cover
Contact Name
Syarif Rizalia
Contact Email
syarifrizalia@iainkendari.ac.id
Phone
+6282292166343
Journal Mail Official
kulidawa@iainkendari.ac.id
Editorial Address
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Kendari, Jl. Sultan Qaimuddin, No.17, Kec. Baruga, Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Kulidawa
ISSN : -     EISSN : 2722015     DOI : https://dx.doi.org/10.31332/kd.v1i2
Core Subject : Education,
Kulidawa is a science applied education journal (biology education, physics education, natural sciences education, chemistry education, and mathematics education). Articles published in the kulidawa journal include the results of scientific research, scientific article reviews, and responses or criticisms of previous studies that already exist. Moveover, research can be in the form of qualitative research (case studies, classroom action research) or quantitative research (quasy experiments).
Articles 18 Documents
Pengembangan Alat Peraga Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Tadris Fisika FATIK IAIN Kendari L, Salam; Zainuddin, Zainuddin; Inah, Ety Nur; Fua, Jumarddin La
KULIDAWA Vol 1, No 1 (2020): Mei
Publisher : IAIN Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31332/kd.v1i1.1803

Abstract

Penelitian ini merupakan pengembangan terkhusus pada pembahasan elektronika dengan pokok materi transformator dan power supply. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui valid, praktis, dan efektifnya suatu alat peraga pembelajaran yang digunakan pada proses perkuliahan agar mampu meningkatkan keterampilan proses sains mahasiswa. Penelitian ini merupakan Research and Development dengan desain Pretest-Postest One Group Design. Penelitian ini dilaksanakan pada mahasiswa Tadris Fisika dan Tadris IPA, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) semester IV tahun akademik 2018/2019 dengan meggunakan sampel uji coba kelompok kecil (terbatas) dan uji coba sampel kelomok besar (bebas). Kedua sampel tersebut masing-masing diberi perlakuan pretest dan postest. Berdasarkan hasil penilaian pakar dan angket tanggapan mahasiswa tehadap alat peraga pembelajaran yang dikembangkan, valid dan layak untuk dikembangkan. Hasil uji rerata hasil belajar menunjukan adanya peningkatan hasil pretest ke postest pada kedua sempel yang diuji coba. Hasil analisis uji t menunjukan adanya perbedaan rata-rata yang signifikan antara sebelum mahasiswa diberikan perlakuan pembelajaraan, terlebih dahulu alat peraga pembelajaran divalidasi dan dinyatakan valid, praktis, dan efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan proses sains mahasiswa Tadris Fisika FTIK IAIN Kendari. Kata Kunci: Alat Peraga, Keterampilan Proses Sains
Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Pembelajaran Media Laboratorium dan Media Visual Pada Materi Sistem Eksresi di MAN 1 Konawe Balda, Balda
KULIDAWA Vol 1, No 2 (2020): November
Publisher : IAIN Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31332/kd.v1i2.1906

Abstract

Artikel ini adalah penelitian kuantitatif metode eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui, perbedaan hasil belajar siswa sesudah menggunakan pembelajaran media laboratorium dan pembelajaran  media visual pada materi sitem ekskresi di MAN 1 Konawe. Penelitian ini dilakukan MAN 1 Konawe, Sulawesi Tenggara, Indonesia. Metode Pengumpulan  data  dilakukan  dengan cara  observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji validasi soal hasil uji coba dilakukan dengan mengkorelasikan hasil data ke dalam korelasi product moment. Hasil  penelitian menunjukkan bahwa, Hasil belajar kognitif siswa yang diajar dengan menggunakan media laboratorium memiliki nilai rata-rata 78,25 dan yang diajar dengan menggunakan Media Visual memiliki nilai rata-rata 77 menunjukkan bahwa nilai rata-rata pembelajaran menggunakan pembelajaran media laboratorium lebih tinggi dibandingkan pembelajaran menggunakan media visual (gambar). Penggunaan media laboratorium dalam proses pembelajaran dapat menarik perhatian siswa karena terlibat langsung dalam proses pembelajaran, mudah mengingat, menceritakan, dan memahami materi secara kongkrit dan siswa dapat menguasai materi sehingga mendapatkan hasil belajar yang lebih baik khususnya pada materi sistem ekskresi.
Pengaruh Pemanfaatan Laboratorium IPA Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri 1 Wangi-Wangi Usman, Usman; Arham, Zul; Samrin, Samrin; Fua, Jumarddin La
KULIDAWA Vol 1, No 1 (2020): Mei
Publisher : IAIN Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31332/kd.v1i1.1808

Abstract

Artikel ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil belajar siswa sebelum pemanfaatan laboratorium IPA di SMP Negeri 1 Wangi-Wangi, (2) Hasil belajar siswa setelah pemanfaatan laboratorium IPA di SMP Negeri 1 Wangi-Wangi, (3) Pengaruh pemanfaatan laboratorium  IPA terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 1 Wangi-Wangi. Desain penelitin menggunakan desain one group pretest postest, artinya penilaian yang dilakukan untuk mengukur kemampuan siswa dengan cara memberikan pretest untuk mengukur penguasaan konsep peserta didik sebelum perlakuan, dan postest untuk mengukur penguasaan konsep setelah perlakuan. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII E SMP Negeri 1 Wangi-Wangi. Tehnik analisis data yang dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) Hasil belajar siswa sebelum pemanfaatan laboratorium IPA memperoleh nilai rata-rata pada kelas postest yaitu 52 berdasarkan kategori hasil belajar berada pada kategori rendah. (ii) Hasil belajar siswa setelah pemanfaatan laboratorium IPA memperoleh nilai rata-rata pada kelas pretest 78,25 berdasarkan kategori hasil belajar berada pada kategori tinggi. (iii) Terdapat pengaruh positif antara pemanfaatan laboratorium IPA terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA, setelah dilakukan uji t diperoleh thitung > ttabel atau 8,33 > 2,042.Kata Kunci: Hasil Belajar, Laboratorium IPA, SMP Negeri 1 Wangi-Wangi
Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa MTs Negeri 1 Kendari pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Lamote, Hasrin; T, Zulqarnain
KULIDAWA Vol 1, No 2 (2020): November
Publisher : IAIN Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31332/kd.v1i2.2036

Abstract

Penelian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap motivasi belajar, (2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar, (3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap motivasi dan hasil belajar siswa MTs Negeri 1 Kendaripada mata pelajaran IPA Terpadu.Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner (angket), dokumentasi dan instrumen tes.Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment Design). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil uji-t posttest motivasi diperoleh nilai thitung 5,466 dan ttabel 1,677. Nilai thitung >ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima, artinya ada pengaruh media audio visual terhadap motivasi belajar siswa MTs Negeri 1 Kendari, (2) Hasil uji-t posttest hasil belajardiperoleh nilai thitung 4,432 dan ttabel 1,677. Nilai thitung> ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima, artinya ada pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas VIII materi sistem pencernaan pada manusia, (3) Hasil uji manova posttest motivasi dan hasil belajardiperoleh nilai Signifikasi. sebesar 0,000. 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima, artinya ada pengaruh media audio visual terhadap motivasi dan hasil belajar siswa MTs Negeri 1 Kendari. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini media audio visual memiliki pengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar siswaKata Kunci :IPA Terpadu; MTsN 1 Kendari; media audio visual; motivasi belajar; hasilbelajar.
Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MAN 1 Kendari Halmuniati, Halmuniati; Hisnan, Hisnan; Erdiyanti, Erdiyanti; Obaid, Moh Yahya; Fua, Jumarddin La
KULIDAWA Vol 1, No 1 (2020): Mei
Publisher : IAIN Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31332/kd.v1i1.1801

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Posing Learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas X MAN 1 Kota Kendari, yang dilaksanakan pada bulan Januari-Maret 2019. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi, dan tes. Data dianalisis secara statistik deskriptif dan inferensial. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan rancangan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dalam penelitian ini menggunakan tes dengan soal pilihan ganda. Hasil penelitian menggunakan uji hipotesis (uji t). Dari hasil uji t pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh thit < ttab yaitu 0,25 < 2,00. Hasil uji t posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh thit> ttab yaitu 4,24 > 2,00. Hasil uji t gain kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh thit> ttab yaitu 3,38 > 2,00, pada taraf signifikansi 5% (0,05). Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa pembelajaran Problem Posing Learning dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas X MAN 1 Kendari.Kata Kunci:  Problem Posing Learning, Keterampilan Berpikir Kritis
Pembelajaran Daring Mahasiswa Tadris Matematika dengan Menerapkan E-Learning di Tengah Pandemi Covid-19 Anggraini, Vivin Agustin; Mauliska, Nur; Sholehah, Mar’atus
KULIDAWA Vol 1, No 2 (2020): November
Publisher : IAIN Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31332/kd.v1i2.2158

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran daring mahasiswa Tadris Matematika di tengah pandemic Covid-19. Jenis penelitian ini adalah metode deskriptif  kualitatif dengan kuesioner online yang diisi oleh mahasiswa Tadris Matematika Universitas Islam Zainul Hasan Genggong. Metode yang digunakan adalah observasi wawancara terstruktur melalui pengisian kuesioner. Teknik analisis data dengan metode analisis deskriptif kualitatif yakni reduksi data, sajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa mahasiswa memahami dalam pembelajaran daring (dalam jaringan) dengan menggunakan e-learning selama pandemi Covid-19. 
Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Multimedia Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Wulandari, Tri; Kadir, Abdul; Fua, Jumarddin La; Zainuddin, Zainuddin
KULIDAWA Vol 1, No 1 (2020): Mei
Publisher : IAIN Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31332/kd.v1i1.1806

Abstract

Artikel ini adalah penelitian kuantitatif bertujuan untuk mengetahui: Perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa dan hasil belajar siswa yang menggunakan model PBL berbasis multimedia dan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain posttest only control group design yang digunakan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Abuki tahun pelajaran 2018/2019. Teknik  pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen tes, angket dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan rumus Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach Alpha, dengan uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji hipotesis pertama dan hipotesis kedua dengan menggunakan uji rerata (uji t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model PBL berasis multimedia dan yang menggunakan model konvensional (thit 9,9  > ttab 1,67). Serta terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model PBL berasis multimedia dan yang menggunakan model konvensional (thit 10,2  > ttab 1,67). Kata Kunci: Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar
Covid-19 Berdampak Ekonomi Dalam Pendidikan Fisika Dan Islam Aziz, RM
KULIDAWA Vol 1, No 2 (2020): November
Publisher : IAIN Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31332/kd.v1i2.1891

Abstract

Ilmu Fisika Islam memiliki beberapa kaitannya dengan Hahslm yang mana berkaitan dengan Teori dalam kehidupan sehari-hari dan juga dalam perekonomian. Ekonomi merupakan ilmu pengetahuan sosial yang mempelajari masalah–masalah ekonomi rakyat untuk menciptakan kemakmuran dan kesejahteraan. Virus Corona atau dalam sebutan ilmiahnya disebut sebagai Covid-19 yang hadir ditengah-tengah masyarakat pada tahun 2020 sungguh menyita perhatian. Dampak yang terlihat tidak hanya mempengaruhi kesehatan masyarakat, akan tetapi turut mempengaruhi perekonomian negara. Bahkan saat ini perekonomian dunia mengalami tekanan berat yang diakibatkan oleh virus tersebut. Covid-19 ini muncul dan memberikan begitu banyak pengaruh dalam berbagai sektor. Salah satu sektor yang terdampak dan begitu terasa adalah sektor ekonomi. Maka dari itu, dalam penulisan makalah ini menggunakan metodelogi yang bersifat kualitatif, epistemology dan kuantitatif yaitu berasal dari data jurnal atau buku, data angka (numeric), artikel dan juga membaca ulang ilmu pengetahuan ekonomi dengan kaca mata epistemologi Islam. Berdasarkan hasil metodelogi tersebut bahwa suatu negara membutuhkan penanganan yang cukup dan layak untuk menstabilkan perekonomian dalam pandemic Covid-19 ini agar terciptanya kesejahteraan dan kemaslahatan dimasyarakat.
Efektivitas Penggunaan Media Alat Peraga Terhadap Tingkat Pemahaman Siswa pada Materi Sistem Ekskresi di SMA Negeri 1 Watopute Munawar, Munawar; La Fua, Jumarddin; Kadir, Abdul; Halmuniati, Halmuniati
KULIDAWA Vol 1, No 1 (2020): Mei
Publisher : IAIN Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31332/kd.v1i1.1802

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa sesudah menggunakan media alat peraga dan tanpa menggunakan media alat peraga. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan metode quasi eksperimen. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Watopute dengan sampel penelitian yaitu kelas XI MIA 2 (kelas eksperimen) dan kelas XI MIA 4 (kelas kontrol), yang diperoleh dengan teknik pengambilan sampel secara purposive random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman siswa sesudah menggunakan media alat peraga lebih tinggi dibandingkan dengan tanpa menggunakan media alat peraga, dan penggunaan media alat peraga efektif meningkatkan pemahaman siswa. Penggunaan media alat peraga dalam proses pembelajaran dapat menarik perhatian siswa dan membuat siswa termotivasi serta terlibat aktif dalam proses pembelajaran, lebih mudah mengingat, menceritakan dan memahami materi secara konkret. Selain itu, siswa juga dapat menguasai materi sehingga mendapatkan hasil belajar yang lebih baik. Kata kunci: Media alat peraga, tingkat pemahaman siswa
Hubungan Minat Belajar dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Buton Tengah Kurnia, Kurnia; Dedyerianto, Dedyerianto; Inah, Ety Nur; Patih, Tandri
KULIDAWA Vol 1, No 1 (2020): Mei
Publisher : IAIN Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31332/kd.v1i1.1813

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji hubungan antara minat belajar matematika dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Buton Tengah semester genap pada Tahun Ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 3 kelas berjumlah 76 siswa. Teknik sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah Sampel Jenuh, dimana semua anggota populasi dijadikan sampel.Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa kuesioner (angket), tes (soal), dan dokumentasi.Teknik analisis data adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil pengujian hipotesis pada penelitian ini menunjukkan hubungan yang signifikan antara minat belajar matematika dengan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan  signifikansi  dengan n = 76, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa minat belajar matematika dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Buton Tengah memiliki hubungan yang signifikan.Kata Kunci :Minat Belajar Matematika, Kemampuan Pemecahan masalah Matematis

Page 1 of 2 | Total Record : 18