cover
Contact Name
Amat Hidayat
Contact Email
amathidayat01@gmail.com
Phone
+6283127281110
Journal Mail Official
stai.latansamashiro@gmail.com
Editorial Address
Gedung STAI La Tansa Mashiro Jl. Soekarno Hatta Bypass, Pasir jati, Rangkasbitung, Lebak, Banten, 42317
Location
Kab. lebak,
Banten
INDONESIA
JAA
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Aksioma Al-Asas dikelola Program Studi S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) STAI La Tansa Mashiro dan diterbitkan oleh LPPM STAI La Tansa Mashiro. Sejak Volume 1 Nomor 1 Juni 2020, sebagai terbitan perdana, berkala dengan Frekuensi terbit yakni dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan bulan Desember.
Articles 5 Documents
PENGARUH ALAT PERMAINAN EDUKATIF DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP PENGETAHUAN MATEMATIKA AWAL YANTI, DESRI
JURNAL AKSIOMA AL-ASAS Vol 1, No 1 (2020): Juni 2020
Publisher : JURNAL AKSIOMA AL-ASAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh alat permainan edukatif dan kepercayaan diri terhadap pengetahuan matematika awal anak-anak kelompok b taman kanak-kanak (5-6 tahun). Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian eksperimental dengan desain treatment by level 2x2. Sampel penelitian ini adalah 120 siswa. Prosedur pengumpulan data menggunakan teknik stratified multistage cluster random sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan anava dua arah. Hasil penelitian ini adalah: (1) pengetahuan matematika awal anak-anak yang diberikan ape maze memiliki pengaruh yang lebih tinggi daripada yang bermain ape puzzle (fhitung = 14,50 > ftabel = 3,97);  (2) ada efek interaksi antara anak-anak yang diberikan ape dan kepercayaan diri terhadap pengetahuan mereka tentang matematika awal (fhitung = 14,50 > ftabel = 3,97); (3) pengetahuan matematika awal anak-anak yang memiliki kepercayaan diri tinggi yang diberikan ape maze memiliki pengaruh skor yang lebih tinggi daripada anak-anak yang diberikan ape puzzle (qhitunga1b1-a2b1 = 6,44 > qtabel = 3,74); dan (4) pengetahuan matematika awal anak-anak yang memiliki kepercayan diri rendah yang diberikan ape puzzle memiliki pengaruh skor yang lebih tinggi daripada anak-anak yang diberikan ape maze (qhitung a1b2-a2b2 = 0,95< qtabel = 3,74).
Dampak Interaksi Sosial Anak Usia Dini Akibat Latar Belakang Orangtua Tuna Wicara Kurnia, Lita
JURNAL AKSIOMA AL-ASAS Vol 1, No 1 (2020): Juni 2020
Publisher : JURNAL AKSIOMA AL-ASAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penenelitian  ini  di latarbelakangi oleh adanya kesulitan anak dalam  berinteraksi sosial di sekolah. Hal  ini  dapat dilihat dari siswa yang memiliki perilaku yang masih suka menyendiri, tidak bisa mengendalikan tindakan dan perasanya,  tidak  mau berbagi, serta tidak mau  bekerja  sama,  menunjukan  ekspresi marah, sedih dan takut ketika disekolah. Hal ini sebenarnya tidak dapat terjadi  apabila  interaksi  anak  dengan orang  tua dan teman sebaya dapat diterpakan  dengan baik, agar perilaku  sosial  anak selalu terpelihara. Tujuan dari penelitian ini adalah membahas tentang seorang anak  yang mengalami kesulitan berinteraksi  sosial di  sekolah yang memepengaruhi aspek sosial emosional. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pemerolehan data dalam penilitian ini menggunakan teknik wawancara. Analisis difokuskan pada faktor penyebab kesulitan anak usia  dini dalam berinteraksi sosial. Aspek- aspek yang berpengaruh pada   perkembangan anak usia dini. Berdasarkan analisis ditemukan gangguan yang di alami anak, yaitu Kesulitan  Anak  Usia Dini dalam Berinteraksi Sosial di  Sekolah, yang disebabkan oleh faktor kurangnya interaksi dengan orang tua,  kurangnya motivasi dari lingkungan sekitar dan  kepercayaan  diri.
HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KEPUASAN CITRA TUBUH (BODY IMAGE) DENGAN HARGA DIRI (SELF ESTEEM) PADA MAHASISWI FAKULTAS PSIKOLOGI MAEMUNAH, SITI ERMA
JURNAL AKSIOMA AL-ASAS Vol 1, No 1 (2020): Juni 2020
Publisher : JURNAL AKSIOMA AL-ASAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini berawal dari penemuan peneliti mengenai beberapa mahasiswi yang merasa tidak puas terhadap penampilan tubuhnya dan memiliki penilaian negatif terhadap tubuhnya. Berdasarkan hasil pengambilan data awal kepada 20 orang mahasiswi Fakultas Psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung diperoleh informasi bahwa 60% dari 20 mahasiswi  merasa tidak puas terhadap penampilan tubuhnya. Seseorang yang merasa puas terhadap tubuhnya, ia akan memiliki harga diri (self esteem) yang tinggi karena evaluasi terhadap tubuh dapat mempengaruhi evaluasi terhadap diri. Harga diri (self esteem) yang tinggi sangat penting untuk mahasiswi Fakultas Psikologi karena mahasiswi Fakultas Psikologi akan berhubungan dengan orang lain seperti berhadapan dengan klien untuk membantu klien menyelesaikan masalahnya. Namun pada kenyataannya, tidak semua orang memiliki harga diri (self esteem) yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat kepuasan terhadap citra tubuh (body image) dengan harga diri (self esteem) pada mahasiswi Fakultas Psikologi.Untuk mengetahui hubungan antara tingkat kepuasan terhadap citra tubuh (body image) dengan harga diri (self esteem), peneliti melakukan penelitian pada populasi mahasiswi Fakultas Psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung usia 18 sampai 22 tahun yang berjumlah 72 orang. Sampel diambil dengan cara menggunakan proprtionate stratified random sampling. Alat ukur yang digunakan adalah skala Tingkat Kepuasan terhadap Citra Tubuh (Body Image) sebanyak 31 item dan skala Harga Diri (Self Esteem) sebanyak 43 item. Alat ukur yang digunakan berskala Likert, dan uji statistiknya menggunakan Rank Spearman. Berdasarkan hasil pengolahan data, dapat disimpulkan bahwa sebanyak 53 % mahasiswi memiliki tingkat kepuasan terhadap citra tubuh (body image) yang tinggi, dan sebanyak 47 % mahasiswi memiliki harga diri (self esteem) yang tinggi. Analisis korelasi menghasilkan koefisien korelasi sebesar rs = 0,223, artinya tingkat kepuasan terhadap citra tubuh (body image) tidak berhubungan secara signifikan dengan harga diri (self esteem). Kata Kunci : Citra Tubuh, Harga Diri
PSIKOLOGI DAN AL-QUR’AN ( Solusi Permasalahan Di Era Globalisasi ) Asrowi, Asrowi
JURNAL AKSIOMA AL-ASAS Vol 1, No 2 (2020): Desember 2020
Publisher : JURNAL AKSIOMA AL-ASAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The existence of psychology become one of the necessities of human life a new era tekait various problems thatarise as a result of globalization, family conflict, culture, cultural, economic, social, meeting different cultures andcompetition to be one cause of the spread of the virus life that will affect the structure of human universal. Variousmeans are used by public researchers to solve the problems of mental terganngu result of the global conflict. Manin overcoming the problems and issues that occur in the environment need guidance and accurate solution. Dal thisQur'an is a way of life and solutions to overcome all the problems of the human psyche. Therefore, the occurrenceof a variety of psychological pressure preceded by the composition of the people who do not have confidence andpatience. Therefore, to obtain happiness and peace of life need spiritual guidance through religious approach andthe Koran. Koran is the Muslim holy book, the revelation of God revealed to the Prophet Muhammad to bedelivered to his people as a way of life for human beings to be happy and Hereafter. The Qur'an As a rule of lifecontains the concepts of teaching and system of life that is extraordinary. All aspects of human life can beorganized and directed by the Qur'an. With the results of the comparative experiments, preliminary conclusionscan be derived: that listen to verses from the Koran have a significant positive impact on the changes in humanphysiology and psychology. Thus the progress of science has revealed: that the Qur'an was revealed to haveusefulness for the benefit of humans, although just mendegarkannya. Technological progress has detectedaccurately: that listen to the verses of the Qur'an can relax the nerves reflective, functioning organs, as well asproviding a positive aura to the human body
Kondisi Emosional Anak Speech Delay Usia 6 Tahun di Sekolah Raudhatul Athfal An-Najat Kecamatan Rangkasbitung Kabupaten Lebak Kurnia, Lita
JURNAL AKSIOMA AL-ASAS Vol 1, No 2 (2020): Desember 2020
Publisher : JURNAL AKSIOMA AL-ASAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah membahas tentang seorang anak 6 tahun yang mengalami speech delay atau gangguan keterlambatan dalam bicara mencakup aspek bahasa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik SSR (Single Subject Research). Pemerolehan data dalam penilitian ini menggunakan teknik wawancara. Analisis difokuskan pada faktor penyebab, kondisi sosia emosional, dan penanganan terhadap anak speech delay yang berusia 6 tahun. Berdasarkan analisis ditemukan gangguan yang di alami anak speech delay ini lebih ke gangguan bahasa ekspresif, yang disebabkan oleh faktor kurangnya stimulus dari orangtua, lingkungan yang bilingual. Alternatif penanganan dari guru adalah mengajak orangtua untuk sama-sama memberi stimulus lebih kepada anak dan guru selalu mengajak anak bercerita dengan mengobrol, serta membenarkan kata yang diucapkan anak ketika salah pengucapan dengan pelafalan pengejaan yang benar dan pelan dan di ulanh sehingga anak bisa dengan perlahan mengikutinya dan menjadi terbiasa.

Page 1 of 1 | Total Record : 5