cover
Contact Name
Ignatius Adrian Mastan
Contact Email
imastan@bundamulia.ac.id
Phone
+62216909090
Journal Mail Official
jbase@ubm.ac.id
Editorial Address
Jl. Lodan Raya No 2, Jakarta Utara 14430
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Journal of Business and Audit Information System (JBASE)
ISSN : 26156431     EISSN : 26207907     DOI : 30813
Core Subject : Science,
Journal of Business and Audit Information System (JBASE) adalah Jurnal Program Studi Sistem Informasi, yang berisikan kumpulan hasil penelitian dosen, penelitian dosen dan mahasiswa, penelitian mahasiswa yang disusun dalam bentuk artikel penelitian dengan tema Bisnis, Sistem Informasi dan Audit Sistem Informasi. Journal of Business and Audit Information System (JBASE) terbit 2 (dua) kali dalam setahun pada bulan Maret dan Agustus.
Articles 48 Documents
ANALISIS MINAT MAHASISWA MENDENGARKAN APLIKASI MUSIK BERBAYAR DAN UNDUHAN MUSIK GRATIS Andry, Johanes Fernandes; Tjee, Calvin
JBASE - Journal of Business and Audit Information Systems Vol 2, No 2 (2019): JBASE - Journal of Business and Audit Information Systems
Publisher : Universitas Bunda Mulia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30813/jbase.v2i2.1727

Abstract

Nowadays, music has already become one of people’s life styles. People could download music from websites. However they don’t know whether the music that they have downloaded is authentic from the producer or not. People should listen to authentic music. And the appearance of Spotify, music streaming application, allow people to listen to music with guaranteed sound quality because Spotify has the copyright for musics that they have uploaded. To enjoy the Spotify’s services, users are obligated to pay the monthly service fee. On the other hand, Spotify offers one month free service to new users that have registered on Spotify’s Website. Based on these explanations,the purpose of this research is to know about how big does the interest of XYZ University’s Student from all majors in paid music streaming application especially Spotify and free downloaded music via website. The methods that is being use in this research is quantitative method with purposive sampling technique which is to distribute questionnaire to the students. After distributed the questioners, researcher is going to analyze the data with validity test, reliability test and hypothesis test by using SPSS software. The research result shows that people is interested in using paid music application.
ANALISIS SENTIMEN TERHADAP TEMPAT KULINER AYAM GEDEBUK DARI KOMENTAR PENGUNJUNG DENGAN MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES CLASSIFIER Mastan, Ignatius Adrian; Toni, Yosafat
JBASE - Journal of Business and Audit Information Systems Vol 3, No 1 (2020): JBASE - Journal of Business and Audit Information Systems
Publisher : Universitas Bunda Mulia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30813/jbase.v3i1.2062

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk memberikan informasi tentang kualitas sebuah tempat kuliner yaitu Ayam Gedebuk. Dengan menggunakan sentimen dari pengunjung, Pemilik tempat kuliner atau calon pengusaha dapat menentukan langkah apa yang harus diambil untuk memutuskan langkah apa yang harus diambil tanpa harus turun langsung dan melihat satu persatu. Salah satu teknik yang digunakan adalah Naïve Bayes Classifier, serta menggunakan Google Maps sebagai sumber data dalam pembuatan aplikasi, data yang digunakan dalam pembuatan sistem ini yaitu data tempat kuliner, sentimen pengunjung dan rating tempat. Dengan demikian pemilik tempat kuliner dapat mengambil keputusan mengenai apa yang harus dilakukan berdasarkan pendapat dari pengunjung tempat kulinernya
Aplikasi Monitoring Aktivitas Sales dalam Pencapaian Target Penjualan di Divisi Consumer Goods Sudaryana, I Ketut
JBASE - Journal of Business and Audit Information Systems Vol 1, No 1 (2018): JBASE (Journal of Business and Audit Information Systems)
Publisher : Universitas Bunda Mulia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30813/.v1i1.1144

Abstract

Teknologi Internet merupakan bagian yang sudah tidak terpisahkan dalam kehidupan kita sehari. Semua orang di belahan bumi manapun tidak terlepas dari jangkauan teknologi internet.  Berbeda ketika keterbatasan teknologi telekomunikasi yang membuat komunikasi menjadi barang mahal, sangat sedikit sedikit orang yang dapat berkomuniksi. Tetapi dengan begitu pesat dan hampir meratanya kemajuan Teknologi Telekomunikasi dan Informatika untuk berkomunikasi dari belahan manapun bukan merupakan hal yang sulit dan mahal. Salah satu jawaban ialah pemanfaatan internet. Dengan adanya Internet semakin mudah setiap orang dibelahan bumi manapun untuk berinteraksi satu sama lainnya. Informasi apapun bisa diakses dengan cepat. Komunitas-komunitas di dunia internet yang pun banyak bermunculan. Tidak sedikit yang memanfaatkan internet sebagai media promosi dengan memanfaatkan jaringan komunitas-komunitas tersebut. Disisi lain internet membantu orang dibelahan dunia manapun mengakses sumber informasi yang mereka butuhkan. Orang tidak lagi harus berada dikantor dan berhadapan dengan komputer untuk bisa melakukan kegiatan-kegiatan businessnya. Dengan semakin banyak akses layanan internet orang dapat melakukan kegiatan-kegiatan di dengan mobilitas tinggi tanpa harus tergantung tempat. Dengan semakin banyaknya layanan akses internet, penulis memandang perlu membangun suatu sistem yang dapat membantu kegiatan operasional bisnis perusahan di divisi consumer goods untuk manajemen aktivitas sales dalam membantu staff sales perusahaan dalam melakukan memonitoring berbagai aktifitas sales yang fokus pada marketing
Perancangan Sistem Informasi Data Pelayanan Pengunjung Berbasis Web menggunakan Framework CodeIgniter dan UIkit (Studi Kasus: Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Salatiga) Oktami, Adinda Setya; Mailoa, Evangs
JBASE - Journal of Business and Audit Information Systems Vol 2, No 1 (2019): JBASE (Journal of Business and Audit Information Systems)
Publisher : Universitas Bunda Mulia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30813/.v2i1.1499

Abstract

Pengunjung merupakan hal yang penting bagi Perpustakaan. Untuk mendapatkan pengunjung yang banyak diperlukan layanan yang tersedia bagi pengunjung. Perpustakaan dan Arsip Daerah Salatiga (Persipda) adalah salah satu perpustakaan di Salatiga yang memiliki banyak pengunjung dan menyediakan berbagai layanan pengunjung. Data pelayanan pengunjung merupakan hal yang penting untuk mengetahui tingkat kualitas pelayanan.  Kualitas pelayanan dapat diketahui dengan terjadinya peningkatan atau penurunan jumlah pengguna suatu layanan. Oleh karena itu dibutuhkan sistem informasi data pelayanan pengunjung untuk mengelola data di pelayanan serta mengetahui terjadinya peningkatan atau penurunan jumlah pelayanan pengunjung. Sistem informasi ini dilengkapi fitur highchart untuk menampilkan data pengunjung dalam bentuk chart yang ada di database sistem.           
ANALISIS WEBSITE WIKI VERSAILLUS DENGAN MENGGUNAKAN METODE PIECES Sudaryana, I Ketut; Sanjaya, Hadi; Tjong, Ricky
JBASE - Journal of Business and Audit Information Systems Vol 2, No 2 (2019): JBASE - Journal of Business and Audit Information Systems
Publisher : Universitas Bunda Mulia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30813/jbase.v2i2.1731

Abstract

The development of this age in the world is characterized by information technology. For a long time, humans can not be separated from technology. The development of Internet information technology effected the creation of the internet. The Internet sends people to communicate and search for information about anyone. How to find existing information is to open websites that exist on the internet. Website is a system where information in the form of text, images, sound, and others are presented in hypertext form. One of the websites that contain information is Versaillus. Versaillus is a website that contains information about a game called Mobile Legends and the manifold of Versaillus is a wiki’s site, but the website is not crowded by people. Therefore, the author will researching the site versaillus by using PIECES method. The results of this study can change the site versaillus to be better and better from PIECES method.
Audit Sistem Absensi Online Menggunakan Framework COBIT 5 Pada Penyedia Akses Jaringan Wijaya, Roby; Novita, Rania; Jonatan, Eric; Novanto, Leo Agung; Hartanto, Junius
JBASE - Journal of Business and Audit Information Systems Vol 3, No 2 (2020): JBASE - Journal of Business and Audit Information Systems
Publisher : Universitas Bunda Mulia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30813/jbase.v3i2.2268

Abstract

Perusahaan ini bergerak pada NAP (Network Access Provider = Penyedia Akses Jaringan). Fokus utama dalam penelitian ini adalah PT. Media Akses, perusahaan saat ini menerapkan sistem kehadiran berbasis aplikasi Android, yang dibagi menjadi 4 kondisi, kehadiran karyawan, pengumpulan data kehadiran karyawan satu hari sebelum memasukkan gaji menurut data karyawan yang disediakan, presensisi lembur, dan presensinya perjalanan bisnis. Studi ini akan fokus pada sistem kehadiran lembur dalam bentuk aplikasi dan situs web android. Tujuan dari audit sistem presensi adalah untuk menentukan proses absen dari sistem absen perusahaan yang saat ini sedang dalam uji coba, menggunakan standar COBIT. Penelitian ini dimulai dari melakukan studi literatur untuk mendukung penelitian, kemudian menyatakan domain proses dan proses sebagai ruang lingkup penelitian. Dalam melakukan pengumpulan dan observasi data, penelitian ini menggunakan metode survei dan wawancara dengan informan terkait dan mengkonfirmasi dokumen. Domain yang dipilih dalam penelitian ini adalah Pengiriman, Layanan, dan Dukungan (DSS). Hasilnya menunjukkan Tingkat Kemampuan dalam domain proses DSS03 memiliki nilai rata-rata sebesar 2.25. setelah mengetahui tingkat kemampuan saat ini, maka dibuat rekomendasi, rekomendasi yang diberikan seperti, menyediakan tim khusus untuk menangani solusi. Perannya adalah mencatat, memantau, dan juga memberikan solusi yang lebih akurat.
Sistem Informasi Order Fulfillment untuk Usaha Kecil Menengah Andry, Johanes Fernandes; Reinaldo, Reinaldo
JBASE - Journal of Business and Audit Information Systems Vol 1, No 1 (2018): JBASE (Journal of Business and Audit Information Systems)
Publisher : Universitas Bunda Mulia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30813/.v1i1.1139

Abstract

Perusahaan akan tahu kebutuhan, cita-cita, kelebihan dan kekurangan diri. Terutama jika hal ini dikaitkan dengan manajemen Order Fulfillment dalam suatu perusahaan, terutama di UKM = usaha kecil menengah. Pengembangan untuk Order Fulfillment dan kemampuan layanan pelanggan, untuk mendapatkan pengukuran yang tepat. Pengukuran menyediakan peta jalan untuk membantu UKM dari apa adanya kemampuan yang diinginkan. Proses Pemenuhan adalah proses kunci dalam mengelola rantai. Pasokan adalah pesanan pelanggan yang membuat rantai pasokan bergerak, dan mengisinya secara efisien dan efektif adalah langkah pertama dalam menyediakan layanan pelanggan. Dalam hal ini kerangka berfikir menggunakan Software Development Life Cycle (SDLC) adalah proses yang digunakan oleh industri perangkat lunak untuk merancang, mengembangkan perangkat lunak. Berdasarkan perkembangan Sistem Informasi Order Fulfillment, sumber informasi diperlukan untuk mengarahkan proses pengembangan yang lebih baik. Oleh karena itu, proses bisnis sebagai informasi yang terkait dengan pengembangan telah diperoleh dari bisnis yang membutuhkan sistem informasi tersebut. Usulan Sistem Berdasarkan proses bisnis yang dijelaskan sebelumnya, analisis pembuatan sistem informasi Order Fulfillment dibuat menggunakan Unified Modeling Language (UML). Kesimpulan Pemenuhan Ketertiban Sistem Informasi untuk Usaha Kecil Menengah adalah pengolahan data cepat, ketepatan waktu dari informasi yang diterima berarti bahwa jika informasi yang diterima terlambat. Maka ini akan mengurangi nilai manfaat dari informasi itu sendiri, Ini memiliki tingkat informasi yang tinggi. ketepatan; informasi yang akurat adalah informasi yang penuh dengan kepastian, Efisiensi sumber daya manusia dan Akses mudah ke informasi.
Analisis Data Mahasiswa Menggunakan Algoritma K-Means Clustering sebagai Dasar Pelaksana Promosi Mulaki, Sterry Fleanry; Setiyawati, Nina; Wijaya, Agustinus Fritz
JBASE - Journal of Business and Audit Information Systems Vol 1, No 2 (2018): JBASE (Journal of Business and Audit Information Systems)
Publisher : Universitas Bunda Mulia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30813/.v1i2.1259

Abstract

Biro Promosi Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Satya Wacana melakukan teknik pemasaran dengan mengirimkan tim promosi yang secara acak untuk melakukan promosi. Tim Promosi yang dikirim secara acak belum tentu dapat mencapai target yang diharapkan. Agar mencapai target, penempatan tim promosi yang sesuai akan mendapatkan hasil yang lebih efisien. Data yang sudah tersimpan pada saat mahasiswa melakukan registrasi di Universitas Kristen Satya Wacana, dapat dimanfaatkan untuk membuat strategi pendukung pemasaran yang dapat sangat berguna untuk Fakultas Teknologi Informasi tersebut. Data yang dipakai dalam pendukung keputusan strategi pemasaran antara lain data asal mahasiswa, program studi, serta asal sekolah yang dianalisa menggunakan K-Means Clustering sehingga pembuatan keputusan sebagai dasar pelaksanaan promosi bisa lebih efisien.  Hasil yang didapat berupa informasi yang ditampilkan pada aplikasi desktop.
YUK LES: INFORMATION SYSTEMS ON ONLINE PRIVATE COURSE SERVICES BASED ON MOBILE APPLICATION Liliana, Lydia; Wijaya, Adam Surya; Fernando, Nico; Hartono, Henny; Bangkalang, Dwi Hosanna
JBASE - Journal of Business and Audit Information Systems Vol 2, No 2 (2019): JBASE - Journal of Business and Audit Information Systems
Publisher : Universitas Bunda Mulia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30813/jbase.v2i2.1726

Abstract

One way to improve students' academic and non-academic abilities is by taking tutoring. Tutoring is an effort to achieve maximum learning outcomes in accordance with the field of interest. In the era of technological revolution 4.0, we are always demanded to be up to date on their abilities in non-academic / soft skills such as video editing, programming, dance, music, multimedia, etc. Education 4.0 should be able to provide easy access to education and mobility in learning formal and non-formal fields. The application "Yuk Les" brings together the community / students who need private tutoring and people who have abilities in various non-academic fields based on Android. With this application, it is expected to facilitate the public in finding private lessons in accordance with the needs of the field of interest and opening new jobs for the community / students who have abilities in non-academic fields.
PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI IKLAN PT. GRANARY INDONESIA PROPERTY SERVICE Irmansyah, Lutfi Rizki; Sudarsono, Bernadus Gunawan; Lestari, Sri Poedji; Bani, Alexius Ulan
JBASE - Journal of Business and Audit Information Systems Vol 3, No 1 (2020): JBASE - Journal of Business and Audit Information Systems
Publisher : Universitas Bunda Mulia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30813/jbase.v3i1.2061

Abstract

PT. Granary Indonesia Property Service adalah Agen Properti profesional yang akan membantu melakukan semua proses properti dengan layanan “One Stop Service” untuk layanan di bidang Properti, yakni Konsultasi, Kontraktor, Investasi, Pengembangan, Pendidikan perumahan. Sebagai sebuah agen professional, perusahaan sangat mengandalkan iklan yang cepat yang penting untuk nilai kompetisi. Namun saat ini proses pengisian administrasi Iklan seperti proses survei foto, telemarketing, iklan, showing, deal jual sewa yang berjalan masih menggunakan kertas listing, dan penyimpanan menggunakan MS. Excel pada setiap divisinya. Masalah lain yaitu belum adanya pelaporan kepada pimpinan sehingga keputusan yang diambil pimpinan terkesan mendadak dan lambat. Semua masalah ini menyebabkan pengerjaan administrasi iklan memakan waktu lebih dari 1 hari. Perusahaan sangat berkeinginan untuk mempercepat proses administrasi periklanan ini. Penelitian ini bertujuan untuk bagaimana membangun system informasi administrasi periklanan dengan memperbaiki proses administrasi periklanan yang berjalan saat ini sehingga proses pengisian administrasi lebih cepat. Penelitian ini dilakukan dengan metode yang memiliki 3 tahapan penelitian yaitu tahap analisa sistem berjalan, perancangan sistem dan pelaporan. Hasil penelitian ini berupa usulan model rancangan, class diagram dan rancangan user interface. Usulan model rancangan pengembangan sistem administrasi iklan dengan menambahkan proses baru yaitu proses pelaporan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu perusahaan dalam memberikan masukan yang penting guna mempercepat proses administrasi iklan.