cover
Contact Name
miftakhur Rohmah
Contact Email
Rohmah@stkipnurulhuda.ac.id
Phone
+6282377206638
Journal Mail Official
Utility@stkipnurulhuda.ac.id
Editorial Address
Jl. Kota Baru Sukaraja, Buay Madang, OKU Timur, Sumatera Selatan 32161 » Tel / fax : (0735) 482342
Location
Kab. ogan komering ulu timur,
Sumatera selatan
INDONESIA
JOURNAL UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi
Published by STKIP Nurul Huda
ISSN : 25491377     EISSN : 25491385     DOI : -
Core Subject : Economy, Education,
Fokus artikel yang dapat diterbitkan terkait dengan pendidikan dan ekonomi. Berikut adalah menjabarannya: 1. Pendidikan Ekonomi meliputi; model, strategi, pendekatan, pengembangan bahan ajar dan media dalam pembelajaran Ekonomi. 2. Penelitian ilmiah: kajian ilmiah terkait bidang Ekonomi atau penelitian pengembangan bidang Ekonomi.
Articles 45 Documents
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DI KELAS XI MA AL FATTAH SUMBERMULYO Priyono, Sigit
UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi Vol 1 No 1 (2017): Februari 2017
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Nurul Huda OKU Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30599/utility.v1i1.58

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi pada materi jurnal penyesuaian dan kertas kerja dengan menerapkan model pembelajaran group investigation siswa kelas XI MA Al Fattah Sumbermulyo. Pembelajaran group investigation memiliki konsep pada penekanan interaksi antar siswa. Dalam interaksi ini siswa akan membentuk komunitas yang memungkinkan mereka mencintai proses dan mencintai satu sama lain. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS semeter genap MA Al Fattah Sumbermulyo yang terdiri dari 26 siswa. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI IPS semeter genap MA Al Fattah Sumbermulyo yang terdiri dari 26 siswa. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari model pembelajaran group investigation sebagai variabel bebas dan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes dan wawancara. Analisis data menggunakan persentase ketuntasan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus pertama sebesar 62%, kemudian pada siklus kedua persentase ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 81%, dan pada siklus ketiga persentase ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 92%. Hal ini berarti penerapan model pembelajaran group investigation telah berhasil meningkatkan hasil belajar siswa.
PENGARUH KESIAPAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA BINA JAYA PALEMBANG Sinta B, Vovi
UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi Vol 1 No 1 (2017): Februari 2017
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Nurul Huda OKU Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30599/utility.v1i1.59

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kesiapan (readiness) Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Di SMA Bina Jaya Palembang. Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu variabel bebas (X) Kesiapan Belajar dan Variabel terikat (Y) Hasil Belajar. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada pengaruh Kesiapan Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA Bina Jaya Palembang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan korelasi product-moment dan uji-t. Analisis ini digunakan untuk menguji hipotesis mengenai ada tidaknya pengaruh antara kedua variabel. Sample penelitian ini menggunakan sample acak. Hipotesis dalam penelitian ini adalah Ho: Tidak Ada Pengaruh Kesiapan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Di SMA Bina Jaya Palembang dan Ha: Ada Pengaruh Kesiapan Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA Bina Jaya Palembang dengan taraf signifikansi 5% atau dengan taraf kepercayan 95% dengan metode deskriptif korelasional. Berdasarkan kesiapan belajar rata-rata sebesar 75,62% sedangkan analisis hasil belajar (Mid) siswa rata-rata 74,25, dengan persamaan Regresi = 68,11 + 0,13 X dari pengujian uji “t” menghasilkan = 2,6 > 0,05/dk 118 = 1,671 maka pada pengujian tersebut diterima dan ditolak yang berati diantara kesiapan belajar ada pengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar.
PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI EKONOMI SISWA MA AL FATTAH SUMBERMULYO Rusmiati, Rusmiati
UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi Vol 1 No 1 (2017): Februari 2017
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Nurul Huda OKU Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30599/utility.v1i1.60

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk memperoleh gambaran lengkap tentang pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa Madrasah Aliyah Al Fattah Sumbermulyo Kecamatan Buay Madang Timur Kabupaten OKU Timur. Populasi penelitian ini adalah siswa MA Al Fattah Sumbermulyo yang berjumlah 130 siswa. Sampel penelitian ini adalah 40 siswa. Hasil penelitian diperoleh: (1) Berdasarkan analisis skor angket diketahui bahwa minat belajar pelajaran ekonomi siswa MA Al Fattah Sumbermulyo adalah tinggi. Hal tersebut dibuktikan bahwa perolehan skor angket t minat belajar pelajaran ekonomi siswa MA Al Fattah Sumbermulyo katagori tinggi sebesar 37,50%, memperoleh skor katagori sedang sebesar 32,50%, dan perolehan skor kategori rendah sebesar 30,00%. (2) Berdasarkan hasil dokumentasi nilai raport siswa diketahui bahwa prestasi belajar pelajaran ekonomi siswa MA Al Fattah Sumbermulyo adalah sedang. Hal tersebut dibuktikan bahwa siswa yang mendapatkan nilai kategori sedang sebesar 77,50%, memperoleh nilai kategori tinggi sebesar 22,50%, dan perolehan nilai kategori rendah sebesar 0,00%. Berdasarkan data tersebut diketahui bahwa prestasi belajar ekonomi siswa kategori sedang sebesar 77,50%. Presentase tersebut telah melebihi 50% dari jumlah seluruhnya. Oleh karenanya dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar pelajaran ekonomi siswa MA Al Fattah Sumbermulyo adalah sedang. (3) Berdasarkan analisis korelasi antara hasil angket dan hasil dokumentasi nilai raport siswa diketahui bahwa minat belajar pelajaran ekonomi mempunyai pengaruh yang sedang atau cukup terhadap prestasi belajar bidang studi ekonomi siswa Madrasah Aliyah Al Fattah Sumbermulyo. Angka indeks korelasi minat belajar dengan prestasi belajar bidang studi ekonomi adalah 0,681. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa minat belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar bidang studi ekonomi di MA Al Fattah Sumbermulyo.
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS XII SMK NURUL HUDA SUKARAJA Mursilah, Mursilah
UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi Vol 1 No 1 (2017): Februari 2017
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Nurul Huda OKU Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30599/utility.v1i1.61

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar IPS peserta didik melalui penerapan metode pembelajaran Crossword Puzzle di kelas Kelas XII SMK Nurul Huda Sukaraja. Penelitian ini adalah bentuk penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam tiga siklus. Setiap siklus dilaksanakan melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek yang akan dikenai tindakan adalah peserta didik kelas Kelas XII SMK Nurul Huda Sukaraja, Kabupaten OKU Timur, tahun pelajaran 2015/2016, yang berjumlah 24 peserta didik yang terdiri dari 13 peserta didik laki-laki dan 11 peserta didik perempuan. Adapun objek penelitian tindakan kelas ini adalah tentang metode pembelajaran Crossword Puzzle dalam upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS kelas Kelas XII SMK Nurul Huda Sukaraja. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes, sedangkan analisis data dilakukan melalui analisis kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan: 1) Hasil belajar IPS peserta didik sebelum penerapan metode pembelajaran Crossword Puzzle di kelas Kelas XII SMK Nurul Huda Sukaraja adalah sangat rendah yaitu dari 24 peserta didik hanya terdapat 10 peserta didik atau 42% dapat memperoleh nilai sesuai kriteria ketuntasan minimal, sedangkan 14 peserta didik atau 58% memperoleh nilai dibawah kriteria ketuntasan minimal dengan nilai rata-rata 68,12; 2) Hasil belajar IPS peserta didik setelah penerapan metode pembelajaran Crossword Puzzle di kelas Kelas XII SMK Nurul Huda Sukaraja mengalami peningkatan setiap siklus yaitu siklus I terdapat 71% yang mencapai kriteria ketuntasan minimal dengan nilai rata-rata 77,91, pada siklus II terdapat 95% yang mencapai kriteria ketuntasan minimal dengan nilai rata-rata 87,91; 3) Penerapan metode pembelajaran Crossword Puzzle dapat meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik kelas Kelas XII SMK Nurul Huda Sukaraja. Untuk itu peneliti menyarankan bagi guru untuk menggunakan metode pembelajaran Crossword Puzzle pada kegiatan belajar mengajar mata pelajaran IPS.
SEGMENTASI PASAR BERDASARKAN DEMOGRAFI DALAM MEMILIH SEPEDA MOTOR MATIC DI WILAYAH DEPOK Nuriyanti, Widya
UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi Vol 1 No 1 (2017): Februari 2017
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Nurul Huda OKU Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30599/utility.v1i1.62

Abstract

Setiap perusahaan mencoba melakukan inovasi yang lebih baik terhadap produknya dengan meningkatkan mutu dan kualitas serta harga agar merek yang ditawarkan bisa bertahan dan bersaing dengan merek lain yang merupakan barang sejenis. Pada saat inilah diperlukan strategi pemasaran yang tepat diantaranya untuk menentukan segmentasi pasar. Salah satu dari bentuk segmentasi pasar adalah segmentasi demografi. Segmentasi ini didasarkan pada karakteristik populasi yang diukur dari segi umur, jenis kelamin, pendapatan, pendidikan dan pekerjaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi apa saja faktor kriteria yang dipertimbangkan oleh konsumen dan pengaruh faktor demografi terhadap pemilihan sepeda motor matic. Dalam penelitian ini memberikan kuesionerkepada 100 orang responden yang telah menggunakan dan dianggap mewakili pengguna sepeda motor matic di wilayah Depok. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik desktiptif dengan metode yang digunakan adalah metode chi kuadrat. Berdasarkan hasil penelitian bahwa segmentasi pasar berdasarkan demografi dari segi usia dan pekerjaan ttidak berpengaruh terhadap pemilihan sepeda motor matic.
PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS X SMK NURUL HUDA SUKARAJA OKU TIMUR Ismail, Khafid
UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi Vol 1 No 1 (2017): Februari 2017
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Nurul Huda OKU Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30599/utility.v1i1.63

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPS peserta didik yang pembelajarannya menggunakan internet sebagai sumber belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMK Nurul Huda Sukaraja yang terdiri dari Sembilan kelas. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara acak melalui pengundian, dan dan kelas yang terpilih adalah kelas X Akuntansi yang berjumlah 19 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji t. diperoleh sebesar 30,885 dan nilai b sebesar 0,387. Tabel distribusi t dicari pada α = 5 dengan derajad kebesaran (df) n-2 atau 19 - 2 = 17. Pengujian satu sisi (signifikansi = 0,05) hasil diperoleh untuk sebesar 1,734. Kriteria pengujian hipotesis, yaitu H0 diterima jika < , H0 ditolak jika > . Hasil perhitungan uji t yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa 30,885 > 1,734, artinya Ha diterima.Jadi, terdapat pengaruh penggunaan internet terhadap hasil belajar IPS peserta didik kelas X SMK Nurul Huda Sukaraja OKU Timur.
PENGARUH DISIPLIN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK BINA KARYA INSAN TANGERANG SELATAN Prasasty, Aliffia Teja
UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi Vol 1 No 1 (2017): Februari 2017
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Nurul Huda OKU Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30599/utility.v1i1.64

Abstract

Pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam membangun sumber daya manusia yang kompeten. Salah satu pembelajaran dalam membawa siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan disiplin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMK Bina Karya Insan Kota Tangerang Selatan, Banten. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tes. Instrumen dalam penelitian, yaitu kuesioner dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat normalitas dan homogenitas dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini adalah: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi terhadap prestasi belajar Matematika; (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara disiplin dan belajar prestasi belajar Matematika; (3) terdapat yang signifikan antara motivasi dan disiplin belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Matematika. Peneliti menganjurkan pembelajaran yang mengarah kepada peningkatan motivasi dan disiplin agar terus di tingkatkan, agar hasil pembelajaran dapat optimal. Nilai-nilai pendidikan karakter pada hakekatnya tidak hanya diberikan dalam mata pelajaran Matematika, namun secara tidak langsung nilai-nilai pendidikan karakter tersebut telah tersirat dalam setiap mata pelajaran. Sebaiknya setiap guru menyisipkan nilai-nilai pendidikan karakter dalam setiap Rencana Proses Pembelajaran dan mengimplementasikannya dalam setiap proses pembelajaran.
PAHAM NASIONALISME DAN PERGERAKAN KEBANGSAAN DI INDONESIA DARI TAHUN 1990 SAMPAI DENGAN TAHUN 1942 Iramdhan, Iramdhan
UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi Vol 1 No 1 (2017): Februari 2017
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Nurul Huda OKU Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30599/utility.v1i1.65

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami atau memahami lebih jauh peranan paham nasionalime terhadap pergerakan kebangsaan di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kepustakaan dengan mengadakan penelitian beberapa dokumen penting, membaca serta meneliti buku-buku dan sumber lainnya yang berkaitan dengan judul. Heuristik, dengan menghimpun jejak buku peninggalan masa lampau, serta mengadakan perbandingan anatar pendapat beberapa penulis yang memiliki beberapa perbedaan. Historis, metode yang banyak digunakan dalam penelitian sejarah yang mencoba untuk merekonstraksikan masa lampau secara sistematis dan obyektif dengan cara mengumpulkan dan mengevaluasi serta mensistematiskan kesimpulan yang kuat yang dihubungkan dengan fakta. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa pada umumnya pergerakan nasional dalam menentang dan melawan penjajah adalah repleksi perlawanan sebagai akibat penindasan yang dilakukan oleh penjajah. Tumbuh dan berkembangnya Pergerakan nasional yang dilaksanakan oleh para tokoh Indonesia juga dipengaruhi oleh paham-paham baru yang berkembang didaratan Eropa yang pada zamannya merupakan idealisme pembentukan dari rasa ketidakpuasan lapisan masyarakat Eropa pada sendi-sendi kehidupan. Tumbuh dan berkembangnya paham-paham baru seperti nasionalisme, liberalisme, sosialisme dan demokrasi yang menyebar ke seluruh dunia menjadikan bahan dasar bangkit dan tumbuhnya Pergerakan Nasional Indonesia. Selain adanya pengaruh paham-paham baru, pergerakan nasional Indonesia juga dipengaruhi oleh adanya pergerakan kebangsaan yang terjadi di daratan Asia dan Afrika. Imperialisme bangsa barat menyebabkan bangsa-bangsa di Asia-Afrika kehilangan kemerdekaan politik, selain itu bangsa-bangsa Asia-Afrika juga mengalami penderitaan dibidang sosial-ekonomi dan kebudayaan. Nasionalisme bangsa Asia-Afrika bukan hanya mau mengejar kemerdekaan nasional melainkan juga mempunyai sifat-sifat lain sehingga memiliki beberapa aspek penting.
PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA SISWA SMP MELALUI PENGGUNAAN MEDIA DAFTAR KOSAKATA Suyana, Nana
UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi Vol 1 No 1 (2017): Februari 2017
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Nurul Huda OKU Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30599/utility.v1i1.66

Abstract

Penguasaan kosakata sangat penting bagi siswa Sekolah Menengah Pertama. Pada usia 13-16 tahun, anak mampu menguasai kosakata dengan baik. Namun tingkat penguasaan kosakata anak masih rendah dan guru masih menggunakan media yang kurang tepat, bahkan tidak mempergunakan media di kelas,sehingga siswa kurang tertarik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektifitas pemakaian daftar kosakata dan pengaruh daftar kosakata pada penguasan kosakata . Penelitian ini memakai rancangan eksperimen yang dilakukan pada satu kelompok saja tanpa kelompok pembanding (The One Group Pratest Posttest). Subyek penelitian Siswa SMP Dreawanti Kota Bekasi ,dengan sampel data sebanyak 25 siswa. Data diolah dengan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan pada, Uji Normalitas ,Homogenitas dan T Sampel Berpasangan dengan tingkat signifikan α =5%, Hasil uji normalitas didapat nilai Kolmogorof-Smirnov i Sig.0.200,dan Shapiro-Wilk 0.822 sehingga pada α = 5%= 0.05 < Sig.= 0,sampel data berasal dari distribusi normal. Pada Uji Homogenitas Varians Levene Nilai Sig. 0.896, pada tingkat signifikansi α = 5 % =0.05 < Sig.0.896 sehingga dapat dikatakan sampel data berasal dari varians yang Homogen, ,dapat disimpulkan pada tingkat kepercayaan 95%,rata-rata kemampuan kosakata setelah perlakuan dengan memakai daftar kosakata(mean sebesar 66.98640) dibanding sebelum memakai daftar kosakata (mean sebesar 63.7240), naik sebesar 3.26240. Dengan kata lain, pemakaian media daftar kosakata berpengaruh signifikan pada tingkat kepercayaan 95%. Penelitian ini memberikan saran untuk mengatasi masalah yang ditemukan dalam penelitian.
PENGARUH KOMPETENSI DAN KEPUASAAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMKN 23 JAKARTA UTARA Narsih, Dwi
UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi Vol 1 No 1 (2017): Februari 2017
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Nurul Huda OKU Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30599/utility.v1i1.67

Abstract

Sebagai bangsa yang besar, diharapkan dapat memperhatikan kemampuan dan kompetensi guru. Tanpa adanya guru yang baik, maka akan sulit bangsa ini dapat mensejajarkan ilmu pengetahuan dan teknologi bangsa yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru terhadap kinerja, pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja dan pengaruh kompetensi dan kepuasaan guru terhadap kinerja guru. Penelitian ini memakai metode kuntitatif, dengan uji prasyarat normalitas dan linieralitas. Setelah itu memakai uji Anova danUji t. Sampel diambil dari para guru yang mengajar di SMKN 23 Jakarta Utara. Jumlah sampelsebanyak 25 guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Adanya pengaruh kepuasan kerja teradap kinerja, 2) tidak adanya pengaruh kompetensi terhadap kinerja, dan 3) terdapat pengaruh kompetensi dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru.