cover
Contact Name
RACHMASARI PRAMITA WADHANI
Contact Email
ojsuntri@gmail.com
Phone
+6287822111005
Journal Mail Official
ojsuntri@gmail.com
Editorial Address
JL.A.W.SYAHRANIE NO.7 , KEL.BATU AMPAR, BALIKPAPAN UTARA, KALIMANTAN TIMUR
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Research lembaran publikasi Ilmiah
Published by universitas tridharma
ISSN : 26229064     EISSN : 26231530     DOI : 10.354239
Core Subject :
Research Lembaran Publikasi Ilmiah diterbitkan secara periodik 1 tahun 2 kali yaitu Maret dan September. Merupakan media yang memuat karya tulis ilmiah tentang hasil-hasil Penelitian, Kajian Teoritis, Pengabdian, Gagasan Konseptual di ragam bidang ilmu dan teknologi.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 16 Documents
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN METODE BELAJAR SAVI PADA SISWA KELAS VII SMP KARTIKA V-1 BALIKPAPAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Yuniastuti, Euis
Research Lembaran Publikasi Ilmiah Vol 2 No 2 (2019): VOLUME 2 NOMOR 2 SEPTEMBER 2019
Publisher : Universitas Tridharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa dalam metode belajar SAVI (Somatik, Auditori, Visual dan Intelektual) pada pokok pembahasan kependudukan dan lingkungan hidup pada siswa kelas VII SMP Kartika V-1 Balikpapan. Penelitian dilakukan pada bulan Mei–Juni 2018 di SMP Kartika V-1 Balikpapan dengan jumlah 30 orang siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan tiga siklus yang masing–masing terdiri dari empat tahap,yaitu perencanaan, kegiatan dan pelaksanaan,observasi, refleksi, dan revisi pelaksanaan. Berdasarkan hasil penelitian di kelas VII SMP Kartika V-1 Balikpapan kemampuan siswa dalam meningkatkan hasil belajar biologi. Peningkatan ini dapat dilihat pada ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I dengan rata-rata yang diperoleh 66,67% termasuk dalam kategori cukup. Selanjutnya hasil tindakan siklus II dengan nilai rata- rata 80% termasuk dalam kategori baik, dan hasil tindakan siklus III dengan nilai rata- rata 93,33% termasuk kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian ini menggambarkan bahwa hasil pembelajaran kemampuan meningkatkan hasil belajar biologi dengan metode belajar SAVI pada pokok bahasan kependudukan dan lingkungan hidup dengan menggunakan metode SAVI menunjukkan hasil yang meningkat dari kategori cukup, menjadi kategori sangat baik.
PEMBENTUKAN TAMAN APOTIK HIDUP DENGAN MEMBERDAYAKAN LAHAN KOSONG DI LINGKUNGAN KAMPUS DALAM RANGKA MENDUKUNG PROGRAM KEPEDULIAN LINGKUNGAN SEBAGAI BENTUK PELAKSANAAN PROGRAM PENGABDIAN MASYARAKAT Rachmasari Pramita Wardhani; Rissetridharma Simanjuntak; Erwin Gustianta
Research Lembaran Publikasi Ilmiah Vol 3 No 1 (2020): RESEARCH LEMBARAN PUBLIKASI ILMIAH VOL.3 NO.1 MARET 2020
Publisher : Universitas Tridharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakProgram kepedulian lingkungan go green yang telah dicanangkan oleh Program Studi Teknik Mesin- Fakultas Teknik merupakan bagian dari bentuk Pengabdian Kepada Masyarakat yang tertuangbersama program kreativitas mahasiswa dalam pelaksanaannya. Program ini merupakan perwujudan dari bentuk kepedulian di lingkungan kampus agar menciptakan kampus go green yang ramah lingkungan dan menciptakan situasi yang kondusif dalam pembelajaran. Pemberdayaan lahan kosongdilingkungan kampus bertujuan menciptakan lingkungan kampus agar tetap asri dan bisamemperoleh hasil yang bermanfaat dan berguna untuk masyarakat, Pemberdayaan lahan inidiwujudkan dengan membentuk apotik hidup di lahan kosong tersebut dimana apotik hidup inimemiliki banyak manfaat karena tanaman-tanaman obat yang tersedia dapat langsung dibuat menjadiobat dengan cara yang mudah dan diharapkan dapat mendukung dalam media pembelajaran padamata kuliah ilmu lingkungan maupun sains. Hal ini juga sebagai media edukasi bagi masyarakatdisekitar lingkungan kampus agar dapat mengambil manfaat dari tanaman tanaman yang ditanampada apotik hidup di lingkungan kampus. serta dapat menjadi contoh agar masyarakat dapat menanamtanaman yang berdaya guna bagi pengobatan di lingkungan rumah. Kata kunci— apotik hidup, kepedulian lingkungan, budi daya
CAPITAL ADEQUACY RATIO : ANTESEDEN NILAI PERUSAHAAN DAN RETURN SAHAM PADA PERBANKAN DI INDONESIA Sunarji
Research Lembaran Publikasi Ilmiah Vol 3 No 1 (2020): RESEARCH LEMBARAN PUBLIKASI ILMIAH VOL.3 NO.1 MARET 2020
Publisher : Universitas Tridharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakKondisi perekonomian global yang mengalami perubahan yang fluktuatif dalam lima tahunterakhir ini mempengaruhi kondisi kinerja keuangan dan harga saham perbankan. BeberapaPerusahaan Perbankan dengan Rasio kecukupan Modal (Capital Adequacy Ratio) yang meningkatternyata tidak diimbangi dengan kinerja keuangan dan nilai perusahaan yang ditunjukkan denganpeningkatan harga saham. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh Capital Adecuacy dan kinerjaKeuangan terhadap nilai perusahaan dan Return Saham. Penelitian dilakukan pada perusahaan sektorperbankan sebanyak 41 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam periode 2013-2018. Metode yang digunakan adalah Structural Equation Modeling Partial Least Square (SEM-PLS)dengan software smartPLS 3 Hasil penelitian menunjukkan nilai outer loading original sample kinerjakeuangan (ROA, ROE, Net Interest Margin (NIM)) dan Capital Adequacy Ratio harga komoditasdiatas 0.7. Semakin tinggi nilainya berarti indikator tersebut semakin mewakili variabel. Variabelkinerja keuangan dan Capital Adequacy Ratio berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan tetapikinerja keuangan dan Capital Adequacy Ratio tidak berpengaruh terhadap return saham baik secara langsung maupun melalui nilai perusahaan. Dalam penelitian ini terlihat bahwa Capital AdequacyRatio berpengaruh signifikan negatif terhadap nilai perusahaan. Semakin tinggi Capital AdequateRatio di perbankan cenderung menurunkan nilai perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan kinerja keuangan dan Capital Adequacy Ratio mampumenjelaskan terhadap nilai perusahaan sebesar 16 % dan kinerja keuangan, Capital Adequacy Ratio dan hanya mampu menjelaskan terhadap Return Saham sebesar 6.4 %. Kata Kunci: Capital Adequacy Ratio, Kinerja Keuangan, Nilai Perusahaan, Return Saham.
EVALUASI DIMENSI BAK PENGENDAP LUMPUR SISA PRODUKSI IPAM KARANG JOANG 100 LPD KOTA BALIKPAPAN Erwin Gustianta; Rachmasari Pramita Wardhani; Rissetridharma Simanjuntak
Research Lembaran Publikasi Ilmiah Vol 3 No 1 (2020): RESEARCH LEMBARAN PUBLIKASI ILMIAH VOL.3 NO.1 MARET 2020
Publisher : Universitas Tridharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakPengolahan limbah sisa produksi di instalasi pengolahan air minum Karang Joang Kapasitas 100 Lpd (IPAM Karang Joang) merupakan upaya PDAM Kota Balikpapan untuk menjagalingkungan dari bahan pencemar yang dihasilkan IPAM Karang Joang dari proses produksi.Pengolahan air limbah yang dilakukan PDAM Kota Balikpapan di IPAM Karang Joang bermanfaatuntuk menambah volume air baku melalui proses pemanfaatan kembali air hasil pengolahan limbahproduksi. Namun demikian diperlukan perhitungan yang tepat mengingat keterbatasan lahan yangada. Kata kunci— limbah , Instalasi , Pengolahan, karang Joang
PROGRAM KEGIATAN KEPEDULIAN LINGKUNGAN PESISIR DI PANTAI MONPERA BALIKPAPAN DALAM RANGKA MENCIPTAKAN KESADARAN TERHADAP KEBERSIHAN LINGKUNGAN SEBAGAI BENTUK PENGABDIAN TERHADAP MASYARAKAT , (Rachmasari Pramita W, S.T, M.M, Ir.Rissetridharma S, M.M, Erwin Rachmasari Pramita Wardhani; Rissetridharma Simanjuntak; Erwin Gustianta
Research Lembaran Publikasi Ilmiah Vol 2 No 2 (2019): VOLUME 2 NOMOR 2 SEPTEMBER 2019
Publisher : Universitas Tridharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Balikpapan merupakan sebuah kota yang berbatasan langsung dengan laut, tumbuh menjadi salah satu kota terbesar di pulau Kalimantan dengan potensi minyak yang dimiliki kota tersebut membuat Balikpapan begitu memikat bagi investor. Balikpapan sendiri hampir 85 % wilayahnya merupakan kawasan perbukitan dan sisanya merupakan dataran rendah pesisir. Menurut Badan Pusat Statistik Kota Balikpapan (2018)) terdapat 15 lokasi wisata bahari di Kota Balikpapan yang semuanya berada di wilayah pesisir dan berupa pantai. Salah satu pantai yang diberdayakan sebagai objek wisata yaitu pantai Monpera (Monumen Perjuangan Rakyat). Pantai Monumen Perjuangan Rakyat ini memiliki suasana yang bersih dan indah dengan pasir putih serta ombaknya yang tak terlalu besar serta mudah dijangkau karena terletak di wilayah yang strategis. Program kegiatan kepedulian lingkungan pesisir pantai dilakukan dengan melakukan kegiatan pembersihan lingkungan dari sampah sampah terutama sampah anorganik. Kegiatan ini diikuti dan dilaksanakan oleh beberapa dosen, mahasiswa serta alumni di Fakultas Teknik - Universitas Tridharma. Kata kunci— kepedulian, lingkungan, pantai, pesisir, kebersihan, pengabdian
ANALYSIS AND DESIGN OF LIBRARY INFORMATION SYSTEM AT MADRASAH AL - ITQON Ari Irawan; Pramitha Dwi Larasati; Muhammad Fahrur Rasyaa
Research Lembaran Publikasi Ilmiah Vol 3 No 2 (2020): RESEARCH LEMBARAN PUBLIKASI ILMIAH
Publisher : Universitas Tridharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35439/research.v3i2.20

Abstract

Madrasah Al - Itqon started with the activities of ta'lim by KH Mahfudz Asirun, whichlater increased the number of congregations and reached all levels of society. He founded areligious education institution called Madrasah Al - Itqon in Duri Kosambi Village, CengkarengDistrict, West Jakarta, in 1985. The education cannot be separated from the existence of acollection of library materials that he owns. Some of the problems that often arise in librarymanagement are increasing or increasing library materials collection, the need for informationrelated to existing library materials, and library service personnel limitations. This researchaims to create a library information system to improve library visitors' full service and minimizedata processing errors. The library information system starts with data collection on members,borrowing books, and returning books. This library information system's benefits are expected toimprove library users' services and expedite the administrative process faster. Keywords- Information Systems, Libraries, Library Information System
UPAYA MENCIPTAKAN LINGKUNGAN BERSIH DAN SEHAT DI KAWASAN KAMPUNG ATAS AIR DI KELURAHAN MARGASARI BALIKPAPAN BARAT Euis Yuniastuti
Research Lembaran Publikasi Ilmiah Vol 3 No 2 (2020): RESEARCH LEMBARAN PUBLIKASI ILMIAH
Publisher : Universitas Tridharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35439/research.v3i2.22

Abstract

Lingkungan bersih serta sehat akan membuat para penghuninya nyaman dan kesehatantubuhnya terjaga dengan baik. Saat ini pembangunan fisik yang dilakukan Pemerintah KotaBalikpapan di pemukiman Kampung Atas Air seperti pembangunan dan penataan rumah,pembangunan fasilitas seperti jalan kayu ulin dan jembatan beton, penyediaan air bersih dan listrik,penyediaan lahan terbuka hijau, pembangunan pelayanan kesehatan dan rumah ibadah seharusnyabisa memberikan dampak perubahan perilaku masyarakat yang baik terhadap sanitasi di kampung atasair. Penelitian ini ingin mengetahui kondisi sanitasi lingkungan Kampung Atas Air, terutama saranasanitasi dan perilaku warganya dalam menjaga kebersihan lingkungannya. Dalam bahasan kajian inimenggunakan Metode Observasi dan Kuisioner dengan warga Kampung Atas Air di kelurahanMargasari. Semuanya ada 32 Rt diambil secara Random 100 orang sebagai sampel. Ditambahinformasi melalui wawancara dari warga dan apparat Kelurahan Margasari.Kesimpulan yang dapatdiperoleh ternyata sanitasi dasar seperti jamban dan saluran IPAL(Instalasi Pembuangan Air Limbah,Pengelolaan sampah masih belum memenuhi standar Kesehatan. Perilaku masyarakat tentang sanitasilingkungan juga masih tergolong rendah.Kata Kunci : lingkungan bersih dan sehat, Kampung Atas Air
PEDULI SESAMA BERBAGI SEMBAKO DALAM MERINGANKAN BEBAN MASYARAKAT TERDAMPAK PANDEMI COVID 19 SEBAGAI PELAKSANAAN PROGRAM PEDULI LINGKUNGAN DAN SOSIAL Rachmasari Pramita Wardhani; Rissetri Dharma Simanjuntak
Research Lembaran Publikasi Ilmiah Vol 3 No 2 (2020): RESEARCH LEMBARAN PUBLIKASI ILMIAH
Publisher : Universitas Tridharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35439/research.v3i2.23

Abstract

Program Peduli Lingkungan dan Sosial yang dicanangkan oleh Program Studi Teknik MesinMerupakan program terjadwal yang merupakan bagian dari aktivitas kegiatan bakti social para dosendi Program Studi Teknik Mesin dengan Himpunan Mahasiswa Teknik Mesin yang berkolaborasimewujudkan visi dan misi Program Studi Teknik Mesin.Covid-19 kini telah menyebar ke seluruh dunia dan penyakit virus corona (COVID-19) adalahpenyakit menular yang dapat berpindah inang yaitu menularkan dari berbagai media baik manusiadengan manusia yang sakit, benda yang terkontaminasi. Program Studi Teknik Mesin bersama denganhimpunan mahasiswa merasa tergerak untuk peduli sesama berbagi sembako meringankan bebandengan memberikan 85 paket sembako yang di salurkan untuk masyarakat kurang mampu khususnyasekitar kampus Universitas Tridharma dan area sekitar di wilayah Kota Balikpapan. Kata kunci— peduli, bakti social, pandemic, masyarakat
APPLYING A CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) SYSTEM FOR CLINIC MEDISTIRA 2 Pramitha Dwi Larasati; Ari Irawan; Nikmatul Hikmah
Research Lembaran Publikasi Ilmiah Vol 3 No 2 (2020): RESEARCH LEMBARAN PUBLIKASI ILMIAH
Publisher : Universitas Tridharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35439/research.v3i2.24

Abstract

The clinic is a small-scale medical facility that only serves outpatient care for specific complaints.Medistira 2 is a clinic in the Cicadas Gunung Putri built to support the Cicadas village environment's healthaspects. In its operational activities, Medistira 2 has encountered problems related to information services topatients. There was a queue of patients accumulated at the time of registration and during treatment, making thepatient anxious and uncomfortable. There is no management of responses to criticisms and suggestions of theMedistira 2 submitted by patients (who can be called customers). Therefore, to create high customer loyalty, itis necessary to manage good relationships to not switch to other outpatient clinics. The management is done bycreating a Customer Relationship Management (CRM) system to determine the CRM's CRM effect on customerloyalty at Medistira 2. Data collection methods in this study are interviews, observations, and questionnaires.The system development method used is Prototype by doing Blackbox-testing as a system test. The resultsobtained indicate that the application of CRM to the Customer Loyalty factor is acceptable or significant(complimentary). Keywords—Patient, Clinic, Customer Relationship Management (CRM)
PENGARUH CITRA MEREK DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DAN KEPUASAN KONSUMEN MEMBELI MOBIL TOYOTA SIENTA DI AUTO 2000 MT. HARYONO BALIKPAPAN Hj. Zara Zerina Azizah
Research Lembaran Publikasi Ilmiah Vol 3 No 2 (2020): RESEARCH LEMBARAN PUBLIKASI ILMIAH
Publisher : Universitas Tridharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35439/research.v3i2.26

Abstract

AUTO 2000 MT. Haryono Balikpapan berupaya untuk membangun merek yang kuat dibenak konsumen, sebab merek merupakan aset yang prestisius bagi sebuah perusahaan. Tujuan daripenelitian ini adalah untuk mengetahui apakah citra merek dan citra perusahaan berpengaruh secaraparsial terhadap keputusan konsumen dan kepuasan konsumen, serta untuk mengetahui danmenganalisis pengaruh keputusan konsumen terhadap kepuasan konsumen membeli mobil ToyotaSienta di AUTO 2000 MT. Haryono Balikpapan. Alat analisis yang dipergunakan dalam penelitian iniadalah berbentuk Regresi Linier Berganda (Multiple Regression Linier) dengan menggunakanprogram SPSS ver. 24.0.Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial citra merek dan citra perusahaanberpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen dan kepuasan konsumen. Selain itu,secara parsial keputusan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumenmembeli mobil Toyota Sienta di AUTO 2000 MT. Haryono Balikpapan.Kata Kunci :Citra Merek, Citra Perusahaan, Keputusan Konsumen, Kepuasan Konsumen.

Page 1 of 2 | Total Record : 16