NUMBER 1 JULY 2020
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jerr.v3i1.2065

Abstract

Penggunaan model pembelajaran bisa digunakan sebagai perangsang minat dan motivasi belajar peserta didik agar bisa terlibat secara aktif dalam pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi segitiga di kelas VII Madrasah Tsanawiyah Nurusshibyan Singkawang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasy eksperimental dengan menggunakan dua kelas sebagai sampel. Penelitian dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Nurusshibyan Singkawang tahun ajaran 2014/2015, kelas eksperimen adalah kelas VII A yang mendapatkan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan jumlah peserta didik sebanyak 32 orang dan kelas kontrol adalah kelas VII B yang mendapatkan model pembelajaran Langsung dengan jumlah peserta didik sebanyak 32 orang. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Segitiga. Berdasarkan hasil analisis statistik yang dilakukan diperoleh bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep akhir yang signifikan antara peserta didik yang mendapatkan model pembelajaran MMP dan model pembelajaran langsung. Adapun peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dari kedua kelas dikategorikan tinggi. Respon peserta didik terhadap model pembelajaran MMP menghasilkan respon baik dan keterlaksanaan aktivitas peserta didik terhadap model pembelajaran MMP dikategorikan baik
Penerapan Model Pembelajaran (PBI) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Kesebangunan Jan, Chai; Utami, Citra; Prihatiningtyas, Nindy Citroresmi
Journal of Educational Review and Research Vol 3, No 1 (2020): VOLUME 3 NUMBER 1 JULY 2020
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jerr.v3i1.2048

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan PBI untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi kesebangunan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian Pre-Experimental. Design yang digunakan ialah One-Group-Pretest-Posttest Design. Populasinya ialah semua siswa kelas IX SMPS Asoka Singkawang. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematis, lembar observasi aktivitas belajar siswa, dan lembar observasi keterlaksanaan PBI. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu N-Gain dan persentase. Hasil penelitian membuktikan bahwa (1) Gain ternormalisasi 0,6 kriteria sedang sehingga terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan PBI (2) mean dari aktivitas belajar siswa tergolong sangat baik yaitu 91% (3) mean dari keterlaksanaan PBI tergolong sangat baik yaitu 95%. Berdasarkan pemaparan di atas, penerapan model PBI untuk siswa kelas IX di SMPS Asoka Singkawang terdapat peningkatan pada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, aktivitas siswa tergolong sangat baik, dan keterlaksanaan model pembelajaran tergolong sangat baik.
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA TEKS EKSPOSISI Jumadi, Jumadi; Mardian, Mardian; Yanti, Lili
Journal of Educational Review and Research Vol 3, No 1 (2020): VOLUME 3 NUMBER 1 JULY 2020
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jerr.v3i1.2064

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk, (1)Mengetahui apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan membaca teks eksposisi  siswa menggunakan strategi pembelajaran the power of two untuk meningkatkan kemampuan membaca teks eksposisi  pada siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Singkawang, (2)Mengetahui seberapa besar pengaruh strategi pembelajaran the power of two untuk meningkatkan kemampuan membaca teks eksposisi pada siswa (3)Mengetahui aktivitas belajar siswa saat diterapkan strategi pembelajaran the power of two. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah  siswa kelas VIII  SMP Negeri 17 Singkawang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel purposive sampling sebanyak 2 kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan lembar aktifitas siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental Designs. Dengan rancangan “Nonequivalen control grup design”. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan lembar aktifitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan membaca teks eksposisi siswa antara yang menggunakan strategi pembelajaran the power of two dan kelas yang menggunakan model pembelajaran langsung. Yaitu yang diperoleh thitung = 12,67 ttabel = 1,67. (2)pengaruh strategi pembelajaran the power of two menunjukan kreteria tinggi yaitu 1,33. (3) hasil obsevasi aktivitas belajar siswa saat diterapkan  menunjukan rata-rata persentase 74,73 dengan kriteria tinggi.
Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Student Recap untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Berita pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 2 Paloh Usa, Usa; Mardian, Mardian; Yanti, Lili
Journal of Educational Review and Research Vol 3, No 1 (2020): VOLUME 3 NUMBER 1 JULY 2020
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jerr.v3i1.2047

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai pada keterampilan menulis siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Paloh, disebabkan yaitu siswa masih kurang menguasai kalimat yang akan digunakan dalam menulis serta siswa belum memahami dalam penulisan tanda baca. Tujuan secara khusus yang ingin dicapai oleh peneliti yaitu Peningkatan hasil, Keterlaksanaan, Respon siswa setelah menerapkan strategi pembelajaran student recap untuk keterampilan menulis berita pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Paloh. Bentuk penelitian ini pre-eksperimental dengan rancangan one group pretest-postest. Dalam rancangan penelitian ini dilakukan pengukuran berupa pretest kemudian diberikan perlakuan dengan jangka waktu tertentu, kemudian dilakukan pengukuran berupa posttest. Instrumen tes berupa tes essai yang telah diuji cobakan dengan reliabilitas 0,63 kriteria tinggi. Berdasarkan perbandingan tes awal (pretest) sebelum perlakuan dan tes akhir (posttest) setelah diberi perlakuan dengan strategi pembelajaran aktif tipe student recap diperoleh hasil nilai siswa posttest lebih tinggi dari nilai pretest, sehingga dieroleh nilai N-gain sebesar 0,49 dengan kriteria sedang. Keterlaksanaan strategi pembelajaran aktif tipe student recap pada materi menulis berita secara singkat, padat, dan jelas memperoleh nilai sebesar 91,17%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan materi menulis berita secara singkat, padat, dan jelas dengan menulis berita melalui penerapan strategi pembelajaran aktif tipe student recap di kelas VIII B SMP Negeri 2 Paloh dapat dikatakan meningkat.
KESALAHAN EJAAN DALAM SURAT DINAS KELUAR DI KANTOR CAMAT SINGKAWANG BARAT PERIODE JULI-DESEMBER 2017 Aidipta, Iqbal; Mardian, Mardian; susanto, Heru
Journal of Educational Review and Research Vol 3, No 1 (2020): VOLUME 3 NUMBER 1 JULY 2020
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jerr.v3i1.2063

Abstract

Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan kesalahan ejaan dalam surat dinas keluar di Kantor Camat Singkawang Barat. (1) Penulisan ejaan; (2) Penulisan struktur bentuk surat; (3) Penulisan singkatan; (4) Implementasi hasil penelitian dalam perencanaan pembelajaran di sekolah. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dengan bentuk penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah Kantor Camat Singkawang Barat. Data dalam penelitian ini adalah surat dinas keluar. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah teknik catat, studi dokumenter, dan alat pengumpul data berupa sampel surat dinas keluar. Alat pengumpul data yang digunakan adalah kartu pencatat data. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh bahwa (1) Terdapat 167 kesalahan ejaan meliputi 62 kesalahan pemakaian huruf, 40 kesalahan penulisan kata, dan 65 kesalahan pemakaian tanda baca; (2) terdapat 3 kesalahan bentuk surat meliputi tidak ada salam pembuka, tidak terdapat tembusan, dan struktur yang terbalik; (3) terdapat 113 kesalahan singkatan; (4) dan implementasi kesalahan dalam penulisan dapat diterapkan dikurikulum 2013 khususnya Kompetensi Dasar 3.14 menelaah unsur-unsur dan kebahasaan dari surat pribadi dan surat dinas yang dibaca dan didengar, serta Kompetensi Dasar 4.14 menulis surat (pribadi dan dinas) untuk kepentingan terhadap rencana pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia di sekola.
Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa pada Materi Statistika Fajriah, Nuurun; Utami, Citra; Mariyam, Mariyam
Journal of Educational Review and Research Vol 3, No 1 (2020): VOLUME 3 NUMBER 1 JULY 2020
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jerr.v3i1.2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan representasi matematis siswa, kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal statistika berdasarkan indikator kemampuan representasi matematis siswa, dan faktor yang mempengaruhi siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal statistika berdasarkan indikator kemampuan representasi matematis siswa pada kelas XI di SMA Negeri 5 Singkawang. Penelitian ini menggunakan description research. Subjek penelitian ini adalah 15 siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 5 Singkawang. Instrument soal yang digunakan dalam penelitian ini berupa 3 buah soal tes tertulis yang mengacu pada indikator kemampuan representasi matematis siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis interaktif yang terdiri atas tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.  Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa (1) Tingkat kemampuan representasi matematis siswa sebesar 54,6% dengan kategori sedang. (2) Kesalahan dalam menyelesaikan soal statistika yang meliputi kesalahan konsep (salah dalam memahami makna soal), kesalahan prinsip (salah dalam penarikan kesimpulan dalam menentukan jawaban akhir soal, salah dalam menggunakan aturan-aturan dalam rumus matematika), dan kesalahan operasi (salah dalam menggunakan operasi dalam matematika baik penjumlahan, pengurangan, pembagian, maupun perkalian). (3) Faktor yang mempengaruhi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal meliputi faktor kesalahan konsep (siswa tidak memahami soal yang diteskan), faktor kesalahan prinsip (salah dalam penarikan kesimpulan untuk menentukan jawaban akhir soal, tidak menggunakan aturan-aturan dalam rumus matematika), dan faktor kesalahan operasi (ketidak cermatan menentukan hasil perhitungan baik penjumlahan, pengurangan, pembagian, maupun perkalian).
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERTIF PAIR CHECKS TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMPULKAN ISI BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 10 SINGKAWANG Satira, Ira; Sunarsih, Eti; Zulfahita, Zulfahita
Journal of Educational Review and Research Vol 3, No 1 (2020): VOLUME 3 NUMBER 1 JULY 2020
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jerr.v3i1.2050

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa mencapai KKM (70)  baik secara individual maupun klasikal terhadap kemampuan menyimpulkan isi berita, dan mengetahui hasil belajar siswa sesudah diterapkanya model pembelajaran kooperatif pair checks terhadap kemampuan menyimpulkan isi berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Singkawang lebih baik dibandingkan hasil belajar siswa sebelum diterapkanya model pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Experimental Designs. Dengan menggunakan bentuk “one group pretest-posttest design”. Menurut metodeny merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Singkawang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel purposive sampling sebanyak 1 kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Hasil penelitian menunjukkan 1) kemampuan menyimpulkan isi berita mencapai ketuntasan individu dan klasikal yaitu Karena thitung  ttabel  atau 6,24 > 1,70 bahwa rata-rata mencapai KKM  70, selanjutnya untuk ketuntasan klasikal yaitu Zhitung  Ztabel  atau 2,25  1,64 disimpulkan bahwa ketuntasan klasikal siswa mencapai 75%. 2) hasil belajar siswa sesudah diterapkanya model pembelajaran kooperatif pair checks terhadap kemampuan menyimpulkan isi berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Singkawang lebih baik dibandingkan hasil belajar siswa sebelum diterapkanya model pembelajaran yaitu t hitung > dari t tabel yakni – 10,92 > 1,706 disimpulkan bahwa Hasil belajar siswa sesudah diterapkan model pembelajaran kooperatif pair checks terhadap kemampuan menyimpulkan isi berita lebih baik.

Page 1 of 1 | Total Record : 10