cover
Contact Name
Wakhid Yuliyanto
Contact Email
wyuliyanto45@yahoo.com
Phone
+6281391536263
Journal Mail Official
wyuliyanto45@yahoo.com
Editorial Address
Letnan Jenderal Suprapto No.73, Kranggan, Bumirejo, Kec. Kebumen, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54311
Location
Kab. kebumen,
Jawa tengah
INDONESIA
JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)
ISSN : 27460398     EISSN : 2746038X     DOI : https://doi.org/10.37339/jurpikat.v1i3
JURPIKAT Publication (Journal of Community Service) is a source of information that aims to disseminate conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the field of community service. JURPIKAT (Journal of Community Service) specifically focuses on the main problems in the scientific development of community service as follows: Community Service, Community, Local Food Security; Education for Sustainable Development; Community Empowerment, Social Access; Border Areas, Less Developed Areas; Student Community Services; Training, Marketing, Appropriate Technology, Design.
Articles 73 Documents
Meningkatkan pelayanan publik Di Desa Padureso Kec. Padureso Kebumen dengan Sosialisasi dan PenyuluhanTata Kelola Administrasi Desa Sotya Partiwi Ediwijoyo; Wakhid Yuliyanto; Ari Waluyo
JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol 1 No 3 (2020)
Publisher : Politeknik Dharma Patria

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37339/jurpikat.v1i3.412

Abstract

Kegiatan Sosialisasi dan penyuluhan tentang tata kelola administrasi Desa merupakan bagian dari kegiatan Pengabdian kepada masyarakat. Tujuan sosialisasi dan penyuluhan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan atau kualitas pada perangkat desa Pemdes Padureso khususnya pada bidang tata kelola administrasi. Metode yang digunakan adalah sosialisasi dan penyuluhan dengan teknik dialog atau curah pendapat. Dengan kegiatan ini maka meningkatnya kinerja dan kemampuan administrasi tenaga/perangkat desa serta para pengelola BUMDES yang ada di Desa Padureso Kecamatan Padureso Kabupaten Kebumen, sehingga akan mengubah cara kerja tradisional menjadi cara kerja profesional untuk meningkatkan pelayanan masyarakat.
Penerapan Teknologi Deteksi Dini Stunting Sebagai Upaya Peningkatan Status Gizi Anak Di Kelurahan Siwalankerto Kecamatan Wonocolo Surabaya Setiana Andarwulan; Retno Setyo Iswati; Tetty Rihardini; Diva Tresna Anggraini
JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol 1 No 3 (2020)
Publisher : Politeknik Dharma Patria

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37339/jurpikat.v1i3.414

Abstract

Abstrak: Kegiatan pengabdian masyarakat bertajuk Penerapan Teknologi Deteksi Stunting Dini Sebagai Upaya Peningkatan Status Gizi Anak di Kecamatan Siwalankerto, Kabupaten Wonocolo, Surabaya. Stunting adalah suatu keadaan dimana tinggi badan anak tidak bertambah sesuai dengan usianya, apabila keadaan ini semakin parah akan berdampak pada kematian anak. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para ibu kader dalam menggunakan aplikasi untuk menurunkan kejadian stunting. Selain itu, menghasilkan informasi SI JAKS untuk membantu memetakan status gizi dan memberikan edukasi dalam upaya menurunkan angka stunting. Aplikasi ini mampu menjadi tonggak lahirnya suatu sistem informasi yang dapat meminimalisir kesalahan pengolahan data dan keterlambatan pelaporan sehingga masalah yang berkaitan dengan masalah gizi dapat diminimalisir seminimal mungkin. Peran aktif kader sangat penting dalam memberikan informasi tentang aplikasi. Aplikasi ini dapat membantu para ibu balita dalam memahami tentang stunting pada masa tumbuh kembang anak. Dengan demikian bisa terjadi perubahan perilaku pada ibu balita. Ibu dari balita akan lebih memperhatikan kondisi anak selama masa tumbuh kembang.
Berbagi Berbagi / Memberikan Bantuan Dimasa Pandemi Corona Kepada Masyarakat Yang Diperkirakan Terdampak Covid-19 Di Desa Anjir Seberang Pasar 2 Kabupaten Batola Mahfuzil Anwar; Rezky Nefianthi; Arfie Yasrie; Abdul Wahab
JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol 1 No 3 (2020)
Publisher : Politeknik Dharma Patria

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37339/jurpikat.v1i3.410

Abstract

Salah satu dari Tridarma Perguruan Tinggi yang ketiga yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat yang harus dilakukan bagi para Dosen, banyak hal yang dapat dilakukan seperti misalnya penyuluhan-penyuluhan, pelatihan-pelatihan serta bantuan-bantuan soaial seperti yang dilakukan oleh sebagian dosen yang akan dilaporkan berupa laporan pengabdian masyarakat sebagai bukti bahwa Dosen secara perorangan maupun secara kelompok atau Tim telah melakukan pengabdian kepada masyarakat. Berdasarkan deskripsi permasalahan di atas, dapat disimpulkan bahwa kualitas dan kuantitas Tridarma Perguruan Tinggi salah satunya adalah Pengabdian Kepada Masyaraka merupakan pengembangan profesi dosen dimana kegiatan ini masih sangat dibutuhkan oleh sebagian bagi masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan kondisi saat Pandemi Covid-19 ini yang sangat mengganggu berbagai sektor, misalnya sektor kesehatan, sektor ekonomi maupun sektor-sektor lainnya dampak dari Pandemi ini. Dalam sambutannya Ketua Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Drs.H. Abdul Wahab, M.Si (STIMI Banjarmasin) berharap agar bantuan ini dapat bermanfaat bagi warga yang membutuhkan dan berdoa semoga Covid-19 ini segera berakhir serta kita sekalian dapat melakukan aktivitas seperti biasanya sebelum wabah Pandemi ini mengganggu kita dalam beraktivitas sebagaimana biasanya. Sebagaimana telah dikemukakan di atas, bahwa perguruan tinggi melalui tenaga pendidiknya (Dosen) mengemban tiga tugas utama atau lebih populer dengan sebutan Tridarma Peguruan Tinggi, yaitu menyelenggarakan Pendidikan, melakukan Penelitian, dan Melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat. Ketiga darma tersebut harus dilihat sebagai satu kesatuan yang utuh, dan tidak boleh dikotak-kotakkan secara terpisah. Oleh karenanyau, untuk memahami hakikat pengabdian kepada masyarakat, diperlukan pemahaman tentang dua darma yang lain. Tanpa melakukan darma pendidikan dan penelitian, tentu tidak akan ada hasil apapun yang dapat disampaikan kepada masyarakat.
PKM E-POSYANDU KELURAHAN CIGUGUR TENGAH Yuda Syahidin; Rini Suwartika Kusumadiarti; Dina Sonia
JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol 1 No 2 (2020)
Publisher : Politeknik Dharma Patria

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37339/jurpikat.v1i1.398

Abstract

Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) merupakan bentuk upaya kesehatan yang pengelolaan dan penyelenggaraan dilakukan dari, oleh, untuk masyarakat sebagai bentuk pembangunan kesehatan di tingkat dasar. Posyandu Kelurahan Cigugur Tengah merupakan mitra posyandu yang memiliki tingkat pelayanan yang kurang maksimal. Metode pengabdian yang dilakukan adalah 1) pengumpulan data permasalahan yang dihadapi; 2) Penyuluhan pelayanan posyandu yang efektif dan maksimal dari narasumber; 3) Penyuluhan pelayanan posyandu dengan bantuan aplikasi E-Posyandu. Aplikasi E-Posyandu yang dirancang merupakan Aplikasi berbasis smartphone (Android) yang digunakan untuk memonitoring pelayanan yang terdiri dari Informasi Waktu Pelaksanaan Posyandu, Informasi Pelayanan Posyandu, Informasi mengenai penyuluhan Kesehatan Ibu dan Anak, Informasi Perkembangan Dan Pertumbuhan (gizi) bayi dan balita, Informasi data Imunisasi serta informasi ibu hamil dan KB. Dengan adanya aplikasi e-posyandu ini dapat memberikan kontribusi dan berdampak positif yang baik bagi Mitra Posyandu sehingga tingkat pelayanan menjadi maksimal serta dapat meningkatkan strata posyandu yang bersangkutan di wilayah kelurahan Cigugur Tengah.
Pelatihan Keselamatan Berkendara Sepeda Motor Dalam Menekan Angka Kecelakaan Lalu Lintas Bagi Siswa SMK di Kota Bekasi. Siti Sahara; Sylvira Ananda Azwar
JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol 1 No 3 (2020)
Publisher : Politeknik Dharma Patria

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37339/jurpikat.v1i3.368

Abstract

Pada tahun 2018, terdapat 485 kasus dan menjadi 675 kasus kecelakaan lalu lintas sepanjang 2019. Sejumlah upaya terus dilakukan untuk mendorong dan menumbuhkan kesadaran tertib berlalulintas. Diantaranya dengan melaksanakan Pengabdian Masyarakat tentang keselamatan berkendara sepeda motor dalam menekan angka kecelakaan lalu lintas khususnya pada kalangan pelajar. Tujuan Pengabdian Masyarakat ini untuk memenuhi kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi dengan memberikan penyuluhan agar siswa/i SMK di Kota Bekasi agar dapat memahami pentingnya berlalu lintas yang baik. Kegiatan ini akan dilaksanakan di via aplikasi zoom mengingat keterbatasan yang ditimbulkan akibat efek Covid-19. Pengabdian Masyarakat ini ini telah dilaksanakan dengan tanggapan cukup baik dari siswa/i SMK yang berada di wilayah Kota Bekasi. Hal ini dapat dilihat dari tanggapan respon mereka yang meminta untuk diadakan lagi pelatihan dengan tema bidang transportasi lainnya.
Sosialisasi Penerapan Pendidikan Karakter dan Pendidikan Intelektual Dalam Mengajar Siswa Sekolah Dasar Soebardji, Rina Nurhidayati; Isroyati
JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol 1 No 3 (2020)
Publisher : Politeknik Dharma Patria

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37339/jurpikat.v1i3.376

Abstract

Jika ditinjau dari segi pendidikan intelektual, Indonesia telah memiliki banyak fasilitas baik negeri maupun swasta dalam akses dunia pendidikan dimulai dari tingkat dasar sampai sistem perkuliahan yang selalu berkembang di setiap saatnya. Namun, bagaimana dengan pendidikan karakter di Indonesia? Apakah telah relevan dengan pendidikan intelektual? Disinilah titik tombak bahwa pendidikan intelektual perlu diimbangi oleh pendidikan karakter. Tujuan penelitian ini untuk memahami implementasi pendidikan karakter dalam pembentukan kepribadian pendidikan intelektual siswa. Metode yang dingunakan yaitu penelitian kualitatif. Penelitian dilakukan di SDN Ratu Jaya 3. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai karakter yang dikembangkan yaitu, terlihat tenaga pengajar (Guru) jauh lebih antusias dengan diberikannya presentasi mengenai pentingnya menanamkan pendidikan intelektual dan pendidikan karakter kepada siswa, sehingga para siswa dapat membentuk karakternya menjadi jauh lebih baik. Impelementasi pendidikan karakter dilaksanakan melalui proses pembelajaran di sekolah.
Desain Elemen Branding dan Implementasi Digital Marketing untuk Penguatan Citra Destinasi Benteng Kedung Cowek Surabaya Wibawa, Berto Mulia; Gita Widi Bhawika; Geodita Woro Bramanti; Anandita Ade Putri; Rachma Rizqina Mardhotillah
JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol 1 No 3 (2020)
Publisher : Politeknik Dharma Patria

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37339/jurpikat.v1i3.365

Abstract

Benteng Kedung Cowek (BKC) dengan keindahan destinasi benteng kuno dan cerita sejarah kepahlawanan yang terkandung dibaliknya, sangat berpotensi untuk menjadi tujuan wisata sejarah yang terkenal di Kota Surabaya. Tetapi, kawasan tersebut belum sepenuhnya dikembangkan untuk keperluan pariwisata, sehingga belum banyak dikenal oleh masyarakat maupun wisatawan. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membantu pengelola dan stakeholders BKC dalam merancang aspek branding kawasan dan peningkatan citra destinasi. Melalui desain elemen merek dan implementasi strategi digital marketing yang tepat, diharapkan BKC yang sejak Tahun 2019 telah menyandang predikat bangunan cagar budaya, akan semakin dikenal dan berdampak positif bagi peningkatan kontribusi sektor pariwisata di Jawa Timur, peningkatan aspek perekonomian kota, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat yang tinggal disekitar BKC.
Pelatihan Strategi Marketing Bagi Pengrajin Gerabah Desa Gebangsari Klirong Kebumen Rizana, Dani; Akhmad Syarifudin
JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol 1 No 3 (2020)
Publisher : Politeknik Dharma Patria

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37339/jurpikat.v1i3.364

Abstract

Gerabah Gebangsari merupakan salah satu satu produk khas desa Gebangsari yang diwariskan secara turun temurun namun belum mampu meningkatkan perekonomian warga masyarakat sehingga banyak yang beralih ke usaha bertani, berkebun atau bahkan banyak pengrajin usia produktif yang berpindah ke kota besar untuk mencari pekerjaan, minimnya pengetahuan srategi marketing juga kurangnya nilai ekonomis gerabah menyurutkan generasi muda untuk menekuni potensi kerajinan gerabah ini, ditambah lagi adanya pandemi covid 19 yang saat ini melanda seluruh dunia. Mitra pengabdian masyarakat ini adalah seluruh pengrajin yang berada di desa Gebangsari kecamatan Klirong Kabupaten Kebumen. Metode pelaksanaan FGD dan pelatihan. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa kegiatan yang dilaksanakan (1) Dapat menumbuhkan motivasi pengrajin dimasa pandemic covid-19 (2) menambah pengetahuan strategi marketing sehingga meningkatkan volume penjualan pasca pandemi covid-19.
Pelatihan Dan Penguatan Manajemen Pengolahan Buah Rambutan Di Kabupaten Subang Adhan, Adhan Efendi; Azhis Sholeh Buchori; Roni Suhartono; Aditya Nugraha; Susilawati; Agus Haris Abadi; Masri Bin Ardin
JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol 1 No 3 (2020)
Publisher : Politeknik Dharma Patria

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37339/jurpikat.v1i3.356

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pembuatan alat, pelatihan diversifikasi dan pelatihan manajemen untuk petani buah rambutan di Desa Ciruluk, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat. Tanggal 12 Februari – 30 Juli 2020. Hasil Pengabdian masyarakat ini adalah adanya alat yang membantu proses pemanen buah rambutan, pelatihan pembuatan olahan buah rambutan dan pembentukan kelompok usaha bersama. Program pengabdian Masyarakat ini sebagai bentuk pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi bagi POLSUB dan menyambung tali silaturami Antara Perguruan Tinggi dengan Masyarakat.
Aplikasi Budidaya Ikan Nila Tunggal Kelamin Pada Pokdakan Desa Karangnangka Kabupaten Banyumas Dian Bhagawati; Farida Nur Rachmawati; Siti Rukayah
JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol 1 No 3 (2020)
Publisher : Politeknik Dharma Patria

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37339/jurpikat.v1i3.355

Abstract

Hasil budidaya ikan nila pada pembudidaya ikan di Desa Karangnangka kurang optimal karena dilakukan dengan cara polikultur dan mixed sex. Solusi yang diambil untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan pelatihan pembuatan benih nila jantan untuk budidaya satu jenis. Metode pelaksanaan kegiatan bersifat partisipatif dengan tahapan kegiatan yaitu 1) persiapan, 2) pelaksanaan pelatihan, 3) evaluasi, dan 4) keberlanjutan. Kegiatan praktek dan pembuatan demplot dilakukan dengan melatih khalayak sasaran untuk memilih benih jantan dan betina, kemudian membesarkan secara terpisah untuk benih jantan dan betina dan membesarkannya secara seksual di kolam tanah selama enam minggu dengan menggunakan pakan pelet komersial. Seleksi kelamin dilakukan setelah biji memiliki panjang total 6 cm dan sebelum mencapai 12 cm. Hasil demplot menunjukkan bahwa benih ikan nila yang dipelihara dengan satu kelamin jantan memberikan hasil terbaik.