cover
Contact Name
Eko Nur Hidayat
Contact Email
ekonurhidayat@akpelni.ac.id
Phone
+62248446272
Journal Mail Official
ekonurhidayat@akpelni.ac.id
Editorial Address
Jl. Pawiyatan Luhur II/17 Bendan Dhuwur Gajahmungkur Semarang
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Majalah Ilmiah Gema Maritim
ISSN : 14112302     EISSN : 2656629X     DOI : https://doi.org/10.37612/gema-maritim
Core Subject : Engineering,
Majalah Ilmiah Gema Maritim adalah majalah ilmiah yang terbit enam bulanan. Lingkup bidang ilmu adalah ilmu terapan meliputi permesinan, kelistrikan, perawatan permesinan, pneumatic, sistem kontrol, elektronika, navigasi, keselamatan, astronomi, stabilitas kapal, logistik, eksport import, kepabeanan, kepelabuhanan, transportasi laut, bahasa, teknologi informatika dan komunikasi. Artikel yang akan diterbitkan dialamatkan ke editor. Informasi lengkap untuk pemuatan artikel dan petunjuk pemuatan artikel tersedia di setiap terbitan. Semua artikel yang dikirimkan akan diseleksi melalui proses review oleh reviewer (mitra bestari). Majalah ini terbit secara berkala setiap 6 bulanan, yaitu di semester Gasal bulan September dan Semester genap bulan Maret
Articles 66 Documents
Pembangkit Listrik Tenaga Ombak Laut Atau Angin Laut dengan Pengendali Gravitasi Bumi Wintazon; Setyo Pramudiyanto, Anang; Nur Hidayat, Eko
Majalah Ilmiah Gema Maritim Vol 21 No 1 (2019): Gema Maritim Vol 21 No 1 tahun 2019 tanggal 31 Maret 2019
Publisher : Politeknik Bumi Akpelni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37612/gema-maritim.v21i1.1

Abstract

Kebutuhan energi bagi kehidupan manusia di dunia adalah termasuk kebutuhan terpenting dan pokok, dimana energi selalu dibutuhkan dalam kehidupan manusia. Pertumbuhan penduduk dunia yang semakin pesat membutuhkan ketersediaan energi dan yang sangat besar, sehingga di butuhkan penyediaan energi yang besar atau penyediaan energi yang terbarukan (renewable) dan Energi yang ramah lingkungan (Eco-Friendly). Alternatif Penyediaan Energi yang di tawarkan adalah Pemanfaatan Tenaga Ombak Laut atau Angin Laut dengan memanfaatkan gravitasi Bumi sebagai Pembangkit Tenaga Listrik.
Pengaruh Kedisiplinan Dan Kenyamanan Taruna/ Taruni Di Asrama Kampus Akpelni Terhadap Hasil Pembelajaran Diah Kusumawati, Evyana
Majalah Ilmiah Gema Maritim Vol 21 No 1 (2019): Gema Maritim Vol 21 No 1 tahun 2019 tanggal 31 Maret 2019
Publisher : Politeknik Bumi Akpelni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37612/gema-maritim.v21i1.2

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) seberapa besar pengaruh kedisiplinan taruna/taruni terhadap hasil pembelajaran, (2) seberapa besar pengaruh kenyamanan taruna/taruni di asrama kampus Akpelni terhadap hasil pembelajaran, (3) faktor pendukung dan penghambat kedisiplinan taruna/taruni dalam meningkatkan hasil pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah taruna/taruni angkatan 51 dan 52 dengan jumlah 1080 orang. Pengumpulan data dengan metode kuesioner untuk mengumpulkan data Kedisiplinan dan Kenyamanan di Asrama kampus Akpelni, sedangkan metode dokumentasi untuk mengetahui Hasil pembelajaran. Uji coba instrumen ini dilakukan terhadap 92 taruna/taruni angkatan 51 dan 52 prodi KPN, Nautika dan Teknika, analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi ganda. Sebelum analisis data terlebih dahulu diadakan pengujian persyaratan analisis meliputi uji Normalitas, Heterokedastisitas dan Autokorelasi. Hasil penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh kedisiplinan terhadap hasil pembelajaran yang ditunjukkan dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel yaitu: 2,900>1,987 dengan koefisien determinasi sebesar 0,165 yang artinya sebesar 1,65 % variabel ini mempengaruhi hasil pembelajaran. (2) Terdapat pengaruh kenyamanan di asrama kampus Akpelni terhadap hasil pembelajaran yang ditunjukkan dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel yaitu: 1,987<2,834> -1,987 dengan koefisien determinasi sebesar 0,165 yang artinya sebesar 1,65 % variabel ini mempengaruhi hasil pembelajaran. (3) faktor pendukung dan penghambat kedisiplinan taruna/taruni dalam meningkatkan hasil pembelajaran adalah tujuan/kurikulum, lingkungan kampus, siswa (taruna/taruni) dan sikap dosen. Persamaan garis regresi ganda Y = 100,698 + 0,689X1 + 1,082X2.
Implementasi Vgm (Verified Gross Mass) Ridwan
Majalah Ilmiah Gema Maritim Vol 21 No 1 (2019): Gema Maritim Vol 21 No 1 tahun 2019 tanggal 31 Maret 2019
Publisher : Politeknik Bumi Akpelni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37612/gema-maritim.v21i1.5

Abstract

Keselamatan dan keamanan pelayaran merupakan suatu kajian yang harus mendapatkan perhatian yang lebih serius pada decade terakhir ini, mengingat semakin banyaknya kasus kecelakaan kapal yang diakibatkan oleh adanya human-error. Perhitungan stabilitas kapal dengan basic jumlah dan berat dari tiap party barang yang dimuat diatas kapal adalah salahsatu factor penentu dalam menyusun stowage barang diatas kapal terutama untuk kapal-kapal cellular yang memuat barang dalam kemasan container. Karena sebagaimana diketahui bersama bahwa pada lazimnya shipper hanya memberitahukan perkiraan berat barangnya saja tanpa mencantumkan berat containernya, sedangkan dalam kenyataannya barang tersebut dimuat diatas kapal bersamaan dengan containernya, sehingga bagi shipping line data berat barang yang disampaikan oleh shipper tersebut belum akurat. Olehkarena itu melalui organisasi maritime dunia (IMO) diterbitkanlah suatu amandemen yang bersifat mandatory kepada semua shipper diwajibkan untuk menyampaikan verifikasi hasil timbang barang dengan benar termasuk berat containernya secara tertulis kepada shipping-line sebelum container tersebut dikapalkan. Bila tidak ada surat pernyataan (verifikasi) tentang berat barang dan containernya, maka shipping line dilarang untuk memuat container tersebut. Pernyataan atau verifikasi ini dikenal dengan istilah VGM (verified Gross Mass)
Penanganan Kongesti Pada Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) Erliyana, Sulida; Kiki Riyanto, Manda
Majalah Ilmiah Gema Maritim Vol 21 No 1 (2019): Gema Maritim Vol 21 No 1 tahun 2019 tanggal 31 Maret 2019
Publisher : Politeknik Bumi Akpelni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37612/gema-maritim.v21i1.6

Abstract

The purpose of writing this final project is to identify and explain the handling congestion at private terminal PT. Petrokimia Gresik. The method used in writing final project was an interview and literature, in this case to collect data in the form of data through observation of the object, the subject matter as well as the collection of documents and data relating to the congestion at private terminal PT. Petrokimia Gresik. Based on the result of the discussion had been obtained that the handling congestion at private terminal PT. Petrokimia Gresik, handling by planning the arrival and the departure of the vessel properly and appropriately, doing repair to the damage loading and unloading equipments, adding loading and unloading equipments on each vessels. The conclusion of handling congestion at private terminal PT. Petrokimia Gresik was very essential. So, a vessel which was going to discharge of cargo at private terminal will not undergo demurrage and hopefully become despatch.
Pengaruh Ukuran Diameter Gravity Disc terhadap Overflow pada Purifier Khamdilah, Ali; Wilastari, Santhi
Majalah Ilmiah Gema Maritim Vol 21 No 1 (2019): Gema Maritim Vol 21 No 1 tahun 2019 tanggal 31 Maret 2019
Publisher : Politeknik Bumi Akpelni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37612/gema-maritim.v21i1.7

Abstract

Untuk menghindari permasalahan dalam mengoperaikan purifier dibutuhkan suatu standart yang baik,dimana kesalahan dalam pemilihan ukuran grafity disc akan berakibat fatal dalam sistem pemisahan minyak dengan kotoran. Perbandingan antara masukan dan keluaran pada proses purifier haruslah seimbang dengan toleransi yang masih diperbolehkan,sehingga tidak terjadi tumpahan / overflow yang sangat merugikan dengan terbuangnya minyak selama proses pemisahan karena ketidak mampuan gravity disc dalam menjaga minyak hasil proses pembersihan purifier.
Pemanfaatan Engine Log Book Sebagai Sumber Data Untuk Melakukan Analisa Kuantitatif Kehandalan Dan Perawatan Permesinan Di Kapal Dwi Kurniawan , Ratna; Darmana, Eka
Majalah Ilmiah Gema Maritim Vol 21 No 1 (2019): Gema Maritim Vol 21 No 1 tahun 2019 tanggal 31 Maret 2019
Publisher : Politeknik Bumi Akpelni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37612/gema-maritim.v21i1.8

Abstract

Melihat beberapa catatan harian kamar mesin (engine Log Book) di kapal, dapat diketahui bahwa perawatan permesinan yang dilakukan masih bersifat konvensional, perawatan dilakukan hanya saat komponen/sistem mengalami kegagalan atau saat kapal berlabuh. Berbagai metode perawatan dapat dilakukan untuk mencapai unjuk kerja dan biaya yang optimum. Dalam studi ini menawarkan analisa kehandalan secara kuantitatif dengan memanfaatkan data yang sudah ada dari engine log book, dengan sample perawatan pada sistem bahan bakar dari Main Engine. Sebagai output Analisa kuantitatif ini akan dapat diketahui nilai reliability dan unreliability sebagai fungsi waktu dan rata-rata waktu komponen akan mengalami kegagalan. Selain itu akan diketahui tren grafik laju kegagalan sehingga dapat diketahui apakah komponen dalam masa operasional atau sudah memasuki masa wear out / aus. Harapannya metode ini dapat diadopsi sebagai bahan pertimbangan dalam melakukan perawatan permesinan di kapal.
Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepemimpinan dan Pemberdayaan Sebagai Variabel Moderasi Rubiyanto, Aan
Majalah Ilmiah Gema Maritim Vol 21 No 1 (2019): Gema Maritim Vol 21 No 1 tahun 2019 tanggal 31 Maret 2019
Publisher : Politeknik Bumi Akpelni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37612/gema-maritim.v21i1.9

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan dengan kepemimpinan dan pemberdayaan sebagai variabel moderasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan administrasi AKPELNI Semarang yang berjumlah 104 orang Dalam penelitian ini jumlah sampel yang akan diambil adalah seluruh anggota populasi dengan metode sensus. Metode pengolahan data menggunakan SPSS 17.0.Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa motivasi berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan, hal ini dapat diinterpretasikan bahwa semakin tinggi motivasi, maka semakin tinggi kinerja karyawan pada AKPELNI Semarang. Kepemimpinan memoderasi positif pengaruh motivasi terhadap kinerja karyawan, hal ini dapat diinterpretasikan bahwa semakin baik kepemimpinan maka semakin tinggi kinerja karyawan pada AKPELNI Semarang. Pemberdayaan karyawan memoderasi positif pengaruh motivasi terhadap kinerja karyawan, hal ini dapat diinterpretasikan bahwa adanya pemberdayaan karyawan yang optimal akan memperkuat pengaruh motivasi terhadap kinerja karyawan pada AKPELNI Semarang. Perlunya menumbuhkan loyalitas para karyawan terhadap organisasi, motivasi merupakan modal utama timbulnya loyalitas karyawan terhadap organanisasi, para karyawan yang mempunyai motivasi tinggi, juga akan mempunyai loyalitas yang tinggi sehingga kinerjapun meningkat. Pemimpin perlu memberi suri tauladan terhadap para karyawan dalam perilaku, waktu dan administrasi sehingga akan memotivasi karyawan dalam meningkatan kinerjanya. Serta perlu adanya kesediaan manajemen puncak untuk memberikan wewenang kepada karyawan untuk mengambil keputusan atas pekerjaan yang menjadi tanggung jawab karyawan.
Optimizing Work Online Services Based Inaportnet To Increase Service On Shipping Arrival at PT Maskapai Pelayaran Pulau Laut Panjang Branch Indriyati, Retno; Dwiputra Novarizal, Baharudiansyah
Majalah Ilmiah Gema Maritim Vol 21 No 1 (2019): Gema Maritim Vol 21 No 1 tahun 2019 tanggal 31 Maret 2019
Publisher : Politeknik Bumi Akpelni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37612/gema-maritim.v21i1.10

Abstract

This writing aims to find out about Standard Operating Procedure and Service Level Agreement Inaportnet system, from before the ship arrived until the management of ship permit out. In carrying out the ship agency's duties which include ship clearance activities with Inaportnet, it is necessary to have knowledge of Inaportnet application form. Data collection methods used in the writing of Scientific Writing is a method of observation or observation, interview or interview method, literature study method and documentation method. The results of the writing show that online services based on Inaportnet can facilitate the tasks of the users of sea transport services in serving the arrival of ships in the Port of Bandar Lampung. However, there are still obstacles in the application of Inaportnet system such as low quality of service, network interruption on server, lack of utilization of science and technology and complicated application usage procedure. The result of this writing can be concluded that Inaportnet-based online service is a single electronic information service system based on internet to integrate port system of information which nature standard serve ship and goods from all related institution or stakeholder at port.
Pengaruh Kualitas Lingkungan Pendidikan Terhadap Prestasi Belajar Taruna Akpelni Semarang Tahun 2017 Soemadi; Fajar Budi Hartanto, Cahya; Kustina Dewi, Astri; Dalmadi; Ridwan; Indriyati, Retno
Majalah Ilmiah Gema Maritim Vol 21 No 1 (2019): Gema Maritim Vol 21 No 1 tahun 2019 tanggal 31 Maret 2019
Publisher : Politeknik Bumi Akpelni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37612/gema-maritim.v21i1.11

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Kausal Komparatif atau Ex Post Facto dengan metode pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab adanya suatu akibat yang dilihat dan dirasakan yaitu prestasi belajar Taruna yang kurang baik. Hipotesis awal adalah ada pengaruh dari kualitas lingkungan pendidikan terhadap prestasi belajar. Kualitas lingkungan pendidikan yang dimaksud adalah Dosen, Kualitas Pembelajaran, Kualitas Kehidupan di Asrama, Kualitas Kedisiplinan dan Kualitas Raw Input. Metode pengumpulan data adalah dengan metode random sampling dimana untuk Taruna digunakan sampel 251 responden, untuk Dosen ( Tetap dan Tidak tetap ) digunakan sampel 38 Responden, untuk Instruktur dan Bintar diambil sampling jenuh sebanyak 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Kualitas Dosen, Kualitas Pembelajaran, Kualitas Kehidupan di Asrama, Kualitas Kedisiplinan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar, yang berarti ini tidak masalah. Sedangkan variabel Kualitas Raw Input berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar.
Pengaruh Variasi Kecepatan Putar Dalam Metode Stir Casting Terhadap Sifat Kekerasan Al- Sic Untuk Aplikasi Blok Rem Kereta Api Wilastari, Santhi; AP, Bayuseno; Nugroho, Sri
Majalah Ilmiah Gema Maritim Vol 13 No 1 (2011): Februari 2011
Publisher : Politeknik Bumi Akpelni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37612/gema-maritim.v13i1.15

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tentang sifat kekerasan pada Al- SiC yang dihasilkan dari proses pengecoran dengan metode stir casting dengan variasi putaran 300, 500, dan 700 rpm dengan lama waktu pengadukan 10 menit. Pada penelitian ini Al yang digunakan adalah Al hasil limbah produksi dengan penambahan SiC sebesar 10% sebagai penguat yang dicampurkan pada saat pengecoran. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa nilai kekerasan hasil pengecoran dengan variasi putaran masih jauh dibandingkan kekerasan besi cor karena kadar SiC sebagai penguat yang dicampurkan masih sangat sedikit hanya 10% sehingga tingkat kekerasannya juga masih sangat rendah. Tetapi bila dibandingkan dengan Al murni nilai kekerasan hasil pengecoran dengan variasi putaran berada diatas Al murni yang artinya kekerasan hasil pengecoran dengan variasi putaran lebih baik daripada kekerasan Al murni. Nilai kekerasan tertinggi terjadi pada posisi bawah sedangkan nilai kekerasan terendah terjadi pada posisi atas. Hal ini terjadi karena pada saat pengecoran ada waktu jeda antara selesainya proses pengadukan dengan waktu penuangan sehingga terjadi proses pengendapan yaitu turunnya SiC ke posisi bawah.