cover
Contact Name
Firman Malewa
Contact Email
firman_999@iainpalopo.ac.id
Phone
+628114121449
Journal Mail Official
admin@jurnaldidaktika.org
Editorial Address
Office: Microteaching Building 1st Floor State Islamic Institute of Palopo (IAIN Palopo), Jl. Agatis, , South Sulawesi, Indonesia, 91914
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Didaktika: Jurnal Kependidikan
ISSN : 23021330     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & Infrastructures
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol. 9 No. 4 (2020): DIDAKTIKA November 2020" : 4 Documents clear
Pengaruh Pembelajaran Sastra Kreatif Berbasis Karakter Terhadap Pengembangan Karakter Siswa di Madrasah Aliyah Negeri Palopo Sukirman, Sukirman; Mirnawati, Mirnawati
Didaktika: Jurnal Kependidikan Vol. 9 No. 4 (2020): DIDAKTIKA November 2020
Publisher : South Sulawesi Education Develoment (SSED)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pembelajaran aspek sastra kreatif dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia terhadap pengembangan karakter (sikap, perilaku, dan kepribadian) pada kurikulum Satuan Pendidikan berbasis karakter di MAN Palopo tahun pelajaran 2015/2016. Dalam penelitian ini digunakan metode kuantitatif inferensial dengan desain exspos-facto. Jumlah populasi penelitian 410 siswa dan sampel ditetapkan 200 siswa dengan menggunakan teknik penarikan sampel urutan praktis, berimbang, acak, dan stratifeid sampling. Data dikumpulkan menggunakan teknik angket dalam bentuk skala likert, dokumentasi, dan observasi tidak terstruktur. Selanjutnya, data dianalisis menggunakan program SPSS 11,05. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh positif pembelajaran aspek sastra kreatif terhadap pengembangan karakter (sikap, perilaku, dan kepribadian) siswa dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Berbasis Karakter di MAN Palopo, yaitu 0,373 (db = 1-198, F = 31,975 dengan P = 0,00. Hal ini menunjukkan bahwa lebih kecil dari kriteria yang telah ditetapkan, yaitu 0,05, sedangkan sumbangan efektif variabel X terhadap Y mencapai 1,39%.
Character Education Perspektif Islam Asykur, Muamar
Didaktika: Jurnal Kependidikan Vol. 9 No. 4 (2020): DIDAKTIKA November 2020
Publisher : South Sulawesi Education Develoment (SSED)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada saat ini kemerosotan budaya bangsa sangat menonjol, toleransi, gotong royong, empati dan toleransi tidak lagi mudah ditemukan di masyarakat Indonesia. Bukan tidak mungkin salah satu faktor penyebab terjadinya pergeseran tersebut adalah keberadaan media sosial yang membatasi dan menghilangkan interaksi antar manusia. Karakter yang terbentuk hanyalah cerminan dari apa yang dilihat anak-anak kita melalui semua media cetak dan visual. Cara berpakaian, cara bertutur, cara menghormati orang lain seolah-olah bukan bagian dari budaya bangsa Indonesia.
Metode Bertukar Gagasan dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Harianto, Erwin
Didaktika: Jurnal Kependidikan Vol. 9 No. 4 (2020): DIDAKTIKA November 2020
Publisher : South Sulawesi Education Develoment (SSED)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Mengajar (Teaching) dapat membantu siswa memperoleh informasi, ide, keterampilan, nilai,cara berpikir, sarana untuk mengespresikan dirinya, dan cara-cara belajar. Penggunaan metode keterampilan berbicara dimaksudkan agar siswa dapat mengguna­kan bahasa lisan dengan tujuan untuk mengembangkan, dan meng­komunikasikan gagasan dan informasi, serta un­tuk berintegrasi de­ngan orang lain. Keterampilan berbicara pada hakikatnya adalah kemampuan memiliki dan menata gagasan secara logis dan sistematis, menuangkannya ke dalam kode kebahasaan sesuai dengan kaidah bahasa yang digunakan serta konteks komunikasi yang sesuai, dan mengucapkannya dengan lancar dan jelas. Keterampilan berbicara perlu dikuasai oleh para siswa dalam proses belajar-mengajar di sekolah. Metode bertukar gagasan dalam pengajaran bahasa Indonesia sering digunakan dalam diskusi. Diskusi adalah proses penglibatan dua atau lebih individu yang berinteraksi secara verbal dan tatap muka, mengenai tujuan yang sudah tentu melalui cara tukar-menukar informasi untuk memecahkan masalah. Melalui metode ini siswa dapat berdiskusi dan saling mengemukakan pendapat secara kontstruktif serta merumuskan pikirannya secara teratur dalam dalam bentuk yang dapat diterima orang.
Implementasi Model Mind Mapping dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Arab Pada Peserta Didik di MAN Palopo Nurmiati, Nurmiati
Didaktika: Jurnal Kependidikan Vol. 9 No. 4 (2020): DIDAKTIKA November 2020
Publisher : South Sulawesi Education Develoment (SSED)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan menawarkan inovasi baru dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan model Mind Mapp. model ini mengoptimalkan potensi otak dalam proses PBM yang bisa memfokuskan peserta didik pada pelajaran dan bisa meningkatkan hasil belajarnya. Penelitian menggunakan PTK dengan subjek peserta didik sebanyak 34 orang. Hasil penelitian menjelaskan model pembelajaran Mind Mapping pada mata pelajaran bahasa Arab sudah cukup baik, Dampak dari dilaksanakannya model pembelajaran Mind Mapping yaitu meningkatnya aktivitas belajar peserta didik dalam mengungkapkan pendapat, keberanian bertanya, antusiasme peserta didik dan kerjasama peserta didik dalam menyelesaikan tugas belajarnya. Selain itu, dengan bisa membuat Mind Mapping. Respon peserta didik terhadap model pembelajaran Mind Mappingpun sangat tinggi. Sebagian besar siswa merasa tertarik dan tertantang untuk membuat Mind Mapping, meskipun respon siswa pada tes I persentase tertinggi peserta didik yang menjawab dapat yakni menjawab benar jawaban 83% pada pertemuan ke 7-9. Sedangkan pada tes II yakni 92% pada pertemuan ke 13-14. Berdasarkan data, pertemuan ke 13-14 materi yang dibahas adalah hiwar, peserta didik lebih merasa kesulitan dengan materi tersebut dibanding materi sebelumnya.

Page 1 of 1 | Total Record : 4