cover
Contact Name
Sari Wahyuni Rozi Nasution
Contact Email
journalphysedu@gmail.com
Phone
+6282368785533
Journal Mail Official
journalphysedu@gmail.com
Editorial Address
Jl. Sutan Mhd. Arif Kel. Batang Ayumi Jae Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
Location
Kab. tapanuli selatan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal PhysEdu (Physics Education)
ISSN : 2715310X     EISSN : 2715310X     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Jurnal PhysEdu (PHYSICS EDUCATION) adalah wahana komunikasi dan publikasi artikel ilmiah hasil penelitian terkini dari mahasiswa, dosen, guru, serta masyarakat umum yang memiliki perhatian terhadap perkembangan penelitian Pendidikan Fisika. Jurnal ini diterbitkan oleh Pendidikan Fisika, Fakultas Penddikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan.
Articles 33 Documents
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMIK TERHADAP HASIL KOGNITIF ANAK SMA MATERI ALAT OPTIK pane, vina maldinasari; Siagian, Mutiara; Siregar, Dwi Aninditya
JURNAL PhysEdu (PHYSICS EDUCATION) Vol 3 No 1 (2021): Vol. 3. No. 1. Februari 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis komik terhadap hasil kognitif anak materi Alat-Alat Optik di Kelurahan Pintu Padang II, Kecamatan Batang Angkola, Kabupaten Tapanuli Selatan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode true-experimental dengan desain one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak SMA di Kelurahan Pintu Padang II, Kecamatan Batang Angkola, Kabupaten Tapanuli Selatan yang terdiri dari 25 orang anak. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik total sampling, sehingga sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi yang berjumlah 25 orang. Berdasarkan analisis data diperoleh: Terdapat pengaruh media pembelajaran berbasis komik terhadap hasil kognitif anak materi Alat-Alat Optik di Kelurahan Pintu Padang II. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil analisis angket media pembelajaran berbasis komik dengan perolehan nilai rata-rata 80%, hasil kognitif anak pada materi Alat-Alat Optik dengan perolehan nilai rata-rata 80,92 berada pada kategori “Baik”, dan dari hasil uji signifikan ditemukan 0,000 > 0,05, dengan Hipotesis alternatif ( diterima dan ditolak. Berdasarkan hasil tersebut, maka Terdapat pengaruh media pembelajaran berbasis komik terhadap hasil kognitif anak materi Alat-Alat Optik di Kelurahan Pintu Padang II, Kecamatan Batang Angkola, Kabupaten Tapanuli Selatan.
PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN MENGGUNAKAN MODEL INQUIRY situmorang, feronika; Siregar, Dedes Asriani; Nasution, Febriani Hastini
JURNAL PhysEdu (PHYSICS EDUCATION) Vol 3 No 1 (2021): Vol. 3. No. 1. Februari 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar fisika berbasis pendidikan karakter dengan menggunakan model Inquiry terhadap hasil belajar siswa pada materi gelombang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain one group pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA di lingkungan Gereja Pentakosta Indonesia Padangsidimpuan, sebanyak 25 siswa, dan sekaligus yang menjadi sampel penelitian ini. Berdasarkan analisis data diperoleh: (1) Gambaran penggunaan bahan ajar fisika berbasis pendidikan karakter dengan menggunakan model Inquiry di kelas XI IPA di lingkungan Gereja Pentakosta Indonesia melalui angket respon siswa diperoleh skor rata-rata 78,56% dengan kategori “sangat baik”. Artinya bahan ajar fisika ini menghasilkan respon yang sangat positif; (2) Hasil belajar siswa setelah menggunakan bahan ajar fisika diperoleh nilai rata-rata pre-test sebesar 49,80 dengan kategori “C” dan nilai rata-rata post-test sebesar 83,80 dengan kategori “B+”; (3) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan bahan ajar fisika berbasis pendidikan karakter dengan menggunakan model Inquiry terhadap hasil belajar siswa di kelas XI IPA di Gereja Pentakosta Indonesia Padangsidimpuan. Hal ini dibuktikan dengan pengujian hipotesis pre-test dan pos-test diperoleh signifikansi 0,00 < 0,05. Dengan demikian hipotesis yang peneliti ajukan dapat diterima. Kata-kata Kunci : Bahan Ajar Fisika, Pendidikan Karakter, Inquiry
EFEKTIFITAS PENDEKATAN OPEN ENDEDTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI BESARAN DAN SATUAN DI KELAS X SMA nasution, destina; Nasution, Sari Wahyuni Rozi; Siagian, Mutiara
JURNAL PhysEdu (PHYSICS EDUCATION) Vol 3 No 1 (2021): Vol. 3. No. 1. Februari 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pendekatan open ended terhadap hasil belajar siswa materi besaran dan satuan di Kelas X SMA. Jenis penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain two group pre-test post-test Desing. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 63 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik randam sampling, sehingga sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MIA1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA2 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan analisis data diperoleh: Penggunaan Pendekatan Open ended menggunakan observasi dengan nilai persentase rata-rata sebesar 87,07% berada pada kategori “Sangat Baik”; Hasil belajar siswa menggunakan tes soal dengan nilai persentase sebesar 80,00% berada pada kategori “Baik” pada kelas eksperimen dan persentase sebesar 47,50% berada pada kategori “Kurang” pada kelas kontrol.; dan Penggunaan pendekatan open ended efektif terhadap hasil belajar siswa dibuktikan dengan membandingkan hasil uji signifikan dimana thitung < ttabel (6,41 > 1,66) dan nilai signifikan sebesar 0.000 < 0.05, maka hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima atau disetujui kebenarannya yaitu pendekatan open ended efektif terhadap hasil belajar siswa materi besaran dan satuan di kelas X SMA. Kata-kata kunci: Pendekatan open ended, hasil belajar
PENGARUH PENGUASAAN PEMUAIAN TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA MATERI POKOK KALOR KELAS VII SMP NEGERI Juanta, Palma
JURNAL PhysEdu (PHYSICS EDUCATION) Vol 2 No 1 (2020): Vol 2 No 1 Februari 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This aims to ascertain wheter or not any significant effect between mastery of the expansition to learning research fisika of topic the heat in SMP Negeri 1 Hutabargot. Population numbered 56 people, and samples were taken with cluster sampling were 56 people. The method and data collection using multiple choice test. The data obtained were processed two stages, namely descriptive analysis to see a picture of these two variables and using statistical test using correlation “r” product moment and to see whether there is a significant effect between the two variables used ttest. The result of analysis of the data obtained an averagr of variable x=72,14 and variable y=74,64, tcount=3,10 dan ttable=1,68 then tcountgreater than ttabel (3,10 > 1,68).
Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Peserta Didik Pada Materi Termodinamika Siregar, Saidah Hasnun; Asmaidah, Seri; Siagian, Mutiara
JURNAL PhysEdu (PHYSICS EDUCATION) Vol 3 No 1 (2021): Vol. 3. No. 1. Februari 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This is study aims to determine whether student have difficulty learning phisyic in thermodinamical materials
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DENGAN METODE DEMOSNTRASI DALAM PEMBELAJARAN FISIKA MATERI MOMENTUM DAN IMPUL yunita, yusma; Siregar, Dedes Asriani; Siregar, Dwi Aninditya
JURNAL PhysEdu (PHYSICS EDUCATION) Vol 3 No 1 (2021): Vol. 3. No. 1. Februari 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Inquiry dengan metode demonstrasi dalam pembelajaran fisika materi momentum dan impuls di SMA Negeri 1 Angkola Timur. Jenis penelitian menggunakan desain one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Angkola Timur yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 51 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling, sehingga sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MIA2 yang berjumlah 25 siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh: (1) gambaran penggunaan model pembelajaran Inquiry dengan metode demonstrasi dalam pembelajaran fisika pada materi momentum dan impuls di kelas X MIA SMA Negeri 1 Angkola Timur menggunakan observasi dengan nilai persentase rata-rata sebesar 87,98 % berada pada kategori “Sangat Baik”; (2) Terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Inquiry dengan metode demonstrasi dalam pembelajaran fisika pada materi momentum dan impuls di kelas X MIA SMA Negeri 1 Angkola Timur. Hal ini dapat dibuktikan dari perubahan mean perolehan hasil belajar, dimana diperoleh mean pre test lebih kecil dari pada mean post test (70,0090,00); Berdasarkan hasil tersebut, maka hipotesis alternatif yang dirumuskan dalam penelitian ini dapat diterima atau disetujui kebenarannya yaitu Model pembelajaran Inquiry dengan metode demonstrasi dalam pembelajaran fisika pada materi momentum dan impuls di kelas X MIA SMA Negeri 1 Angkola Timur. Kata-kata Kunci: Model pembelajaran Inquiry, metode demonstrasi, momentum dan impuls
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN BERBASIS MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA Galingging, Debora
JURNAL PhysEdu (PHYSICS EDUCATION) Vol 2 No 1 (2020): Vol 2 No 1 Februari 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe time token berbasis mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi alat optik di kelas XI SMA Negeri 1 Angkola Barat. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode quasi experiment dengan desain one group pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Angkola Barat yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah 190 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling, sehingga sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA1 yang berjumlah 30 siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh: (1) gambaran penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe time token berbasis mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi alat optik di kelas XI SMA Negeri 1 Angkola Barat menggunakan observasi dengan nilai persentase rata-rata sebesar 87,08 % berada pada kategori “Sangat Baik”; (2) Terdapat perbedaan hasil belajar sebelum dengan sesudah digunakannya model pembelajaran kooperatif tipe time token berbasis mind mapping pada materi alat optik di kelas XI SMA Negeri 1 Angkola Barat. Hal ini dapat dibuktikan dari perubahan mean perolehan hasil belajar, dimana diperoleh mean pre test lebih kecil dari pada mean post test (58,1779,50); (3) Model pembelajaran kooperatif tipe time token berbasis mind mapping efektif terhadap hasil belajar siswa pada materi alat optik di kelas XI SMA Negeri 1 Angkola Barat. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai Sig. uji paired t test lebih kecil dari pada nilai (0,000,05) yang berarti model pembelajaran berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar. Berdasarkan hasil tersebut, maka hipotesis alternatif yang dirumuskan dalam penelitian ini dapat diterima atau disetujui kebenarannya yaitu Model pembelajaran kooperatif tipe time token berbasis mind mapping efektif terhadap hasil belajar siswa pada materi alat optik di kelas XI SMA Negeri 1 Angkola Barat.
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA hutabarat, mey windah; Nasution, Febriani Hastini; Sari, Lia Purnama
JURNAL PhysEdu (PHYSICS EDUCATION) Vol 2 No 2 (2020): Vol 2 No 2 Mei 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model Problem Based Instruction (PBI) Terhadap Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa Pada Materi Fluida Statis di kelas X SMA Negeri 1 Batangtoru. Jenis penelitian adalah penelitian Quasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 140 orang. Adapun sampel pada penelitian ini adalah 70 orang, yang terbagi pada kelas X4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling, instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes hasil belajar siswa yang terdiri dari ranah kognitif, afektif, psikomotorik serta instrumen berupa lembar observasi keaktifan siswa dan penggunaan model PBI. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh: (1) nilai rata-rata penggunaan model PBI yaitu 83,30 berada pada kategori “Sangat Baik” ; (2) nilai rata-rata pada ranah kognitif sebesar 78,29 berada pada kategori “Baik”, nilai rata-rata afektif siswa yaitu 2,94 berada pada kategori “Cukup”, nilai rata-rata psikomotorik siswa yaitu 2,94 berada pada kategori “Cukup” ; (3) nilai rata-rata keaktifann siswa yaitu 2,9 berada pada kategori “Cukup” dan ; (4) melalui analisis Uji-t diperoleh taraf signifikansi 0,001 < 0,005. Sehingga hipotesis Alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model Problem Based Instruction (PBI) Terhadap Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa Pada Materi Fluida Statis di Kelas X SMA Negeri 1 Batangtoru.
PENGARUH PENERAPAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KOMPETENSI SISWA KELAS XI IPA Nilasari, Desi; Sari, Lia Purnama; Siregar, Lukman Hakim
JURNAL PhysEdu (PHYSICS EDUCATION) Vol 2 No 1 (2020): Vol 2 No 1 Februari 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan bahan ajar fisika berbasis pendekatan saintifik terhadap kompetensi siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Batangtoru. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain Postest-only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Batangtoru yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah populasi sebanyak 105 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simpel random sampling sehingga sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah sampel sebanyak 71 siswa. (1)Gambaran penerapan bahan ajar fisika berbasis pendekatan saintifik di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Batangtoru melalui angket respon siswa terhadap bahan ajar fisika berbasis pendekatan saintifik diperoleh skor rata-rata 77,61% dengan kategori “sangat baik”. Artinya bahan ajar berbasis pendekatan saintifik ini menghasilkan respon yang positif bagi siswa. (2) Berdasarkan data yang didapatkan diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 77,92 dengan kategori “B+” dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 72,14 dengan kategori “B-“. (3)Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan bahan ajar fisika berbasis pendekatan saintifik terhadap kompetensi siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Batangtoru. Hal ini dibuktikan denga pengujian hipotesis postest kelas kontrol dan eksperimen diperoleh signifikansi 0,001 < 0,05. Dengan demikian hipotesis yang peneliti ajukan dapat diterima.
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI ALAT-ALAT OPTIK KELAS XI SMA NEGERI 1 ANGKOLA TIMUR situmeang, rahayu srihastuti; Asmaidah, Seri; Siregar, Dedes Asriani
JURNAL PhysEdu (PHYSICS EDUCATION) Vol 2 No 3 (2020): Vol. 2. No. 3. Agustus 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Alat-Alat Optik. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian eksperimen, yang menggunakan populasi seluruh siswa kelas XI SMA Negeri1Angkola Timur, yang berjmlah 49 siswa, dimana sampel penelitian yang digunakan adalah kelas XI MIA-1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 25 siswa dan kelas XI MIA-2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 24 siswa, dengan menggunakan tehnik pengambilan sampel yaitu Total Sampling . Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes hasil belajar dan observasi. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining diperoleh rata-ratanya 3,66 pada kategori “SangatBaik”, pada hasil belajar dengan ranah kognitif diperoleh nilai rata-rata 92,48 dengan kategori “Sangat Baik”, pada ranah afektifnya diperoleh rata-rata keseluruhannya 76,25 dengan kategori “Baik” dan pada ranah psikomotoriknya diperoleh rata-rata 69,16 dengan kategori “Cukup”. Sedangkan dengan menggunakan metode konvensional yaitu 72,64. pada katgeori “Baik”, pada ranah afektifnya diperoleh rata-ratanya 69,37 pada kategori “Baik”. Maka nilai signifikan lebih rendah dari 0,05 dan diperoleh (0,001< 0,05). Maka Hipotesis Alternatif (Ha) diterima dengan kesimpulan akhir yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Pokok Alat-alat Optik Kelas XI SMA Negeri 1 Angkola Timur. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe Student Facilitator and Explaining, Hasil Belajar Alat- alat Optik. ABSTRACT The aim of his study is to describe the effectiveness of using cooperative learning model of student facilitator and explaining type on student’s achievement on the topic of optical instruments at the eleventh grade students of SMA Negeri 1 Angkola Timur. This research was conducted by applying experimental with 24 students for control class, and 25 students for experimental class. Observation and test were used in collecting the data. Based on descriptive analysis it was found (a) the average of using cooperative learning model of student facilitator and explaining type was 3,66 very good category) and (b) the average of students’achievement on the topic optical instrumentsin control class was 72,64 (good category) and in experimental class was 92,48 (very good category). Furthermore, by using independent sample ttest and help SPSS version 23, the result showed the significant value wass less than 0,05 (0,001<0,05). It means, cooperative learning model of student facilitator and explaining type was effective on students’ achievement on the topic optical instruments at the eleventh grade students of SMA Negeri 1 Angkola Timur. Keywords: cooperative learning model, of student facilitator and explaining type, students’ optical instrument achievement.

Page 1 of 4 | Total Record : 33