cover
Contact Name
Rusdi Hidayat Nugroho
Contact Email
rusdi_hidayat.adbis@upnjatim.ac.id
Phone
+6281330895419
Journal Mail Official
nurhadi.ab@upnjatim.ac.id
Editorial Address
Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis. Fisip UPN Veteran Jatim Jl. Raya Rungkut Madya Gunung Anyar Surabaya
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Bisnis Indonesia
ISSN : 20872402     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Economy, Social,
Jurnal Bisnis Indonesia (Indonesia Business Journal) abbreviated JBI.This journal has been published online since 2016 and registered with (p-ISSN: 2087-2402). JBI is one of the E-Journals in the UPN "Veteran" East Java. Published twice a year in April and October. This journal is with scope in social fields related to management, business and administration, and other allied fields.
Articles 82 Documents
PENGARUH PELATIHAN KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. POS INDONESIA (PERSERO) JEMUR ANDAYANI Maulidiah, Farah; Prabowo, Budi
Jurnal Bisnis Indonesia Vol 11, No 02 (2020): Jurnal Bisnis Indonesia
Publisher : Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh Pelatihan Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT.Pos Indonesia (Persero) Jemur Andayani (2) Pengaruh Pelatihan Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT.Pos Indonesia (Persero) Jemur Andayani (3) Pengaruh Motivasi Kerja terhadap terhadap Kinerja Karyawan PT.Pos Indonesia (Persero) Jemur Andayani. Metode penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling adalah sampling jenuh atau sensus, yaitu semua anggota populasi dijadikan sampel sebanyak 51 responden karyawan di PT.Pos Indonesia (Persero) Jemur Andayani. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Pelatihan Kerja dan Motivasi Kerja   secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat Kinerja Karyawan PT.Pos Indonesia (Persero) Jemur Andayani (2) Secara parsial menunjukkan bahwa variabel Pelatihan Kerja memiliki pengaruh signifikan terhadap Kinerja Karayawan yang termasuk dalam kategori rendah, (3) Secara parsial menunjukkan bahwa variabel Motivasi Kerja menunjukkan bahwa memiliki pengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan yang termasuk dalam kategori tinggi dan lebih dominan. Kata Kunci : Pelatihan Kerja, Motivasi Kerja,Kinerja Karyawan.
PENGARUH PROFITABILITAS TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Aldini, Dinda Alfianti; Andarini, Sonja
Jurnal Bisnis Indonesia Vol 8, No 1 (2017): Jurnal Bisnis Indonesia
Publisher : Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas terhadap harga saham pada perusahaan makanan dan minuman. Penyebab perubahan harga saham salah satunya dipengaruhi oleh faktor internal disebut juga faktor fundamental, yaitu faktor yang berasal dari dalam perusahaan dan dapat dikendalikan oleh manajemen perusahaan serta ditunjukkan dalam laporan keuangan perusahaan yang terdapat variabel Gross Profit Margin (GPM), Operating Profit Margin (OPM), Return On Assets (ROA), Return On Equity (ROE), dan Earning Per Share (EPS).    Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Secara simultan (uji F) variabel Gross Profit Margin (GPM), Operating Profit Margin (OPM), Return On Assets (ROA), Return On Equity (ROE), Earning Per Share (EPS) berpengaruh signifikan terhadap harga saham, 2) Secara parsial (uji t) variabel Gross Profit Margin (GPM), Return On Assets (ROA), Return On Equity (ROE), Earning Per Share (EPS) berpengaruh signifikan terhadap harga saham, sedangkan variabel Operating Profit Margin (OPM) tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Kata Kunci : Gross Profit Margin, Operating Profit Margin, Return On Assets, Return On Equity, Earning Per Share, Harga Saham
PENGARUH STRESS KERJA DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP TURNOVER INTENTION KARYAWAN (Studi Kasus pada Rumah Sakit Islam Mabarrot MWC NU Gresik) Shntiyah, Dewi; Farida, Siti Ning
Jurnal Bisnis Indonesia Vol 11, No 02 (2020): Jurnal Bisnis Indonesia
Publisher : Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Karyawan sebagai penunjang tujuan, mereka juga memiliki pikiran,perasaan, dan keinginan yang mempengaruhi sikapnya terhadap pekerjaannya.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis stress kerjadan kepuasan kerja secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadapturnover intention karyawan pada RSI Mabarrot MWC NU Gresik.Teknik penentuan sampel menggunakan non probability sampling denganteknik sampel jenuh dan metode pengumpulan data adalah dengan menggunakankuesioner. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan analisis regresi linierberganda dengan bantuan program SPSS 20. Responden dalam penelitian iniadalah 80 orang karyawan RSI Mabarrot MWC NU Gresik.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara parsialantara variabel stress kerja terhadap turnover intention, sedangkan variabelkepuasan kerja tidak memiliki pengaruh secara parsial terhadap turnover intentionkaryawan RSI Mabarrot MWC NU Gresik. Selain itu, terdapat pengaruh secarasimultan dari variabel stress kerja dan kepuasan kerja terhadap turnover intentionkaryawan RSI Mabarrot MWC NU Gresik.Kata kunci : Stress Kerja, Kepuasan Kerja, Turnover Intention Karyawan
STRATEGI BISNIS PADA SABLON BAJU BEATMAP DI WARU SIDOARJO Banin, Citra Niqris; Nugroho, Rusdi Hidayat
Jurnal Bisnis Indonesia Vol 8, No 1 (2017): Jurnal Bisnis Indonesia
Publisher : Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini berbentuk penelitian kualitatif, dimana penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi apa yang tepat digunakan oleh sebuah perusahaan. Dengan menggunakan analisis SWOT, penelitian ini dilakukan dengan mengambil subyek penelitian  Sablon Baju Beatmap di Waru Sidoarjo. Untuk mengetahui faktor-faktor strategis perusahaan alat yang dipakai untuk menyusun strategis perusahaan tersebut menggunakan matrik SWOT.Matrik ini dapat menggambarkan secara jelas bagaimana kekuatan dan kelemahan internal IFAS  yang dihadapi perusahaan dapat disesuaikan dengan peluang dan ancaman eksternal EFAS  yang dimilikinya. Hasil strategi bisnis ini menunjukkan bahwa kondisi perusahaan berada dalam kuadran 1, dimana hal tersebut berarti kekuatan perusahaan lebih dominan daripada kelemahan yang dimiliki perusahaan (secara internal), dan peluang lebih besar daripada ancamannya (secara eksternal). Kata Kunci : kekuatan (Strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunity), ancaman (threat)
PENGARUH MOTIVASI DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. PERKEBUNAN NUSANTARA X SURABAYA Prakasita, Devira; Andarini, Sonja
Jurnal Bisnis Indonesia Vol 11, No 02 (2020): Jurnal Bisnis Indonesia
Publisher : Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perusahaan dalam menjalankan bisnis yang dapat saling berinteraksisalu sama lain untuk mendapalkan laba. Sumber daya manusia memiliki peranpenling dalam menjalankan perusahaan. Tujuan penelitian ini untukmengetahui pengaruh motivasi dan komitmen organisasi terhadap kinerjakaryawan pada PT. Perkebunan Nusantara X Surabaya baik seeara simultandan parsial. Jenis penelitian menggunakan deskriptif dengan pendekatankuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT. PerkebunanNusantara X Surabaya. Teknik pengambilan sampel adalah probabilitysampling dengan Proportionate Stratified Random Sampling, dengan sampelenam puluh lima karyawan. Untuk membuktikan hipotesis yang diajukan,digunakan Analisis Regresi Linier Berganda, Uji F dan Uji T. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa Motivasi dan Komitmen Organisasi berpengaruhsignifikan seeara simultan terhadap Kineija Karyawan. Variabel MotivasiKerja berpengaruh signifikan seeara parsial terhadap kinerja karyawan,variabel Komitmen Organisasi berpengaruh signifikan seeara parsial terhadapkinerja karyawanKata Kunci: Motivasi, Komitmen, Kinerja Karyawan
PENGARUH MOTIVASI DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. KAI DAOP 8 SURABAYA Safaah, Lailatus; Suparwati, Suparwati
Jurnal Bisnis Indonesia Vol 11, No 02 (2020): Jurnal Bisnis Indonesia
Publisher : Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tanlangan bagi setiap perusahaan adalah menyiapkan diri menghadapiglobalisasi perekonomian untuk mendapatkan keunlungan secara maksimal sekaligusmengurangi kerugian dari persaingan global melalui pengelolaan sumber daya yangefisien dan efektif. Kualitas sumber daya manusia ditcnlukan oleh sejauh mana sistem dibidang sumber daya manusia.Tujuan penelitian ini unluk mengetahui pengaruh motivasi kerja dan budayaorganisasi terhadap kinerja karyawan pada PT. Kerela Api Indonesia Daop 8 Surabayabaik secara simultan dan parsial. Jenis penelitian menggunakan deskriptif denganpendekatan kuantitatif.Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT. Kereta Api Indonesia Daop 8Surabaya. Teknik pengambilan sampel adalah probability sampling dengan ProportionateStratiied Random Sampling. dengan mengambil sampel sebanyak 66 responden. Variabelbebas yaitu Motivasi Kerja dan Budaya Organisasi sedangkan variabel terikat yaituKinerja Karyawan. Untuk membuktikan hipotesis yang diajukan. digunakan AnalisisRegresi Linier Berganda. Uji F dan Uji t.llasil penelitian menunjukkan bahwa Motivasi Kerja dan Budaya Organisasiberpengaruh signifikan secara simultan terhadap kinerja karyawan dapat dilihat bahwaFhitung (10.766) > Ftabel (3.14). Motivasi kerja dan budaya organisasi berpengaruhsignifikan secara parsial terhadap kinerja karyawan dapat dilihat bahwa variabel motivasikerja (0.001) < (0.005) dan thitung (3.813) > ttabel (1.66980), variabel budaya organisasi(0.003) < (0,005) dan thitung (3.046) > ttabel (1.66980).Keyword: Motivasi kerja, Budaya Organisasi, Kinerja Karyawan
VARIABEL-VARIABEL YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN JASA TRANSPORTASI GO-JEK SURABAYA Fatoni QZ, Aldo; Dwiridotjahjono, Jojok
Jurnal Bisnis Indonesia Vol 8, No 1 (2017): Jurnal Bisnis Indonesia
Publisher : Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan di PT. Go-Jek Indonesia Surabaya. Berdasarkan responden pengguna jasa transportasi Go-Jek yang jumlahnya cukup tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel – variabel yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dalam menggunakan jasa transportasi Go-Jek.  Data dalam penelitian ini dianalisa dengan menggunakan analisa deskriptif. Analisa deskriptif yaitu suatu sarana untuk mengetahui gambaran yang sudah didapatkan dalam penelitian ini, maka dapat di peroleh berbagai informasi kongkrit tentang variabel – variabel penelitian. Variabel – variabel penelitian yang dimaksud adalah Perilaku Konsumen (X₁), Kualitas Layanan (X2), Citra Perusahaan (X3), Harga (X4) dan Keputusan Pembelian Konsumen pada PT. Go-Jek Indonesia (Y).  Hasil analisa pertama secara simultan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Perilaku Konsumen (X1), Kualitas Pelayanan (X2), Citra Perusahaan (X3) dan Harga (X4) berpengaruh secara simultan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen dalam menggunakan jasa Go-Jek (Y) telah terbukti.  Hasil analisa kedua secara parsial dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan (X2) dan Harga (X4) berpengaruh secara parsial terhadap Keputusan Pembelian Konsumen dalam menggunakan jasa Go-Jek (Y), sedangkan Perilaku Konsumen (X1) dan Citra Perusahaan (X3) secara parsial tidak mempunyai pengaruh yang nyata terhadap Keputusan Pembelian Konsumen dalam menggunakan jasa Go-Jek (Y) telah terbuktiKata Kunci :  Perilaku Konsumen, Kualitas Layanan, Citra Perusahaan, Harga Dan Keputusan PembelianKonsumen
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN FAKTOR EMOSIONAL TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA HOTEL THE SUN SIDOARJO Mahfudin, Catur Istiqo; Poernomo, Eddy
Jurnal Bisnis Indonesia Vol 8, No 1 (2017): Jurnal Bisnis Indonesia
Publisher : Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Setiap perusahaan mengharapkan memiliki pelanggan yang loyal untuk menghasilkan kepuasan pelanggan perusahaan, perlu melakukan berbagai upaya misalnya memberikan kualitaspelayanan,harga,dan faktor emosional yang baik guna meningkatkan  kepuasan pelanggan. Berkaitan hal tersebut penelitian bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan,harga,dan faktor emosional secara simultan terhadap kepuasan pelanggan dan mengetahui, menganalisis pengaruh pengaruh kualitas pelayanan,harga,dan faktor emosional terhadap kepuasan pelanggan Populasi dalam penelitian ini adalah semua pelanggan berusia antara tujuh belas sampai lima puluh tahun yang sedang menginap dan pernah menginapdi Hotel The Sun Sidoarjo dengan melakukan penyebaran kuesioner. Sampel diambil dengan menggunakan teknik accidental sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner, dan teknik analisis data menggunakan teknik regresi linier berganda. Dilihat dari hasil persamaan regresi dari model persamaan variabel Kualitas Pelayanan,Harga, dan Faktor Emosional terhadap Kepuasan Pelanggan, menunjukkan nilai koefisien regresi positif, hal tersebut menunjukkan adanya arah positif atau hubungan searah dari kepuasan pelanggan dan hambatan berpindah. Hal ini dapat diartikan bahwa variabel Kualitas Pelayanan berpengaruh positif terhadap Kepuasan pelanggan, berarti bahwa semakin tinggi Kualitas Pelayanan maka akan semakin kuat Kepuasan pelanggan. Ketika pelanggan Hotel The Sun Sidoarjo merasakan banyak mendapatkan kualitas pelayanan maka kemungkinan pelanggan akan memiliki kepuasan yang tinggi Dengan mempertimbangkan diantara kualitas pelayanan,harga,dan faktor emosional yang lebih berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan adalah kualitas pelayanan. Dengan ini perusahaan bisa memfokuskan upaya-upaya yang mewujudkan kondisi yang memungkinkan dalam meningkatkan kualitas pelayananKata Kunci : Kualitas Pelayanan, Harga, Faktor Emosional, dan Kepuasan Pelanggan
ANALISIS PENGARUH EARNING PER-SHARE, PRICE EARNING RATIO, DEBT TO EQUITY RATIO DAN PRICE TO BOOK VALUE TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN SUB-SEKTOR INDUSTRI DASAR DAN KIMIA DI BEI PERIODE 2013-2015 Susiani, Susiani
Jurnal Bisnis Indonesia Vol 8, No 1 (2017): Jurnal Bisnis Indonesia
Publisher : Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Earning Per-Share, Price Earning Ratio, Debt to Equity Ratio dan Price to Book Value terhadaap Return Saham pada perusahaan sub-sektor Industri Dasar dan Kimia di BEI Periode 20132015. Data diperoleh dari Indonesian Capital Market Directory dan Laporan Keuangan Tahunan Perusahaan dengan menggunakan sampel perusahaanperusahaan disub-sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2015.  Data dianalisis dengan menggunakan metode regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa Earning Per-Share, Price Earning Ratio, Debt to Equity Ratio dan Price to Book Value baik secara simultan maupun parsial tidak memiliki pengaruh terhadap Return Saham pada perusahaan sub-sektor Industri Dasar dan Kimia di BEI Periode 2013-2015.Kata kunci: Earning Per-Share, Price Earning Ratio, Debt to Equity Ratio, Price to   Book Value dan Return Saham.
PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DALAM MEMAKAI JASA PERCETAKAN EMBONG ANYAR DI GRESIK Prakoso, Bayu; Nurhadi, Nurhadi
Jurnal Bisnis Indonesia Vol 8, No 1 (2017): Jurnal Bisnis Indonesia
Publisher : Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Setiap perusahaan mengharapkan memiliki konsumen yang puas untuk menghasilkan kepuasan konsumen perusahaan, perlu melakukan berbagai upaya misalnya memberikan layanan yang baik guna meningkatkan kepuasan konsumen.Berkaitan hal tersebut penelitian.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas layanan berupa bukti fisik, keandalan, ketanggapan, jaminan, kepedulian secara simultan dan secara parsial terhadap kepuasan konsumen dalam memakai jasa percetakan Embong Anyar di Gresik. Populasi dalam  penelitian ini adalah seluruh konsumen yang memakai jasa percetakan Embong Anyar di Gresik dengan melakukan penyebaran kuesioner.Sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Sampel diambil dengan menggunakan Purposive sampling.Pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner, dan teknik analisis data menggunakan teknik regresi linier berganda. Hasil analisis regresi linier berganda menggunakan uji F menunjukan bahwa secara simultan variabel bukti fisik, keandalan, ketanggapan, jaminan, kepedulian berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen.Hasil uji t menunjukan bahwa variable ketangapan dan kepedulian secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen.Sedangakan variabel Bukti Fisik, Keandalan dan jaminan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen.Variabel bebas yang memberikan pengaruh terbesar terhadap kepuasan konsumen adalah Kepedulian.Kata kunci : Kualitas Layanan bukti fisik, keandalan, ketanggapan, jaminan, Kepedulian, Kepuasan Konsumen.