cover
Contact Name
Florensius Tijan
Contact Email
admin@unka.ac.id
Phone
+6281227902049
Journal Mail Official
admin@unka.ac.id
Editorial Address
Jl.YC.Oevang Oeray, Desa Sungai Ana, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang
Location
Kab. sintang,
Kalimantan barat
INDONESIA
FOKUS Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang
ISSN : -     EISSN : 25993518     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
FOKUS, Jurnal Ilmu Sosial dan Politik, kali ini memulai tampil dalam kemasan baru. Tampilan dan gaya baru bukanlah berarti menafikkan eksistensi dan substansi keilmuan, terutama ranah kajian administrasi publik. Terbitan ke 17 nomor 1, Maret 2019, tentunya banyak harapan dan tantangan yang masih harus dibenahi oleh Tim Penyunting. terutama yang berkaitan dengan isi, dimana edisi Jurnal kali ini belum dapat menyatukan tulisan dalam satu tofik (monograf). Namun demikian, tidaklah berarti mengurangi telaah substansi pembahasan sebuah persoalan keilmuan. Kritik yang bermanfaat sangat dihargai, namun bukan berarti kritik yang tidak bermanfaat tidak dihargai, hanya barangkali cara menempatkan kritik itu yang berbeda. Sebab semua kritik tentulah bermanfaat terlebih untuk Jurnal FOKUS ini. Semoga Jurnal FOKUS kedepan akan tampil semakin sempurna dan mampu menggugah kesadaran untuk menampilkan tulisan yang sangat erat terkait dengan ruang lingkup Ilmu Administrasi Publik dan mencapai tujuan bernegara yang bermuara pada penyelesaian persoalan publik (masyarakat), tentunya kontribusi yang tidak sebatas ide semata, namun yang sangat utama tentulah aksi-aksi (actions) konkrit.
Articles 100 Documents
PELAKSANAAN PELAYANAN KREDIT asrori, imam
FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang. Vol 16, No 1 (2018): Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K
Publisher : Universitas Kapuas Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pelaksanaan pelayanan kredit oleh pengurus koperasi unit desa taruna bumi dijalankan berdasarkan tugas dan wewenangnya pengurus koperasi. prosedur pelaksanaan pelayanan penyaluran kredit terdiri beberapa tahap yaitu tahap permohonan, tahap analisis kredit, tahap survey, tahap keputusan pinjaman, tahap perjanjian pinjaman, tahap pencairan kredit. analisis kredit dilaksanakan dengan menilai dan memperhatikan calon penerima kredit dari aspek : watak calon penerima kredit, kemampuan mengembalikan kredit, progres usaha, dan modal kerja, memastikan ada jaminan, memperhatikan kondisi ekonomi saat pengajuan kredit dan memprediksi prospek bidang usaha yang dijalani calon penerima kredit. badan pengawas koperasi unit desa taruna bumi telah melakukan pengawasan penyaluran kredit berdasarkan prosedur tahap penyaluran kredit, yaitu pengawasan tahap permohonan kredit, pengawasan tahap analisis kredit, pengawasan tahap survey, pengawasan tahap keputusan, pengawasan tahap perjanjian, dan pengawasan tahap pencairan kredit.
PENGARUH GAJI, BONUS, PERATURAN DAN SANKSI, FASILITAS KERJA DAN KERJASAMA TIM TERHADAP KINERJA KARYAWAN Boni, Anastasia; -, Darmansah
FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang. Vol 18, No 1 (2020): Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K
Publisher : Universitas Kapuas Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja adalah gaji, bonus, peraturan dan sanksi, fasilitas kerja dan kerjasama tim yaitu kekuatan yang mendorong seorang karyawan untuk berbuat mengarahkan perilaku kerja. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Gaji , Bonus, Peraturan dan Sanksi, Fasilitas Kerja dan Kerjasama Tim terhadap kinerja karyawan pada PT. Sari Bumi Kusuma (SBK) Ella Kecamatan Menukung Kabupaten Melawi.Hasil dari penelitian ini yaitu PT. Sari Bumi Kusuma (SBK) selain telah memberikan gaji sesuai dengan UMR juga memberikan bonus kepada karyawannya, menegakkan peraturan dan sanksi kepada karyawannya. menyediakan fasilitas kerja, Dan juga tetap menjaga adanya kerjasama tim antara karyawan. Hasil perhitungan dengan bantuan program SPSS diperoleh nilai signifikan f < 0,05 (0,000 < 0,05). Pengujian secara parsial gaji menunjukkan nilai signifikansi t sebesar 0,000 yang berarti < 0,05., bonus menunjukkan nilai signifikansi t sebesar 0,000 yang berarti < 0,05, peraturan dan sanksi menunjukkan nilai tidak signifikansi t sebesar 0,974 yang berarti < 0,05. Ini menunjukkan bahwa variabel peraturan dan sanksi tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Variabel fasilitas kerja menunjukkan nilai tidak signifikansi t sebesar 0,286 yang berarti < 0,05. Ini menunjukkan bahwa variabel fasilitas kerja tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Variabel kerjasama tim menunjukkan nilai signifikansi t sebesar 0,000 yang berarti < 0,05. Ini menunjukkan bahwa variabel kerjasama tim berpengaruh positif dan signifikan.
PENGAWASAN UPAH MINIMUM KABUPATEN (UMK) OLEH DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI Apriani, Gradila
FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang. Vol 17, No 1 (2019): Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K
Publisher : Universitas Kapuas Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Banyaknya konflik dalam melaksanakan Upah Minimum di Kabupaten Sintang perlu mendapatkan perhatian dari instansi terkait dalam hal ini yaitu Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sintang. Sebagai Instansi yang mempunyai wewenang dalam menetapkan Upah Minimum seharusnya juga mempunyai wewenang dalam menindak pelaku-pelaku usaha yang tidak melaksanakan Upah Minimum. Pelaksanaan Upah Minimum Kabupaten perlu dikontrol dan diawasi secara teliti demi kesejahteraan ekonomi karyawan demi meningkatkan hasil produktivitas perkembangan ekonomi daerah. Oleh karena itu perlunya pengawasan terkait Upah Minimum Kabupaten (UMK) di Kabupaten Sintang.
TATA PENGELOLAAN ALOKASI DANA DESA (ADD) DI DESA MERERAI DUA Atong, Petrus
FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang. Vol 18, No 2 (2020): FOKUS Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Ka
Publisher : Universitas Kapuas Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian melakukan kajian tentang aspek Peran Kepala Desa, dan Pengelolaan Anggaran yaitu terhadap Anggaran Dana Desa (ADD) yang diterima oleh Desa Merarai Dua setiap tahunnya, terutama Peran Kepala Desa dalam bagaimana melakukan pengelolaan terhadap Anggaran Dana Desa (ADD) untuk Tahun 2019-2020. Dalam tata pengelolaan Anggaran Dana Desa sangatlah signifkan dan penting. Kepala Desa bersama dengan perangkatnya adalah personil yang langsung bersentuhan dengan perencanaan, penggunaan sekaligus sebagai evaluator melekat dalam implementasi penggunaan anggaran dana desa. Bersama dengan Ketua dan perangkat Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan semua keterwakilan masyarakat desa, Alokasi Dana Desa yang dikucurkan oleh pemerintah pusat tersebut dirancangkan bersama penggunaannya serta diputuskan bersama dalam rapat atau musyawarah desa yang dilakukan atau diselenggarakan oleh pihak eksekutif (pemerintahan desa).Sementara tujuh puluh persen dari total anggaran atau Alokasi Dana Desa yang diterima setiap tahun oleh desa dari pemerintah pusat, dialokasikan untuk pembangunan yang disesuaikan dengan kebutuhan Desa Merarai Dua. Hal apa yang penting dalam pembangunan di Desa Merarai Dua, ditentukan bersama dalam rapat permusyawaratan desa yang diselenggarakan oleh pihak eksekutif yang diikuti oleh keterwakilan seluruh masyarakat Desa Merarai Dua. Kata Kunci: Tata, Pengelolaan, Anggaran, Dana, Desa
SISTEM PELAYANAN PEMBUATAN KARTU TANDA PENDUDUK –ELEKTRONIK (E-KTP) YADISAR, A.M.
FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang. Vol 18, No 1 (2020): Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K
Publisher : Universitas Kapuas Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penyelenggaraan administrasi kependudukan terutama dalam pendataan kependudukan melalui penerbitan Kartu Tanda Penduduk Elektronik yang dilaksanakan selama ini sudah berjalan sesuai harapan yang mana system prosedurnya sudah dapat dilakukan baik secara manual maupun online, mengingat manajemen pendaftaran, pencatatan dan pengendalian penduduk serta pengelolaan datanya sudah dilakukan secara baik dan tertib, sehingga mengakibatkan pertumbuhan penduduk menjadi terkendali serta pemanfaatan data penduduk bagi kepentingan pembangunan menjadi maksimal maksimal. perlunya mengkonstruksi perumusan kebijakan pelayanan pembuatan E-KTP dengan suatu regulasi yang tanggap pada norma-norma lokal yang berlaku dan berkembang dalam masyarakat setempat. Perlu dilakukan sosialisasi kepada masyarakat secaraberkesinambungan tentang tata cara pembuatan E-KTP, baik mengenai prosedur, syarat, waktu, dan kegunaannya
PENGAWASAN TERHADAP DEPOT AIR MINUM ISI ULANG Simanjuntak, Samuel
FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang. Vol 17, No 1 (2019): Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K
Publisher : Universitas Kapuas Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengawasan terhadap depot air minum isi ulang oleh Puskesmas Tanjungpuri di Kecamatan Sintang Kabupaten Sintang.Menunjukkan bahwa Puskesmas Tanjungpuri di Kecamatan Sintang Kabupaten Sintang sudah melaksanakanPengawasan.Mekanismepengawasan dilaksanakan dalam bentukPengawasan berkalayaitu pemeriksaan lapangan dengan melakukan kunjungan kepemilik depot air minum dilakukan setiap bulannya oleh petugas. Pengawasan rutin yaitu menggunakan formulir Depot Air Minum(DAM) sebagai alatpemantau kualitas higiene sanitasi depot.Persyaratan teknis depot air minum isi ulang, Ada pemilik depot air minum tidak menampilkan laporan hasil uji air minum yang dihasilkan dari laboratorium pemeriksaan kualitas air yang ditunjuk Pemerintah. Pembiayaan pengawasan depot air minum isi ulang dianggarkan dalam Biaya Operasional Kesehatan (BOK) yang bersumber dari APBN dan APBD dengan rincian Rp. 255.000; Per Orang jadi total per tahun sebesar Rp. 510.000. Ada beberapa saran adalah mekanisme pengawasan berkalapemeriksaan lapangan dan pengawasan rutin, hendaknya ditingkat pengawasan dimasa yang akan datang.Pemilik depot air minum diwilayah Kecamatan Sintang untuk menampilkan laporan hasil uji air minum yang dihasilkan dari laboratorium pemeriksaan kualitas air yang ditunjuk Pemerintah secara transparan kepada publik.Pembiayaan pengawasan pada Puskesmas Tanjung Puri Kecamatan Sintang hendaknya dimasa yang akan datang ditingkatkan.
ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS LAYANAN DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN AIR MINUM DALAM KEMASAN Herman, Hermansyah
FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang. Vol 15, No 1 (2017): Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K
Publisher : Universitas Kapuas Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sementara tujuan yang ingin dicapai dari penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis:Pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen; Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasankonsumen. Pengaruh persepsi harga terhadap kepuasan konsumen. Pengaruh pengaruh kualitas produk,kualitas layanan, persepsi harga terhadap kepuasan konsumen.Penelitian ini akan digunakan rancangan penelitian exsplanatory yang menyoroti hubungan antarvariabel independen dengan variabel dependen dan menguji hipotesis yang telah dirumuskansebelumnya. Variabel Penelitian terdiri dari 1) Variabel Terikat (Dependent) . Variabel Terikat yangdigunakan dalam penelitian ini adalah Kepuasan Konsumen (Y). Variabel Bebas (Independent) yangdigunakan dalam penelitian ini adalah: Kualitas Produk (X1), Kualitas Layanan (X2), Persepsi Harga(X3). Sampel penelitian berjumlah 45 responden. Sementara untuk pembuktian hipotesis dilakukandengan uji pengaruh di gunakan uji t, uji ANOVA atau F test dan Koefisien Determinasi R 2Hasil penelitian: pertama; Terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas produk terhadap kepuasankonsumen hal tersebut dibuktikan dengan Uji t adalah sebagai berikut dimana Nilai t hitung pada variabelKualitas Produk (X1) adalah sebesar 2,606 > t tabel 1,989 maka Ha diterima. Kedua; Terdapat pengaruhpositif dan signifikan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen hal tersebut dibuktikan dengan Uji thitung pada variabel Kualitas Layanan (X2) adalah sebesar 3,199 > t tabel 1,989, maka Ha diterima.Ketiga; Tidak Terdapat pengaruh positif dan signifikan persepsi harga terhadap kepuasan konsumen haltersebut dibuktikan dengan Uji t hitung pada variabel Persepsi Harga (X3) adalah sebesar 1,563 dengantingkat signifikansi 0,122. Karena thitung 1,563 < ttabel 1,989 dengan tingkat signifikansi 0,122 > 0,05maka Ho diterima dan Ha ditolak. Keempat; Terdapat pengaruh positif dan signifikan pengaruh kualitasproduk, kualitas layanan, persepsi harga terhadap kepuasan konsumen ini dibuktikan uji ANOVA atau Ftest, maka dapat diperoleh F hitung sebesar 8,653 dengan tingkat signifikansi 0,000. Oleh karenaprobabilitas jauh lebih kecil daripada 0,05 (0,000 lebih kecil dari 0,05). Selanjutnya Adjusted R Squareadalah 0,243. Hal ini berarti hanya 24,3 persen variasi kepuasan pelanggan (Y) yang dapat dijelaskanoleh variabel-variabel independen yaitu kualitas produk, persepsi kualitas layanan, dan persepsi harga.Sedangkan sisanya (100% - 24,3% = 75,7%) dijelaskan oleh sebab-sebab lainnya di luar model yangtidak diteliti dalam penelitian ini. Dari hasil penelitian, peneliti memberikan rekomendasi pertama; SebaiknyaAir Minum Dalam Kemasan CV. Sentosa Abadi di Kabupaten Sekadau untuk meningkatkan kepuasankonsumen meningkatkan kualitas produk dengan berbagai tampilan yang menarik. Kedua; SebaiknyaAir Minum Dalam Kemasan CV. Sentosa Abadi di Kabupaten Sekadau untuk meningkatkan kepuasankonsumen meningkatkan Persepsi Kualitas Layanan dengan cepat dan reponsif. Ketiga; Sebaiknya AirMinum Dalam Kemasan CV. Sentosa Abadi di Kabupaten Sekadau untuk meningkatkan kepuasankonsumen menuntukan harga jual terendah yang dapat terjangkau oleh konsumen dan masih menguntungkanpihak perusahaan.
STUDI KOMPARATIF KINERJA GURU SEBELUM DAN SESUDAH PROGRAM SERTIFIKASI -, Hermansyah
FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang. Vol 17, No 2 (2019): Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K
Publisher : Universitas Kapuas Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Kinerja Guru pada Madrasah Aliyah Negeri Sintang sebelum dan sesudah Sertifikasi. penelitian ini termasuk penelitian komparatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. populasi dalam penelitian ini adalah guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sintang yang telah dinyatakan lulus sertifikasi berjumlah 20 Orang guru. jumlah sampel yang diambil sebanyak populasi atau diambil semuanya sebanyak 20 orang guru. Hal ini dilakukan karena jumlah populasi (20 orang guru) kurang dari 100. Hasil penelitian menunjukan: (1). Secara kualitatif sertifikasi berdampak positif terhadap peningkatan kinerja guru dalam menentukan bahan pembelajaran dan merumuskan tujuan/indikator pembelajaran; Mengembangkan dan mengorganisasi materi, menentukan tema, media, dan sumber; Merencanakan skenario pembelajaran; Merancang pengelolaan kelas pembelajaran; Merencanakan prosedur, jenis, dan menyiapkan alat penilaian pembelajaran; Melaksanakan kegiatan pembelajaran; Melaksanakan kegiatan pembelajaran; Melaksanakan kegiatan pembelajaran; Serta melaksanakan kegiatan pembelajaran. (2). Terdapat perbedaan yang signifikan kinerja guru sebelum dan sesudah dinyatakan lulus sertifikasi dimana nilai (P) value atauSig. (2-tailed) = 0,000 dan lebih kecil dari nilai a =0,05. Selisih rata-rata mengambarkan kenaikan guru kinerja guru sebelum dan sesudah lulus sertifikasi adalah sebesar 18,05. Hubungan yang signifikan antara kinerja guru sebelum sertifikasi dan sesudah sertifikasi sangat kuat dengan Nilai r = 0,918. Kenaikan guru kinerja guru sebesar 18,05 terjadi karena adanya setifikasi guru yang diyakini bahwa 84% peningkatan kinerja guru merupakan dampak dari sertifikasi guru dan 16% disebabkan faktor lain di luar variabel penelitian.
STRATEGI KOMUNIKASI KEPALA DESA DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN -, Nikodimus
FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang. Vol 16, No 2 (2018): Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K
Publisher : Universitas Kapuas Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis, deskripsi dan menjelaskan secara mendalam berbagai aspek yang terkait dengan permasalahan dan upaya–upaya dalam meningkatkan pembangunan di Desa Nanga Bayan. Penelitian ini mengacu pada sifat–sifat penelitian kualitatis dan deskriptif. Beberapa subjek penelitian yang telah ditentukan sebagai informan atau narasumber data adalah Kepala Desa Nanga Bayan, Badan Permusyawaratan Desa, Perwakilan Tokoh Masyarakat, dan Masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi Kepala Desa dalam meningkatan partisipasi masyarakat Desa pada proses pembangunanmasih memiliki banyak kelemahan. Pelaksanaan strategi Kepala Desa dalam meningkatan partisipasi masyarakat Desa pada proses pembangunan Desa telah menyelenggarakan berbagai kegiatan pembangunan kepada masyarakat secara maksimal dan secara merata ke tingkat dusun yang ada di Desa Nanga Bayan. Berbagai upaya yang dilakukan oleh para unsur Desa dalam Pembangunan diantaranya dengan melakukan koordinasi atau musyawarah dan mufakat antar aparatur Desa, dengan para tokoh masyarakat untuk menyatukan pandangan hasil pemikiran dalam untuk krmajuan daerah atau Desa mereka.
PENAFSIRAN/INTERPRETASI IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMUNGUTAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN Atong, Petrus
FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang. Vol 15, No 1 (2017): Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K
Publisher : Universitas Kapuas Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian penafsiran implementasi kebijakan pemungutan pajak bumi dan bangunan di wilayahKecamatan Sintang, menjelaskan penyebab tidak tercapainya target penerimaan pemungutan pajak bumidan bangunan empat tahun terakhir. Data penelitian digali melalui metode kualitatif. Penelitian inimembandingkan bagaimana implementor (Tim intensifikasi,Camat/staf, Lurah/staf, Kepala Desa/staf)dari berbagai latar belakang kewenangan yang berbeda,yaitu: penanggungjawab, pengelola administrasi,penyampai dan pemungut dalam mengimplementasikan kebijakan. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitimenggunakan asumsi dari proses teori implementasi kebijakan yang mengasumsikan bahwa organisasi,interpretasi dan aplikasi pada beberapa level kewenangan implementor, ternyata mereka mempunyaiperbedaan persepsi dalam mencapai target dan memiliki persamaan tujuan dalam mengimplementasikankebijakan pemungutan pajak bumi dan bangunan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa:ketidakkeberhasilanpencapaian target penerimaan karena: Aspek interpretasi/penafsiran terdapat kesalahanmenerbitkan surat pemberitahuan pajak terhutang dan data base tidak akurat. Dari kesimpulan penelitianitu, oleh peneliti dipersepsikan dengan konsep baru yang dapat ditambahkan sebagai penguatan dalamteori implementasi kebijakan. Konsep baru adalah:”pendekatan struktural berupa komitmen organisasipelaksana sebagai salah satu faktor penting dalam mewujudkan keberhasilan implementasi kebijakanpemungutan pajak bumi dan bangunan di Wilayah Kecamatan Sintang”.

Page 1 of 10 | Total Record : 100