cover
Contact Name
Hariadi Ahmad
Contact Email
hariadiahmad78@ikipmataram.ac.id
Phone
+6281917416409
Journal Mail Official
bk_fip@ikipmataram.ac.id
Editorial Address
Jalan Pemuda No 59 A Kota Mataram Nusa Tenggara Barat Kampus Universitas Pendidikan Mandalika, Gedung GD Lantai III Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling
ISSN : 25031708     EISSN : 27227340     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling (JRbk) Adalah Jurnal yang dikelola langsung oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika Sejak April 2016 dengan ISSN 2503-1708, yang dipublikasi secara Cetak dan melalui Website Fakultas Ilmu Pendidikan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Mataram fip.ikipmataram.ac.id, Sejak tahun 2019 diterbitkan secara cetak dan Online melalui ojs.ikipmataram.ac.id. Pada bulan Juni 2020 mendapat E ISSN: 2722-7340, JRbk diterbitkan Dua Kali dalam Setahun yaitu pada bulan April dan Oktober Setiap tahun. JRbk Menerima Artikel dari penulis yang berupa Hasil Penelitian, Hasil Pengembangan, Kajian Pustaka dalam Bidang Pendidikan, Psikologi, dan Bidang Bimbingan dan Konseling.
Articles 125 Documents
UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN SELAPARANG KOTA MATARAM Chairul, Anam M; Kartiani, Sarlita Baiq
Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 2, No 2 (2017): Volume 2 Nomor 2 Edisi Oktober 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Studi ini mengkaji tentang upaya kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru SD Negeri di Kecamatan Selaparang Kota Mataram, difokuskan pada tugas kepala sekolah sebagai leader, inovator, dan motivator. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Informan penelitian adalah kepala sekolah dan guru. Hasil penelitian menemukan: (1) Dilihat dari tugas kepala sekolah sebagai leader, studi ini menemukan bahwa upaya kepala sekolah meliputi: pemberdayaan dan pembinaan melalui kegiatan diskusi, workshop, KKG, supervisi, dan Evaluasi Diri Guru (EDG), dengan menunjukkan sikap keteladanan, keterbukaan, kedisiplinan, dan komunikatif di antara kepala sekolah dengan semua warga sekolah. (2) Dilihat dari tugas kepala sekolah sebagai inovator, studi ini menemukan bahwa upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah adalah melakukan perumusan program-program yang sesuai dengan situasi dan tuntutan sekolah, seperti mengembangkan program sekolah sehat, bersih, indah, dan menyenangkan, serta menyusun program pembinaan melalui kegiatan pertemuan antar guru mata pelajaran pada setiap gugus. (3) Dilihat dari tugas kepala sekolah sebagai motivator, studi ini menemukan: upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah adalah memelihara semangat kerja guru dengan mendorong untuk melakukan studi lanjut, memberikan reward dan punishment. Reward diberikan kepada guru yang dianggap memiliki prestasi dalam bentuk hadiah dan pujian. Sementara punishment diberikan kepada guru yang dianggap melanggar aturan dan tata tertib di sekolah serta tidak mampu menjalankan tugasnya dengan baik.Kata-kata Kunci: Upaya Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru.
MENINGKATKAN MINAT MEMBACA MELALUI PERPUSTAKAAN YANG MENGIKUTI PERKEMBANGAN ZAMAN SUAIBUN, SUAIBUN
Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 3, No 2 (2018): Volume 3 Nomor 2 Edisi Oktober 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Membaca  merupakan salah satu keterampilan dalam berkomunikasi , dimana penulis  menyampaikan pesan kepada pembaca  menggunakan lambang-lambang berupa tulisan. Pembaca berupaya memaknai tulisan tersebut sehingga pesan dalam tulisan dapat diterima dengan utuh. Dengan demikian membaca merupakan langkah awal bagi manusia untuk menggapai pengetahuan dan wacana informasi sehingga mendapatkan jenjang pemahaman keilmuan yang lebih baik.Orang yang suka membaca akan memiliki keunggulan yang lebih daripada orang yang kurang membaca atau tidak membaca. Dengan membaca akan membuka cakrawala pemikiran serta  dapat merefleksikan diri dan bermeditasi, sehingga budaya membaca membawa kita kedalam kehidupan yang lebih terarah kepada budaya yang intelektual.Selain itu membaca merupakan salah satu cara mengolahragakan otak dan menenangkan fikiran sehingga membuat hati dan perasaan menjadi lebih tenang dan tenteram. Untuk memenuhi kebutuhan membaca dan mendapatkan informasi, hiburan, edukasi  yang murah aman dan  nyaman di sekolah diperlukan sarana dan prasarana yang memadai, salah satunya adalah perpustakaan sekolah.Perpustakaan mempunyai peranan yang sangat penting dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Perpustakaan sekaligus berfungsi mengedukasi siswa untuk belajar memperoleh kemampuan dasar sehingga memiliki kemampuan untuk mengembangkan diri. Selain itu perpustakaan sebagai tempat memperoleh informasi-informasi penting yang tidak didapat dari pelajaran di kelas. Perpustakaan juga sebagai pelengkap kebutuhan anggota masyarakat sekolah akan hiburan yang bersifat intelektual dan kegiatan penelitian sederhana.Oleh sebab itu perpustakaan di sekolah terutama di sekolah dasar harus mengikuti perkembangan zaman sehingga siswa semakin tertarik untuk mengunjungi perpustakaan, membaca dan meminjam buku yang pada akhirnya akan meningkatkan hasil belajar siswa.
PENGARUH MEDIA VIDEO EDUKASI TERHADAP SIKAP AGRESIF PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LABUAPI KABUPATEN LOMBOK BARAT Irfan, Ahmad Zainul; Sugarna, Sugarna
Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 4, No 2 (2019): Volume 4 Nomor 2 Edisi Oktober 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sikap agresif adalah adanya keinginan untuk melakukan tindakan negatif  yang dilakukan secara fisik maupun verbal dengan tujuan  menyakiti orang lain. Sikap agresif dapat diatasi dengan menggunakan penerapan media vidio edukasi. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Pengaruh Media Video Edukasi terhadap Sikap Agresif  pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Labuapi Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2017/2018?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Media Video Edukasi terhadap Sikap Agresif  pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Labuapi Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2017/2018. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif yang dilaksanakan dengan penelitian eksperimental dengan konsep One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel yang digunakan adalah 12 orang. Dalam penelitian ini, metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket sebagai metode pokok. Untuk menganalisa data menggunakan rumus t-test. Hasil penelitian yaitu: nilai t-hitung sebesar 8,472 dan nilai t-tabel pada taraf signifikansi 5% dengan N=11 sebesar 2,201. Dengan demikian nilai t-hitung lebih besr daripada nilai t pada tabel (8,472 > 2,201) sehingga dapat disimpulkan bahwa penelitian ini ”signifikan”. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis Nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Maka kesimpulan analisis dalam penelitian ini adalah Ada Pengaruh Media Video Edukasi terhadap Sikap Agresif  pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Labuapi Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2017/2018.
PENGARUH PERMAINAN BALOK TERHADAP KETERAMPILAN KOGNITIF ANAK USIA 5 – 6 TAHUN DI PAUD BINA LESTARI MONTONG ARE KECAMATAN KEDIRI Astuti, Farida Herna; Hipziah, Hipziah
Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 5, No 1 (2020): Volume 5 Nomor 1 Edisi April 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Anak usia dini adalah anak yang memiliki rentang usia 0-6 Tahun menurut sistem pendidikan nasional, agar memiliki pertumbuhan dan perkembangan yang baik anak belajar melalui kegiatan bermain. Bermain merupakan dunia anak dengan bermain anak mendapatkan stimulus yang tepat dan memahami kehidupan, sehingga aspek perkembangan anak dapat tercapai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Permainan Balok Terhadap Keterampilan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Bina Lestari Tahun Pelajaran  2019/2020. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi sebagai metode utama, pengisian angket pengamatan, metode dokumentasi dan wawancara sebagai pelengkap. Metode analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis statistik dengan rumus t-tes. Berdasarkan hasil analisis data bahwa t hitung yang diperoleh adalah sebesar 17,27, sedangkan nilai t-tabel (17,27 > 1,833). Hal ini berarti H0 ditolak sedangkan Ha diterima. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah ada Pengaruh Permainana Balok Terhadap Keterampilan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Bina Lestari Tahun Pelajaran 2019/2020 adalah “signifikan”.Kata Kunci : Permainan Balok, Ketrampilan Kognitif
PENGARUH LAYANAN INFORMASI TERHADAP KEMAMPUAN MERENCANAKAN STUDI LANJUT BAGI SISWA KELAS IX SMPN 3 PRINGGABAYA KABUPATEN LOMBOK TIMUR Endriani, Ani Endriani; Maemunah, Maemunah
Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 1 (2016): Volume 1 Nomor 1 Edisi April 2016
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui pengaruh layanan informasi terhadap kemampuan merencanakan studi lanjut pada siwa kelas IX SMPN 3 Pringgabaya kabupaten lombok timur tahun pelajaran 2014/2015. Adapun jenis eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental Design (Nondesign) atau eksperimen tidak murni, dan salah satu bentuk eksperimennya adalah One- Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Siswa kelas IX SMPN 3 Pringgabaya yang berjumlah 148 orang, dan jumlah sampel diambil 25% dari populasi yakni 38 siswa, dan tekhnik penentuan sampel menggunakan  proportional random sampling.  Dalam penelitian ini, metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket sebagai metode pokok, dokumentasi sebagai metode pelengkap. Untuk menganalisa data menggunakan rumus t-test. Hasil penelitian yaitu : nilai t hitung sebesar 10,847 dan nilai t tabel distribusi pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,021 dengan demikian nilai t hitung lebih besar daripada nilai t pada tabel (10,847 > 2,021),) sehingga dapat disimpulkan “ Signifikan”. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nol (Ho) di tolak dan hipotesis alternatif (Ha) di terima. Maka kesimpulan analisis dalam penelitian ini adalah ada pengaruh layanan informasi terhadap kemampuan merencakan studi lanjut bagi siswa kelas IX SMPN 3 Pringgabaya kabupaten lombok timur tahun tahun pelajaran 2014/2015. Kata Kunci: Layanan Informasi dan Merencakan Studi Lanjut
PENGARUH PENGGUNAAN WAKTU MENONTON TELEVISI DAN HANDPHONE TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA DI LOMBOK Winata, Aliahardi
Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 3, No 2 (2018): Volume 3 Nomor 2 Edisi Oktober 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkapkan pengaruh penggunaan waktu menonton televisi, Internet, dan handphone terhadap disiplin belajar siswa di Desa Kopang, Lombok Tengah. Sumbangan efektif (SE) penggunaan waktu menonton televisi sebesar 43,1%, mengakses handphone sebesar 0,1% terhadap disiplin belajar siswa. Besarnya sumbangan efektif penggunaan waktu menonton televisi, mengakses handphone terhadap disiplin belajar siswa adalah 7%%, sedangkan sisanya 93% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Dengan demikian pengaruh penggunaan waktu menonton televisi memberikan sumbangan positif paling besar terhadap disiplin belajar siswa.
EVALUASI KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGHADAPI EXAMINATION ANXIETY Dr., Abdurrahman
Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 2 (2016): Volume 1 Nomor 2 Edisi Oktober 2016
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak : Ujian Merupakan kebijakan yang diberlakukan sekolah dan pemerintah dalam bidang pendidikan untuk menentukan standar mutu pendidikan. Hampir seluruh tenaga kependidikan sepakat akan perlunya ujian nasional untuk mengetahui keefektifan berbagai upaya yang dilakukan dalam proses pendidikan, apakah telah membuahkan hasil yang memuaskan atau tidak, dan ujian menjadi bagian tolak ukur keberhasilan seorang guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di sekolah. Siswa-siswi saat ini terkadang mengalami rasa cemas karena mereka akan menghadapi bermacam-macam ujian, mulai dari ujian tengah semester, ujian semester, tertulis, praktik, sampai ujian nasional yang paling membuat mereka cemas. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada kemampauan siswa dalam menghadapai Examination Anxiety Siswa Kelas XI SMAN 6 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Evaluasi kemampauan siswa dalam menghadapai Examination Anxiety ada 5 (lima) Indikator reaksi kecemasan yang dapat mempengaruhi: 1) Suasana hati sebesar 59,33%, 2) Fikiran sebesar 61,33%, 3) Motivasi sebesar 87,11%, 4) perilaku sebesar 61,00%  dan 5) Gerakan biologis sebesar 72,57%.Kata Kunci:   Evaluasi, kemampauan siswa, Examination Anxiety
HUBUNGAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI ADMINISTRATOR DENGAN KINERJA STAF TU DI MTs SE-KECAMATAN PRAYA TIMUR Aryani, Menik; Rohiyatun, Baiq; Azmi, Fathul
Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 3, No 1 (2018): Volume 3 Nomor 1 Edisi April 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah masih banyak kepala sekolah/madrasah yang belum mampu menjalankan tugas-tugasnya sebagai administrator pendidikan, seperti membuat perencanaan sekolah, menyusun organisasi sekolah, bertindak sebagai koordinator dan pengarah, dan melaksanakan pengelolaan kepegawaian. Begitupun dengan staf ketatausahan sekolah/madrasah yang belum bisa bekerja secara maksimal pada bidang yang telah ditugaskan oleh kepala sekolah karena kurangnya pasilitas kerja, kurangnyadukungan dari atasan maupunrekan kerja, sehingga upaya meningkatkan mutu pendidikan masih jauh dari harapan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Ada Hubungan Kepala Sekolah sebagai Administrator dengan Kinerja Staf TU di MTs se-Kecamatan Praya Timur?. Sedangkan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah Untuk Mengetahui Hubungan Kepala Sekolah sebagai Administrator dengan Kinerja Staf TU di MTs se-Kecamatan Praya Timur. Penelitian ini menggunakan penelitian populasi dengan jumlah 39 sampel penelitian. Metode yang digunakan untuk mengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dengan rumus "product moment". Berdasakan hasil analisis dalam penelitian ini, diperoleh nilai rhitung sebesar 0,505 selanjutnya nilai tersebut dikonsultasikan dengan nilai rtabel"product moment" pada taraf signifikan 5% dengan N=39 diperoleh nilai sebesar 0,316 kenyataan tersebut menyatakan bahwa nilai rhitung lebih besar dari nilai rtabel (0,505 > 0,316) maka hasil penelitian ini dinyatakan signifikan, dengan demikan dapat disimpulkan bahwa Ada Hubungan Kepala Sekolah Sebagai Administrator Dengan Kinerja Staf TU di MTs se-Kecamatan Praya Timur.
HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH OTORITER DENGAN SIKAP EGOIS PADA SISWA KELAS VIII DI SMPN 13 MATARAM Sri Utami, Wiwiek Zainar
Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 3, No 1 (2018): Volume 3 Nomor 1 Edisi April 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Setiap orang tua selalu menginginkan yang terbaik untuk anaknya, orang tua mendidik anak atas dasar kasih sayang, tapi kebanyakan orang tua hanya mementingkan kemauan diri sendiri saja, dan mengabaikan kemauan anaknya tanpa mengetahui karakter anak. Hal seperti ini akan berdampak negatif bagi perkembangan anak. Seperti pola asuh otoriter yang diterapkan oleh orang tua, yang dimana setiap keinginan orang tua harus dipenuhi oleh anak, dan apabila anak melanggar atau melawan orang tua tidak segan-segan untuk menghukum anak dengan cara memukul, sehingga anak akan terluka secara fisik dan psikisnya.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pola asuh otoriter dengan sikap egois pada siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMPN 13 Mataram yang berjumlah 134 siswa. sampel dalam penelitian ini yaitu sebagian dari seluruh jumlah siswa kelas VIII yaitu 33 siswa, dengan sampel 33 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis statistik product momentBerdasarkan hasil analisis data pada penelitian ini, diketahui nilai  sebesar 0,347. Selanjutnya, nilai tersebut di konsultasikan dengan nilai product moment pada taraf signifikansi 5% dengan N=33, maka di peroleh nilai product moment sebesar 0,344. Kenyataan tersebut, menunjukkan bahwa nilai  lebih besar dari nilai product moment atau 0,347>0,344. Dengan demikian, hasil analisis data dalam penelitian ini dinyatakan signifikan. Dan dengan demikian, hipotesis nihil ( ) ditolak, sedangkan hipotesis alternatif ( ) diterima. Berdasarkan hasil pengujian signifikasi di atas maka kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah “Ada Hubungan Antara Pola Asuh Otoriter Dengan Sikap Egois Siswa Di SMP Negeri 13 Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018”, yang tergolong dalam kategori rendah.
KEMANDIRIAN ANAK MELALUI INTEGRASI OUTDOOR AND INDOOR LEARNING TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL Afrianingsih, Anita; Iman, Nurul; Mufid, Mufid
Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 4, No 1 (2019): Volume 4 Nomor 1 Edisi April 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kemandirian anak sebagai salah satu aspek perkembangan bidang pengembangan pembiasaan program pembelajaran taman kanak-kanak mempunyai peranan penting, karena aspek kemandirian dimaksudkan untuk membina anak agar dapat menolong dirinya sendiri dalam rangka kecakapan hidup (life skill), serta memperoleh keterampilan dasar yang berguna untuk kelangsungan hidup anak. Melalui pemberian rangsangan, stimulasi dan bimbingan, diharapkan akan meningkatkan perkembangan perilaku dan sikap melalui pembiasaan yang baik, sehingga akan menjadi dasar utama dalam pembentukan pribadi anak sesuai dengan nilai-nilai yang ada di masyarakat. Pembelajaran kemandirian anak yang diarahkan untuk mengembangkan kecakapan hidup melalui kegiatan-kegiatan konkrit yang dekat dengan kehidupan anak sehari-hari mempunyai peranan penting. Keberhasilan kegiatan belajar mengajar yang mengembangkan aspek kemandirian anak sering meresahkan guru kelompok A pada taman kanak-kanak. Berdasarkan pengamatan mulai awal masuk sekolah sampai pertengahan semester I tahun pelajaran 2015/2016 menunjukkan bahwa kemandirian murid kelompok A masih kurang. Kondisi ini tercermin dari sikap anak tidak mau menerima tugas dari guru, dalam mengerjakan tugas tidak tuntas, anak kurang percaya diri untuk mampu mengerjakan tugas sendiri dan selalu meminta bantuan guru, serta kurang antusias dalam kegiatan belajar mengajar.

Page 1 of 13 | Total Record : 125