cover
Contact Name
Firman Malewa
Contact Email
firman_999@iainpalopo.ac.id
Phone
+628114121449
Journal Mail Official
admin@jurnaldidaktika.org
Editorial Address
Office: Microteaching Building 1st Floor State Islamic Institute of Palopo (IAIN Palopo), Jl. Agatis, , South Sulawesi, Indonesia, 91914
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Didaktika: Jurnal Kependidikan
ISSN : 23021330     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & Infrastructures
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 9 No. 3 (2020): DIDAKTIKA Agustus 2020" : 7 Documents clear
Implementasi Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 5 Kepanjen Patawari, Firman
Didaktika: Jurnal Kependidikan Vol. 9 No. 3 (2020): DIDAKTIKA Agustus 2020
Publisher : South Sulawesi Education Develoment (SSED)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permendiknas No. 13 Tahun 2007 Tentang Standar Kepala Sekolah mensyaratkan kepala sekolah/madrasah memiliki beberapa kompetensi diantaranya adalah kompetensi kewirausahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi kompetensi kewirausahaan kepala sekolah di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan cara wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisis data menggunakan metode Miles dan Hiberman. Keabsahan data digunakan trianggulasi teknik dan trianggulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan kepala SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen telah mengimplementasikan kompetensi kewirausahaan dengan baik dan terbukti membantu kepala sekolah dalam menjalankan fungsi dan perannya. Implementasi kompetensi kewirausahaan tersebut berbentuk program dan sikap. Kendala yang dihadapi yaitu : (1) pengaturan jadwal; (2) kompetensi tenaga pengajar belum memadai; (3) ketersediaan komputer/laptop yang masih minim; (4) lokasi sekolah yang sempit; serta (5) oknum guru yang sebatas mengajar dan terkesan tidak peduli terhadap dengan kemajuan sekolah. Upaya mengatasi kendala yaitu: (1) mengadakan pendidikan kilat; (2) mendatangkan tenaga pengajar langsung dari UMM; (3) membentuk pengurus baru; (4) mempercepat pembangunan lokasi sekolah; dan (5) melakukan evaluasi terhadap kekurangan koperasi.
Peningkatan Hasil Belajar Tematik Menggunakan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) pada Peserta Didik Kelas III UPT SD Negeri 234 Sumberdadi Kecamatan Tana Lili Kabupaten Luwu Utara Toding, Semuel
Didaktika: Jurnal Kependidikan Vol. 9 No. 3 (2020): DIDAKTIKA Agustus 2020
Publisher : South Sulawesi Education Develoment (SSED)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Meningkatkan hasil belajar tematik Tema “Pertumbuhan Dan Perkembangan Mahluk Hidup” Subtema “Pertumbuhan Hewan” melalui menerapkan pembelajaran koperatif tipe Tipe Think Pair Share (TPS) pada peserta didik kelas III UPT SD Negeri 234 Sumberdadi kecamatan Tana Lili kabupaten Luwu Utara Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas III UPT SD Negeri 234 Sumberdadi kecamatan Tana Lili kabupaten Luwu Utara. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (68,00%), siklus II (88,00%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran koperatif tipe Tipe Think Pair Share (TPS) dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Peserta didik SD Negeri 234 Sumberdadi kecamatan Tana Lili kabupaten Luwu Utara, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran tematik.
Meningkatkan Kompetensi Guru Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skill) dalam Pembelajaran Tematik Melalui Bimbingan dan Latihan pada Kelompok Kerja Guru (KKG) Cappa, Cappa
Didaktika: Jurnal Kependidikan Vol. 9 No. 3 (2020): DIDAKTIKA Agustus 2020
Publisher : South Sulawesi Education Develoment (SSED)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kompetensi guru kelas menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skill) dalam pembelajaran tematik di Sekolah Dasar di UPT SD Negeri 035 Awo-awo Kec. Baebunta Kab. Luwu Utara Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Subjek penelitian yaitu Sekolah Dasar di UPT SD Negeri 035 Awo-awo Kec. Baebunta Kab. Luwu Utara Tahun Pelajaran 2018/2019, dengan jumlah guru sebanyak 8 (delapan) orang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi. Penelitian ini dilakukan 2 siklus yaitu siklus pertama dilakukan Kelompok Kerja Guru (KKG) dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skill) dalam Pembelajaran Tematik. Guru menunjukkan keseriusan dalam memahami dan melakukan diskusi Kelompok Kerja Guru (KKG) dengan bimbingan dari peneliti. Kesimpulan akhir dari penelitian ini adalah dengan Kelompok Kerja Guru (KKG) dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skill) dalam Pembelajaran Tematik. Hal itu dapat dibuktikan dari hasil observasi/pengamatan yang memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan kompetensi guru dari siklus ke siklus . yaitu terjadi peningkatan sebesar 16,00% dari siklus pertama kesiklus kedua.
Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Tematik Melalui Strategi Pembelajaran Role Playing pada Peseta Didik di Sekolah Dasar Irmawati, Irmawati
Didaktika: Jurnal Kependidikan Vol. 9 No. 3 (2020): DIDAKTIKA Agustus 2020
Publisher : South Sulawesi Education Develoment (SSED)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah:untuk mengetahui apakah meningkatkan hasil belajar tematik Subtema Perjuangan Para Pahlawan melalui menerapkan pembelajaran koperatif tipe Role Playing pada peserts didik Kelas IV UPT SD Negeri 240 Poreang Kecamatan Tanalili Kabupaten Luwu Utara Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah peserts didik Kelas IV UPT SD Negeri 240 Poreang Kecamatan Tanalili Kabupaten Luwu Utara. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar peserts didik mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (37,50%), siklus II (70,83%), siklus III (87%50). Kesimpulan dari penelitian ini adalah menerapkan pembelajaran koperatif tipe Role Playing dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Peserts didik Kelas IV UPT SD Negeri 240 Poreang Kecamatan Tanalili Kabupaten Luwu Utara, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran tematik.
Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping dalam Pembelajaran Berbasis Metode Peer Teaching pada Guru Sekolah Dasar Jama, Maria
Didaktika: Jurnal Kependidikan Vol. 9 No. 3 (2020): DIDAKTIKA Agustus 2020
Publisher : South Sulawesi Education Develoment (SSED)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini bertujuan untuk meningkatkan Kompetensi Guru Menerapkan Model Pembelajaran Mind Mapping dalam Mengajar Guru UPT SD Negeri 210 Minna Kecamatan Tana Lili Kabupaten Luwu Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Subjek penelitian yaitu guru UPT SD Negeri 210 Minna Kecamatan Tana Lili Kabupaten Luwu Utara.dengan jumlah guru seba-nyak 13 (tiga belas) orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara. Penelitian ini dilakukan 2 siklus yaitu siklus pertama dilakukan metode Bimbingan dan pelatihan metode feer teaching dapat meningkatkan kompetensi guru dalam proses mengajar. Guru menunjukkan keseriusan dalam memahami dan melakukan peer teaching dengan bimbingan dan pelatihan dari peneliti. Informasi ini peneliti peroleh dari hasil pengamatan pada saat bimbingan dan latihan metode feer teaching meningkatkan kompetensi guru menerapkan model mind mapping dalam pembelajaran. Kesimpulan akhir dari penelitian ini adalah dengan Bimbingan dan pelatihan metode feer teaching dapat meningkatkan kompetensi guru dalam proses mengajar. Hal itu dapat dibuktikan dari hasil observasi/pengamatan yang memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan kompetensi guru dari siklus ke siklus .yaitu terjadi peningkatan sebesar19,81% dari siklus pertama kesiklus kedua.
Meningkatkan Kompetensi Guru Menerapkan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Melalui Metode Simulasi pada KKG UPT SD Negeri 175 Pincepute Kecamatan Malangke Kabupaten Luwu Utara Murniati, Murniati
Didaktika: Jurnal Kependidikan Vol. 9 No. 3 (2020): DIDAKTIKA Agustus 2020
Publisher : South Sulawesi Education Develoment (SSED)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini bertujuan untuk: (1) Ingin mengetahui peningkatan kompetensi guru setelah diterapkannya metode simulasi penerapan metode pembelajaran penemuan terbimbing pada KKG UPT SD Negeri 175 Pincepute Kecamatan Malangke Kabupaten Luwu Utara tahun 2018/2019 (2) Ingin mengetahui motivasi guru meningkatkan kompetensinya melalui metode simulasi penerapan metode pembelajaran penemuan terbimbing di kelas pada guru binaan di UPT SD Negeri 175 Pincepute Kecamatan Malangke Kabupaten Luwu Utara tahun 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Subjek penelitian yaitu guru UPT SD Negeri 175 Pincepute Kecamatan Malangke Kabupaten Luwu Utara.dengan jumlah guru sebanyak 10 (sepuluh) orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara. Kompetensi guru kelas I s.d VI dan guru mata pelajaran pada KKG UPT SD Negeri 175 Pincepute Kecamatan Malangke Kabupaten Luwu Utara, dengan diterapkannya metode simulasi penerapan pembelajaran penemuan terbimbing meningkat, ditandai dengan meningkat-nya nilai rata-rata kompetensi guru dalam setiap siklus, yaitu siklus I (71,79%), siklus II (80.85%), siklus III (86,13%). Kesimpulan akhir dari penelitian ini adalah dengan menerapkan metode simulasi penerapan metode pembelajaran penemuan terbimbing telah meningkatkan motivasi guru meningkatkan kompetensinya yang ditunjukan dengan rata-rata antusiasme kelas terus meningkat.
Dampak Implementasi Manajemen Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPS Terhadap Profesionalitas Guru SMP Negeri di Palopo Fatmawati, Fatmawati; Hasbi, Hasbi; K., Nurdin
Didaktika: Jurnal Kependidikan Vol. 9 No. 3 (2020): DIDAKTIKA Agustus 2020
Publisher : South Sulawesi Education Develoment (SSED)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripisikan dan menguraikan dampak implementasi manajemen MGMP terhadap profesionalitas guru IPS SMP Negeri di Palopo. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang menggambarkan data sesuai yang terjadi dilapangan. Sumber data dalam penelitian ini yakni data primer yaitu ketua MGMP, Kasi PTK, Korwas, Sekertaris MGMP, 3 orang guru mata pelajaran dan staf tata usaha. Data sekunder berupa dokumen dokumen MGMP dan dokumen RPP dan silabus guru JPS. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Dampak Implementasi Manajemen MGMP terhadap Profesinalitas Guru SMP Negeri di Palopo Hambatan; Guru peserta MGMP kurang disiplin, prosesi MGMP belum pemah melibatkan pakar atau ahli sebagai nara sumber, dan jangkauan kegiatan MGMP belum didukung dana sepenuhnya. Solusi; pengurus MGMP perlu melakukan konsolidasi kepada MK.KS sehingga terjadi peran yang berimbang dalam membuka kesadaran bagi guru JPS mengikuti MGMP, melakukan kerjasama baik secara lembaga maupun individu ahli pakar di bidangnya, dan melakukan usaha-usaha penggalangan dana.

Page 1 of 1 | Total Record : 7