cover
Contact Name
Royyan Hafizi
Contact Email
jurnalsosains@gmail.com
Phone
+6285960430213
Journal Mail Official
jurnalsosains@gmail.com
Editorial Address
Greenland Sendang Residence Blok.D No.01, Sendang, Kec. Sumber, Cirebon, Jawa Barat 45611
Location
Kota cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal sosial dan sains (SOSAINS)
ISSN : 27747018     EISSN : 2774700X     DOI : 10.36418
Jurnal Sosial Sains adalah jurnal yang diterbitkan sebulan sekali oleh CV. Syntax Corporation Indonesia. Jurnal Sosial Sains akan menerbitkan artikel ilmiah dalam lingkup ilmu sosial dan ilmu sains secara luas. Artikel yang diterbitkan adalah artikel dari penelitian, studi, tugas kuliah atau studi ilmiah kritis dan komprehensif tentang isu-isu penting dan terkini atau ulasan buku-buku ilmiah.
Articles 99 Documents
Pengaruh E-Commerce dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Pengambilan Keputusan Berwirausaha Sihombing, Michael Jonatan Sihombing; Sulistyo, Hari
Jurnal Sosial Sains Vol. 1 No. 4 (2021): Jurnal Sosial dan Sains (SOSAINS)
Publisher : Syntax Corporation Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/sosains.v1i4.78

Abstract

Topik mengenai kewirausahaan merupakan topik yang sedang hangat. Wirausaha adalah sebuah jalan kehidupan yang dipilih karena telah diyakini dengan kenyataan dan fakta yang ada bahwa wirausaha mempunyai peran yang besar di dalam meningkatkan kualitas hidup individu. Pengambilan keputusan merupakan fungsi utama dari seorang wirausahawan dalam mengelola bisnisnya. Teknologi informasi saat ini bisa membantu para wirausaha, karena dengan pengunaan e-commerce dalam berwirausaha dapat membantu karena dapat menciptakan usaha atau bisnis pada dunia maya yang menghubungkan orang–orang secara luas tanpa terbatas oleh letak geografis. Seorang wirausaha juga sebaiknya memahami Sistem Informasi Akuntansi. Sistem Informasi Akuntansi merupakan kumpulan komponen dan elemen yang berasal dari suatu organisasi yang dapat menyediakan informasi yang berguna untuk penggunanya terutama dalam pengolahan keuangan, dapat juga meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam pengambilan keputusan sehingga memungkinkan perusahaan memperoleh keuntungan yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan memberikan bukti empiris pengaruh e-commerce terhadap pengambilan keputusan berwirausaha dan penggunaan Sistem Informasi Akuntansi terhadap pengambilan keputusan berwirausaha. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif dan verikatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapatnya e-commerce terhadap pengambilan keputusan berwirausaha dan e-commerce dapat memengaruhi pengambilan keputusan berwirausaha mahasiswa/i S1 Akuntansi 2016 Universitas Singaperbangsa Karawang dan Sistem Informasi Akuntansi dapat memperkuat pengaruh e-commerce pada pengambilan keputusan berwirausaha.
Kinerja Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kelurahan Rewarangga, Kecamatan Ende Timur, Kabupaten Ende Lengo, Bartholy Antony Surya
Jurnal Sosial Sains Vol. 1 No. 4 (2021): Jurnal Sosial dan Sains (SOSAINS)
Publisher : Syntax Corporation Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/sosains.v1i4.77

Abstract

Kajian tentang kinerja pelayanan publik saat ini sangat penting dibuat sebagai dasar bagi perumusan kebijakan tentang pengembangan kinerja birokrasi. Oleh karena itu, penilaian kinerja pelayanan publik hendaknya dilakukan secara komperehensif dengan menggunakan indikator yang melekat pada pemberi layanan publik dan juga dari indikator yang melekat pada pengguna jasa layanan publik. Penelitian bertujuan untuk mengukur kinerja pelayanan administrasi kependudukan di Kelurahan Rewarangga yang ditinjau dari indikator yang melekat pada pemberi layanan publik, dan juga dari indikator yang melekat pada pengguna jasa layanan publik. Ada pun metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan yang dilakukan secara induktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa : Ditinjau dari indikator produktivitas, proses perekaman data kependudukan ke database kelurahan telah mencapai 90% dan pelayanan pengurusan dokumen kependudukan dilakukan secara cepat dengan menggunakan KelimutuBox dan gratis. Masyarakat juga menilai sikap aparatur kelurahan ramah, sopan, sigap dan adil dalam proses pelayanan. Ditinjau dari Indikator Responsivitas, Sistem Informasi kependudukan dan KelimutuBox merupakan respon Pemerintah Kelurahan Rewarangga yang lahir dari penjaringan dan analisis kebutuhan masyarakat. Ditinjau dari indikator Responsibilitas, Pelayanan administrasi kependudukan di Kelurahan Rewarangga telah dilakukan sesuai dengan kebijakan organisasi. Dan ditinjau dari indikator akuntabilitas. Penyampaian pelaksanaan pemerintahan dalam bentuk LAKIP, LPPD, ke kecamatan tepat waktu. Laporan kegiatan pengelolaan SIK juga dapat diakses oleh publik dan dapat dipertanggung jawabkan kepada publik baik dalam bentuk lisan maupun tertulis.
Konsep Adab Pendidikan Islam KH. Hasyim Asy’ari Khodijah, Siti
Jurnal Sosial Sains Vol. 1 No. 4 (2021): Jurnal Sosial dan Sains (SOSAINS)
Publisher : Syntax Corporation Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/sosains.v1i4.76

Abstract

Akal pikiran merupakan elemen abstrak dalam diri manusia yang menyebabkan terbedakannya manusia dengan makhluk yang lainnya. Sebab, akal pikiran membawa manusia kepada pengetahuan tentang nilai baik dan buruk serta pengetahuan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk membahas dan mengkaji secara kritis konsep adab pemikiran Islam KH. Hasyim Asy’aritentang adab pendidikan Islam yang tertuang dalam karyanya yang berjudul kitab adab Al-Alim wa Al-Muta‟alim, serta mengkomparasikannya dengan pemikiran-pemikiran para tokoh yang lainnya, seperti dari kitab Ta‟lim Al-Muta‟alim Thariq Al Ta‟allum karya Imam Al-Zarnuzy. Penelitian ini merupakan penelitian kajian pustaka yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis, dengan demikian maka penelitian ini tidak mengadakan perhitungan.Hasil penelitian ini menyimpulkan menurut KH. Hasyim Asy’ari dalam pendidikan Islam terdapat beberapa adab yang perlu dilalui baik oleh guru maupun siswa dalam melaksanakan proses pembelajaran. Berdasarkan temuan penelitian ini dapat disimpulkan menurut KH. Hasyim Asy’ari dalam pendidikan Islam terdapat beberapa adab yang perlu dilalui baik oleh guru maupun siswa dalam melaksanakan proses pembelajaran dan KH. Hasyim Asy’ari menyampaikan bahwa setiap guru dan siswa diharapkan dapat merefleksikan adab pendidikan Islam dalam kehidupan mereka, yaitu ketika dan setelah melakukan proses pendidikan. Adab tersebut sangat memengaruhi keberhasilan proses pembelajaran bagi guru dan siswa. Lebih lanjut KH. Hasyim Asy’ari mengarahkan guru dan siswa tidak hanya pada keberhasilan proses transformasi ilmu pengetahuan saja, akan tetapi juga keberhasilan dalam pemanfaatan ilmu pengetahuan yang telah tertransformasikan tersebut. Berdasarkan uraian di atas, maka implikasi hasil penelitian ini adalah menerapkan adab pendidikan Islam dalam proses pembelajaran.
Pengaruh Konsentrasi dan Frekuensi Pemberian Pupuk Organik Cair dari Limbah Kulit Buah Terhadap Pertumbuhan Tanaman Pakcoy (Brassica rapa L.) Ghasiani, Halifa; Suparto, Slamet Rohadi; Budiono, Mochammad Nazarudin
Jurnal Sosial Sains Vol. 1 No. 4 (2021): Jurnal Sosial dan Sains (SOSAINS)
Publisher : Syntax Corporation Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/sosains.v1i4.75

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan konsentrasi terbaik pupuk organik cair dari kulit buah untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman pakcoy, mendapatkan frekuensi terbaik pupuk organik cair dari kulit buah untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman pakcoy, dan mendapatkan kombinasi konsentrasi dan frekuensi terbaik pupuk organik cair dari kulit buah untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman pakcoy. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2020 sampai dengan bulan Mei 2020 di screen house Kebun Sayur Organik Pager Gunung, Desa Melung, Kabupaten Banyumas. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) dengan 3 ulangan. Perlakuan berupa kombinasi antara konsentrasi (0%, 10%, 20%, 30%) dan frekuensi pemberian (1, 2, 3 kali) pupuk organik cair. Variabel yang diamati yaitu tinggi tanaman, jumlah daun, luas daun, bobot tanaman segar, bobot tanaman kering, bobot akar segar, bobot akar kering, bobot tajuk segar, dan bobot tajuk kering. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji F, apabila terdapat keragaman maka dilanjutkan dengan Duncan’s Multiple Range Test (DMRT) pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pupuk organik cair dari limbah kulit buah dengan konsentrasi 20% dapat meningkatkan jumlah daun, bobot tanaman kering, bobot akar kering, dan bobot tajuk kering, frekuensi pemberian tidak berpengaruh nyata, serta tidak ada interaksi antara konsentrasi dan frekuensi pemberian pupuk organik cair dari limbah kulit buah terhadap pertumbuhan tanaman pakcoy.
Meraih Keberhasilan Negosiasi Bisnis Melalui Keterampilan Berkomunikasi Tazkiya, Aulia; Aldiansyah, Mico; Sonia, Gina; Saparingga, Hendri Sopian
Jurnal Sosial Sains Vol. 1 No. 5 (2021): Jurnal Sosial dan Sains (SOSAINS)
Publisher : Syntax Corporation Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/sosains.v1i5.74

Abstract

Negosiasi merupakan hal yang esensial dalam menunjang keberhasilan bisnis. Negosiasi diperlukan sebagai penghubung kepentingan agar mencapai kesepakatan baik di antara pengusaha dan supplier, pengusaha dan pelanggan, pengusaha dan investor dan sebagainya. Dalam praktiknya, negosiasi memerlukan keterampilan berkomunikasi yang baik agar pesan dan informasi yang dimiliki seorang negosiator dapat dipahami oleh lawan bicara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keterampilan komunikasi dengan kesuksesan bernegosiasi serta memaparkan bagaimana seorang pebisnis berkomunikasi dengan lebih efektif sehingga mampu menjadi seorang negosiator yang profesional. Data kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder, di mana data yang diperoleh peneliti telah disediakan oleh orang ketiga seperti pemerintah, media, atau organisasi lainnya di luar peneliti dan partisipan penelitian. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa adanya keterkaitan antara keterampilan berkomunikasi dengan keberhasilan negosiasi. Kepandaian berkomunikasi mampu menjadikan seorang negosiator membujuk lawan bicara secara halus agar mengikuti kemauan negosiator tanpa disadari oleh mereka. Tentu hal ini dapat diraih dengan adanya persiapan dan pemahaman terhadap karakteristik lawan negosiasi.
Strategi Takmir dalam Memakmurkan Masjid As Sholeh Perumahan Puri Kenari Asri Kecamatan Sananwetan Kota Blitar Jundulloh Ashshiddiqy; Muliono, Slamet
Jurnal Sosial Sains Vol. 1 No. 4 (2021): Jurnal Sosial dan Sains (SOSAINS)
Publisher : Syntax Corporation Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/sosains.v1i4.73

Abstract

Tulisan ini merupakan hasil pengabdian masyarakat yang akan mendeskripsikan tentang strategi takmir Masjid As-Sholeh yang berdiri didalam Perumahan Puri Kenari Asri Kecamatan Sananwetan Kota Blitar. Hal ini didorong oleh sepinya masjid dari warga Perumahan Puri Kenari Asri Kecamatan Sananwetan Kota Blitar baik itu dari kalangan tua maupun muda. Minimnya spirit keagamaan masyarakat perumahan Puri Kenari Asri tentang pentingnya memakmurkan masjid dan dalam kegiatan khataman yang pernah dilaksanakan pada bulan Ramadhan terlihat banyaknya kesalahan warga dalam membaca al Qur’an. Sebagaimana yang telah terjadi sebelumnya masjid kurang makmur karena masyarakat sibuk bekerja hingga menjelang waktu mangrib, Remaja banyak yang beraktivitas di luar perumahan, para orang tua tak mengarahkan anak mereka untuk melaksanakan sholat berjamaah di masjid As Sholeh dan kurangnya perhatian warga terhadap membaca al Qur’an. Penelitian pengabdian ini menunjukkan bahwa strategi takmir menghasilkan dorongan kepada jamaah untuk peduli memakmurkan masjid pertama dengan mengikuti kajian setiap ahad pagi, selasa malam rabu, rabu malam kamis , dan kamis malam jumat. kedua para anak-anak perumahan dibuatkan jadwal adzan dan iqomah . Ketiga dibuatnya kegiatan khataman al Qu’an dengan pembenaran bacaan secara baik dan benar. dan keempat telah terbentuknya groub Shalawatan dengan personil takmir masjid sendiri yang membantu memeriahkan pada hari-hari besar islam.
Pertukaran Sosial Melalui Program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Timah Tbk pada Masyarakat Desa Tanjung Gunung Kurniawan, Fajar; Rachman, Bustami; Saputra, Putra Pratama
Jurnal Sosial Sains Vol. 1 No. 4 (2021): Jurnal Sosial dan Sains (SOSAINS)
Publisher : Syntax Corporation Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/sosains.v1i4.72

Abstract

CSR merupakan tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat akibat proses yang disebabkan pasca tambang. Secara umum diartikan sebagai kumpulan kebijakan dan praktek yang berhubungan dengan stakeholder, nilai-nilai, pemenuhan ketentuan hukum, penghargaan masyarakat, lingkungan, serta komitmen dunia usaha untuk berkontribusi dalam pembangunan secara berkelanjutan. Keterkaitan perusahaan dan masyarakat akan melahirkan suatu pertukaran sosial di dalamnya yaitu adanya hubungan timbal balik antara pihak satu dengan pihak lainya yang memberikan manfaat satu sama lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk, faktor, dan dampak pertukaran sosial. Adapun penelitian ini menggunakan teori pertukaran sosial dari Peter.M.Blau yang dimana dari pertukaran ini akan menghasilkan sesuatu yang bersifat intrinsik dan ekstrinsik. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif yang terdapat sumber data primer dari hasil wawancara dengan narasumber. Hasil temuan dalam penelitian ini pertama dalam unsur intrinsik dimana terdapat ikatan sosial yang kuat dan rasa saling mengerti antara kedua belah pihak. Kedua dari unsur ekstrinsik yaitu terdapat tiga dampak yang dirasakan dari ekonomi, lingkungan, dan sosial.
Pola Asuh Orang Tua dalam Pembentukan Kemandirian Anak Sekolah Dasar di Desa Randukuning Kabupaten Pati Kusumawardani, Febriana; Pratiwi, Ika Ari; Ahsin, Muhammad Noor
Jurnal Sosial Sains Vol. 1 No. 4 (2021): Jurnal Sosial dan Sains (SOSAINS)
Publisher : Syntax Corporation Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/sosains.v1i4.71

Abstract

Pendidikan bukan hanya jadi tugas guru yang di sekolah melainkan tanggung jawab bersama-sama antara guru dan keluraga terutama pada orang tua. Peran pada orang tua serta tindakannya akan mempengaruhi pada pembentukan sikap kemandirian pada seseorang sejak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih banyak informasi tentang pola asuh dan perannya dalam pembentukan kemandirian anak. Pendekatan penelitian yang digunakan penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif. Kesimpulan dari peneitian yang dilakukan yaitu Pola Asuh Orang Tua Desa Randukuning Jalan RT06 dan Jalan RT03 RWIII Jalan Pati Lor Kecamatan Pati. Orangtua menggunakan pola asuh demokratis, pola asuh toleran dan pola asuh otoriter namun berdasarkan hasil penelitian kebanyakan orang tua menggunakan pola. Hasil penelitian mengenai peran pola asuh terhadap kemandirian anak di Desa Randukuning RT 06 dan RT 03 RW III Kelurahan Pati Lor Kecamatan Pati Kabupaten Pati menunjukkan bahwa orang tua dalam memberikan pengasuhan yang baik sesuai perkembangan anak mampu memberi peranan penting terhadap proses perkembangan anak khususnya sikap kemandirian anak.
Perspektif Nilai Pelanggan Terhadap Pengalaman Layanan Kafe Kurniawan, Wawan; Roostika, Ratna
Jurnal Sosial Sains Vol. 1 No. 4 (2021): Jurnal Sosial dan Sains (SOSAINS)
Publisher : Syntax Corporation Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/sosains.v1i4.69

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk menganalisis pengaruh perspektif nilai pelanggan terhadap service experience café di Yogyakarta. Secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas makanan terhadap nilai yang dipersepsikan, pengaruh kualitas layanan terhadap nilai yang dipersepsikan, pengaruh kualitas fisik terhadap nilai yang dipersepsikan, pengaruh nilai yang dipersepsikan terhadap kepuasan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 250 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Alat analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis model persamaan struktural (SEM) dengan menggunakan Amos 23. Hasil analisis SEM menunjukkan bahwa kualitas makanan, kualitas pelayanan, kualitas fisik berpengaruh signifikan terhadap nilai yang dirasakan. Persepsi nilai berpengaruh signifikan terhadap kepuasan.
Digitalisasi Pelayanan Publik (Inovasi Pelayanan Publik Berbasis Android di Kabupaten Bangka) Apriliani, Deby; Rahman, Bustami; Ibrahim, Ibrahim
Jurnal Sosial Sains Vol. 1 No. 4 (2021): Jurnal Sosial dan Sains (SOSAINS)
Publisher : Syntax Corporation Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/sosains.v1i4.68

Abstract

Pelayanan publik merupakan bagian dari kewajiban Pemerintah dalam memenuhi hak-hak warganya. Pada era globalisasi saat ini dengan kemajuan teknologi semakin canggih dan berkembang pesat, Pemerintah Kabupaten Bangka harus memperhatikan keefektifan dan keefesienan dengan menciptakan inovasi baru dalam memberikan pelayanan publik yang prima. Tujuandari penelitian ini adalah untuk mengetahui inovasi pelayanan publik berbasis android dan implikasi pelayanan publik berbasis android terhadap masyarakat di Kabupaten Bangka. Penelitian ini menggunakan konsep Pelayanan Publik oleh Lijian Poltak Sinambela, Reformasi Pelayanan Publik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang sumber data primernya berasal dari wawancara tidak terstruktur dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Kesehatan dan juga masyarakat di Kabupaten Bangka. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pemerintah Kabupaten Bangka sudah memanfaatkan teknologi dengan menciptakan inovasi pelayanan “BANGMUDA” (Bangka Mudah Dapat Akta) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, inovasi “Ransel SI DORA” (Rangkul Calon Pendonor, Stok Darah Terintegrasi dalam Aplikasi Donor Darah) dan “Ojek Lansia” di Dinas Kabupaten Bangka. Adapun Implikasi positif dan negatif dari adanya inovasi pelayanan berbasis android. Implikasi positif yaitu (1) prosedur pelayanan, (2) waktu dan penyelesaian, dan (3) estimasi biaya. Sedangkan, implikasi negatifnya yaitu, (1) kurangnya sosialisasi, (2) partisipasi masyarakat kurang, serta (3) pembatasan berkas.

Page 1 of 10 | Total Record : 99